Sebanyak 3179 item atau buku ditemukan

Pasar Komoditi

Perdagangan Berjangka dan Lelang Komoditi

Pasar Komoditi bersama Pasar Keuangan (Pasar Uang dan Pasar Modal) tergolong sektor ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap stabilitas dan kemajuan perekonomian suatu negara. Dengan ditetapkannya Indonesia sebagai negara layak investasi (investment grade) sejak Desember 2011 maka diperkirakan tidak lama lagi negara kita akan dibanjiri arus modal asing dalam skala besar yang ingin berinvestasi dalam berbagai sektor termasuk di Pasar Komoditi dan Pasar Keuangan. Hingga kini, belum banyak buku Hukum Bisnis yang khusus membahas Pasar Komoditi sehingga kehadiran buku ini menjadi sangat penting. Dalam buku ini dibahas hal ihwal Pasar Komoditi yang berkaitan dengan Perdagangan Berjangka Komoditi (Commodity Futures Market), Pasar Lelang Komoditi (Commodity Auction Market) dan Sistem Resi Gudang (Warehouse Receipt System). Buku ke-17 ini adalah bagian ke-2 dari trilogi buku hukum bisnis yang ditulis Penulis Bertiga, yaitu Pasar Modal (yang sudah terbit lebih dulu), Pasar Komoditi, dan Pasar Uang. Buku ini cocok dibaca berbagai kalangan seperti: dosen dan mahasiswa fakultas hukum/ekonomi/pertanian, pelaku bisnis, investor, pengelola BUMN/BUMN, para manajer, bankir, notaris, konsultan hukum, pejabat pemerintah pusat dan daerah, BKPM, Bappebti, BI, Bapepam-LK, OJK, kantor pajak, wakil rakyat, penegak hukum, dan masyarakat luas yang ingin belajar berinvestasi di Pasar Komoditi. Buku ini dilengkapi tips bijak berinvestasi di perdagangan berjangka, memilih pialang berjangka, dan menyelesaikan sengketa bisnis, bonus CD berisi peraturan terbaru, serta daftar alamat perusahaan pialang berjangka dan pedagang berjangka. Hal ini dimaksudkan agar para pembaca juga mempunyai panduan praktis untuk belajar berinvestasi di Pasar Komoditi sesuai koridor hukum dan kaidah bisnis yang sehat. Buku terbitan GalangPress (Galangpress Group).

Pasar Komoditi bersama Pasar Keuangan (Pasar Uang dan Pasar Modal) tergolong sektor ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap stabilitas dan kemajuan perekonomian suatu negara.

Perencanaan Bisnis

Penelitian membuktikan bahwa perusahaan yang melakukan perencanaan bisnis secara matang (terukur dan teruji) akan mampu bertahan sekaligus menjadi pemenang. Rencana bisnis merupakan bukti tertulis bahwa pemilik usaha telah melakukan analisis kelayakan yang diperlukan, mempelajari peluang bisnis secara memadai, dan siap untuk menjalankannya dengan sebuah model bisnis yang unggul.

Penelitian membuktikan bahwa perusahaan yang melakukan perencanaan bisnis secara matang (terukur dan teruji) akan mampu bertahan sekaligus menjadi pemenang.

Model Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa

Penyusunan perencanaan pembangunan Desa harus dilengkapi dengan tersedianya data dan informasi yang lengkap dan akurat. Hal ini dapat memudahkan petugas atau perencana Desa dalam menyusun perencanaan pembagunan desa dan penetapan prioritas pembangunan desa yang diusulkan untuk program pembangunan yang di inginkan. Perencanaan pembangunan Desa yang telah disusun untuk selanjutnya dibahas pada forum Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang Desa) untuk memperoleh penetapan prioritas pembangunan desa.

Penyusunan perencanaan pembangunan Desa harus dilengkapi dengan tersedianya data dan informasi yang lengkap dan akurat.

Design The Business Plan for Start Up Entrepreneur: Mendesain Model Bisnis yang Kompetitif dan Menyusun Rencana Strategis yang Solid

Tujuan pengembangan rencana strategis adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif, yaitu sekumpulan faktor yang membedakan perusahaan dari para pesaingnya dan memberikannya posisi unik di pasar sehingga mengungguli para pesaing. Dari perspektif strategis, yang menjadi kunci bagi keberhasilan bisnis perusahaan adalah membangun dan mengembangkan keunggulan kompetitif yang unik serta berkelanjutan, yaitu keunggulan yang secara terus-menerus, untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dan sukar ditiru oleh para pesaing. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif dapat menjadi pemimpin pasar dan mencapai laba usaha di atas rata-rata. Sekadar membangun keunggulan kompetitif saja tidaklah cukup. Kunci keberhasilannya adalah terletak bagaimana membangun keunggulan kompetitif secara berkelanjutan. Dalam jangka panjang, perusahaan dapat meraih keunggulan kompetitifnya secara berkelanjutan melalui kemampuannya untuk mengembangkan seperangkat kompetensi inti, di mana perusahaan mampu melayani pelanggannya dengan lebih baik dibanding para pesaingnya.

Sedangkan balanced menggambarkan bahwa kinerja akan diukur secara berimbang, yaitu dari aspek keuangan dan nonkeuangan, sisi internal dan eksternal, ...

