Sebanyak 4505 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran)

Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya menggapai amanat undang-undang itu guru perlu memahami ilmu pengetahuan. Salah satu yang harus di milki Guru adalah kemampuan mengelola kelas atau manajemen kelas. Pentingnya Pengelolaan/ manajemen kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan seuruh potensipotensi di dalam kelas yang terdiri dari: pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu, dana dan fasilitas (sarana dan prasaranan) yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien . Sebagai seorang leader sekaligus manajer di dalam kelas guru hendaknya memilki keterampilan dalam menciptakan iklim kelas yang nyaman guna menunjang anak untuk meraih keberhasilan/ prestasi belajar melalui kegiatan-kegiatan belajar- mengajar yang efektif. Sebagai seorang leader di kelas, guru memberikan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang harus diyakini dan diaplikasikan oleh peserta didik di lingkungannya seharihari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah sudahkan Guru memliki kemapuan pengelolaan/ manajemen Kelas? Buku ini hadir untuk memberikan jawaban akan pertanyaan itu. Buku ini membahas berbagai aspek tentang pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari 1) Perencanaan peserta didik, 2) Penerimaan peserta didik baru, 3) Orientasi sekolah, 4) Pengelompokan peserta didik, 5) Pembinaan disiplin peserta didik, 6) Evaluasi hasil belajar peserta didik, 7) Sistem tingkat, jurusan, mutasi dan drop out, dan 8) Penyelenggaraan layanan khusus. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiwa Fakultas Kependidikan, Guru, Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan dalam pendidikan serta semua orang yang tertarik akan pembahasan mengenai penigkatan kualitas pendidikan.

Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Danim, S, dan Danim, Y. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia. Daryanto, H.M. (2013). ... Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

BUKU AJAR MANAJEMEN KELAS

Buku ajar ini penulis tulis sebagai salah satu rujukan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah agar dengan mudah untuk mengetahui serta memahami tentang pengelolaan kelas di sekolah dasar.

C. Sarana dan Prasarana Ruang Kelas Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah menyatakan ...

50 Years Lessons

Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama. Jalan hidup saya jarang sampai kepada yang saya rencanakan. Akan tetapi, hampir seluruh jalan hidup saya selalu berujung ke tempat-tempat di mana saya dibutuhkan. Dan saya tidak menyesal (no regret). Kedua. Saya telah menyimpulkan bahwa manajemen dan manajemen sajalah yang dapat menciptakan nilai tambah bagi kemakmuran sebuah negara-bangsa. Ketiga. Organisasi, bahkan negara sekalipun, hanya akan sebaik pemimpinnya. Akan tetapi pemimpin hanya akan sebaik orang-orang yang dipilihnya dan diberdayakannya. Akhirnya saya sepakat dengan Peter F. Drucker, sahabat dan guru manajemen sejagat, bahwa sesungguhnya tidak ada negara miskin atau terbelakang. Yang ada adalah negara-negara yang tidak terkelola dengan baik (under managed) dan, saya tambahkan tidak memiliki kepemimpinan yang efektif.

Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama.

MANAJEMEN KELAS

Manajemen kelas merupakan persyaratan penting yang menentukan terciptanya pembelajaran yang efektif. Guru harus mampu memanajemen kelas dengan baik, manajemen kelas adalah merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kegiatan pembelajaran guru dengan segenap penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

Manajemen kelas merupakan persyaratan penting yang menentukan terciptanya pembelajaran yang efektif.

Aksesibilitas Penyandang Disabilitas terhadap Perguruan Tinggi ; Studi Kasus di Empat Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta

Kemudahan untuk mengenyam pendidikan tinggi banyak mengalami hambatan.2 ... berdasarkan naskah kesepakatan peserta workshop yang diselenggarakan oleh ...

DEKONSTRUKSI KAIDAH ‘ADÂLAH AL-SAHÂBAH ; Implikasinya terhadap Studi Ilmu Hadits

... yang dimiliki serta keaktifannya dalam dunia pendidikan serta perjuangan, ... dia telah memperlihatkan kemampuan dalam mengkaji secara mendalam naskah ...

Sistem Keyakinan Pada Masyarakat Kampung Naga dalam Mengelola Lingkungan Hidup (Studi Tentang Pantangan dan Larangan)

System of socio-cultural life related to human environment conservation in Kampung Naga, Jawa Barat Province.

