Sebanyak 6 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...

BAHAN AJAR, MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Buku ini membahas tentang pengertian bahan ajar, fungsi bahan ajar, ciri dan manfaat bahan ajar, klasifikasi bahan ajar yang mendeskripsikan jenis bahan ajar, perencanaan dan pengembangan bahan ajar, serta dilengkapi dengan teknik dalam menentukan bahan ajar yang relevan, dan juga konsep media pembelajaran, ragam media pembelajaran bahkan urgensi media pembelajaran juga teknologi pendidikan dari masa ke masa.

Buku ini membahas tentang pengertian bahan ajar, fungsi bahan ajar, ciri dan manfaat bahan ajar, klasifikasi bahan ajar yang mendeskripsikan jenis bahan ajar, perencanaan dan pengembangan bahan ajar, serta dilengkapi dengan teknik dalam ...

Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan segala bentuk peralatan yang digunakan dalam membantu seseorang atau individu dalam proses pembelajaran. Saat ini media pembelajaran banyak dikembangkan melalui berbagai teknologi yang didesain dan dikembangkan sesuai dengan pemanfaatannya. Media pembelajaran dikelola dan dievaluasi untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Konsep Dasar Teori Belajar dan Pembelajaran Bab 2 Model dan Desain Pembelajaran Bab 3 Jenis dan Karakteristik Teknologi dan Media Pembelajaran Bab 4 Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Bab 5 Metode-Metode Pembelajaran Bab 6 Sumber Belajar Sebagai Komponen Media Pembelajaran Bab 7 Media Dalam Pembelajaran Bab 8 Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bab 9 Kriteria Pengembangan Media Pembelajaran Bab 10 Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Bab 11 Tren Penggunaan Teknologi Pembelajaran

Pengembangan media dan teknologi pembelajaran dapat didesain berupa peralatan fisik maupun dalam bentuk simulasi untuk memperagakan materi pelajaran yang bersifat abstrak.

Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua

Lahirnya buku ini didorong oleh begitu langkanya buku rujukan utama atau referensi penting yang berkenaan dengan kajian media dan teknologi pembelajaran. Kebanyakan buku yang beredar merupakan buku terjemahan atau referensi lama yang tidak memperhatikan perkembangan kajian teknologi pembelajaran dari masa ke masa. Padahal, dinamika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (saintek) begitu cepat dan arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras, sehingga mengharuskan untuk memperbarui (merevisi) konten buku rujukan tersebut. Edisi kedua ini menyajikan beberapa penambahan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, serta mengikuti perkembangan kajian teknologi pembelajaran terkini. Pada bab tujuh hingga sembilan, disajikan materi terkait belajar melalui media audio dan media video; serta dilanjutkan dengan pembahasan blended learning, yakni pemaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring (online). Materi ini sangat penting untuk dipahami para mahasiswa yang kini dituntut melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring). Karenanya, pembahasan materi pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bab terakhir saling berkaitan dan menjadi amat relevan dengan tuntutan pembelajaran di masa kini. Buku teks pengantar ini sejatinya merupakan rujukan utama untuk para mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perguruan tinggi agama, dan tentunya juga patut dijadikan rujukan pembelajaran bagi mahasiswa pada perguruan tinggi umum lainnya untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang pengembangan media dan teknologi Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Lahirnya buku ini didorong oleh begitu langkanya buku rujukan utama atau referensi penting yang berkenaan dengan kajian media dan teknologi pembelajaran.

MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PPKN

Media dan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu bidang kajian yang mengaitkan teknologi pembelajaran dan PPKn. Bidang kajian ini terus berkembang seiring dengan majunya teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi memberikan tantangan kepada pendidik, dosen dan mahasiswa untuk terus berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran PPKn. Kehadiran buku ajar ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan yang relevan dengan tuntutan pendidikan dan kurikulum yang harus merespons perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi baik di tingkat SD, SMP dan SMA. Perpaduan kajian PPKn dan teknologi pembelajaran disajikan dengan baik sehingga buku ajar ini diharapkan bermanfaat dan menarik untuk dibaca. Buku ajar ini sedikitnya dapat menjadi bacaan wajib bagi pendidik, dosen, dan mahasiswa yang mendalami PPKn yang terintegrasi dengan teknologi pembelajaran.

32 Tahun 2013 itu dengan memerinci unit-unit ruang lingkup kajian Pendidikan
Kewarganegaraan untuk setiap jenjang sejak SD/MI hingga SMA/MA dan SMK/
MAK. Namun, dalam tataran implementatif kerangka Kurikulum 2013
nomenklatur ...

Media dan Teknologi Pembelajaran

Dalam buku ini, penulis menyajikan sepuluh pokok bahasan mulai dari Bab I media pembel- ajaran: pengertian, karakteristik, dan urgensinya, teknologi pembelajaran: pengertian, sejarah, dan perbedaan istilah, perspektif belajar, dan strategi pembelajaran, model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran, belajar melalui bahan cetak, belajar melalui bahan visual, integrase ICT dalam pembelajaran, integrase social media dalam pembelajaran, pembelajaran blended: pemaduan sumber belajar tradisional dan online, dan pembelajaran jarak jauh berbasis TIK. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Dalam buku ini, penulis menyajikan sepuluh pokok bahasan mulai dari Bab I media pembel- ajaran: pengertian, karakteristik, dan urgensinya, teknologi pembelajaran: pengertian, sejarah, dan perbedaan istilah, perspektif belajar, dan strategi ...