Menyusun Rencana Pemasaran Gerilya yang Unggul

Kampanye pemasaran yang sukses tidak mengharuskan seorang wirausahawan menghabiskan banyak uang, tetapi lebih menekankan pada kreativitas, kecerdikan, dan pemahaman yang baik mengenai kebiasaan membeli para pelanggan. Seorang peritel kecil mengatakan, “Jika perusahaan besar ibarat kapal uap yang membelah lautan, maka perusahaan kecil harus bisa menjadi kapal balap yang bergerak dengan lincah mendahului kapal uap, serta mengubah arah dalam sekejap”. Hal ini haruslah menjadi keunggulan bagiperusahaan kecil sewaktu melawan sang raksasa yang mempunyai banyak uang dan sumber daya yang besar.

Kampanye pemasaran yang sukses tidak mengharuskan seorang wirausahawan menghabiskan banyak uang, tetapi lebih menekankan pada kreativitas, kecerdikan, dan pemahaman yang baik mengenai kebiasaan membeli para pelanggan.

Melakukan Analisis Kelayakan dan Menyusun Rencana Bisnis yang Unggul: Design The Business Plan for Start-Up Entrepreneur

Bagi kebanyakan wirausahawan, mendapatkan ide untuk membuka suatu bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, keberhasilan usaha membutuhkan lebih dari sekadar gagasan bisnis yang bagus. Suatu ide bisnis haruslah diikuti dengan melakukan analisis kelayakan untuk menentukan apakah ide tersebut dapat diubah menjadi suatu usaha yang realistis dan berkelanjutan. Analisis kelayakan (feasibility analysis) adalah proses menentukan apakah suatu ide bisnis yang baru dapat bertahan menjadi sebuah usaha yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ide bisnis tersebut layak diwujudkan atau tidak. Jika ide bisnis tersebut tergolong layak, maka langkah berikutnya adalah menyusun rencana bisnis yang solid (unggul) untuk mengeksploitasi ide tersebut.

Laporan keuangan yang dimaksud adalah laporan laba rugi, neraca (laporan posisi keuangan) dan laporan arus kas. Perkiraan yang dibuat harus mencakup ...

Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen yang baik adalah manajemen yang mempunyai konsep dan sesuai dengan objek serta tempat organisasinya. Proses manajemen merupakan aktivitas yang melingkar, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, sampai dengan pengawasan. Manajemen dalam pendidikan itu sangat penting, terutama dalam lembaga pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam harus mampu menciptakan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien. Pendidikan adalah salah satu segi penopang kehidupan yang penting. Perhatian terhadap pendidikan sangat diutamakan dalam kehidupan, dan ini bukanlah hal yang mudah bagi seseorang atau lembaga pendidikan untuk melaksanakan manajemen pendidikan yang baik dan berkualitas. Dunia pendidikan ini merupakan sebuah tempat yang penuh dengan permasalahan baik siswa mapun manajmen kepemimpinan, akan tetapi yang paling inti di dalamnya adalah bagaimana mengelola manajemen dengan baik sehingga mengahsilkan out put yang baik sesuai dengan harapan kita Bersama.

Manajemen dalam pendidikan itu sangat penting, terutama dalam lembaga pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam harus mampu menciptakan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.

Investapedia

A-Z Investasi dan Perencanaan Keuangan untuk Pemula

Gencarnya ajakan berinvestasi dari akun-akun media sosial yang membahas perencanaan keuangan, membuat sebagian orang memilih instrumen investasi hanya karena tren, tanpa disertai pengetahuan yang cukup. Bahkan, ada juga yang berinvestasi di instrumen berisiko tinggi saat kondisi keuangannya belum sehat. Padahal, sebelum berinvestasi, sebaiknya Anda melakukan financial check up terlebih dahulu, menyiapkan perbekalan, dan menentukan tujuan. Dengan demikian, Anda dapat memulai perjalanan finansial yang lebih terarah. Buku ini siap menemani Anda mengevaluasi keuangan, lalu menyusun rencana dan mewujudkannya melalui investasi yang tepat. Di buku ini pula, Anda bisa mempertimbangkan risk and return untuk memulai investasi dan mengenal karakter berbagai instrumen investasi, seperti deposito, reksa dana, saham, emas, hingga barang koleksi. Sehingga, Anda dapat memilih instrumen yang tepat untuk setiap tujuan keuangan yang Anda rencanakan. Selling point: 1. Financial Check up. 2. Berinvestasi Semakin Mudah dan Murah. 3. Apa Instrumen Investasi Terbaik? 4. Mengenal Profil Risiko 5. Menjadi Investor Cerdas, dll.

Gencarnya ajakan berinvestasi dari akun-akun media sosial yang membahas perencanaan keuangan, membuat sebagian orang memilih instrumen investasi hanya karena tren, tanpa disertai pengetahuan yang cukup.

Manajemen Pembelajaran

Sistematika buku “Manajemen Pembelajaran” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen pembelajaran, diantaranya: Pengantar Manajemen Pembelajaran, Teori Belajar, Paradigma Pembelajaran Bermakna, Perencanaan Pembelajaran, Pengorganisasian Pembelajaran, Motivasi Belajar, Kepemimpinan dalam Pembelajaran, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, Peningkatan Mutu dalam Pembelajaran, Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Model Pembelajaran Untuk Membangun Struktur Berpikir (Defragmentasi) Siswa.

Buku ini terdiri atas 11 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemen pembelajaran, diantaranya: Pengantar Manajemen Pembelajaran, Teori Belajar, Paradigma Pembelajaran Bermakna, Perencanaan Pembelajaran, ...