Sebanyak 41483 item atau buku ditemukan

Meretas pendidikan toleransi

pluralisme dan multikulturalisme sebuah keniscayaan peradaban

On multicultural education to understand cultural and religious plurarism in Indonesia.

On multicultural education to understand cultural and religious plurarism in Indonesia.

Pendidikan kewarganegaraan

demokrasi, HAM, civil society, dan multikulturalisme

Civic education regarding democracy, human rights, civil society, and multiculturalism in Indonesia.

Civic education regarding democracy, human rights, civil society, and multiculturalism in Indonesia.

Pendidikan Islam multikultural di pesantren

telaah terhadap kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta

Study on multicultural education in Islamic religious training centers in Indonesia.

Study on multicultural education in Islamic religious training centers in Indonesia.

Pendidikan Islam Persepektif

Penulis : Faisol Hal : 234 ISBN : 978-602-6967-86-2 Sinopsis : Pendidikan merupakan wahana untuk mengasuh, membimbing, mendidik putra putri generasi penerus bangsa untuk bisa menjadi warga Negara yang baik, supaya mempunyai keseimbangan hidup antara ukhrowi dan duniawi. Karena kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari dua dimensi, pertama dimensi jasmani yang sifatnya materialistik dan yang kedua adalah dimensi ruhaniah yang sifatnya immateri. Pendidikan Islam sampai saat ini masih mempunyai eksistensi yang kokoh, walaupun tidak bisa kita pungkiri bahwa lembaga Pendidikan Islam adalah sebuah institusi yang di dalamnya mengajarkan nilai-nilai akan ajaran Islam itu sendiri, sebagai bentuk keyakinan yang kebenarannya secara universal diakui oleh ummat muslim. Pendidikan Islam dalam perspektif K.H. Abdurrahman Wahid, merupakan pokok persoalan yang secara integral ingin diungkap oleh peneliti, karena hal ini sangat erat hubungannya dengan konsep pendidikan multikultural, neomodernisme, dan pembebasan, serta berbasis masyarakat haruslah diutamakan, di mana pendidikan secara umum dan pendidikan Islam khususnya dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan kondisi zaman khususnya di Indonesia, yang berpenduduk majemuk Oleh karena itu buku ini mempelajari bagaimana peran dan fungsi, serta tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri mampu memberikan solusi-solusi atau tawaran pemikiran solutif terhadap masyarakat secara umum, guna terciptanya bangunan masyarakat yang mampu hidup berdampingan dalam bingkai perbedaan

Penulis : Faisol Hal : 234 ISBN : 978-602-6967-86-2 Sinopsis : Pendidikan merupakan wahana untuk mengasuh, membimbing, mendidik putra putri generasi penerus bangsa untuk bisa menjadi warga Negara yang baik, supaya mempunyai keseimbangan ...

Quo vadis pendidikan multikultur

rekonstruksi sistem pendidikan berbasis kebangsaan

Multicultural education in Indonesia.

Multicultural education in Indonesia.

Pendidikan agama Islam dalam perspektif multikulturalisme

Essays on study and teaching of Islam related to multiculturalism conditions in Indonesia.

Essays on study and teaching of Islam related to multiculturalism conditions in Indonesia.

Politik Pendidikan Penguasa

Buku ini berusaha membahas tantangan yang dihadapi oleh pendidikan yang secara umum selalu terbentur oleh kepentingan elit penguasa. Pendidikan, semua orang tahu itu, sejatinya adalah proses pembebasan. Tujuannya jelas: menciptakan individu yang mer-deka, matang,bertanggung jawab dan peka terhadap realitas sosial. Pendidikan, alih-alih membebaskan, menjadi proyek pembodohan massal. Oleh penguasa, pendidikan dipolitisasi, dikeruk menjadi lahan komodiitas, dan direkayasa sedemikian rupa untuk mengabdi kepada kepentingan politik sesaat. "

Pendidikan, alih-alih membebaskan, menjadi proyek pembodohan massal. Oleh penguasa, pendidikan dipolitisasi, dikeruk menjadi lahan komodiitas, dan direkayasa sedemikian rupa untuk mengabdi kepada kepentingan politik sesaat. "

Pendidikan Karakter

Landasan, Pilar & Implementasi

Membahas berbagai konsep, teori, dan landasan utama upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa; buku ini antara lain berisi: (1) Hakikat pendidikan karakter; (2) Landasan psikologis, moral, etika, dan agama pendidikan karakter; (3) Mengolah pikir, rasa, hati, dan raga sebagai pilar pendidikan karakter; (4) Pilar-pilar pendidikan karakter menurut character counts; (5) Pilar-pilar pendidikan karakter dan budaya bangsa Indonesia; (6) Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui transdisiplinaritas; (7) Strategi pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter; (8) Urgensi keteladanan guru dalam membentuk karakter anak bangsa; (9) Menumbuhkan karakter melalui akulturasi minat baca anak; (10) Pengembangan intelektual manusia sebagai pencerminan pembentukan karakter; (11) Memahami hak dan perlindungan anak dalam masyarakat multikultural sebagai upaya pembangunan karakter bangsa; serta (12) Character education values that work in Islamic senior high school setting. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Landasan Pendidikan Karakter kapasitas bawaan (inner capacity) manusia yang perlu diaktualisasikan melalui ranah pendidikan. Artinya, hanya dengan pendidikanlah seluruh potensi yang dimiliki manusia berkembang sehingga menjadi manusia ...