Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

Pengembangan media pembelajaran SD/MI

Dalam konteks komunikasi, seorang pendidik atau guru memerlukan media sebagai alat bantu untuk memudahkan seorang guru mengomunikasikan pesan berupa materi pelajaran kepada siswa dengan harapan proses komunikasi dapat berjalan baik dan sempurna sehingga siswa dapat menerima pesan yang benar tanpa ada kesalahan. Oleh karena itu, peran media sangat penting dalam proses pembelajaran karena penggunaan media dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Namun, seorang guru juga harus mampu memilih, mendesain, dan menampilkan media sesuai dengan perkembangan seorang anak dan dapat membuat anak merasa nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.

Dalam tahapan ini, pemilihan kurikulum, menjadi gerak awal dari serangkaian proses berikutnya. Bagian mana dari kurikulum tersebut yang berpeluang untuk ...

PENGEMBANGAN KOGNITIF (SAINS PADA ANAK USIA DINI)

Kehadiran sebuah buku khususnya bahan ajar adalah sebagai referensi yang mendukung proses perkuliahan. Bahan ajar ini akan 6 Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini) menuntun Anda dalam menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diprogramkan dalam perkuliahan. Bahan ajar ini bukan merupakan transfer pengetahuan yang instan, tetapi mengajak Anda untuk bagaimana mengeksplorasi konsep-konsep esensial melalui proses penemuan, pengkajian dan penyimpulan, baik melalui proses belajar mandiri, kelompok kecil maupun kelompok besar. Sehubungan dengan hal, buku ini dirancang dengan skema sebagai berikut. 1. Penyampaian latar belakang 2. Penyampaian tujuan 3. Penyajian materi 4. Evaluasi. Dengan skema sajian tersebut, pembaca khususnya mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang bersifat otentik dan kolaboratif, sehingga dapat memberikan makna dan terinternalisasi secara mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Unsur proses, materi, sikap dan teknologi dalam pengenalan sains ini merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga mampu memfasilitasi kecerdasan jamak anak menuju Anak Indonesia Harapan yang cerdas dan kompetitif.

Bahan ajar ini akan 6 Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini) menuntun Anda dalam menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diprogramkan dalam perkuliahan.

KOLABORASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD Geliatkan Peserta Didik

KOLABORASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD Geliatkan Peserta Didik Penulis: I Komang Suparsawan, S. Pd. SD. ISBN: 978-623-7917-04-5 Editor: Hati Nurahayu Cover, Layout, dan Cover (Aplikasi Canva) : Hati Nurahayu Ukuran, Tebal: 14X21 cm, vi + 88 Halaman Cetakan: Ke- 1 Juli 2020 Penerbit: Tata Akbar Komp. Bumi Parahyangan Kencana Blok. E 12/21 RT 02 RW 13 Ds. Ciluncat kec. Cangkuang Kabupaten Bandung. Email.: [email protected] Website: www.tataakbar.com Cetakan pertama, April 2020 Anggota IKAPI : No. 351/JBA/2020 Hak Cipta dilindungi undang-undang Dilarang memperbanyak karya tulis ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa ijin tertulis dari penerbit. Percetakan: POLAR KATA PENGANTAR G uru sebagai pekerja professional memiliki tanggung jawab kemanusiaan berkaitan dengan proses pendidikan generasi penerus bangsa. Berpegang pada kompetensi profesionalnya, guru diharapkan mewujudkan proses pembelajaran inovatif dan kreatif sehingga transfer of knowledge, transfer of value, transfer of attitude, dan transfer of skill dapat dengan mudah tersampaikan. Guru diharapkan memfasilitasi peserta didik agar mampu memecahkan permasalahan dengan cara-cara ilmiah dalam kehidupan sosial mereka yang beragam. Salah satu inovasi dan kreatifitas adalah mengkolaborasikan antara pendekatan pembelajaran dengan model pembelajaran yang selama ini sudah teruji kebermanfaatannya. Pendekatan saintifik menekankan proses pembelajaran dirancang dengan mengintegrasikan lima pengalaman belajar pokok yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi (eksperimen), mengolah informasi (mengasosiasi), dan mengkomunikasikan. Dalam penerapannya pendekatan saintifik perlu dikolaborasikan dengan model-model pembelajaran mutakhir yang sudah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikolaborasikan dengan pendekatan ilmiah adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kolaborasi ini bila diterapkan secara efektif maka dapat menggeliatkan peserta didik meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Referensi ini disintesis dari berbagai sumber yang relevan sehingga bisa bermanfaat bagi pendidik. Buku ini masih jauh dari sempurna, saran yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya penulis bagi karya-karya penulis selanjutnya. Karangasem, Maret 2020

Persiapan Implentasi Kurikulum 2013 Melalui Bedah Kurikulum. Makalah Seminat Pengembangan Kurikulum 2013 di LPMP Bali 17 Mei 2014. Trianto. 2007.

Geguritan Penguatan Pendidikan Karakter

SESUAI PERATURAN PRESIDEN RI NO. 87 TAHUN 2017

Buku ini dapat menjadi salah satu sarana untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa dengan berlandaskan kearifan lokal geguritan. Buku ini diharapkan dapat mejadi salah satu bahan bacaan bagi siswa di sekolah dan menjadi buku referensi di perpustakaan sekolah.

Buku ini dapat menjadi salah satu sarana untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa dengan berlandaskan kearifan lokal geguritan.