Sebanyak 2818 item atau buku ditemukan

Autisme pada Anak

dr. Handojo adalah pemerhati autisme. Pada 1998, ia mendirikan Yayasan Nathanisa, yang secara khusus menangani penyandang autisme, dan Agca Center, sekolah khusus penyandang autisme. Dedikasinya dalam menangani autisme di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dalam Autisme Pada Anak, dr. Handojo menjelaskan tentang prinsip metode ABA Basic dalam menangani autisme pada anak. Metode ABA Basic membimbing anak agar patuh (bukan takut, tidak manja, tidak cengeng, dan kreatif. Metode yang tegas tetapi tidak keras ini juga dapat diterapkan untuk mendidik anak normal atau anak dengan berkebutuhan khusus lainnya.

Dedikasinya dalam menangani autisme di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dalam Autisme Pada Anak, dr. Handojo menjelaskan tentang prinsip metode ABA Basic dalam menangani autisme pada anak.

BUKU PANDUAN MANAJEMEN TUGAS WALI KELAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Wali kelas yang kompeten dalam melaksanakan tugas menjadi hal yang didambakan setiap sekolah dan siswa yang diwalikan. Dalam melaksanakan tugasnya wali kelas menghadapi berbagai kendala terutama dalam mengefektifkan waktu antara tugas sebagai guru mata pelajaran dan sebagai guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wali kelas. Kendala- kendala yang dihadapi wali kelas dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam mendapatkan data dan memberikan pembimbingan serta pelayanan yang dibutuhkan siswa belum teratasi secara optimal. Membantu wali kelas mengatasi kendala dan permasalahan yang mereka hadapi buku panduan manajemen tugas wali kelas berbasis teknologi informasi, menjadi sebuah solusi bagi wali kelas. Ulasan-ulasan tentang tugas seorang wali kelas, fungsi- fungsi manajemen dalam tugas wali kelas, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk web menjadi nilai tambah dalam membantu wali kelas melaksanakan pekerjaannya. Buku panduan ini dilengkapi dengan aplikasi manajemen tugas wali kelas dalam bentuk web dan langkah-langkah penggunaan aplikasi yang membimbing wali kelas dalam menjalankan aplikasi. Aplikasi ini sangat membantu wali kelas dalam mendapatkan data yang mereka butuhkan. Data ini bersumber dari guru mata pelajaran, guru bimbinan konseling dan juga dari siswa sendiri. Keterlibatan siswa, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling serta orang tua siswa dalam memberikan data dan informasi pada model manajemen tugas wali kelas ini sangat membantu wali kelas untuk mendapatkan data tentang siswa, agar wali kelas dapat mengenal siswa yang dia walikan baik bidang akademik maupun non akademik. Aplikasi ini juga memuat bentuk komunikasi wali kelas dengan siswa yang diwalikan. Disamping itu aplikasi ini memberikan kemudahan kepada kepala sekolah dalam melakukan pengontrolan terhadap keterlaksanaan tugas wali kelas dan pencapaian mutu setiap kelas baik bidang akademik maupun non akademik. Penggunaan buku panduan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tugas yang dilaksanakan wali kelas dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dibutuhkan siswa pada sebuah kelas. Jika mutu setiap kelas meningkat maka dapat membawa dampak kepada mutu lulusan sebuah sekolah. Buku panduan ini dapat menjadi acuan, khususnya wali kelas SMA, sekolah, dan Dinas Pendidikan Propinsi/kabupaten/kota.

Mitra wali kelas berikutnya adalah guru bimbingan konseling (BK) yang dapat memberikan informasi tentang penulusuran ... Disamping itu kelas yang diwalikan juga perlu melengkapi kebutuhan sarana kelas dan administrasi penunjang kegiatan ...

