Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring (Sebuah Model Konseptual)

Pendidikan karakter merupakan salah satu tujuan utama pendidikan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan serta peluang pemanfaatannya di dunia pendidikan, diperlukan adanya adaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran karakter, khususnya dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, dibutuhkan konsep yang jelas agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal. Namun penelitian terdahulu, belum ditemukan adanya model pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang dapat dijadikan acuan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual pendidikan karakter melalui pembelajaran daring yang mencakup metode dan strategi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan pokok bahasan, serta sistem sosial, prinsip reaksi, sintaks, bahan dan alat yang dibutuhkan, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif dengan mengkombinasikan Social Cognitive Theory (SCT), Komponen Karakter Lickona (KKL), dan framework TPACK untuk membantu penyusunan model. Penelitian ini merupakan penelitian konseptual dengan tipe model dengan menerapkan multi method qualitative dalam pengumpulan datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dan Focus Group Discussion (FGD). SLR dilakukan dengan cara mencari, menyeleksi, dan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, sedangkan FGD dilakukan sebanyak 3 kali (31 Januari 2021 – 14 Februari 2021) yang melibatkan 18 guru Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti atau Diniyah dari berbagai lembaga pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan 123 referensi penelitian yang relevan dan pengumpulan data dari FGD, dilakukan triangulasi data dan ditemukan 45 kegiatan pembelajaran yang dipetakan menjadi metode dan strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring.Penelitian ini menemukan bahwa metode dan strategi pada pendidikan karakter membutuhkan kesesuaian dengan KI/KD mapel PAI & BP SMP berdasarkan karakteristik KKL masing-masing. Implementasi metode dan strategi dalam pembelajaran daring disesuaikan dengan tipe aplikasi utama yang akan digunakan. Sistem pendukung lainnya disesuaikan dengan tipe aplikasi utama, metode dan strategi tersebut. Dalam sintaks pembelajarannya perlu diperhatikan sintaks sosial dan prinsip reaksi yang telah disusun dan ditetapkan oleh sekolah. Integrasi dan operasionalisasi dari prosedur tersebut direpresentasikan dengan model konseptual yang diajukan dalam penelitian ini, serta desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran khusus untuk pembelajaran daring (RPP Daring) yang dilengkapi dengan cara pengisiannya.

Pembahasan tentang karakter pada penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan Teori Komponen Karakter oleh Lickona. Pengimplementasian Komponen Karakter oleh dibatasi berdasarkan pada karakteristik seluruh konten atau pokok ...

TAFSIR AYAT-AYAT AL-QURAN TENTANG KONSEP METODE PEMBELAJARAN (PANDUAN PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN)

Secara eksplisit maupun implisit, dalam al-Quran dan al-Hadits menggariskan bahwa metode pembelajaran setiap manusia tidak sama, terkadang manusia belajar dengan cara meniru, atau dengan cara praktis dan mencoba, atau belajar dengan cara pembiasaan dan pengkondisian, atau belajar dengan cara berpikir. Selain itu, belajar sebaiknya dimulai dari yang paling mudah dipahami. Kegiatan pembelajaran memerlukan metode yang tepat dan beragam, sehingga pembelajaran berlangsung secara lebih efektif dan efisien dan tidak membosankan. Pemilihan metode pembelajaran yang digunakan dilakukan berdasarkan tujuan dan bahan pelajaran, kondisi peserta didik, kemampuan pendidik, ketersediaan media dan sumber belajar, serta kondisi lingkungan. Dengan demikian, seyogyanya seorang pendidik yang baik akan selalu mencari sarana dan metode pendidikan yang dapat membantu peserta didik untuk mencapai potensi maksimalnya.

Konsep Teori Belajar Dalam Islam Perspektif Al-Quran Dan Hadits. Jurnal TA'DIB: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 212-223. doi: 10.29313/tjpi.v6i1.2319. Izzan, A. & Saehudin. (2016). Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis.

Metode Analisis dan Perancangan Sistem

Buku ini disusun salah satunya untuk menjawab tuntutan tentang perlunya panduan praktis metode analisis dan perancangan sistem. Penulis mengharapkan setelah membaca buku ini, pembaca bisa mengerti dan memahami konsep dan teknik dalam melakukan analisis dan perancangan sistem. Pada umumnya ada 2 (dua) metode pokok yang paling sering digunakan dalam pengembangan sistem yaitu metode terstruktur dan berorientasi objek. Terdapat perbedaan paradigma yang cukup signifikan diantara kedua metode tersebut baik dalam melakukan analisis maupun perancangan. Buku ini menjelaskan kedua metode tersebut, sehingga diharapkan pembaca bisa membedakan pardigma analisis dan perancangan sistem diantara kedua metode tersebut dan bisa melakukan analisis dan perancangan dengan kedua metode tersebut. Materi pada buku persembahan penerbit AbdiSistematika ini disusun secara terstruktur dimulai dari konsep hingga teknis. Untuk pemodelan berorientasi objek, penulis menggunakan Unifield Modeling Language (UML) untuk memodelan sistem. UML adalah tools yang banyak digunakan untuk medokumentasikan pemodelan berorientasi objek dan sudah terbukti kemampuannya untuk mendokumentasikan dan memodelkan sistem baik dalam skala besar, sedang maupun kecil. -Abdi Sistematika-

Buku ini disusun salah satunya untuk menjawab tuntutan tentang perlunya panduan praktis metode analisis dan perancangan sistem.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Analisis dan Perancangan

Buku ini disusun untuk memberikan gambaran tentang konsep Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, khususnya tentang analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Buku ini disusun dengan menggunakan pendekatan perancangan sistem berorientasi objek dengan notasi pemodelan Unified Modeling Language (UML). Selain itu, dalam buku persembahan penerbit AbdiSistematika ini juga dibahas mengenai konsep dasar Sistem Informasi Manajemen seperti konsep dasar sistem, metode pengembangan sistem, komponen-komponen Sistem Informasi Manajemen, Relational Database Management System (RDBMSs) dan lain-lain. -Abdi Sistematika-

Buku ini disusun untuk memberikan gambaran tentang konsep Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, khususnya tentang analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah

Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML)

Buku persembahan penerbit AbdiSistematika ini disusun salah satunya untuk menjawab tentang perlunya panduan praktis analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Penulis melakukan terobosan dengan menggunakan notasi pemodelan Unified Modeling Language (UML). UML adalah sebuah bahasa untuk menspesifikasikan, memvisualisasikan, merancang dan mendokumentasikan perangkat sistem software yang baik untuk pemodelan bisnis dan sistem lainnya selain software. UML merepresentasikan sebuah pengumpulan praktek rekayasa terbaik yang telah terbukti sukses dalam pemodelan sistem yang kompleks dan besar. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. -Abdi Sistematika- #Unpad #60thFEBUnpad

Buku persembahan penerbit AbdiSistematika ini disusun salah satunya untuk menjawab tentang perlunya panduan praktis analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah.