Sebanyak 1136 item atau buku ditemukan

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.

PEDOMAN PENGAWAS Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah NURI JATIM

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam. Lembaga keuangan syari’ah yang berkembang dengan pesat saat ini, memerlukan sistem yang dapat mendukung perkembangan dan keberlangsungannya, khususnya dalam hal pengawasan lembaga. Sistem pengawasan yang sudah berjalan perlu dituangkan dalam sebuah pedoman yang memungkinkan siapapun yang mengelola lembaga keuangan syariah tersebut dapat menjalankannya dengan baik. Sementara itu, penyusunan sistem pengawasan yang dimaksud di atas, adalah sistem pengawasan di luar urusan (fatwa) kesyariahan. Sebab, pengawasan dalam kesyariahan koperasi telah menjadi domain Dewan Pengawas Syari’ah (DPS). Sementara itu, sistem pengawasan yang dijalankan oleh pengawas di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur lebih dititikberatkan pada pengawasan bidang kedisiplinan, administrasi, pencatatan keuangan, pengelolaan, serta kebijakan yang dilakukan oleh pengurus. Kami berharap buku pedoman pengawas ini dapat memudahkan pengawas KSPPS Nuri Jatim dalam memahami dan menerapkan sistem pengawasan yang sudah berjalan, serta dapat memberikan manfaat bagi kepentingan koperasi secara khusus dan masyarakat secara umum.

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam.

Total Quality Management

Salah satu tugas seorang pimpimnan adalah menjaga kestabilan perusahaan dan menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan suatu perusahaan yang berkualitas dan unggul dalam bersaing. Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan. Penjelasan dalam buku ini berupaya secara maksimal untuk memberikan prospek perusahaan agar lebih maju dan berkembang. Adapun topik yang akan dibahas dalam buku ini antara lain : Bab 1. Definisi dan Sejarah Kualitas Bab 2. Pengertian, Falsafah dan Metode TQM Bab 3. Fokus Kepuasan Konsumen/Pelanggan Bab 4. Manajemen Proses dan Perbaikan Proses Bab 5. Data dan Variabilitas Bab 6. Alat dan Tehnik Pengukuran Performansi Kualitas Bab 7. Six Sigma Bab 8. Biaya Kualitas Bab 9. Pelibatan dan Pemberdayaan Karyawan (PPK) Dalam Kualitas Bab 10. Kepemimpinan dan Kerja sama tim Bab 11. Budaya Kualitas dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis.

Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan.

Perencanaan Pembelajaran

Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalu berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas pendidikan berbagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurrang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa. Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima. Di universitas lainperencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk penataran pendidikan keterampilan intruksional yang salah satu misterinyaadalah perencanaan pembelajaran. Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang ditinjau didasarkan pada teoti-teori intruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar intruksional. yakni di Amerika Serikat. Buku ini di awali dengan pemaparan teoretis tentang pembelajaran, kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajarang, strategi pembelajaran, dan hasil pembelajaran, di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima.

Perencanaan Pembelajaran Kejuruan : Buku Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) Universitas Negeri Malang Tahun 2018. Penelitian tersebut dilaksanakan dengan dukungan dana yang dikelola oleh LP3 UM Tahun 2018 dengan partisipasi dan pelibatan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak.

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) ...

Perencanaan Pembelajaran (Konsep Dasar Kurikulum Prototipe)

Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN Konsep Dasar Kurikulum Prototipe ini berisi materi dan konsep mengenai panduan perencanaan belajar mengajar yang dapat diimplementasikan oleh guru secara langsung di dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan contoh-contoh konsep kurikulum prototipe yang implementatif. Buku ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam memahami apa saja aspek administrasi yang diperlukan sehingga diharapkan dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Buku ini dirancang oleh penulis secara sistematis dan disajikan selengkap mungkin dari mulai Standarisasi Pendidikan, Pendekatan, Strategi dan Model Pembelajaran hingga Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Buku ini juga membahas tuntas mengenai Kurikulum Prototipe dari mulai konsep dasar kurikulum, bentuk kurikulum dari berbagai jenjang, acuan assessment kurikulum dan juga pengembangannya. Materi dan konsep yang disajikan juga merupakan konsep terbaru sehingga bisa langsung disesuaikan oleh guru di kelas.

Buku PERENCANAAN PEMBELAJARAN Konsep Dasar Kurikulum Prototipe ini berisi materi dan konsep mengenai panduan perencanaan belajar mengajar yang dapat diimplementasikan oleh guru secara langsung di dalam kegiatan pembelajaran.

Program Inovatif dan Kerjasama Melalui Konseling Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Negeri 8 Surabaya

Buku ini ditulis dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SMAN 8 secara Inovatif, juga diharapkan ada kerjasama antara orang tua murid dan guru, untuk mencapai Inovatif ini, walaupun berbeda suku, yaitu suku Jawa, Madura dan Suku ARAB, namun dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan, dimana Guru merupakan Pendidik, juga sebagai Media penghubung melalui ajaran dan pendidikan agama (Religi) yang tinggi, dan kerjasama di semua pihak yang berada di Wilayah tersebut.

Buku ini ditulis dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SMAN 8 secara Inovatif, juga diharapkan ada kerjasama antara orang tua murid dan guru, untuk mencapai Inovatif ini, walaupun berbeda suku, yaitu suku Jawa, Madura dan Suku ARAB, ...

Supervisi Kepala Madrasah (Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah)

Buku ini penting dibaca, karena selain menyajikan teori dan konsep, buku ini menyajikan data berdasarkan hasil penelitian penulis kepada beberapa Kepala Madrasah di wilayah lingkungan KKMTs Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Karena pada dasarnya lembaga pendidikan akan menghasilkan peserta didik yang bermutu dilihat dari sudut pandang kinerja guru, sedangkan untuk meningkatkan kinerja guru untuk lebih baik lagi merupakan tugas Kepala Madrasah untuk melaksanakan supervisi pendidikan kepada karyawannya, dalam hal ini guru. Kendati demikian, supervise pendidikan ikut bagian dalam meningkatkan kinerja guru, kualitas peserta didik, serta kualitas lulusan yang dapat bersaing dan ikut serta sebagai jawaban dari tantangan perubahan zaman.

Supervisi pendidikan bertujuan untuk membantu guru dalam memperbaiki proses belajar-mengajar melalui peningkatan kompetensi guru itu sendiri dalam melaksanakan tugas profesional mengajar. Supervisi pendidikan meliputi supervisi terhadap ...

Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan

Adapun yang menjadi fokus dalam buku referensi ini adalah merupakan hasil penelitian yang berjudul “Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan Pada Mata Kuliah Inti Keilmuan Prodi Penerangan Agama Hindu Stah Negeri Mpu Kuturan Singaraja” penulis memilih topik ini guna mengetahui terkait trasformasi media pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen pengajar di prodi penerangan agama Hindu.

... program diploma empat. c) Pasal 10, ayat 1 tentang kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional melalui pendidikan profesi.