Filosofi, Metodologi Penelitian, dan Komunikasi Ilmiah

Tulisan ini, karenanya, dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab. Bab-bab tersebut ialah: 1. Pendahuluan ialah bagian yang menguraikan pokok-pokok bahasan, 2. Filosofi ialah bab yang menguraikan tentang filiosofi khususnya untuk mendasari tulisan ilmiah. Misalnya: arti dari filosofi yang khususnya untuk keperluan tulisan ilmiah (scientific writing). Filosofi, dalam hal ini, ialah sebuah studi kritis dari sebuah prinsip dasar dan konsep. Konsep ialah unsur dasar dari sebuah penalaran, 3. Filosofi penalaran induksi dan deduksi; penalaran induksi ialah urutan penalaran dari yang khusus menuju ke yang umum yang dikembangkan oleh Francis Bacon. Filosofi penalaran deduksi ialah urutan penalaran dari yang umum menuju ke yang khusus yang dikembangkan oleh Aristoleteles. Gabungan dari kedua penalaran tersebut dikenal sebagai indukto-dedukto verifikatif yang dikembangkan oleh John Dewey. Penalaran tersebut tentang pendekatan ilmiah, 4. Ilmu dan teori. Ilmu terdiri dari deskripsi dan preskripsi, terdapat hubungan antar ilmuwan peneliti dan penulis untuk mengungkapkan suatu fenomena secara fakta dengan kritis dan masuk akal. Ilmu ialah metode penalaran sebagai penyusun informasi untuk memperoleh hubungan antara faktor-faktor secara sistematis hasil telaah yang kritis dan mendalam, 5. Metodologi penelitian ilmiah, ialah berdasarkan kesederhanaan dengan tahapan perancangan, observasi, koleksi data hasil dan menuangkan dalam bentuk tabel, kurva, histogram, gambar dan foto, yang masing-masing mempunyai skala dan notasi yang dikendalikan signifikansi hasil dari analisis statistik. Bab 6. Masalah, ialah sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan sebuah keputusan yang masuk akal, sehingga masalah dapat diteliti, diamati, diuji yang akan memberikan suatu solusi yang masuk akal, 7. Hipotesis, ialah sebuah usulan yang diusulkan sebagai titik awal yang kuat bagi suatu penalaran (reasoning). pengertian ini digali dari Webster tahun 1956 yang menghasilkan penegertian yang sederhana dan mudah untuk dususun bagi yang memerlukannya., 8. Peubah atau variabel ialah faktor tidak tetap yang berperan dalam pemberian pengaruh pada suatu peneltian. Peubah ada dua jenis utama ialah peubah [variabel] bebas dan peubah [variabel] tidak bebas [peubah tergantung]. Misalnya peubah tergantung (bobot kering), ialah peubah yang tergantung pada faktor lain, peubah bebas, ialah peubah yang tidak tergantung faktor lain tetapi dapat dikendalikan (olah tanah), [peubah rambang, ialah peubah yang dapat diabaikan (proses tumbuh) dan peubah interveining, ialah peubah yang tidak pernah diamati (proses produksi) namun dapat diamati melalui peubah lain]. Parameter ialah sebuah konstanta dalam sebuah fungsi yang menentukan bentuk khas dari fungsi dan faktor, ialah variabel bebas, variabelnya mempunyai nilai bebas, 9. Komunikasi ilmiah, ialah tulisan ilmiah berdasar pada hasil penelitian yang disusun secara ilmiah dengan kaidah-kaidah yang baku secara internasional, 10. Bagian-bagian dari tulisan ilmiah ialah: Kata Pengantar, Abstrak atau Ringkasan, Judul, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka, Lampiran, Ucapan terima kasih, Pernyataan tentang originalitas tulisan, 11. Contoh-contoh tulisan ilmiah, ialah Proposal, Artikel Ilmiah, Skripsi, Thesis, Disertasi dan Buku teks ilmiah dll. 12. Penutup.

Tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab.

Analisis Kebijakan PAUD

Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini. Selain itu juga menginspirasi para pembaca, khususnya yang terjun langsung di dunia pendidikan anak untuk mengembangkan materi terkait pendidikan anak usia dini. Banyak hal yang perlu dikaji dan dicermati terkait pendidikan anak. kebijakan PAUD, adalah hal penting yang perlu dipahami oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan anak. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil karya mahasiswa magister (S2) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Segala daya upaya telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun tentu tidak ada karya yang sempurna. Sehebat apapun karya seseorang, selalu ada celah untuk bisa diperbaiki. Demikian juga buku ini. Kalaupun masih ada kekurangan di sana sini, namun hasil karyanya secara tertulis sudah bisa dinikmati. Karena keilmuan yang tinggi tanpa ditulis tidak akan bisa diapresiasi. Dengan terwujudnya karya buku ini maka pembaca bisa memberikan apresiasi berupa penilaian, kritik, saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.

Manfaat dari buku ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan kebijakan pendidikan anak usia dini.

