Sebanyak 21649 item atau buku ditemukan

FILSAFAT ISLAM

Pendekatan Tema dan Konteks

Perkembangan budaya global yang begitu cepat meniscayakan adanya perubahan di segala segi kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut tidak hanya bersifat sosiologis-praktis dan pragmatis, namun juga menyangkut hal-hal yang bersifat ideologis-paradigmatik dan epistemik. Bahkan tata nilai, norma dan pandangan hidup serta agama harus menghadapi perubahan, atau mungkin pergantian. Pengaruh yang sangat besar akibat perubahan global dewasa ini adalah gaya hidup masyarakat yang materialis-hedonis dan kecenderungan pada hal-hal praktis atau instan. Hal ini menyebabkan fenomena masyarakat yang malas berpikir tentang hal-hal yang lebih mendasar, subtansial dan fundamental dari setiap masalah kehidupan. Akibat lebih jauh adalah kecenderungan menyelesaikan masalah secara parsial, dangkal, dan tidak mendasarkan pada pertimbangan yang cerdas, komprehensif, solutif-integratif dan ilmiah-religius. Di sinilah Filsafat Islam akan memainkan perannya sebagai suatu disiplin ilmu keislaman yang menuntun cara berfikir yang fundamental-subtansial, holistik, kritis, sistemik, kreatif, bebas dan islami, menyelamatkan, berpegang pada asas Islam dan Iman (landasan al-Qur’an dan al-Hadis) serta berparadigma profetis. Dengan Fisafat Islam, akan membangun manusia landasan dan pola berpikir yang logis, subtantif, komprehensif, kokoh, konsisten dan bertanggungjawab, sehingga mempunyai kemampuan untuk melibatkan diri dalam proses transformasi pembebasan (liberation), penegakan kemanusiaan (humanisation) dan peneguhan keimanan (trancendention) dalam mencapai keselamatan, kedamaian di segala bidang dan dimensi kehidupan.

Di sinilah Filsafat Islam akan memainkan perannya sebagai suatu disiplin ilmu keislaman yang menuntun cara berfikir yang fundamental-subtansial, holistik, kritis, sistemik, kreatif, bebas dan islami, menyelamatkan, berpegang pada asas Islam ...

Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan. Filsafat pendidikan terdiri dari apa yang diyakini seseorang mengenai pendidikan, merupakan sekumpulan prinsip yang membimbing tindakan professional seseorang. Inilah mengapa para calon pendidik menjadi penting mempelajari Filsafat Pendidikan. Buku ini merupakan pengantar bagi mahasiswa/i yang ingin mendalami lebih jauh berkenaan dengan filsafat pendidikan. Semoga buku ini dapat memberikan kemudahan bagi pembaca dan semoga ada berkahnya bagi penyusun.

Pendidikan memerlukan filsafat sehingga peran Filsafat pendidikan harus mampu memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan.

Filsafat Pendidikan Islam

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan jawaban atau pemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran (isme), oleh karena itu filsafat dimulai oleh rasa heran, bertanya dan memikirkan tentang asumsi-asumsi kita yang fundamental (mendasar). Adapun pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja dirancangkan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah ditetapkan. Sedangkan Islam adalah sebuah agama samawi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan kepada menusia dengan pengutusan Nabi Muhammad Shalallohu ‘alaihi wa Salam untuk kebahagian umat manusia di dunia dan akhereta. Sehingga Islam sebagai agama adalah jalan hidup, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dipegang oleh umatnya. Menurut Islam pendidikan adalah pemberi corak hitam putihnya perjalanan hidup seseorang. Oleh karena itu ajaran islam menetapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya bagi pria dan wanita, dan berlangsung seumur hidup, semenjak dari buaian hingga ajal datang. Tetapi, kalau lah disatukan ke tiga kata tersebut, Filsafat Pendidikan Islam, maka ia menjadi sebuah objek pembahasan ilmu dan pengetahuan, yang memiliki definisi tersendiri. Yaitu, sesuatu disiplin ilmu yang mengkajian secara filosofis mengenai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al Qur’an dan al Hadist sebagai sumber primer, dan pendapat para ahli, khususnya para filosof Muslim, sebagai sumber sekunder.

