Sebanyak 337 item atau buku ditemukan

Aplikasi Akuntansi Keuangan

Studi Kasus PT. Anugerah Lestari

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat yang berminat untuk mempelajari dan memahami perlakuan akuntansi perusahaan manufaktur berbasis siklus. Buku ini membahas perlakuan akuntansi untuk transaksi bisnis perusahaan manufaktur, mulai dari analisis transaksi, penjurnalan transaksi ke dalam jurnal khusus dan jurnal umum, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian, penyusunan kertas kerja, penyusunan laporan keuangan, pembuatan jurnal penutup, dan neraca saldo setelah penutupan dengan memperhatikan pokok bahasan dalam mata kuliah Intermediate Accounting.

Buku ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat yang berminat untuk mempelajari dan memahami perlakuan akuntansi perusahaan manufaktur berbasis siklus.

Paket Kebijakan Ekonomi dan Akuntansi Keuangan

Perspektif Pengembangan Umkm Promosi Ekspor

Merupakan referensi penting tentang pembangunan ekonomi kerakyatan dan pembangunan serta pertumbuhan inklusif di tanah air. Pengembangan dan modernisasi UMKM berperan strategis karena keterlibatan masyarakat luas, bersifat informal, serta menyebar luas ditingkat perdesaan maupun perkotaan, serta memberikan kontribusi signifikan dalam kesempatan kerja dan pendapatan nasional. Buku ini membahas empat aspek strategis dalam pengembangan UMKM berorientasi ekspor yaitu paket kebijakan ekonomi dan investasi UMKM bidang pertanian, standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM), peran BUMN sebagai agregator-konsolidator, dan pemanfaatan fasilitas KURBE dalam mendukung akses permodalan dan peningkatan daya saing ekspor produk UMKM. Keempat aspek penting dan strategis ini memiliki sekuensi dan konektivitas yang baik dalam mendukung tema utama dari buku ini dengan sasaran utama pengembangan UMKM berorientasi ekspor. Keberhasilan pencapaian sasaran pengembangan UMKM akan sangat ditentukan oleh implementasi kebijakan di lapangan, pemahaman dan implementasi sistem akuntansi dan standar pelaporannya, pengembangan model kerjasama BUMN-UMKM yang sinergis dan saling menguntungkan, serta optimalisasi pemanfaatan fasilitas KURBE yang dirancang khusus untuk pengembangan ekspor produk UMKM

Buku ini membahas empat aspek strategis dalam pengembangan UMKM berorientasi ekspor yaitu paket kebijakan ekonomi dan investasi UMKM bidang pertanian, standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM), peran BUMN ...

Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Buku Antologi yang kami susun ini merupakan kumpulan tulisan artikel berupa bab (chapter), mengenai pengajaran Bahasa Inggris di setiap kampus tempat kami mengajar di seluruh Indonesia. Adapun isi dari artikel yang ditulis pada buku ini sangatlah beragam, mulai dari strategi pembelajaran Bahasa Inggris, cerita pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris, hasil penelitian tentang pembelajaran Bahasa Inggris, maupun teori-teori tentang pembelajaran Bahasa Inggris terkini. Menjadi sangat menarik, buku ini disusun dalam masa pandemi COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ia juga tercatat sebagai salah satu penulis Antologi Pemikiran yang dipublikasikan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, ia juga tengah menjadi salah satu penulis di kegiatan Gerakan Menulis Buku Indonesia yang ...

Micro teaching

“Micro Teaching” book is a handbook to help students in their microteaching class. The book is designed to enable students to improve their knowledge and teaching skill especially in English Language Teaching (ELT). The book provides some theories about teaching and some teaching skills to be practiced in the class. The writer attached some helpful material like lesson plan template, classroom talks, and observation checklist at the end of the book that the students can adopt and improve. The book consists of eight chapters; they are intended to be learned at the first eight meetings and for the rest meetings of the class the students are expected to do teaching practice by adopting the attachments provided at the end of the book. The content of this book is mostly adopted from Guide to Teaching English book by Lucy Pollards and What Teachers Need to Know About Teaching Method by Peter Westwood.

The book is designed to enable students to improve their knowledge and teaching skill especially in English Language Teaching (ELT). The book provides some theories about teaching and some teaching skills to be practiced in the class.

