Sebanyak 1449 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan Aplikasi, Strategi, dan Inovasi

Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan penulis dari beberapa tema dan sasaran penelitian. Cakupan kajiannya tidak hanya seputar permasalahan dalam lingkup pendidikan formal di tingkat sekolah dan madrasah, tetapi juga Perguruan Tinggi (PT). Selain itu, juga dikaji permasalahan di lingkup pendidikan nonformal, yaitu pesantren dan homeschooling. Harapannya, buku ini dapat membuka cakrawala pengetahuan tentang masalah-masalah pendidikan, khususnya bidang manajemen pendidikan. Secara khusus, buku ini diperuntukkan bagi: 1) Mahasiswa dan dosen S-1, S-2, dan S-3 pada matakuliah Manajemen Pendidikan di Program Studi Manajemen Pendidikan; 2) Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 pendidikan pada umumnya; 3) Penyelenggara dan pimpinan pendidikan di level dasar, menengah, dan tinggi; 4) Peneliti bidang kebijakan dan praksis pendidikan; 5) Pejabat pemerintah bidang pendidikan sebagai bahan pengambilan kebijakan Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan penulis dari beberapa tema dan sasaran penelitian.

Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM

Dalam dekade milenial dan digital, setiap organisasi berupaya untuk menjadi pemenang dalam kancah kompetisi kanibalism. Untuk tujuan ini, organisasi dituntut meningkatkan kinerjanya termasuk di dalamnya SDM yang ada. Dengan buku ini diharapkan dapat membantu HRD untuk menciptakan karyawan yang kapabel, potensial dan profesional.

Dalam dekade milenial dan digital, setiap organisasi berupaya untuk menjadi pemenang dalam kancah kompetisi kanibalism.

Teknik Evaluasi Pembelajaran

Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang mengandung kata dasar value "nilai". Kata value atau nilai dalam istilah evaluasi berkaitan dengan keyakinan bahwa sesuatu hal itu baik atau buruk, benar atau salah, kuat atau lemah, cukup atau belum cukup, dan sebagainya. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu proses mempertimbangkan suatu hal atau gejala dengan mempergunakan patokan-patokan tertentu yang bersifat kualitatif, misalnya baik-tidak baik, kuat lemah, memadai-tidak memadai, tinggi rendah, dan sebagainya. Suchman memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Sedangkan Worthen dan Sanders mengemukakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu: dalam pencarian tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternatif strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran

Pemahaman mengenai prosedur evaluasi merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh calon guru maupun kelompok masyarakat yang memiliki profesi sebagai orang yang membantu siswa dalam belajar baik instruktur, guru, tutor dan lain-lain. Tujuan penulisan buku prosedur evaluasi pembelajaran ini adalah untuk memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada kelompok tersebut agar dalam melaksanakan evaluasi sesuai prosedur sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat memiliki akuntabilitas tinggi. Prosedur tersebut juga dapat memberikan dampak pada pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data. Prosedur evaluasi yang diuraikan dalam buku ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) merencanakan, (2) melaksanakan dan (3) melaporkan hasil evaluasi.

Pendahuluan Beberapa mengira bahwa hasil pembelajaran merupakan data numerik yang dihasilkan siswa setelah mereka berhasil menunjukkan kinerja melalui ujian. Namun demikian, pada kenyataannya pengertian hasil pembelajaran ternyata lebih ...

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Kata “pembelajaran” lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional dan sosial, sedangkan kata “pengajaran” lebih cenderung pada kegiatan mengajar dosen di kelas. Dengan demikian, kata “pembelajaran” ruang lingkupnya lebih luas daripada “pengajaran”. Dalam arti luas, pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (dosen) dengan peserta didik., sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memugkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, naik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri dosen secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Ushul Fiqh Ekonomi dan Keuangan Kontemporer

Dari Teori ke Aplikasi

Disajikan dalam 14 bab mengenai diskursus dalil-dalil yang menjadi dasar dalam penemuan dan pengembangan hukum ekonomi syariah dan inovasi berbagai produk akad di perbankan syariah. Pada Bab 1 diawali dengan pengenalan ushul fiqh secara umum dan pengaruhnya dalam ijtihad ekonomi syariah. Pada bab berikutnya disusul dengan berbagai teori pene_ muan/istinbat hukum seperti ijma qiyas, istihsan, istishab, sad zari'ah, masla_ hah mursalah, 'urf Bab 12 khusus membahas peran fatwa Dewan Syariah Nasional dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Bab 13 men_ gurai ta'arudh dan tarjih dalam aplikasi ekonomi syariah; serta Bab 14meny_ ajikan kaidah ushuliyah dan implikasinya dalam praktik ekonomi syariah. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

anNisâ' [4]:29, dapat dipahami bahwa kegiatan muamalah atau ekonomi dapat dilakukan didasarkan atas adanya kerelaan kedua belah pihak yang melakukan transaksi. Asas suka sama suka untuk melakukan kegiatan bisnis atau perniagaan sangat ...

MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK SISTEM PERILAKU

BEHAVIOR SYSTEM GROUP LEARNING MODEL

Sejalan dengan perkembangan paradigma dunia tentang makna pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat. Salah satu tantangannya adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi yang utuh, yakni menghasilkan lulusan yang kompetitif, inovatif, kreatif, kolaboratif, serta berkarakter. Senada dengan orientasi pembelajaran abad ke-21, maka pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 sebagai kegiatan inti dari proses pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk kualitas peserta didik. Oleh sebab itu, pengubahan paradigma mendasar perlu dilakukan untuk memperbaiki ekologi pembelajaran di sekolah yang selama ini terbentuk. Buku ini disusun berdasarkan berbagai prinsip pembelajaran, khususnya perilaku guru dan peserta didik selama kegiatan pembelajaran sebagai pijakan dalam upaya pengembangannya. Penulis berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pendidik, pengawas, dan calon pendidik serta mahasiswa kependidikan program Sarjana, Magister, maupun Doktoral guna pengembangan ilmu dan peningkatan SDM yang berkualitas.

Sejalan dengan perkembangan paradigma dunia tentang makna pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat.

Analisis Sistem Teknik Kimia

Sistem dalam bidang teknik diartikan sebagai rangkaian subsistem atau rangkaian alat yang saling terkait satu dengan lainnya untuk menjalankan fungsi tertentu tergantung pada besar-kecilnya sistem tersebut. Jika kita memandang sebuah pabrik sebagai suatu sistem maka pabrik tersebut disusun dari beberapa subsistem, misalnya subsistem penyiapan bahan baku, subsistem konversi bahan baku menjadi produk, dan subsistem pemurnian hasil. Masing-masing subsistem tersebut tersusun dari sejumlah alat yang biasa disebut komponen. Pemahaman tentang sistem dalam teknik kimia sangat penting karena dalam bekerja para sarjana teknik kimia sering kali harus melakukan perancangan sistem, membangun sistem, mengoperasikan sistem, dan bahkan melakukan optimasi untuk mendapatkan kinerja sistem yang paling menguntungkan. Berkaitan dengan hal tersebut maka buku Analisis Sistem Teknik Kimia yang dilengkapi dengan soal dan penyelesaiannya sangat diperlukan baik bagi dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan sistem maupun bagi para mahasiswa yang sedang mempelajari sistem. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk menyediakan buku ajar bagi para dosen dan mahasiswa jurusan/departemen teknik kimia di Indonesia. Dengan adanya buku ini, dapat mempermudah para dosen di bidang sistem teknik dalam menyiapkan materi kuliahnya dan para mahasiswa akan lebih mudah dalam memahami materi kuliah terkait dengan persoalan tentang sistem, khususnya sistem di bidang teknik kimia. Para lulusan dari jurusan/departemen teknik kimia juga dapat menggunakan buku ini dalam menghadapi persoalan terkait dengan berbagai sistem yang dijumpai di tempat kerjanya. Dalam buku ini, selain disajikan konsep dan teori terkait dengan sistem, juga disajikan soal-soal dan penyelesaiannya dengan tujuan untuk mempermudah para pembaca dalam memahami konsep dan teori tentang sistem. Keragaman jenis soal yang disajikan dari yang paling sederhana hingga yang kompleks dapat mempermudah para pembaca dalam mempelajari analisis sistem teknik, khususnya analisis sistem-sistem dalam bidang teknik kimia. Pemahaman yang baik terhadap konsep dan teori tentang sistem akan mempermudah para pembaca untuk mempelajari optimasi sistem. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Berkaitan dengan hal tersebut maka buku Analisis Sistem Teknik Kimia yang dilengkapi dengan soal dan penyelesaiannya sangat diperlukan baik bagi dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan sistem maupun bagi para mahasiswa yang sedang ...

