Sebanyak 544 item atau buku ditemukan

Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini menyajikan materi tentang memahami makna asmaul husna, perilaku terpuji, perilaku tercela, akhlak dalam pergaulan, keteladanan empat imam mazhab fikih, adab berorganisasi dan bekerja, dan tokoh perkembangan islam di indonesia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Berhikmah, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XII.

Algoritma dan Pemrograman

Buku Bahan Ajar

Buku ajar untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang ingin mendalami teknik penulisan algoritma. Materi yang dibahas dalam buku ajar ini meliputi: konsep dasar algoritma, flowcharting, tipe data, variabel, operator dan ekspresi, perintah utama, studi kasus, larik (array), teknik pencarian, teknik pengurutan (sorting), operasi matriks, struktur data rekaman (record), struktur data rekaman dan array, dan pemrosesan teks. Pembahasan yang akan disampaikan dalam buku ajar ini pun disertai dengan contoh-contoh algoritma, soal-soal tes formatif yang dilengkapi dengan pembahasan serta sejumlah latihan yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian dan ketuntasan materi.

Buku ajar untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang ingin mendalami teknik penulisan algoritma.

BAHAN AJAR Musik Nusantara II (Gamelan Degung)

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat selesai. Buku ini merupakan sebagian dari pengembangan dan implementasi buku ”Degung Kawih Wanda Anyar: Alternatif Model dan Materi Pembelajaran Seni Tradisional Sunda” yang penulis terbitkan sebelumnya. Bahan ajar ini memuat materi-materi pokok mata kuliah Musik Nusantara II atau Mata Kuliah Gamelan Degung yang meliputi dua genre musik ensambel gamelan degung yaitu Degung Klasik dan Degung Kawih Wanda Anyar. Pemisahan keduanya tidak dimaksudkan sebagai pendikotomian musik degung karena sebenarnya masih dalam satu kesatuan perkembangan seni degung sejak awal kelahirannya. Pemisahan ini hanyalah untuk memudahkan pemahaman mengenai kedua genre tersebut dengan berbagai asesorisnya. Harapan yang diusung melalui bahan ajar mandiri ini adalah guna memudahkan para mahasiswa memahami dasar-dasar ensambel gamelan degung serta dapat mempraktikan dan menganalisa sendiri pola-pola tabuhan baik degung klasik maupun wanda anyar. Kompetensi tersebut dimungkinkan memudahkan mahasiswa mempelajari ensambel gamelan degung dalam konteks yang lebih kompleks pada perkuliahan. Kritik dan saran sangat diharapkan demi perbaikan-perbaikan isi buku ini, serta dengan segala kerendahan hati ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini, yang tidak bisa dirinci di sini.

Puji hanyalah milik Alloh SWT., syukur senantiasa penulis sampaikan kehadirat-Nya karena atas segala kodrat dan irodat serta hidayah dan inayah-Nya buku ”Buku Bahan Ajar Mandiri: Musik Nusantara II (Gamelan Degung)” ini akhirnya dapat ...

SEPUTAR KAJIAN BAHASA INDONESIA (Berbasis Karya Tulis Ilmiah)

Manusia adalah mahluk sosial, sehingga manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Pada saat manusia membutuhkan eksistensinya diakui, maka interaksi itu terasa semakin penting. Kegiatan berinteraksi ini membutuhkan alat, sarana atau media, yaitu bahasa. Sejak itulah bahasa menjadi alat,sarana atau media. Tiada kemanusiaan tanpa bahasa, tiada peradaban tanpa bahasa tulis. Dengan bantuan bahasa, anak tumbuh dari organisme biologis menjadi pribadi didalam kelompok. Pribadi itu berpikir, merasa, bersikap, berbuat serta memandang dunia dan kehidupan seperti masyarakat sekitarnya

Manusia adalah mahluk sosial, sehingga manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya.

Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Buku ini terdiri dari sembilan pembahasan, yaitu pertama Metode Pembelajaran, kedua Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19, ketiga Metode Ceramah Pada Masa Pandemi Covid-19, keempat Metode Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19, kelima Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, keenam Metode Based Learning Pada Masa Pandemi Covid-19, ketujuh Metode Discovery Pada Masa Pandemi Covid-19, kedelapan Metode Hafalan Pada Masa Pandemi Covid-19, dan kesembilan Metode Mind Mapping Pada Masa Pandemi Covid-19. Sesuai dengan tema yang diusung, hampir semua naskah masih bersifat normatif dan berada dalam aspek tatanan konseptual. Hal ini dapat dimaklumi karena memang kendala yang paling sering ditemukan dalam metode pembelajaran di masa pendemi adalah menghadirkan dimensi baru yang inovatif dalam wilayah garapan pengkajiannya. Meskipun demikian secara keseluruhan tulisan tersebut dapat dinikmati oleh pembaca sebagai referensi yang bisa didiskusikan kembali kapanpun.

Tahapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Tahapan pembelajaran PjBL dikembangkan oleh George Lucas ... Fase 2 Design a plan for the project Perencanaan berisi tentang aturan, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam ...

Multimedia Pembelajaran yang Inovatif

Prinsip Dasar dan Model Pengembangan

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif. Memperhatikan substansi konten tersebut, diperlukan upaya intensif dalam mempelajarinya. Buku ini ditulis untuk dapat memberikan pemahaman bagi pemula dalam memahami prinsip-prinsip dasar dan pengembangan multimedia pembelajaran.

Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif.