Guru PAUD merupakan pribadi unggul; yang begitu memiliki semangat berdegar untuk memberikan yang terbaik demi perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Para guru ini juga akan dengan semangat mengikuti pelatihan, seminar, workshop, maupun short course untuk meningkatkan kualitasnya sebagai seorang pendidik. Semua usaha di atas dilakukan dalam rangka memperbaiki kualitas sang guru PAUD. Secara substansial, semua usaha di atas dilakukan karena masyarakat sudah sadar dan paham bahwa pendidikan bagi anak usia dini sangat penting atau fundamental. Pemerintah pun sudah memberikan arahan, petunjuk, atau panduan dalam menjalankan tugas mulianya sebagai seorang guru PAUD. Panduan yang penulis maksud adalah Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 2: Kompetensi Pendidik). Semuanya dikupas tuntas dalam buku ini. Menjadi Guru PAUD benar-benar merupakan buku panduan untuk menjadi Guru PAUD yang berkualitas.
Panduan yang penulis maksud adalah Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 2: Kompetensi Pendidik). Semuanya dikupas tuntas dalam buku ini. Menjadi Guru PAUD benar-benar merupakan buku panduan untuk menjadi Guru PAUD yang berkualitas.
Guru PAUD dituntut untuk melengkapi dan meningkatkan dirinya dengan pemahaman yang holistik. Buku ini akan membantu memenuhi tuntutan tersebut karena dikemas dalam sebuah bentuk tulisan yang ringkas dan disusun dalam kategorial, sehingga guru akan lebih mudah memahami tentang hakikat, prinsip, hingga cara memahami kondisi anak usia dini. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Baca, tulis, dan hitung adalah ilmu yang harus dikuasai anak sejak dini. Namun, jangan sampai pengajaran yang diberikan justru akan membebabni anak. Karena itu, perlu kiranya orangtua memikirkan cara yang tepat untuk mengajarkan ilmu ini. Buku ini bisa membantu orang tua dalam mengajarkan calistung tanpa membebani anak. Sebab, materinya disusun sesuai pola penalaran tumbuh kembang anak. Juga ilustrasinya yang ceria dan penuh warna. Membuat anak tidfadk akan bosan belajar bersama buku ini. Mereka justru merasa bermain dengan riang. Akhir kata, selamat mendampingi buah hati Anda belajar.
Hei lihat... Pangeran dan Putri sedang belajar sekaligus berpetualangan di sekitar istana. Ayo, ikuti petualangan seru mereka. Ingat, selalu semangat, jangan takut salah, dan jangan pernah menyerah! Bunda, temukan cara belajar yang menyenangkan untuk si kecil dalam menulis huruf A-Z dan berhitung 1-20. Buku ini dikemas secara menarik, menyenangkan dengan beragam aktivitas, disertai penjelasan langkah demi langkah. Si kecil pun akan lebih semangat dan mudah untuk memahami sekaligus mempraktikkannya. -AnakKita-
Kemampuan anak dalam belajar berhitung atau matematika dipengaruhi oleh dukungan orang tua. Salah satu peran orang tua adalah dengan memberikan buku latihan yang dapat mengasah kemampuan anak. Belajar yang menyenangkan bagi mereka adalah salah satunya dengan mengombinasikan aktivitas menggambar dan mewarnai, seperti yang ada di dalam buku ini. Materi isi dalam buku ini sudah disusun sesuai tahapan perkembangan anak dalam mengenal angka, melatih penjumlahan, pengurangan, dan prinsip dasar waktu. Diselingi dengan aktivitas menggambar dan mewarnai yang dapat mengoptimalkan kreativitasnya. Sangat cocok untuk media belajar anak usia 3-6 tahun. - Buku Praktis Matematika untuk usia PAUD dan TK dari Penerbit Cikal Aksara -
"""Kekhasan buku ini terletak pada referensi dalam memahami tugas perkembangan anak usia dini. Buku ini didasarkan kepada hasil studi longitudinal penulis terhadap anak sendiri sejak usia 0 sampai 6 tahun, bukan dari referensi tentang perkembangan anak dari Negeri Barat. Bahan-bahan yang disajikan dalam buku ini baru, hangat, aktual, dan diangkat dari isu-isu terkini, relevan dengan perkembangan dan kebutuhan mendesak para guru, mahasiswa, dan para pengelola PAUD, seperti permainan konstruktif, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, asesmen PAUD, dan kreativitas. ""Buku ini disusun secara komprehensif dan sistematis dari sisi konseptual maupun praksisnya sehingga dapat dijadikan sebagai sumber informasi, rujukan dan kajian untuk meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD dalam melaksanakan tugas."""" Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd. - Kepala Pusat Pengembangan PAUDNI"""
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pendidikan yang fundamental. Ada 2 hal penting yang dialami anak usia dini, pertama adalah usia golden age dimana perkembangan seluruh aspek berkembang secara pesat, kedua, anak usia dini merupakan masa kritis, dimana seluruh aspek perkembangan pada usia ini menentukan perkembangan berikutnya. untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik salah satunya yaitu dengan melakukan assesmen atau penilaian. Kegiatan penilaian merupakan usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik. Adapun tujuan pelaksanaan assesmen yaitu untuk (1) merencanakan pembelajaran individual dan kelompok agar dapat berkomunikasi dengan orang tua. (2) Mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan atau layanan khusus. (3) Mengevaluasi apakah tujuan pendidikan sudah tercapai atau belum. Oleh karena itu kegiatan assesmen anak usia dini tidak terlepas dari 3 hal ini. Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai assesmen pada anak usia dini, dalam buku ini akan dipaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangannya. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik penilaian assesmen yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak udia dini. Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tentang Assesmen autentik anak usia dini, Assesmen observasi dan portofolio anak usia dini, Assesmen unjuk kerja dan catatan anekdot anak usia dini, Assesmen percakapan pada anak usia dini, Assesmen Pembelajaran moral agama anak usia dini, Assesmen perkembangan kognitif pada anak usia dini, Assesmen perkembangan bahasa pada anak usia dini, Assesmen perkembangan sosio emosional anak usia dini, Assesmen perkembangan fisik motorik anak usia dini, Assesmen perkembangan seni pada anak usia dini.