Audit Internal: Konsep dan Praktik

Buku Audit Internal ini diterbitkan dengan maksud untuk memperkaya khasanah bacaan mengenai perkembangan profesi audit internal yang pada dekade terakhir ini mulai banyak diminati sebagai salah satu karier profesional. Buku ini cocok bagi mahasiswa baik tingkat diploma, profesi akuntansi, sarjana, dan master serta bagi para praktisi auditor internal baik yang bekerja di perusahaan swasta, perusahaan BUMN dan yang bekerja di Sektor Pemerintah misal BPKP dan Inspektorat. Penulis menyajikan tema-tema terbaru seputar perkembangan profesi audit internal yang mulai diberlakukan pada tahun 2013 sehingga buku ini sangat relevan dan update. Dalam buku ini juga membahas mengenai definisi dan perkembangan audit internal, manajemen risiko, proses audit internal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penyusunan laporan audit,dan quality assurance. Buku ini tidak hanya mengemukakan konsep dan teori tapi juga mengulas implementasinya dengan menyajikan proses yang diperlukan disertai contoh. Pada tiap akhir bab, buku ini “menguji” pemahaman pembaca dengan pertanyaan dan kasus. Oleh karena itu, buku ini sangat relevan bagi para pelajar dan praktisi.

Pada dasarnya proses manajeman risiko dalam AS/NZS ISO 31000:2009
memiliki beberapa kesamaan dengan proses yang telah dijelaskan dalam dasar-
dasar manajemen risiko, tetapi AS/NZS ISO 31000:2009 memiliki tiga proses
yang ...

Teacherpreneurship: Konsep dan Aplikasi

Buku ini merupakan diktat yang bisa digunakan untuk bahan literasi atau kajian perkuliahan Prodi/Jurusan yang menerapkan kurikulum KKNI-SNPT. Tidak hanya bagi Prodi PGMI/PGSD, namun bisa untuk semua prodi yang berbasis pendidikan atau di bawah naungan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Pada BAB I mengkaji tentang “Konsep Dasar Teacherprenuership”. Kemudian pada Bab II tentang “Model Manajemen Teacherprenuership dalam Pendidikan” dan Bab III tentang “Tantangan dan Peluang Teacherpreneurship di Era Milenial” dan BAB III tentang “Praktik Teacherpreneurship”. Teacherpreneurship ini sudah menjadi profil lulusan, kemudian menjadi mata kuliah di PGMI STAINU Temanggung. Apa yang dikonsep di Prodi PGMI STAINU Temanggung tentu masih dalam rangka mencari “kebenaran” dan idealitas. Namun, pada prinsipnya, calon guru harus memiliki jiwa entreprenuer/ wirausaha. Sebab, guru di era milenial, pascamilenial bahkan era alfa ini harus memahami bahwa gelembung disruption setelah era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus dijawab dengan kemampuan yang multipleskill. Salah satunya adalah teacherprenuer tersebut. Hal ini tentu senada dan seirama dengan doktrin bahwa “guru harus kaya” secara materiil. Guru tidak boleh hanya urusan berjuang, namun kata berjuang itu sendiri adalah dialektika antara “berju” dan “uang”. Meski profesi guru tidak untuk mencari materi saja, namun, secara person, guru haruslah kaya hati, harta, dan kouta. Sebab, jika guru kaya, mereka akan mapan dalam melakukan perubahan mendasar dalam pendidikan. Maka dari itu, guru kaya adalah sebuah keniscayaan di era disrupsi ini. Maka dari itu, bekal teacherprenuership inilah yang menjadi ikhtiar untuk menyiapkan calon guru yang berjiwa kaya. Apakah hanya kaya harta? Tentu tidak. Harta hanya bagian dari pendukung jiwa, sarana dan media guru berjuang mendidik anak-anaknya. Akhir kata, selamat membaca buku ini dan pahamilah, bahwa teacherprenuer hanya bagian dari usaha menjawab, dan menyesuaikan, serta menguasai zaman. Mengapa demikian? Sebab, hanya orang yang mampu membaca zeitgeist (spirit zaman) yang bisa bertahan. Masalahnya, sudahkah kita bisa membaca spirit zaman ini?

Buku ini merupakan diktat yang bisa digunakan untuk bahan literasi atau kajian perkuliahan Prodi/Jurusan yang menerapkan kurikulum KKNI-SNPT.