GURU PAUD HEBAT

Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi vitamin ruhani bagi orang tua, guru PAUD, calon orang tua, maupun calon guru PAUD, serta memberikan secercah cahaya untuk membangkitkan kesadaran bahwa anak-anak yang hebat, terlahir dari orang tua dan guru yang hebat, sehingga ketika orang tua dan guru berkeinginan menjadikan anak-anak yang hebat, maka tidak ada cara lain kecuali menjadikan dirinya sebagai orang tua dan guru hebat. Dalam buku ini terdiri dari 15 chapter, pada setiap chapternya akan dijelaskan tentang bagaimana menjadi guru hebat dilengkapi dengan fakta dan realita di lapangan. Kelima belas chapter tersebut, adalah: Guru masa depan, Guru pembelajar, Guru cheerleader, Guru pemandu bakat, Guru multidimensi, Guru komunikatif, Guru radiah mardiah, Guru semua anak, Guru ramah dan murah senyum, Guru berkarakter, Guru yang menggembirakan, Guru gaul, Guru naturalis, Guru pewaris para nabi, dan Guru enterpreneur.

Semoga buku ini dapat bermanfaat dan menjadi vitamin ruhani bagi orang tua, guru PAUD, calon orang tua, maupun calon guru PAUD, serta memberikan secercah cahaya untuk membangkitkan kesadaran bahwa anak-anak yang hebat, terlahir dari orang ...

Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional

"""Kekhasan buku ini terletak pada referensi dalam memahami tugas perkembangan anak usia dini. Buku ini didasarkan kepada hasil studi longitudinal penulis terhadap anak sendiri sejak usia 0 sampai 6 tahun, bukan dari referensi tentang perkembangan anak dari Negeri Barat. Bahan-bahan yang disajikan dalam buku ini baru, hangat, aktual, dan diangkat dari isu-isu terkini, relevan dengan perkembangan dan kebutuhan mendesak para guru, mahasiswa, dan para pengelola PAUD, seperti permainan konstruktif, pendidikan karakter, pendidikan inklusi, asesmen PAUD, dan kreativitas. ""Buku ini disusun secara komprehensif dan sistematis dari sisi konseptual maupun praksisnya sehingga dapat dijadikan sebagai sumber informasi, rujukan dan kajian untuk meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD dalam melaksanakan tugas."""" Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd. - Kepala Pusat Pengembangan PAUDNI"""

"""" Ir. Djajeng Baskoro, M.Pd. - Kepala Pusat Pengembangan PAUDNI"""

DASAR DASAR ILMU FILSAFAT TIMUR DAN BARAT

Bangsa Yang Ingin Maju Perlu Belajar Ilmu Filsafat

Buku ini ditulis untuk menambah buku filsafat yang sekarang mulai banyak beredar di Indonesia. Buku Dasar-dasar Ilmu filsafat ini untuk mengenalkan perbedaan filsafat dan ilmu filsafat yang belum banyak mendapat perhatian. Buku ini juga membahas perkembangan ilmu Filsafat Timur yang masih sedikit dibicarakan dalam buku-buku filsafat yang lain. Banyak penulis filsafat dari Timur yang belum memperhatikan perkembangan ilmu Filsafat di negara-negara Timur, dan buku ini memberikan gambaran bahwa orang Timur juga perlu mengembangkan ilmu Filsafat yang bercorak Timur.

Buku ini ditulis untuk menambah buku filsafat yang sekarang mulai banyak beredar di Indonesia.

Arah Baru Studi Ulumul al-Qur’an

“Edisi kedua karya sahabat Aksin Wijaya ini merupakan lanjutan dari karya sebelumnya yang berjudul Menggugat Autentisitas Wahyu Tuhan, di sisi lain menjadi pijakan dasar dari karya berikutnya yang berjudul Sejarah Kenabian dalam Perspektif Tafsir Nuzuli. Sebagai lanjutan, karena buku ini menampilkan gagasan inti dari karya sebelumnya tentang diferensiasi pesan Tuhan menjadi wahyu, al-Qur’an dan Mushaf Utsmani; dan menjadi pijakan karena karya berikutnya itu bertolak pada buku ini terutama tentang dialog al-Qur’an dan Mushaf Utsmani dengan realitas masyarakat Arab yang hidup pada pra, era, dan pasca kehadiran al-Qur’an. Ketiga buku itu menjadi satu kesatuan yang harus dibaca oleh mereka yang hendak memahami pemikiran keislaman Aksin Wijaya secara utuh.” [Dr. Hefni Zein, Wakil Rektor III IAIN Jember] “Buku ini membahas unsur-unsur Ulum al-Qur’an dengan cara baru, mensistematisasinya serta mendiferensiasi antara wahyu, al-Qur’an, dan Mushaf Utsmani. Ketiga istilah itu menurut Aksin mempunyai makna yang berbeda, kendati menunjuk pada satu titik yang sama, yakni pesan Tuhan. Pesan Tuhan yang tersimpan di dalam ketiga istilah itu juga berbeda dari segi autentisitasnya, sehingga dia menawarkan pendekatan baru dalam memburu pesan autentik Tuhan, yakni hermeneutika. Di sinilah letak kesegaran dan kebaruan buku karya Aksin Wijaya ini.” [Dr. Suwendi, M.Ag., Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat PTKI, Kemenag RI]

