Sebuah Pendidikan disebut komperehensif jika ia berorientasi pada kepentingan hidup di dunia dan akhirat sekaligus. Hasil akhir yang diharapkan dari konsep pendidikan itu adalah lahirnya insan kamil. Dua sumber yang harus menjadi rujukan dalam rangka membentuk karakter insan kamil adalah Alquran dan Hadis. Buku ini mengulas tentang metode memahami hadis; Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang pendidik; konsep pendidikan dalam dimensi hadis; pemerolehan ilmu pengetahuan dalam dimensi hadis; metode pemebalajaran dalaman dimensi hadis; kurikulum dalam dimensi hadis; motivasi belajar dalam dimensi hadis; evaluasi pendidikan dalam dimensi hadis; pendidikan akidah dan pembentukan karakter; pendidikan akhlak dan hadis-hadis tentang pendidikan.
Buku ini mengulas tentang metode memahami hadis; Nabi Muhammad Saw. sebagai seorang pendidik; konsep pendidikan dalam dimensi hadis; pemerolehan ilmu pengetahuan dalam dimensi hadis; metode pemebalajaran dalaman dimensi hadis; kurikulum ...
Buku ini mencoba menggali konsep dan nilai pendidikan perspektif Islam yang diteladani dalam berbagai sabda Rasulullah SAW. Rangkaian perbincangannya dimulai dengan pandangan Rasulullah SAW terhadap materi ajar, karakteristik, dan standar yang harus dimiliki oleh pendidik. Kemudian diuraikan cara Rasulullah SAW menhadapi murid dan standar pendidikan yang harus dicapai. Kedua uraian ini dilengkapi dengan paparan berkaitan dengan penggunaan alat ajar dalam pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup
Judul Buku: Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling (Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan) Penulis: 1. Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd. 2. Kaminudin Telaumbanu, S.Pd., M.M. Penerbit: PM Publisher bekerja sama dengan Penerbit Embrio Percetakan: Digital Printing Jogja Tahun Terbit: 23 September 2020 ISBN: 9786236653210 Blurb: Pemahaman teori pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku ini tentang Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan, akan sangat membantu penggiat Akademik untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak Anda untuk "berkenalan secara umum mengenai Teori Manajemen dalam Bimbingan Konseling serta kajian-kajian yang behubungan dengan manajemen bimbingan konseling" secara intensif dengan belajar bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan. Sehingga memudahkan bagi akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam kemampuan belajar dan berpikir secara praktis melalui teori manajemen dalam bimbingan konseling serta aplikasinya dalam pembelajaran lewat kehidupan sehari-hari. Buku ini terbagi atas Lima Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum perkembangan belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.
Analisi sistem, rancangan sistem, dan manajemen member petunjuk dalam mengoperasionalkan pendekatan sistem merupakan tiga unsure pokok yang berusaha mengenal esensi keterpaduan berbagai unsur dalam memecahkan masalah yang sifatnya ...
Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.
Thaba , Abdul Aziz , Islam dan Negara dalam Politik Orde Baru , Jakarta : Gema
Insani Press , 1996 . Tholkhah , Imam ... Umar , Nasaruddin , Argumen
Kesetaraan Jender : Perspektif Al - Qur'an , Jakarta : Paramadina , 1999 .
Undang ...
satu penelitian terhadap pencapaian dan masalah keciciran murid-murid orang Asli dalam pendidikan - kajian kes di Bukit Kemandol, Kuala Langat, Selangor Darul Ehsan