Sebanyak 2866 item atau buku ditemukan

Teori dan praktek lembaga mikro keuangan syariah

beberapa permasalahan dan alternatif solusi

yang baik dalam memperjuangkan implementasi prinsip - prinsip syariah dalam wadah BMT dengan mengemukakan beberapa alasan ... Bisnis Usaha Kecil ( PINBUK ) , misalnya , keberadaannya sangat lemah karena tidak mengikat untuk dipedomani .

EVOLUSI PESANTREN; Studi Kepemimpinan Kiai Berbasis Orientasi ESQ

Idealnya, kepemimpinan seorang kiai mesti bersandar secara maksimal pada kualitas spiritual dan kapasitas penguasaannya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Kualitas tersebut akan berdampak pada derajat pemanfaatannya terhadap kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam proses dan peran kepemimpinan yang dijalankannya. Yang ideal, meskipun sulit, harus terus menerus dikejar dan diupayakan, karena eksistensi pesantren di masa depan akan sangat bergantung salah satunya pada kriteria kepemimpinan yang semacam itu.

1995, Pengembangan Pendidikan Islam yang Menjanjikan Masa Depan, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar Fakultas tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, Malang. ______. 1998, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI.

Tafsir Ahkam

Ayat-ayat Ibadah

Betapa pun awamnya seorang Muslim, niscaya mereka tahu dan memang selayaknya mengetahui bahwa al-Qur’an al-Karim merupakan sumber utama dan pertama bagi agama Islam. Secara garis besar, al-Qur’an berisikan tentang akidah (keimanan), akhlak, janji baik dan ancaman buruk (wa‘ad dan wa‘îd), kisah dan sejarah, syariah (hukum), ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain. Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an. Hukum dari ayat-ayat Thaharah diambil dari Surah al-Mâ’idah [5] ayat 6 dan Surah an-Nisâ’ [4] ayat 43; ayat-ayat Shalat yang diambil dari Surah al-Baqarah [2] ayat 43-46, al-Hajj [22] ayat 77, dan al-Isrâ’ [17] ayat 78; ayat-ayat Zakat dari Surah al-Baqarah [2] ayat 276, dan at-Taubah [9] ayat 60; ayat-ayat Puasa dari Surah al-Baqarah [2] ayat 185; dan ayat-ayat Haji dari Surah al-Baqarah [2] ayat 196-197, Surah Âli ‘Imrân [3] ayat 96-97, dan Surah al-Hajj [22] ayat 27-29. Sistem penulisan Tafsir Ahkam ini disusun dengan urutan yang dapat mempermudah pembaca. Sistematikanya terdiri dari ayat yang bersangkutan dan terjemahan, tafsir mufradat, makna global, sabab nuzul, penjelasan, dan istinbath. Insya Allah buku ini dapat mengisi kekosongan tafsir ahkam berbahasa Indonesia yang masih langka dan sekaligus menambah khazanah ilmu-ilmu keislaman di Indonesia.

Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) SMP, MTs: Kelas IX (III), semester I & II

Terbitan : 100 / CJ / X11 / 2007Penasehat Hukum : RONALD SIAHAAN &
PARTNER Tidak diizinkan untuk memproduksi isi buku dengan cara apapun
seperti mencetak , fotokopi , mikro film , dan dengan tujuan apapun tanpa izan
tertulis dari ...

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) SMK/MAK: Kelas X (1), semester I & II (per-mata pelajaran

Curriculum planning of secondary vocational schools and Islamic vocational schools in Indonesia.

Dan dalil akan hal tersebut sebagaimana yang dikabarkan Nabi saw, bahwa
tidaklah umat ini akan berkumpul ... Contoh: Allah mengharamkan khamer
dengan dalil Al Qur'an, sebab atau alasan pengharamannya adalah karena ia ...

Perempuan dan masyarakat pembelajaran

Emancipation of women through Islamic education in Indonesia.

Dalil Kepemimpinan Wanita dalam Politik Pengangkatan kekhalifahan (istihklaf)
yang didalamnya mengandung konsep ... Kalimat al insan dalam bahasa Al Qur'
an mempunyai makna salah seorang anak manusia lelaki maupun perempuan.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Mampu membedakan latar belakang penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. b. Mampu membedakan fokus penelitian antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. c. Mampu membedakan masalah penelitian yang membedakan ...

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Edisi Kedua

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)