Sebanyak 36 item atau buku ditemukan

Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Persiapan materi yang bersifat teoritis penting artinya dalam mempersiapkan calon guru, namun latihan praktis tidak kalah pentingnya dari semua teori itu. Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] di sekolah-sekolah merupakan media terbaik untuk melatih calon guru dalam mengajar dan melatih kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan-keterampilan mengajar tersebut sebelum terjun ke lapangan pendidikan yang sesungguhnya dimana mereka sudah jauh dari bimbingan, arahan dan pantauan pembimbing. Berlatih mengajar di kelas dengan peserta didik 40 orang dan alokasi waktu 40 menit dalam satu pertemuan merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi seorang calon guru yang sedang berlatih [praktikan], perhatiannya sering tertuju pada peserta didik yang sedang belajar sehingga terabaikan tujuan utamanya bahwa dia sedang belajar mengajar. Bahkan jika praktikan mengalami kekeliruan mengajar akan berakibat langsung pada sekian banyak peserta didik. Untuk melengkapi kekurangan tersebut, dikembangkan pengajaran mikro [micro teaching] guna menunjang Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM], artinya sebelum calon guru dikirim ke sekolah- sekolah untuk mengikuti Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] mereka terlebih dahulu dilatih melaksanakan pengajaran mikro [micro teaching]. Dalam pengajaran mikro, calon Keterampilan Dasar Mengajar Guru Penulis: Rabukit Damanik, M.Pd. Rakhmat Wahyudin Sagala, M.Hum. Tri Indah Rezeki, M.Hum. iv guru [praktikan] dilatih untuk menguasai sejumlah keterampilan, melakukan berbagai bentuk langkah dan kegiatan, yang dilanjutkan dengan diskusi tentang masalah-masalah yang dihadapi, dengan menggunakan rekaman video, dihadiri dosen pembimbing, dan saling bertukar peran antara praktikan. Bagaimana konsep pengajaran mikro, apa latar belakang historis dan teoritis yang mendasarinya, keterampilan mengajar apa saja yang dilatihkan dalam pengajaran mikro, apa saja macammacamnya dan apa manfaatnya

... kegiatan pembelajaran berulang-ulang, dan guru sudah kewalahan menanganinya, maka guru tersebut dengan penuh kebijaksanaan dapat meminta tolong atau bekerjasama dengan pimpinan sekolah, guru bimbingan [konselor], dan atau orang tua.

MANAJEMEN KEPERAWATAN “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran”

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners. Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa keperawatan belajar tentang pendidikan dan proses pembelajaran. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya.

buku Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran” Buku manajemen ini berisikan tentang pendidikan keperawatan serta mekanisme proses bimbingan pada profesi Ners.

AKUTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF

Buku ini ditulis dengan judul Akuntansi Forensik dan Audit Invenstigatif berisi mengenai konsep, pendekatan, metode serta teknik penelitian baik audit investigatif, yang dilengkapi dengan contoh-contoh kasus yang terjadi di Indonesia. Buku ini disusun dengan tujuan agar bisa digunakan menjadi salah satu referensi dalam mata kuliah Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif, baik sebagai referensi utama atau pendukung. Penulis sudah berpengalaman dalam mengajar mata kuliah ini dan mengikuti berbagai macam workshop. Buku ini cocok digunakan juga bagi mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah tersebut karena ada banyak contoh kasus yang diberikan. Buku ini juga penting bagi peneliti yang tertarik dalam tema kecurangan terutama kecurangan keuangan. Buku ini berisi pengertian dan ruang lingkup akuntansi forensik dan audit investigatif, atribut akuntan forensik dan seorang pemeriksa fraud, standar audit investigatif dan akuntansi forensik. Pembahasan berikutnya mengenai pengertian fraud, fraud triangle yang mendiskripsikan motivasi orang melakukan fraud. Fraud Triangle diperluas menjadi fraud diamond. Selanjutnya jenis-jenis fraud dibahas dalam fraud tree disertai cara pendeteksian secara singkat. Fraud tree mencakup corruption, fraudulent financial statements dan asset misappropriation. Setiap jenis fraud dibahas secara detil karena merupakan jenis-jenis fraud tersebut penting untuk dikenali terutama di Indonesia yang tingkat koeupsinya masih tinggi. Setiap bab dilengkapi dengan contoh-contoh kasus baik di sektor public maupun swasta. Berikutnya mahasiswa juga diminta untuk memecahkan kasus yang diberikan dalam sebuah studi kasus.