“Edisi kedua karya sahabat Aksin Wijaya ini merupakan lanjutan dari karya sebelumnya yang berjudul Menggugat Autentisitas Wahyu Tuhan, di sisi lain menjadi pijakan dasar dari karya berikutnya yang berjudul Sejarah Kenabian dalam ...

Islam Agama Cinta Damai

Upaya Menepis Radikalisme Beragama

Islam Merahmati Sesama Manusia KH. M. Aniq Muhammadun Rais Syuriyah PCNU Pati, Pengasuh PP. Mamba’ul Ulum Pakis Tayu Pati Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. lewat perantara Malaikat Jibril dengan tujuan mengarahkan dan membimbing manusia supaya menjadi makhluk Allah SWT. yang bahagia dunia dan akhirat. Ajaran Islam mencakup semua aspek kehidupan manusia, baik ibadah maupun mu‟amalah dalam arti luas. Islam tidak membedakan urusan dunia dan akhirat karena dunia dalam pandangan Islam adalah tempat menanam (mazra‟ah) yang hasilnya akan diunduh di akhirat kelak. Kebahagiaan manusia dunia dan akhirat menjadi tujuan utama Islam. Oleh sebab itu, hal-hal yang merusak kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat ditolak dalam Islam. Kebahagiaan manusia diukur dari semua aspek, baik ibadah, sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut, Nabi Muhammad Saw. Dalam berdakwah menghindari cara-cara kekerasan dan pemaksaan kehendak, karena hal tersebut melukai dan mencederai fithrah manusia yang mencintai kelembutan, kesantunan, kasih sayang, dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan. Dakwah yang dilakukan dengan jalan kekerasan dan pemaksaan, apalagi dengan cara radikal, teror, dan intimidasi akan membuat manusia lari dari Islam. Nahdlatul Ulama adalah organisasi sosial keagamaan yang mengedepankan cara dakwah yang lembut, santun, dan penuh keramahan. NU ingin mewujudkan Islam yang merahmati sesama manusia lintas sektoral sebagai visi utama Islam yaitu agama yang merahmati seluruh alam (Wama Arsalnaaka Illa Rahmatan Lil-Alamiin). NU tidak hanya berdakwah dengan lisan saja, tapi juga berdakwah dengan bukti nyata (hal), yaitu dalam bidang pendidikan melalui pondok pesantren dan lembaga pendidikan Ma‟arif, madrasah diniyah, Taman Pendidikan al-Qur‟an, pemberdayaan ekonomi umat, membina akidah dan akhlak umat, dan mendorong terwujudnya masyarakat yang adil, makmur, dan sentosa. Buku yang berjudul “Islam Agama Cinta Damai”, Upaya Menepis Radikalisme Beragama, adalah salah satu sumbangsih NU dalam upaya mewujudkan Islam yang membawa rahmat bagi seluruh alam yang jauh dari ciri-ciri radikalisme dan terorisme yang mengancam dunia. Semoga buku ini membawa manfaat bagi seluruh masyarakat dan bangsa ini dalam membumikan nilai-nilai Islam yang mengedepankan toleransi, tolong menolong dalam kebaikan, dan menjaga kebinnekaan bangsa menuju terwujudnya Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafuur, Negara yang adil makmur yang mendapat limpahan ampunan dan rahmah Allah SWT. Source: http://www.tabayuna.com/2018/03/sinopsis-buku-islam-agama-cinta-damai.html

Source: http://www.tabayuna.com/2018/03/sinopsis-buku-islam-agama-cinta-damai.html