Sebanyak 41484 item atau buku ditemukan

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Republik Indonesia nomor 10 tahun 2011 tentang kebijakan penanganan anak berkebutuhan khusus

Minister of Women's Empowerment and Child Protection regulation on policy to handle children with special needs.

Minister of Women's Empowerment and Child Protection regulation on policy to handle children with special needs.

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI PERILAKU

Mata kuliah pendidikan anak dengan gangguan emosi dan perilaku diajarkan sebagai mata kuliah umum yang diberikan untuk membekali mahasiswa dalam mengasesmen, merencanakan, menyusun program, melaksanakan program, serta mengevaluasi program bina bicara bagi klien yang memiliki hambatan gangguan emosi dan perilaku. Melalui buku ini mahasiswa diharapkan dapat memberi sumbangan pengetahuan dalam mendeteksi individu dengan hambatan komunikasi lebih dini untuk diberikan program penanganan yang tepat. Buku ini dimulai dengan penjelassan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai, lalu dibahas secara terperinci, dan dilengkapi dengan beberapa soal untuk mengukur tingkat penguasaan materi serta tingkat ketuntasan yang dicapai mahasiswa.

Pendidikan inklusi bersifat terbuka untuk semua anak dan berupaya mengakomodasi setiap kebutuhan peserta misalnya, penyesuaian sarana prasarana, ...

Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Banyaknya permintaan belajar Bahasa Inggris pada anak usia dini, memeberikan tantangan bagi guru Bahasa Inggris mengenal karakteristik anak sebagai pegangan untuk mengajar anak usia dini. Belajar dua bahasa bahkan tiga bahasa sekaligus dalam waktu yang sama seringkali menjadi keharusan untuk anak usia dini saat ini. Hal ini membuat guru harus beradaptasi dalam menjalankan proses belajar – mengajar supaya mereka merasa tertarik dalam belajar. Mendengar merupakan skill pertama yang bisa digunakan anak untuk belajar sebelum direspon oleh skill berbicara kemudian diikuti skill membaca dan menulis. Begitupun juga belajar bahasa baru diawali dengan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Layaknya orang yang tidak pernah kehabisan energi, anak – anak bisa melakukan apapun tanpa pernah merasa lelah. Hampir semua anak kecil berperilaku aktif, bahkan sangat aktif. Kelainan – kelainan yang dialami anak seringkali belum terdeteksi pada usia dini. Maka dengan itu guru sebaiknya mengetahui karakteristik anak sejak dini. Guru tidak berhak menilai anak mempunyai kelainan, paramedishlah yang dapat membuktikannya. Namun, sebaiknya guru dapat menyampaikan kecurigaannya kepada orang tua lewat perilaku anak di sekolah. Dalam buku ini menguak bagaimana anak menerima bahasa baru terutama bahasa inggris dan mengenal karakteristik anak. Strategi pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan juga dipaparkan melalui tips – tips dalam setiap bab. Selain itu, disampaikan juga cara mengajar bahasa inggris pada anak berkebutuhan khusus.

Banyaknya permintaan belajar Bahasa Inggris pada anak usia dini, memeberikan tantangan bagi guru Bahasa Inggris mengenal karakteristik anak sebagai pegangan untuk mengajar anak usia dini.

77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya

Bagaimanapun juga orang tua, pendidik, dan guru merupakan orang-orang yang turut andil menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Asah, asih, dan asuh sebagai fondasi untuk kepentingan anak. Bentuk kepedulian itu salah satunya adalah intervensi dalam mendidik anak. Intervensi langsung dari orang tua, guru, dan pendidik, pengasuh, dan orang-orang di sekitar lingkungan di mana anak itu tumbuh dan dibesarkan sangat dibutuhkan anak. Kemampuan mengatasi masalah-masalah yang biasanya muncul, yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika masalah-masalah anak teratasi, maka anak dapat berkembang baik fisik maupun psikis secara optimal.

Yaitu konselor melakukan intervensi kepada orang dewasa yang dekat dengan kehidupan anak dan dapat membantu masalah yang dihadapi anak. ... Misalnya, orang tua, guru, anggota keluarga lain. lis h in g /K G - 3/GC b.

Studi penanganan anak berkonflik hukum

Legal and social assistance for juvenile delinquents in Indonesia.

Berkaitan dengan perlindungan bagi anak yang berkebutuhan khusus, sampai
saat ini telah merekrut anak yang berkonflik hukum, sebanyak 5 anak, yang
diperoleh melalui hasil pendampingan dari LADA (Lembaga Advokasi Anak).

Sekolah Anak-Anak Juara 

Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan

Setiap manusia memiliki aneka ragam kecerdasan berbeda, dengan kemampuan belajar yang berbeda pula. Lingkungan yang memberikan stimulus dan kesempatan yang tepat akan melejitkan kecerdasan itu. Berbekal kecerdasannya masing-masing, setiap orang bisa sukses. Berdasarkan pengalamannya di dunia pendidikan dengan berbagai metode pendidikan, kedua penulis menunjukkan bagaimana proses pengajaran berkualitas, yaitu ?bukan sebesar apa kecerdasanmu, melainkan bagaimana kau menjadi cerdas?. Dengan gaya ringan, praktis, dan menarik, Munif Chatib sang ?Gurunya Manusia? dan Alamsyah Said memberikantips n tricks bagaimana: ? Menjadi Sekolah The Best Output ? Proses belajar terbaik ? Belajar aktif dan menyenangkan ? Mengenali dan melejitkan kecerdasan anak ? Menemukan kondisi akhir terbaik [Mizan, Kaifa, Motivation, Indonesia]

Dengan gaya ringan, praktis, dan menarik, Munif Chatib sang ?Gurunya Manusia? dan Alamsyah Said memberikantips n tricks bagaimana: ? Menjadi Sekolah The Best Output ? Proses belajar terbaik ? Belajar aktif dan menyenangkan ?

Autisme pada Anak

dr. Handojo adalah pemerhati autisme. Pada 1998, ia mendirikan Yayasan Nathanisa, yang secara khusus menangani penyandang autisme, dan Agca Center, sekolah khusus penyandang autisme. Dedikasinya dalam menangani autisme di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dalam Autisme Pada Anak, dr. Handojo menjelaskan tentang prinsip metode ABA Basic dalam menangani autisme pada anak. Metode ABA Basic membimbing anak agar patuh (bukan takut, tidak manja, tidak cengeng, dan kreatif. Metode yang tegas tetapi tidak keras ini juga dapat diterapkan untuk mendidik anak normal atau anak dengan berkebutuhan khusus lainnya.

Dedikasinya dalam menangani autisme di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dalam Autisme Pada Anak, dr. Handojo menjelaskan tentang prinsip metode ABA Basic dalam menangani autisme pada anak.