PERENCANAAN PARTISIPATIF DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELOMPOK WANITA TANI

Buku ajar ini adalah merupakan hasil kegiatan pendampingan masyarakat pada Skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Sesuai dengan Kontrak Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2019 dengan judul kegiatan “Kelompok Wanita Tani Desa Sereang Kabupaten Sidenreng Rappang Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional”. Buku ajar ini diperuntukkan untuk kalangan mahasiswa, dosen, juga bagi yang gemar membaca di semua kalangan. Buku bahan ajar ini terbit berkat dukungan dari beberapa pihak, olehnya itu kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dr. H. Jamaluddin, S.Sos., M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang), beserta seluruh teman-teman dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga buku ajar ini dapat diterbitkan.

, M.Si. (Rektor Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang), beserta seluruh teman-teman dosen dan staf Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga buku ajar ini dapat diterbitkan.

Suplemen Buku Pendidikan Lingkungan Kelas 1-2 Sekolah Dasar

Buku Suplemen Pendidikan Lingkungan Kelas 1-2 merupakan materi-materi tambahan dalam pendidikan lingkungan yang diintegrasikan pada pembelajaran tematik di kelas 1-2 SD. Buku ini pada tahun 2020 beredar terbatas di Sekolah Hikari, Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia, Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten, Indonesia.

Buku Suplemen Pendidikan Lingkungan Kelas 1-2 merupakan materi-materi tambahan dalam pendidikan lingkungan yang diintegrasikan pada pembelajaran tematik di kelas 1-2 SD. Buku ini pada tahun 2020 beredar terbatas di Sekolah Hikari, Yayasan ...

Panduan Praktis Pelaksanaan Focus Group Discussion Sebagai Metode Riset Kualitatif

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program-program sosial di Indonesia. Tujuan buku ini adalah untuk meluruskan pemahaman Focus Group Discussion yang aslinya dipakai sebagai alat atau metode riset kualitatif, bukan untuk mendapat konsensus bersama. Focus Group Discussion yang dijabarkan dalam buku ini adalah FGD sebagai salah satu metode riset kualitatif yang masih diperlukan dan dipakai untuk pembuatan strategi yang menyangkut masyarakat sebagai konsumen ataupun sebagai sasaran program sosial atau program komunikasi. Dengan demikian, buku ini bisa menjadi panduan bagi pelaku bisnis, pelaku organisasi sosial, peneliti maupun oleh mahasiswa yang ingin belajar praktik riset kualitatif. Bagi pemula, buku ini menjelaskan langkah-langkah praktis untuk melaksanakan FKD, mulai dari persiapan, organisasi tim lapangan, seleksi dan rekrutmen responden, persiapan pedoman diskusi, persiapan ruangan FGD, teknik memandu FGD, hingga analisis hasil, disertai dengan contoh-contoh konkret. Buku ini juga membandingkan secara ringkas FGD daring dan FGD luring untuk menyambut era perubahan.

Metode riset kualitatif yang disebut Focus Group Discussion sudah lebih dari 50 tahun hadir dan diterapkan di Indonesia untuk mengarahkan perencanaan dan strategi pemasaran serta komunikasi di kalangan industri dan perusahaan maupun program ...

Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan

Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar. Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dengan menghadirkan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh siswa serta kegiatan mengajar yang dilaksanakan oleh guru. Belajar dan pembelajaran merupakan dua kegiatan yang beriringan dan saling terkoneksi satu dengan lainnya. Artinya, proses pembelajaran tidak akan berhasil jika kegiatan belajar tidak hadir. Sebaliknya, jika komponen mengajar pada proses pembelajaran tidak dijalankan dengan baik, maka kegiatan pembelajaran juga akan timpang dan tidak mencapai hasil yang maksimal. Sebagai guru serta calon guru, memahami makna belajar dan pembelajaran sangat penting. Tujuannya hanya satu, mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Guru dan calon guru wajib memahami seperti apa teori, konsep dan hakikat belajar itu sendiri, sebelum menerapkannya di kelas pembelajaran yang sebenarnya. Mulai dari perspektif psikologi hingga perspektif sosial, seyogianya menjadi acuan bagi guru dan calon guru sebelum memulai aktivitas belajar mengajar (pembelajaran). Pemberian materi ajar hingga mendesain serta mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru serta calon guru. Pengetahuan dan keterampilan terkait tes evaluasi apa yang tepat untuk siswa juga memberikan efek dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, buku Belajar & Pembelajaran hadir sebagai bagian dari transfer keilmuan kepada guru serta calon guru. Buku Belajar & Pembalajaran ini terdiri dari 10 bab, di antaranya: Konsep Belajar & Hakiki Belajar, Hakikat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Pengembangan Model Desain Pembelajaran, Pengembangan Media & Sumber Belajar, serta Pengembangan Tes Evaluasi. Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidikan serta calon pendidik dapat mengetahui bagaimana penerapan konsep belajar dan pembelajaran secara tepat baik dipandang dari sisi siswa maupun dipandang dari sisi guru.

... Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII', PPPPTK Matematika, pp. 1–19. Trianto (2013) Desain pengembangan pembelajran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak kelas ...

Hukum Ekonomi Internasional

Buku ini tidak hanya menguraikan sisi teori perkembangan hukum ekonomi internasional, melainkan juga membahas sisi praktik hukum ekonomi internasional yang telah berkembang sangat pesat, dimana aktivitas ekonomi internasional yang dilakukan lembaga publik maupun privat semakin meningkat. Buku ini juga akan membahas kehadiran Multi National Corporation (MNC) atau Perusahaan Multi Nasional dalam hubungan ekonomi internasional. Selain itu buku ini juga akan membahas beberapa kasus di bidang ekonomi internasional, dimana akhir-akhir ini sebagaimana dapat kita baca di beberapa media, tengah terjadi beberapa masalah dalam bidang perdagangan yang dilakukan oleh beberapa negara, yang disebut sebagai “trade war” dan beberapa di antaranya dialami oleh Indonesia, seperti kasus penolakan ekspor Crude Palm Oil (CPO) ke pasaran Uni Eropa dan ancaman pencabutan The Generalized System of Preferences (GSP) atau Sistem Preferensi Umum, atas sekitar 124 produk asal Indonesia ke pasaran Amerika Serikat. Buku Hukum Ekonomi Internasional dalam Teori dan Praktik ini merupakan upaya dari pengajar bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dalam mempermudah mahasiswa untuk memperoleh bahan bacaan yang komprehensif dan up to date mengenai Hukum Ekonomi Internasional. Internasional. Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Hukum, tetapi juga bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi, Fakultas Administrasi Bisnis dan juga Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, bagi praktisi di bidang ekonomi internasional serta masyarakat umum yang ingin mendalami dan memahami Hukum Ekonomi Internasional.

Buku Hukum Ekonomi Internasional dalam Teori dan Praktik ini merupakan upaya dari pengajar bagian Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dalam mempermudah mahasiswa untuk memperoleh bahan bacaan yang komprehensif dan up to ...

Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi: Pengantar Religiositas Keilmuan (Edisi Revisi)

"Bagi saya, buku ini seakan memanggil "wahai para pembelajar akuntansi, marilah buka mata hati agar kita tiba ke pemahaman bahwa akuntansi itu bukanlah hanya itu, seperti yang dipelajari selama ini. Akuntansi, akan tetapi, adalah juga fenomena sosial, kultural dan bahkan religius yang kompleks. Buku ini telah dengan meyakinkan mengungkapkan bahwa dikotomi selama ini antara metodologi penelitian kuantitatif versus kualitatif, telah dipahami dengan tidak tepat. Sesuatu yang bagi saya luar biasa adalah keberanian buku ini untuk menyampaikan bahwa metodologi penelitian yang selama ini kita pahami dan anut, adalah metodologi yang telah mengabaikan eksistensi Tuhan. Buku ini enak dibaca, mengalir lembut karena keindahan bahasanya. Pembaca yang budiman, pahamilah buku ini dengan mata hati, bukan dengan mata kepala. Bukankah Tuhan telah mensinyalir bahwa yang buta bukanlah mata kepala kita, tetapi mata hati." (Prof. Dr. Eddy R Rasyid, M.Com. (Hons), Akt.) Buku ini adalah cetakan pertama edisi revisi, setelah kali keempat cetakan edisi sebelumnya. Telah dilakukan penambahan bab tentang cara menyajikan hasil penelitian kualitatif, serta beberapa koreksi dan penambahan pembahasan di beberapa bab sebelumnya.

KUALITATIF. “BERKUALITAS”. Keluaran Pembelajaran yang Diharapkan: 1. Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan penelitian non-positif 2. Mahasiswa mampu membedakan penelitian kualitatif yang positif dari penelitian kualitatif ...