Bukan hanya variabel laba, perubahan yang cukup signifikan juga terjadi pada total pendapatan bunga dan syariah. Menurut manajemen Bukopin, perubahan tersebut dipicu adanya pencatatan tak wajar alias abnormal dari sisi pendapatan bisnis ...

Penerapan Aplikasi Keseimbangan Manajemen Keuangan Berbasis Score Marginal Untuk Meningkatkan Kinerja Di PT PLN (Persero)

Penulisan buku ini bertujuan untuk memudahkan bagi pengguna dalam menggunakan model yang dihasilkan, model analisi ini dapat digunakan untuk menentukan target dalam memproyeksi perencanaan tahunan atau rencana jangka panjang perusahaan. Buku ini berisikan lima bab. Bab I berisikan informasi umum yang meliputi tujuan pembuatan dokumen, deskripsi umum sistem, dan deskripsi dokumen. Bab II Berisi kebutuhan perangkat untuk menjalankan aplikasi. Bab III Berisi user manual aplikasi. Bab IV berisi analisi hasil realisasi keuangan dan Anggaran Perusahaan . Bab V penutup berisi kesimpulan, rekomendasi dan keterbatasan serta implikasi.

Bab III Berisi user manual aplikasi. Bab IV berisi analisi hasil realisasi keuangan dan Anggaran Perusahaan . Bab V penutup berisi kesimpulan, rekomendasi dan keterbatasan serta implikasi.

Pengantar Jurnalistik

Pengantar Jurnalistik PENULIS: Prof. Dr Ahmad Qorib, MA, M.Yoserizal Saragih,SAg,M.I.Kom, Suwandi, S.Pd Tebal : 128 halaman ISBN : 978-623-7474-44-9 www.guepedia.com Sinopsis: Dalam buku pengatar jurnalistik ini ada beberapa hal di bahas tentang teori dan praktik perkembangan pers, jurnalitik dan wartawan dalam buku ini membahas tentang pengertian jurnalirik , pres , wartawan dan undang undang wartawan dan pres masalah pokok pers dalam jurnalitik yang pada aspek akademis dan jurnalistik tidak pernah luput dalam bidang kajian jurnalistik pakar internasional dalam buku jurnalistik juga menjelaskan konsep – konsep jurnalistik yang relevan.Buku pengantar jurnalistik, prinsip-prinaip jurnalisme, etika jurnalistik, penggunaan bahasa Indonesia dalam tulisan jurnalistik, dan lain-lain. Ruang lingkup ini memberi gambaran bahwa dunia jurnalistik bukan sekedar soal melulu soal penulisan. Jurnalistik adalah keterampilan dan profesi. Jurnalistik tidak hanya mengharuskan pengetahuan yang cukup untuk memahaminya, tetapi juga harus dilatih dan digeluti layaknya para wartawan bekerja. Sikap untuk selalu mempertanyakan, piawai dalam wawancara, taktis dalam melakukan liputan, dan mampu menulis berita menjadi bukti jurnalistik sebagai keterampilan. Sungguh jurnalistik butuh keterampilan. Belajar jurnalistik tak hanya kompleks, tapi butuh latihan agar menjadi terampil. Terampil dalam jurnalistik pun tidak harus menjadikan seseorang berkecimpung dan terjun ke dunia jurnalistik. Terampil wawancara dapat menjadikan kita sebagai pembicara yang ulung. Terampil menulis dapat menjadikan kita sebagai penulis yang produktif dan mendapatkan income. Itulah makna jurnalistik sebagai keterampilan www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading

Pengantar Jurnalistik PENULIS: Prof.

Etika & Moralitas Pendidikan

Peluang dan Tantangan

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi. Buku ini dapat dipersembahkan kepada sidang pembaca setelah melalui perjalannan panjang. Penulisan buku mengenai etika pendidikan ini tela dimulai sejak tahun 2004 yang dilatarbelakangi adanya keresahan di kalangan masyarakat yang merasakan adanya penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari dan menguatnya isu dekadensi moral. Di lain pihak, kualitas penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal maupun nonformal tentu saja dapat memengaruhi penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi.

Belajar dari Covid-19: Perspektif Teknologi dan Pertanian

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan. Perubahan-perubahan ini juga terlihat dalam perilaku pengunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia, terutama ketika miliaran orang beralih ke teknologi yang membantu mereka mengatasi kehidupan dan bekerja pada status lockdown yang diterapkan oleh pemerintah sebagian negara di dunia. Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama dua minggu sejak 20 Juni sampai 5 Juli 2020. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi melakukan kajian-kajian terhadap permasalahan khusus pada bidang Teknologi dan Pertanian untuk menghasilkan solusi demi kemaslahatan Bersama. Buku ini membahas: 1. Memasuki Era New Normal, Apa Kata Netizen? 2. Tren Teknologi Informasi pada masa Pandemi Covid-19 3. Kolaborasi Online yang Efektif pada Masa Pandemi COVID-19 4. Komunikasi Inovasi: Pendampingan Mahasiswa dan Bina Desa Pada Masa Covid-19 5. Penguatan dan Optimalisasi TIK Di Tengah Pandemi Covid-19 6. Covid-19 dan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pembelajaran 7. Pemanfaatan IT Menuju New Normal pada Dunia Jasa Konstruksi 8. Teknologi Digital untuk Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19: Tantangannya 9. Work From Home selama COVID-19: Kepuasan dan Efektivitas Kerja 10. Pemanfaatan Youtube Untuk Meningkatkan Kreativitas Dosen Dalam Mengajar di Masa Pandemi COVID-19 11. Transisi Normal Baru dalam Teknologi 12. Sektor Pertanian Pada Masa Pandemi Covid-19 13. Strategi Sektor Pertanian Menghadapi Pandemi Covid-19 14. Teknologi Budidaya Tanaman untuk Swasembada Pangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19 15. Teknologi Urban Farming Di Masa covid-19 16. Peran dan Potensi Agribisnis dalam Memastikan Ketahanan Pangan di Tengah Wabah Covid 19

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan yang berdampak pada lebih dari 200 negara dan hampir di setiap aspek kehidupan.

Memahami Organisasi Pendidikan

Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan

Organisasi merupakan fungsi manajemen yang sarna pentingnya dengan fungsi lainnya dalam manajemen. Kajian mengenai desain organisasi khususnya yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan penting dilakukan untuk menganalisis suatu rencana pengembangan organisasi yang dapat mengarahkan aktivitas program pendidikan menjadi lebih baik dan benar. Desain organisasi pendidikan pada tatar pemerintah, pemerintah daerah, dan sekolah yang berorientasi visi akan mampu menggerakkan organisasi dalam mencapai tujuan dan target dengan memberdayakan seluruh potensi guna memperoleh pendidikan yang bermutu dan budaya saing tinggi. Desain organisasi pendidikan yang berorientasi visi yang konsisten pada budaya mutu yang kompetitif dapat menumbuhkan keinginan kuat untuk melakukan perubahan. Kajian dalam buku ini mengungkapkan berbagai problematika dalam manajemen pendidikan khususnya mengenai organisasi pendidikan yang dinamis dalam memberdayakan satuan pendidikan, budaya dan reinventing organisasi pendidikan ke arah yang lebih profesional dan dinamis di provinsi dan kabupaten/kota serta satuan pendidikan, hubungan antarmanusia dalam organisasi pendidikan dan kajian lainnya mengenai organisasi pendidikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

dalam batasan mereka itu sendiri; (7) pengabdian nilainilai kultur yaitu
menghidupkan secara terusmenerus nilainilai kultur yang dibutuhkan sesuai
pertimbangannya; dan (8) komunikasi dan informasi yaitu organisasi informal
merupakan ...