Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena bimbingan-Nya, penerbit bisa menyelesaikan penyusunan buku “SIAP Ujian Nasional 2019/2020”. Ujian Nasional dalam sistem kependidikan di Indonesia masih merupakan bagian yang sangat penting dari keberhasilan proses pembelajaran. Ujian Nasional (UN) perlu diselengarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi ulusan peserta didik dan untuk melakukan pemetaan tingkat hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu setiap peserta didik wajib mempersiapkan diri sedini mungkin, baik dari segi penguasaan materi maupun mental, dengan demikian akan benar-benar siap mengikuti Ujian Nasional. Buku “Siap Ujian Nasional 2019/2020” jenjang satuan pendidikan SMP/MTs merupakan bekal untuk menyiapkan diri peserta didik untuk menempuh Ujian Nasional. Dilengkapi dengan Ringkasan Materi, contoh soal dan pembahasan, dan Soal Latihan sesuai dengan Kisi-kisi UN yang berlaku. Buku ini layak dijadikan panduan untuk menghadapi Ujian Nasional. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada penyusunan buku ini. Untuk itu, penulis mengundang pembaca memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan dalam penyusunan buku, serta ilmu pengetahuan yang akan disajikan bagi para peserta didik.
Buku ini merupakan kumpulan pengalaman penulis selama mengajar di massa pandemic covid-19 dan kumpulan pengalaman-pengalaman selama menjadi pembelajar. Buku ini menyajikan: (1) informasi terkait penerapan pembelajaran dalam jaringan di berbagai perguran tinggi, kendala-kendala yang dihadapi, juga alternatif solusinya. Tidak semua perguruan tinggi tentunya memiliki fasilitas e-learning berbasis Learning Management System (LMS) dan memiliki jaringan yang bagus untuk melaksanakan pembelajaran daring. (2) Assesment Berpikir Tingkat Tinggi secara daring juga dideskripsikan, (3) Keterkaitan dengan karakter dan humanisme dalam pendidikan dan pembelajaran juga dideskripsikan yang merupakan unsur penting dalam pendidikan
Buku ini merupakan kumpulan pengalaman penulis selama mengajar di massa pandemic covid-19 dan kumpulan pengalaman-pengalaman selama menjadi pembelajar.
Pelajaran Seni Drama- Tari di Sekolah Dasar sudah saatnya keluar dari paradigma lama, yakni hanya sebagai mata pelajaran kelas ke dua. Pelajaran ini seringkali identik dengan kegiatan ekstra kurikuler, sehingga tak jarang posisinya tersingkir dari lima pelajaran utama di SD. Posisinya yang tidak seksi menurut banyak kalangan ini menyebabkan pengelolahan sistem pembelajaran untuk pelajaran ini sekedarnya saja. Betapa mudahnya mengajarkan pelajaran ini di SD jika guru hanya menyuruh setiap anak menari atau bermain drama lalu memberikan penilaian satu persatu di setiap akhir semester.
Hal ini penting karena pengalaman anak pada usia dini merupakan landasan dasar bagi kehidupan di masa datang. Oleh karena itu pengalaman kreatif bagi anak meski menjadi bagian utama dalam pendidikan. Pada kurikulum 1994 SD, ...