Sebanyak 1947 item atau buku ditemukan

Panduan belajar dan evaluasi matematika

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait . Materi - materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan
belajar dievaluasi melalui serangkaian proses yang saling berhubungan .

Panduan Belajar Dan Evaluasi Matematika: Untuk SD Dan MI Kelas 6

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait. Materi-materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar
dievaluasi melalui serangkaian proses yang saling berhubungan. Jika kegiatan ...

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Kata “pembelajaran” lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional dan sosial, sedangkan kata “pengajaran” lebih cenderung pada kegiatan mengajar dosen di kelas. Dengan demikian, kata “pembelajaran” ruang lingkupnya lebih luas daripada “pengajaran”. Dalam arti luas, pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (dosen) dengan peserta didik., sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memugkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, naik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri dosen secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum, oleh karenanya penting bagi seluruh civitas akademika untuk dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi diantara buku pokok lainnya. [yessy, nur, endah, sary, evaluasi, pembelajaran]

Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum ...

Sistem pengukuran kinerja lembaga litbang

Work performance standards and measurement for research institutions in Indonesia.

Work performance standards and measurement for research institutions in Indonesia.

Menelusur Jejak Implementasi Konsep Bangunan Hijau dan Pintar di Kampus Biru

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada. Pada Bab 1 dibahas mengenai isu global, perkembangan kebijakan dalam negeri, konsep dasar, dan sistem pemeringkatan bangunan hijau yang diterapkan di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Pada Bab 2 dan 3 disajikan informasi lebih detail mengenai prinsip-prinsip bangunan hijau berdasarkan sistem GREENSHIP serta parameter ukur bangunan hijau menurut jenis bangunan. Selanjutnya, di Bab 4 dibahas mengenai dasar-dasar teori, standar, serta metode pengukuran dan simulasi yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif parameter-parameter fisika bangunan. Informasi dasar di Bab 4 kemudian didukung dengan pengetahuan yang komprehensif mengenai penerapan teknologi cerdas dan kontrol pada bangunan (smart and control system) yang dibahas pada Bab 5. Implementasi konsep bangunan hijau di beberapa kampus di Indonesia yang dibahas pada Bab 6 membuka studi dan pandangan yang lebih lebar untuk melihat seberapa penting dan besar pengaruhnya ketika konsep bangunan hijau diterapkan di institusi perguruan tinggi. Kajian lebih lanjut dan dalam dipaparkan pada Bab 7 mengenai berbagai studi kasus terkait analisis bangunan hijau dan cerdas di Universitas Gadjah Mada yang telah dilakukan oleh grup riset INSGREEB (Integrated Smart and Green Building) sejak tahun 2012 hingga saat ini. Studi kasus meliputi Gedung Pusat UGM, Perpustakaan Pusat UGM, Asrama Kinanti 1, 2, dan 3, beberapa gedung di Fakultas Teknik, dan beberapa calon gedung baru seperti Smart and Green Learning Center dan Sport Center. Akhirnya, semoga buku ini dapat menjadi sumber informasi yang komprehensif bagi pembaca dalam memahami konsep bangunan hijau dan penerapannya di kawasan perguruan tinggi. Selain itu, semoga juga mampu menjadi rujukan metode dan studi kasus bagi pembaca untuk mendapatkan contoh-contoh yang sistematis dalam mengimplementasikan konsep bangunan hijau. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada.

SISTEM POLITIK INDONESIA

Sistem Politik Indonesia ini berisi mengenai bagaimana pengertian, ruang lingkup system politik di Indonesia. Bagaimana ciri-ciri dan teori sistem politik di Dunia. Sistem Politik Indonesia juga berisi mengenai sejarah sistem politik di Indonesia pada masa orde lama, order baru, dan pada masa reformasi. Analisis pada pembahasan buku ini berisi mengenai budaya politik, struktur politik dengan menggunakan pendekatan struktural Fungsional dan pendekatan pembangunan politik.

gambarkan kesuksesan peningkatan pertumbuhan ekonomi pada negara ujung dan negara tengah (semi-pinggiran). Terlebih dengan adanya beberapa negara sosialis yang dikemudian hari secara faktual melakukan penerimaan permodalan dari ...

Memahami sistem dan struktur ketatanegaraan pasca amandemen UUD 1945

Derasnya arus informasi, baik melalui alat komunikasi cetak maupun elektronik
sangat berpengaruh baik positif maupun ... bertugas membahas dan
memberikan persetujuan terhadap RUU yang dibuat oleh Presiden (kekuasaan
eksekutif).