Sebanyak 103 item atau buku ditemukan

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BERBAGAI SEKTOR PADA MASA SOCIETY 5.0

Buku Pemanfaatan Teknologi Informasi pada masa Society 5.0 ini merupakan sebuah pengetahuan baru di bidang teknologi informasi khususnya pada masa society 5.0 saat ini, dalam buku ini dijelaskan tentang pemanfaatan teknologi informasi diberbagai bidang seperti, sektor keuangan, pemerintahan, hukum, bisnis, e-commerce, transportasi, perikanan, perkebunan dan pertanian. Perkembangan Teknologi informasi begitu pesat berkembang dan dampaknya telah kita rasakan. Untuk mengenali pemanfaatan teknologi informasi diberbagai sektor, pembaca bisa membaca buku ini. Buku ini ditulis dengan maksud dapat digunakan oleh siapa saja, dengan harapan dapat membantu mempermudah pembaca dalam memahami pemanfaatan teknologi informasi yang memiliki lingkup sangat luas. Bermacam-macam topik tentang teknologi informasi beserta pemanfaatannya dibahas dengan harapan agar mudah untuk dimengerti.

Digital Perbankan Telah lama menjadi salah satu penggunaan terdepan dari revolusi teknologi keuangan. Perbankan tradisional telah mengalami penurunan yang cepat, konsumen secara bertahap beralih ke perbankan digital berdasarkan ...

Pengantar Teknologi Informasi (Dalam Perkembangan Data Science)

Buku “Pengantar Teknologi Informasi” berisikan uraian tentang teori-teori dasar di bidang Teknologi Informasi, termasuk di dalamnya bagaimana dimulai dengan data dan informasi. Dilanjutkan sejarah dan kinerja evolusi komputer, perangkat I/O, sistem bilangan, sistem basis data, jaringan komputer, keamanan informasi, e-commerce, artificial intelligence, data mining, business intelligence dan data science. Tujuan di ambilnya perkembangan data science pun karena akan kebutuhan semua bidang untuk mengolah data menjadi informasi.

Kesehatan Bisnis Dengan TI dalam bidang bisnis maupun perbankan dalam pencatatan transaksi, menyimpan berkas dengan lebih terjamin keamannya dan sistem perbankan yang lebih maju untuk daya saing. Serta dapat mengontrol pekerjaan dengan ...

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI ERA DISRUPSI (Konsep dan Implementasi)

Sistem Informasi Manajemen (SIM) tentu tidak terlepas dari komputer, produk aplikasi dan sumber daya manusia. Sistem Informasi Manajemen juga tidak terlepas dari perkembangan peradaban manusia. Sistem Informasi Manajemen (SIM) bukanlah sesuatu hal yang baru dan sudah banyak yang mendefinisikan pengertian dari Sistem Informasi Manajemen Sistem Informasi Manajemen (SIM). Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai beberapa definisi yang disampaikan oleh beberapa ahli diantaranya: Robert G.Murdick dan Joel E.Ross mendefisinikan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah proses komunikasi dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan dan diproses untuk menghasilkan output yang berupa keputusan tentang perencanaan, pengoperasioan dan pengawasan.” Gordon B. Davis mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai berikut : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem manusia/mesin yang terpadu guna menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi.” Eko Nugroho (2008) mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah : “Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola informasi bagi manajemen organisasi.” Berdasarkan pendapat beberapa ahli diatas dapat disimpulkan bahwa: Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem yang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya manusia untuk mengelola dan menghasilkan informasi dalam mendukung perencanaan, pengoperasian dan pengawasan organisasi agar tercapai tujuan organisasi dan memudahkan manajemen organisasi dalam pengambilan keputusan. Sistem Informasi Manajemen (SIM) mempunyai fungsi untuk mengelola data-data transaksi, manajemen kontrol dan sistem pendukung pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) tentu tidak terlepas dari komputer, produk aplikasi dan sumber daya manusia.

SISTEM INFORMASI DALAM PENDIDIKAN

Buku ini berisi beberapa hal terkait konsep dasar sistem informasi di dalam pendidikan, seperti perkembangan sistem informasi dan juga contoh aplikasi sistem informasi yang berkaitan dengan pendidikan. Buku ini dapat menjadi rujukan bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang salah satu pemanfaatan sistem informasi. Penulisan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Kritik dan saran sangat dibutuhkan demi peningkatan kualitas dari penulisan buku ini. Semoga buku ini dapat memberi kebermanfaatan bagi pembaca dan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada bidang sistem informasi

Buku ini berisi beberapa hal terkait konsep dasar sistem informasi di dalam pendidikan, seperti perkembangan sistem informasi dan juga contoh aplikasi sistem informasi yang berkaitan dengan pendidikan.

Transformasi Sistem Nilai

dalam Kepemimpinan Pendidikan Efektif

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat. Konten dalam buku ini akan mengungkapkan proses seharusnya pendidikan berkontribusi dalam mewujudkan kembalian sosial pendidikan dan sejauh mana pendidikan memberikan peranannya dalam mengatasi persoalan-persoalan, di antaranya spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters’ political behaviour yang pada akhirnya juga berimbas pada private returns. Sebuah pertanyaan besar dalam benak kita adalah bagaimana “kembalian pendidikan” berkontribusi pada kehidupan masyarakat maupun pada kehidupan pribadi setiap insan pemelajar, bagaimana peran lulusan pendidikan, terutama lulusan-lulusan pendidikan tinggi dari berbagai bidang yang terjun dalam kehidupan masyarakat setelah mereka berkiprah dalam dunia pekerjaan selama beberapa tahun, serta bagaimana peran lulusan pendidikan tinggi terhadap spillover (externality impacts), criminal participation, improve voters' political behaviour dan private returns”. Buku ini menyajikan data-data realitas dan faktual sesuai dengan kondisi dalam kehidupan bermasyarakat, selain memberikan rekomendasi sebagai jawaban atas problematika tersebut dari kacamata perspektif penulis. Melalui transformasi nilai pada kepemimpinan pendidikan efektif dan pembudayaan maupun pembisaaan pola perilaku insan pendidikan, diharapkan kembalian pendidikan dapat memberikan pengaruh dalam mengurai dinamika persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tulisan penulis berorientasi pada konsep “balanced scorecard pendidikan” dalam upaya mewujudkan kembalian pendidikan pada masyarakat.

PEDOMAN PENYUSUNAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN DAN SKRIPSI

Pedoman Penyusunan Penulisan Proposal Penelitian Dan Skripsi ini merupakan acuan bagi para dosen pembimbing dan mahasiswa yang menyusun skripsi pada Program Studi Manajemen Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Beberapa hal yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini telah ditambahkan dalam buku pedoman ini, yang bertujuan untuk memberikan arahan yang lebih spesifik dalam menyusun proposal penelitian maupun naskah skripsi. Buku ini masih jauh dari sempurna sesuai dengan pepatah tiada gading yang tak retak. Oleh karena itu, segala komentar, kritik maupun tanggapan atas buku pedoman penulisan skripsi ini akan diterima dengan terbuka. Semoga buku pedoman ini bermanfaat bagi pembaca.

LAMPIRAN 20 : CONTOH BERITA ACARA UJIAN SKRIPSI INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS LEMBAH DEMPO Jl. Kol M. Nuh No. 98 Air Laga Pagar Alam Sumatera Selatan Telp. (0730) 624445 Fax (0730) 623259 Ponsel 08117104411 Laman www.lembahdempo.ac.id ...

Wirausaha Bidang Teknologi (Peluang dan Ide-Ide Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi)

Buku Wirausaha Bidang Teknologi ini, menyajikan pembahasan tentang Peluang dan Ide-ide Bisnis menggunakan Teknologi Informasi. Disajikan dengan bahasa yang cukup mudah dipahami. Manfaat dari buku ini adalah sebagai pedoman dan contoh bagaimana menemukan peluang dan ide-ide baru untuk usaha dengan memanfaatkan Teknologi. Buku ini dirancang oleh Dosen dan Praktiksi Bisnis Digital cukup lengkap, mulai dari pendahuluan sampai pada penerapan dan implematasi teknologi sebagai salah satu media penting untuk berwirausaha menggunakan teknologi informasi. Harapan dengan membaca buku ini pembaca mendapatkan gagasan dan peluang baru untuk memulai dan mengembangkan bisnis menggunakan teknologi sebagai rujukan salah satu inspirasi untuk memunculkan semangat baru dalam menjalani bisnis saat ini era teknologi yang penuh tantangan.

Secara historis, konsep dan teori yang berkembang telah mendorong penelitian kewirausahaan. Mengkritik para sarjana kewirausahaan yang dianggap gagal mengembangkan teori aslinya, beberapa peneliti menyatkan bahwa ilmuwan harus fokus ...

PEMBELAJARAN MODEL CAMPURAN (BLENDED LEARNING) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Buku “Pembelajaran Model Campuran (Blended Learning) dalam perspektif Al-Quran” ini menghadirkan penerapan pembelajaran e-learning yang dilakukan secara blended (campuran) tanpa mengurangi mutu belajar. Dalam buku ini juga dijelaskan arsitektur e-learning dan blended learning beserta contoh aplikasi berbasis web maupun android agar dapat dengan mudah dipahami oleh guru. Tentu saja untuk menjalankan pembelajaran berbasis elektronik dibutuhkan penguasaan peralatannya dan mengadakan pelatihan agar nantinya dapat mengajarkan juga kepada peserta didik.

Penekanan definisi untuk pendapat di atas untuk e-learning terdapat pada electronic based sedangkan penekanan definisi pada pendapat yang lain terletak pada internet based. Maka dapat disimpulkan bahwa e-learning adalah pembelajaran ...

EVALUASI PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Buku ini disusun dengan berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan diselaraskan berdasarkan ...

Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional

Buku ajar adalah suatu proses usaha dalam dikri seseorang yang merubah tingkah laku dalam berpikir, besikap, berbuat, melalui proses adaptasi berdasarkan, pengetahuan yang didapat, pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan design pembelajaran adalah rancangan penerapan teori belajar dan pembelajaran yang disususn dalam sebuah rencana atau tindakan yang meliputi metode,penilian untuk memecahkan maslah dengan merinci kondidi belajar untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran yang beisi tujuan umum dan tujuan khusus dari proses pembelajaran yang akana disampaikan oleh pendidikan kepada peserta didik. dalam design pembelajaran dikenal beberapa model yang dikemukakan oleh para ahli. secara umum, metode desain pembelajaran dapat diklarifikasikan ke dalam model berorientasi kelas, model beorientasi sistem, model berorientasi produk,model prosedural dan model melingkar

A. Perencanaan Proses Pembelajaran ntuk sebuah menghasilkan perencanaan sebuah pendidikan pendidikan dimana yang dalam berkualitas proses dan perencanaan baik perlu tersebut di buat pendidik harus mampu melakukan proses perencanaan ...