Pencetakan naskah yang berjudul Sistem Keyakinan Pada Masyarakat Kampung Naga ... Pemerintah Daerah, Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ...

KONTROVERSI POLITIK KYAI TAREKAT: STUDI PERGESERAN ORIENTASI POLITIK KYAI TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH

Komumitas sosial berbasis keagamaan di Indonesia cenderung memiliki loyalitas kuat, stabil dan tidak mudah dicerai-berai oleh pihak pihak eksternal. Hal ini karena mereka memiliki prinsip-prinsip dan relijiusitas dalam menjalankan kehidupan duniawi yang relatif terpelihara. Dinamika dalam hubungannya dengan elemen internal maupun pihak eksternal merupakan riak-riak kecil sebagai penanda kehidupan interaktif dan responsif terhadap intervensi politik dari luar dirinya; sehingga meskipun terjadi kemelut, betapapun rumitnya tetapi hal ini hanya bersifat sementara. Hal ini ditunjukkan --- setidaktidaknya --- dalam konteks hasil penelitian tentang konrovesi politik kyai tarekat dalam “Pergeseran Orientasi Politik Kyai Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah di Jombang” (Jawa Timur).

... untuk merumuskan kembali NU sebagai organisasi sosial keagamaan yang menekankan kepada bidang dakwah, pendidikan, ... Naskah Kittah Nahdliyin Kyai Haji.

Metodologi Studi Tokoh & Penulisan Biografi

Buku ini menyajikan metodologi studi tokoh dan berbagai aspek yang berkaitan dengan penulisan biografi. Dirumuskan dalam karya buku yang utuh, tidak parsial, dan detail langkah demi tangkah yang dipaparkan secara komprehensif. Pembahasan materi meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan studi tokoh; mulai dari usulan penelitian studi tokoh pemikiran Istam hingga metode penulisan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pokok bahasan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ini menyajikan metodologi studi tokoh dan berbagai aspek yang berkaitan dengan penulisan biografi.

Pendidikan Akhlak dalam al-Qur’an: Studi Tarbawi Perspektif Syaikh Nawawi al-Bantani

Pendidikan akhlak merupakan soko guru kehidupan yang mempunyai peranan sangat penting dalam menciptakan kedamaian. Nilai-nilai akhlak Qur'ani dalam pemikiran-pemikiran Syaikh Nawawi, kaitannya mengenai pendidikan akhlak dalam Tafsir Munir / Marah Labid layak dibahas dan dipelajari. Dalam hubungan ini merupakan studi kajian Tarbawi Perspektif Syaikh Nawawi Al-Bantani. Di dalamnya dikupas kandungan kajian pendidikan akhlak karimah. Implementasi akhlak diperlukan adab dan tatakrama yang harus dipegang oleh umat manusia baik secara vertikal (antara diri manusia dengan Khaliq), maupun secara horizontal (antara dirinya sendiri dengan masyarakat, maupun dengan lingkungan dan sesama manusia). Urgensi mengkaji pendidikan akhlak Qur'ani berperan positif bagi perkembangan dan kemajuan budaya masyarakat. Pendidikan akhlak hadir memiliki banyak fungsi yang tidak hanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa an sich, tetapi juga berfungsi sebagai pencerdasan diri, sosial, negara, bangsa, dan bahkan dunia. Pendidikan akhlak yang dijalankan Syaikh Nawawi al-Bantani diarahkan pada pendidikan intelektualitas dan spiritual secara terpadu. Pendidikan intelektualitas dibangunnya pada kajian-kajian keilmuan, sedangkan pendidikan ruhani dibangunnya pada bahasan akhlak-tasawuf. Implikasi pendidikan yang dicanangkan Syaikh 'Abd al-Qâdir al-Jîlâniy perlu diberdayakan pada masyarakat Indonesia dalam rangka upaya optimalisasi potensi dasar manusia secara terpadu dan terarah menuju kesuksesan hidup manusia di dunia dan akhirat. Di kalangan masyarakat dalam manifestasi cita-cita hidup mulia perlu ditransformasikan nilai-nilai budi luhurnya terhadap pribadi generasi penerusnya. Sehingga implikasi dari pemikiran pendidikan akhlak Syaikh Nawawi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan memperkaya konsep-konsep pendidikan Islam di Indonesia.

29 Dalam rangka mengumpulkan data untuk keperluan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) khususnya terhadap naskah-naskah karangan yang dinisbahkan kepada Syaikh Nawawi, dan teknik analisis 29 ...