Sebanyak 4482 item atau buku ditemukan

Strategi Implementasi Pendidikan Karakter

Para ahli sepakat menyebutkan bahwa tujuan pendidikan karakter adalah mengajarkan nilai-nilai tradisional tertentu, nilai-nilai yang diterima secara luas sebagai landasan perilaku yang baik dan bertanggung jawab. Nilai-nilai ini juga digambarkan sebagai perilaku moral, (Zuchdi, 2009). Pendidikan karakter selama ini baru dilaksanakan pada jenjang pendidikan pra-sekolah. Sementara pada jenjang sekolah dasar dan seterusnya di Indonesia masih belum optimal dalam menyentuh aspek karakter ini, meskipun sudah ada materi Pancasila dan Kewarganegaraan. Padahal jika Indonesia ingin memperbaiki mutu sumber daya manusia dan segera bangkit dari ketertinggalannya, maka Indonesia harus merombak sistem pendidikan yang ada, antara lain memperkuat pendidikan karakter. Strategi pembelajaraan berkenaan dengan moral knowing akan lebih banyak belajar melalui sumber belajar dan narasumber. Pembelajaran moral knowing akan terjadi pola saling membelajarkan secara seimbang di antara siswa. Sedangkan pembelajaran moral doing akan lebih banyak menggunakan pendekatan individual melalui pendampingan pemanfaatan potensi dan peluang yang sesuai dengan kondisi lingkungan siswa. Ketiga strategi pembelajaran tersebut sebaiknya dirancang secara sistematis agar para siswa dan guru dapat memanfaatkan segenap nilai-nilai dan moral yang sesuai dengan potensi dan peluang yang tersedia di lingkungannya.

Para ahli sepakat menyebutkan bahwa tujuan pendidikan karakter adalah mengajarkan nilai-nilai tradisional tertentu, nilai-nilai yang diterima secara luas sebagai landasan perilaku yang baik dan bertanggung jawab.

Sedjarah pendidikan Indonesia

Bukan soal lagi , bahwa jang kita serahkan kepada angkatan baru ialah
kebudajaan , jang telah dimiliki oleh bangsa kita , jaitu buah pekerti dari tjipta ,
rasa dan karsa bangsa kita , atau buah dari kekuatan batin bangsa Indonesia ,
djadi buah ...

Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan

Sebagai aktor intelektual, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang merasa memiliki tanggung jawab intelektual dalam menyikapi berbagai perubahan dalam dunia pendidikan yang saat ini terjadi. Melalui buku bunga rampai “Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan”, untuk pertama kalinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam kegiatan Yudisium periode II tahun 2020 mengundang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, untuk merefleksikan gagasan dan pemikirannya dalam merespon dunia pendidikan pada era tatanan baru saat ini. Buku bunga rampai ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta yudisium, khususnya, dan masyarakat umum, pada umumnya, dalam menghadapi era tatanan baru di dunia pendidikan saat ini. Terdapat 10 judul artikel yang ada di dalam buku bunga rampai ini. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang, dari berbagai program studi. Terdapat beragam tema yang ada dalam buku bunga rampai, mulai dari kebijakan dalam dunia pendidikan, konsep filosofis pendidikan, inovasi desain pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, hingga bekal bagi calon pendidik di era tatanan baru dalam dunia pendidikan

Era kehidupan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah memang masih
belum untuk semua aspek kehidupan, hanya beberapa aspek kehidupan yang
dapat memulai kehidupan baru di masa pandemi. Pendidikan merupakan salah
satu ...

PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung sepanjang hayat (minal mahdi ilal lahdi). Berbagai ide atau gagasan tentang pengembangan pendidikan Islam telah banyak dikemukakan oleh banyak kalangan yang semuanya itu bermuara pada bagaimana mencari format ideal dari paradigma Pendidikan Islam.

Perbincangan seputar perkembangan pendidikan Islam seakan menjadi wacana yang tidak pernah selesai untuk dibahas, karena pendidikan itu sendiri merupakan sebuah proses yang tidak akan pernah selesai (never ending process) dan berlangsung ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Sintesis pendidikan Islam Asia-Afrika

perspektif pemikiran pembaharuan pendidikan menurut K.H. Imam Zarkasyi, Gontor

Criticism on thoughts of K.H. Imam Zarkasyi, Muslim educators on Islamic education, and its impact on educational reform in Islamic religious training centers in Indonesia; cases in Pondok Modern Gontor, Ponorogo.

Criticism on thoughts of K.H. Imam Zarkasyi, Muslim educators on Islamic education, and its impact on educational reform in Islamic religious training centers in Indonesia; cases in Pondok Modern Gontor, Ponorogo.

Rekonstruksi pendidikan Islam menurut Hamka

refleksi pemikiran Hamka terhadap pola pendidikan Islam awal abad XX : laporan penelitian