Sebanyak 4098 item atau buku ditemukan

Kamus Istilah Ekonomi Islam

Kehadiran Kamus Istilah Ekonomi Islam ini ibarat oase yang muncul di tengah bentangan padang pasir yang gersang. Gairah dan respons yang luar biasa terhadap kehadiran ekonomi Islam di tengah-tengah masyarakat bermunculan bukan hanya di kalangan umat Islam, tetapi telah menjadi wacana publik. Berbagai aspek ekonomi (keuangan, perbankan, pasar modal, perdagangan, pasar uang, organisasi bisnis, dan sebagainya) mulai banyak mengadopsi dan mempergunakan prinsip syariah dalam operasinya. Seiring perkembangan implementasi dan aplikasi sistem syariah di sektor riil, semakin banyak istilah dan kata yang diambil dari bahasa Arab. Kamus ini secara komprehensif mengungkap banyak kata dan istilah dalam berbagai sektor ekonomi, seperti Perbankan, Pasar Modal dan Pasar Uang, Lembaga Keuangan Non-bank, Asuransi, Koperasi, Ekspor-Impor, Pegadaian, dan sebagainya

Kehadiran Kamus Istilah Ekonomi Islam ini ibarat oase yang muncul di tengah bentangan padang pasir yang gersang.

Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam

Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam PENULIS: Supriadi, S.E.I., M.E.I ISBN: 978-602-443-550-9 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 121 halaman Sinopsis: Harga merupakan instrumen penting dalam jual beli, ketika harga yang ditawarkan itu wajar dan sesuai dengan mekanisme pasar serta aturan yang berlaku maka akan terjadi keadilan harga. Namun, jika harga itu ditetapkan dengan cara batil yang dimasuki unsur-unsur politik, syahwat mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, maka yang akan terjadi adalah ketidakadilan harga. Di dalam pasar sempurna, harga dipengaruhi oleh permintaan (demand) dan penawaran (suplay) antara penjual dan pembeli. Pembeli memberikan permintaan atas sifat barang yang akan dibeli, sedangkan penjual menawarkan nilai barang yang akan dijual. Pertukaran antara nilai keduanya adalah suatu keseimbangan harga (equilibrium). Ibnu Taimiyah menjelaskan bahwa harga yang setara adalah harga yang dibentuk oleh kekuatan pasar yang menggambarkan atas kekuatan dan penawaran. Beliau menggambarkan bahwa jika penduduk menjual barang secara normal (al-wajh al-ma’ruf) tanpa menggunakan cara-cara yang tidak adil kemudian harga tersebut meningkat karena pengaruh kelangkaan barang (yakni kelangkaan suplay) atau dikarenakan jumlah penduduk (yakni peningkatan demand), kenaikan harga tersebut merupakan kehendak Allah SWT. Dalam kasus ini memaksa penjual untuk menjual barang-barang mereka pada harga tertentu adalah pemaksaan yang salah (ikrah bi ghairi haq). Buku ini ditulis untuk menambah referensi terkait dengan konsep jual beli dalam Islam dan dasar hukumnya, konsep harga dalam ekonomi Islam, penetapan harga dalam sistem ekonomi Islam, penetapan harga yang adil menurut pandangan ulama dan konsep keadilan harga perspektif ekonomi Islam. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam PENULIS: Supriadi, S.E.I., M.E.I ISBN: 978-602-443-550-9 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 121 halaman Sinopsis: Harga merupakan instrumen penting dalam jual beli, ketika harga yang ...

Hidup Kita Tak Terlepas dari Ayat-Nya

Buku ini terdiri dari 50 perintah dan larangan Allah yang semuanya harus kita taati. Prinsipnya, perintah harus kita laksanakan dan larangan harus kita hindari. Dengan begitu sebagai umat yang patuh kepada perintah dan larangan Allah akan mengantarkan kita menjadi manusia yang mampu mengendalikan diri, dan memosisikan diri sebagai hamba yang tidak ada daya upaya, kecuali dengan pertolongan-Nya.

... ekonomi kembali?” maka turunlah ayat tersebut di atas sebagai teguran kepada mereka agar jangan menjerumuskan mereka ke dalam Tahlukah. [Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, At–Tirmidzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, dan lain-lain yang ...

Kajian Komunikasi Dan Seluk-Beluknya

Mass media and broadcasting in Indonesia; collection of articles.

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI Sri Moerdiati Komunikasi selalu ada dan
mempunyai peran yang penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Setiap
saat manusia berpikir, bertindak dan belajar menggunakan komunikasi.
Kegiatan ...

Himpunan istilah komunikasi

Communication terminology.

Thomas W. Arnold , " The Preaching of Islam ” diterjemahkan oleh Drs . H. A. Nawawi Rambe . Sejarah Da'wah Islam . Penerbit Wijaya , Jakarta 1979 - halaman 1 . 2. Prof. Toha Jahja Omar MA . Islam Da'wah , Penerbit Wijaya , Jakarta 1967 ...

Globalisasi dan komunikasi

Influence of globalization and international communication in developing Indonesian technology, politics, culture, etc.

Influence of globalization and international communication in developing Indonesian technology, politics, culture, etc.

Komunikasi dan pembangunan

Saluran Komunikasi Sebagai sumber pertama informasi pembangunan ternyata
82,2% responden menunjuk kepada saluran antarpribadi dan hanya 17,8% yang
menggunakan media massa. Dalam hubungan ini, tokoh formal (camat/ kepala ...