Sebanyak 2006 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN AL-QUR’AN

KH. Bustani Qadri

Nama KH. Bustani Qadri memang sangat mashur bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir, sebagaimana ulama yang menjadi suri tauladan bagi umat. Walaupun dia telah tiada, namanya tetap terkenang bagi masyarakat Inhil. KH. Bustani Qadri, terlahir di Sapat Kecamatan Kuala Indragiri Tahun 1921. Sewaktu berumur 7 Tahun di bawa oleh orang tuanya ke tanah suci Mekah, ± 13 Tahun beliau mendalami Ilmu Agama di Mekah dan Tahun 1941 pulang ke Indragiri Hilir tepatnya di Sapat.

Nama KH. Bustani Qadri memang sangat mashur bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir, sebagaimana ulama yang menjadi suri tauladan bagi umat.

Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa

Buku ini mencoba mengulas bagaimana implementasi sudut pandang ekonomi dalam pendidikan dan pengaruh prinsip ekonomi dalam pembentukan serta pelaksanaan sebuah sistem pendidikan, menuju manajemen pendidikan dan efektif dan efisien. Oleh karena itu, rentang pembahasannya pun mencakup hubungan, urgensi, dan konsep investasi SDM; biaya pendidikan: pembiayaan dan strukturnya di Indonesia dan berbagai negara, peningkatan mutu pendidikan dan kesejahteraan pendidik (guru) dan hubungannya dengan manajemen pendidikan yang efisien. Buku persembahan #PrenadaMediaGroup

Buku ini mencoba mengulas bagaimana implementasi sudut pandang ekonomi dalam pendidikan dan pengaruh prinsip ekonomi dalam pembentukan serta pelaksanaan sebuah sistem pendidikan, menuju manajemen pendidikan dan efektif dan efisien.

Etika & Moralitas Pendidikan

Peluang dan Tantangan

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi. Buku ini dapat dipersembahkan kepada sidang pembaca setelah melalui perjalannan panjang. Penulisan buku mengenai etika pendidikan ini tela dimulai sejak tahun 2004 yang dilatarbelakangi adanya keresahan di kalangan masyarakat yang merasakan adanya penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari dan menguatnya isu dekadensi moral. Di lain pihak, kualitas penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal maupun nonformal tentu saja dapat memengaruhi penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi.

Pendidikan Kewarganegaraan

Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Kewarganegaraan diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali, dan memantapkan peserta didik di jenjang pendidikan tinggi formal dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Baca dan pelajari selengkapnya dalam buku ini, dan jadilah warga negara yang baik :) |Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan Kewarganegaraanm Kewarganegaraan, Pendidikan |

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

MANAGEMENT PENGAWASAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH

Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah berarti menjalankan kepemimpinan fungsi manajemen, yaitu pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan. Pengawas sekolah harus memilki 6 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi akademik, kompentensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan. Tujuan dari pengawasan melaksanakan tugas dan manajerial dalam satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, dan pemantauan. Pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional guru, evaluasi dalam hasil pelaksanaan program pengawasan dan pelaksanaan tugas pengawasan. Pada umumnya setiap pengawas dan kepala sekolah mengiginkan agar pengawasan dilembaga yang kalian pimpin berjalan lancer sesuai dengan harapan. Namun itu bukan hal yang mudah bias dicapai tanpa kerjasama dengan seluruh stikholder, kerja keras, kerja cerdas serta jujur dan terpercaya. Terlebih pengawasan pendidikan dimasa pandemi covid-19. Sehubungan dengan kondisi diatas pengawas, kepala sekolah, dan guru didorong agar lebih kreatif, inovatif dan produktif yaitu menulis buku bagian terpenting dalam proses kegiatan belajar mengajar sekaligus ikut terlibat langsung didalam menyusun keperluan yang ada didalam lembaga pendidikan.

Pengawasan yang dilakukan kepala sekolah berarti menjalankan kepemimpinan fungsi manajemen, yaitu pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan.

Pengaruh pendidikan non formal keagamaan terhadap tradisi kejawen di Kelurahan Tangkerang Barat

laporan penelitian

Impact of Islamic religious non formal education on customs and traditions of Javanese ethnic group in Tangkerang Barat, Pekanbaru, Riau Province; research report.

Impact of Islamic religious non formal education on customs and traditions of Javanese ethnic group in Tangkerang Barat, Pekanbaru, Riau Province; research report.

Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan kelimpahan sumber daya alam, tetapi keunggulan sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak hal yang telah berubah atau berkembang dengan cara yang awalnya tidak terpikirkan. Kita telah berada di era digital yang dikenal sebagai era 4.0. Perubahan dengan cepat terjadi diberbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus segera berbenah atau melakukan persiapan dalam menghadapi tantangan baru di era digital saat ini.

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia.

Globalisasi komunikasi dan kemajuan teknologi informasi

kumpulan kuliah umum, pidato ilmiah, dan ceramah Menteri Penerangan RI

Global communication and information technological inventions; speeches, lectures, etc.

Pemantapan institusionalisasi Universitas Islam Indonesia menyongsong era globalisasi berkaitan erat dengan upaya memantapkan Tridharma Perguruan Tinggi , mencakup kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 7.

Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapan

Aplikasi teknologi informasi merupakan terapan atau pemanfaatan teknologi informasi pada bidang tertentu. Salah satu ciri khas penerapan teknologi informasi pada suatu bidang adalah munculnya terminologi dengan tambahan awalan huruf ‘e‘ atau ‘m‘, seperti e-learning atau m-banking. Buku ini membahas aplikasi teknologi informasi pada bidang-bidang yang selanjutnya tim penulis uraikan menjadi 10 (sepuluh) bab, sebagai berikut: 1. Pengantar Aplikasi Teknologi Informasi 2. Teknologi Informasi pada Bidang Travel 3. Teknologi Informasi pada Bidang Lelang 4. Teknologi Informasi pada Bidang Hiburan 5. Teknologi Informasi pada Bidang Hotel 6. Teknologi Informasi pada Bidang Industri 7. Teknologi Informasi pada Bidang Transportasi 8. Teknologi Informasi pada Bidang Telekomunikasi 9. Teknologi Informasi pada Bidang Rekayasa Sumber Air. 10. Teknologi Informasi pada Bidang Jasa Konstruksi Semoga buku aplikasi teknologi informasi ini bisa menjadi sumbangsih kecil dari tim penulis dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75. Dengan tagline “Indonesia Maju“, semoga segala permasalahan yang menimpa Indonesia dan dunia ini segera berlalu, Indonesia makmur dan jaya selalu.

8) Akuntansi Pengelolaan akuntansi yang baik sangat dibutuhkan oleh tiap perusahaan jasa konstruksi dalam memastikan arus kas perusahaan tetap stabil. Software akuntansi membantu perusahaan konstruksi untuk alarm waktu tenggat ...

Filosofi, Metodologi Penelitian, dan Komunikasi Ilmiah

Tulisan ini, karenanya, dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab. Bab-bab tersebut ialah: 1. Pendahuluan ialah bagian yang menguraikan pokok-pokok bahasan, 2. Filosofi ialah bab yang menguraikan tentang filiosofi khususnya untuk mendasari tulisan ilmiah. Misalnya: arti dari filosofi yang khususnya untuk keperluan tulisan ilmiah (scientific writing). Filosofi, dalam hal ini, ialah sebuah studi kritis dari sebuah prinsip dasar dan konsep. Konsep ialah unsur dasar dari sebuah penalaran, 3. Filosofi penalaran induksi dan deduksi; penalaran induksi ialah urutan penalaran dari yang khusus menuju ke yang umum yang dikembangkan oleh Francis Bacon. Filosofi penalaran deduksi ialah urutan penalaran dari yang umum menuju ke yang khusus yang dikembangkan oleh Aristoleteles. Gabungan dari kedua penalaran tersebut dikenal sebagai indukto-dedukto verifikatif yang dikembangkan oleh John Dewey. Penalaran tersebut tentang pendekatan ilmiah, 4. Ilmu dan teori. Ilmu terdiri dari deskripsi dan preskripsi, terdapat hubungan antar ilmuwan peneliti dan penulis untuk mengungkapkan suatu fenomena secara fakta dengan kritis dan masuk akal. Ilmu ialah metode penalaran sebagai penyusun informasi untuk memperoleh hubungan antara faktor-faktor secara sistematis hasil telaah yang kritis dan mendalam, 5. Metodologi penelitian ilmiah, ialah berdasarkan kesederhanaan dengan tahapan perancangan, observasi, koleksi data hasil dan menuangkan dalam bentuk tabel, kurva, histogram, gambar dan foto, yang masing-masing mempunyai skala dan notasi yang dikendalikan signifikansi hasil dari analisis statistik. Bab 6. Masalah, ialah sebuah pertanyaan yang harus dijawab dengan sebuah keputusan yang masuk akal, sehingga masalah dapat diteliti, diamati, diuji yang akan memberikan suatu solusi yang masuk akal, 7. Hipotesis, ialah sebuah usulan yang diusulkan sebagai titik awal yang kuat bagi suatu penalaran (reasoning). pengertian ini digali dari Webster tahun 1956 yang menghasilkan penegertian yang sederhana dan mudah untuk dususun bagi yang memerlukannya., 8. Peubah atau variabel ialah faktor tidak tetap yang berperan dalam pemberian pengaruh pada suatu peneltian. Peubah ada dua jenis utama ialah peubah [variabel] bebas dan peubah [variabel] tidak bebas [peubah tergantung]. Misalnya peubah tergantung (bobot kering), ialah peubah yang tergantung pada faktor lain, peubah bebas, ialah peubah yang tidak tergantung faktor lain tetapi dapat dikendalikan (olah tanah), [peubah rambang, ialah peubah yang dapat diabaikan (proses tumbuh) dan peubah interveining, ialah peubah yang tidak pernah diamati (proses produksi) namun dapat diamati melalui peubah lain]. Parameter ialah sebuah konstanta dalam sebuah fungsi yang menentukan bentuk khas dari fungsi dan faktor, ialah variabel bebas, variabelnya mempunyai nilai bebas, 9. Komunikasi ilmiah, ialah tulisan ilmiah berdasar pada hasil penelitian yang disusun secara ilmiah dengan kaidah-kaidah yang baku secara internasional, 10. Bagian-bagian dari tulisan ilmiah ialah: Kata Pengantar, Abstrak atau Ringkasan, Judul, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Bahan dan Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka, Lampiran, Ucapan terima kasih, Pernyataan tentang originalitas tulisan, 11. Contoh-contoh tulisan ilmiah, ialah Proposal, Artikel Ilmiah, Skripsi, Thesis, Disertasi dan Buku teks ilmiah dll. 12. Penutup.

Tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian dengan tiap bagian dalam suatu bab.