Filsafat Pendidikan Islam, kalau dipisah urutan kata per kata, maka masing-masing memiliki pengertian yang berbeda-beda.

Paradigma intelektual Muslim

pengantar filsafat pendidikan Islam dan dakwah

Concepts of Islamic education and da'wah in Indonesia.

Concepts of Islamic education and da'wah in Indonesia.

Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis)

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis. Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika pendidikan yang lain. Pertama, buku ini memiliki menyajikan tentang konsep statistika, sehingga pembaca memahami perbedaan statistik dan statistika. Penyajian bab selanjutnya akan ada pembahasan tentang variabel, data, teknik sampling, teknik penyajian data, ukuran data, serta macam-macam uji hipotesis. Perbedaan kedua, adalah penyajian yang ringkas namun jelas disertai beberapa contoh, khususnya bagi dunia pendidikan.

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis.

Statistika Pendidikan

Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik dalam aktivitas ilmiah, khususnya dalam menyusun laporan penelitian atau laporan tugas akhir. Selain materi dan bahan ajar, buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya agar mahasiswa mampu menangkap intisari keilmuan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan, serta disediakan beberapa soal sebagai bahan latihan mandiri. Rangkuman materi juga disajikan pada akhir setiap bab sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengingat kembali materi-materi yang sudah dipelajarinya.

Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik ...

Statistika Pendidikan

Pendekatan Berbasis Kinerja

Buku teks ini disusun di tengah-tengah kegelisahan penulis tentang kurangnya pemahaman dasar tentang statistika udi bidang ilmu pendidikan di kampus tempat penulis bekerja. Statistika sebagai ilmu bantu dalam ilmu pendidikan berperan bagai pisau untuk menganalisis gejala perilaku belajar; menilai ada atau tidak adanya hubungan dan atau pengaruh satu gejala terhadap gejala lain; menganalisis hasil percobaan perlakuan dalam setting pembelajaran. Pemahaman tentang ilmu statistika adalah dasar bagi para calon guru, mengingat statistika juga mengajarkan tentang bagaimana pengukuran pendidikan harus memenuhi syarat korespondensi, kebenaran yang didukung bukti dari lapangan. Meskipun perangkat lunak pengolah data dan statistik banyak beredar, tetapi masih perlu diajarkan bagiamana jalannya proses perhitungan sehingga mahasiswa dapat mengetahui suatu pengujian hipotesis dapat diberlakukan. Perangkat lunak tidak memberikan kesempatan pemahaman seperti itu. Buku statistik yang lebih rigit juga ada, tetapi tidak bersifat praktis. Pendekatan buku-buku statistik hanya cocok untuk mahasiswa di jurusan matematika atau sekolah tinggi ilmu statistik. Mahasiswa di bidang pendidikan, membutuhkan buku statistik yang praktis, tetapi tidak mereduksi pemahaman proses pengujian. Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar. Buku ini dapat dianggap sebagai panduan praktis yang mudah dipahami oleh mahasiswa pendidikan. Sebagai bagian dari model pembelajaran berbasis kinerja (outcomes-based learning), buku ini dilengkapi dengan latihan-latihan praktis pengujian hipotesis: korelasi, komparasi, dan regresi, tiga jenis analisis inferensial yang banyak digunakan. Dengan pembelajaran berbasis kinerja melalui tugas terstruktur, dosen akan mampu mewujudkan prinsip mastery learning. Terakhir, tujuan dari penulisan buku ini dan dengan dijadikan buku teks untuk mata kuliah Statistika Pendidikan, juga akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan metode penelitian kuantitatif.

Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar.