Sebanyak 1402 item atau buku ditemukan

PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI: KARAKTER ULUL ALBAB DI DALAM AL-QUR’AN

Buku pendidikan karakter Islami ini merupakan salah satu buku penting dan cocok untuk menghadapi globalisasi dan modernisasi saat ini. Globalisasi dan modernisasi telah mengubah cara atau gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung konsumtif, hedonis, dan materialis. Tidak hanya itu saja, banyak masalah yang muncul seperti krisis moral dan tingkat kriminalitas yang semakin merajalela. Untuk itu, perlu kita kembalikan ruh pendidikan kita sebagai salah satu elemen penting dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa agar berakhlak mulia.

muncul dari kalangan pendidikan formal dengan sebuah keahlian yang
dikuasainya dan mendorongnya untuk mengubah ... C. Konsep Ulul albab dalam
al-Quran Sesuatu yang sangat agung dari petunjuk Al-Qur'an, berkenaan
dengan visi ...

Ethical Dimensions of Muslim Education

This book draws upon ethical dimensions of Muslim education as a means through which to address contemporary issues, such as social and societal conflicts, exclusion and marginalisation, and violence. It argues that an ethical Muslim education is underscored by the practice of autonomous, critical and deliberative engagement that can engender reflective judgement, compassionate recognition and a responsible ethical (Muslim) community. Such a community is not only capable of cultivating human relationships based on non-coercion, truthful and peaceful human coexistence, but can also quell the stereotypes and forms of dystopia and exclusion that are pervasive in contemporary society. Put differently, Muslim education extends the neo-Kantian view that ethical human conduct can be rationalised in terms of achieving morally worthwhile action towards forms of engagement that are potentially disruptive.

Translation of the Holy Qur'an. Retrieved from www.muslimaccess. com/quraan/
translations/yusufali/yusuf_ali.htm. [Accessed on 28 July 2015]. Al-Suyuti, J. a I.-
D. A. I.-I. f. (1973). Ulum al-Quran (Vol. 1–2). Beirut: Maktab al-Thiqaafiyyah.

SOSIOLOGI TAFSIR

Kritik Fenomena Bid’ah dalam Tafsir Tamshiyyah Al-Muslimīn Karya KH. Ahmad Sanusi

Buku ini berisi mengenai dialektika antara penafsir dengan dunia sosio-kulturalnya sehingga menghasilkan sebuah produk tafsir. Perbedaan dialektika ini dengan kajian lainnya terletak pada pendekatan sosiologi yang digunakannya. Selama ini kajian sosiologi dianggap riskan menyentuh persoalan tafsir yang dianggap sakral. Ini karena telah diketahui secara umum bahwa kajian sosiologi berasal dari keilmuan empiris, sedangkan tafsir lebih mendekatkan pada keilmuan yang condong pada keilmuan normatif. Membuktikan bahwa keduanya dapat dikombinasikan, penulis buku ini menggunakan teori sosiologi pengetahuan yang digagas oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman sebagai pisau analisanya. Adapun objek yang dikaji adalah penafsiran mengenai kritik fenomena bid’ah dalam sebuah tafsir yang ditulis pada awal abad 20. Telah diketahui bahwa pada abad itu fenomena bid’ah tidak hanya memicu saling bermusuhannya antara sesama Muslim, akan tetapi berdampak pada pertumpahan darah juga. Tafsir tersebut adalah tafsir Tamshiyyah al-Muslimīn karya KH. Ahmad Sanusi, seorang Kyai yang lahir dari rahim pesantren di wilayah Priangan.

Perbedaan dialektika ini dengan kajian lainnya terletak pada pendekatan sosiologi yang digunakannya. Selama ini kajian sosiologi dianggap riskan menyentuh persoalan tafsir yang dianggap sakral.

LANDASAN SOSIAL BUDAYA DAN PSIKOLOGIS PENDIDIKAN

idikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada penulis untuk memberikan gagasan dan urun rembug mencerdaskan generasi muda yang siap menjadi guru profesional dan tenaga kependidikan profesional masa depan. Kedua, para alumni—I Ktut Gading (S3 BK), Faza Fithriana (S2 BK), Suciani Latif (S2 BK), Bambang Dibyo Wiyono (S2 BK), Hasrul Wahid (S2 BK), Mufida Istati (S2 BK), Mirza Alfira (S1 BK), serta mahasiswa S1 BK (pengembang produk aplikasi soft-ware Asesmen BK), yang hasil karyanya ditempatkan pada salah satu sub bab dalam Buku Ajar ini, khususnya dari temuan penelitian dan pengembangan, semoga karya Saudara menjadi amal ibadah dan ilmu yang bermanfaat. Ketiga, para kolega dosen jurusan BK dan kolega di lingkungan FIP melalui sharing pengalaman dalam menulis karya dalam bentuk buku ajar. Kita tetap menjaga keutuhan di antara para penulis buku ajar tahun 2014, yang saling mengingatkan menuju penulisan yang profesional. Keempat, Kabag dan Kasubag Pendidikan beserta staf di FIP yang telah memberikan fasilitas kepada penulis, semoga ke depan penulis dipercaya untuk menulis buku dengan judul yang lain.

idikan Universitas Negeri Malang yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada penulis untuk memberikan gagasan dan urun rembug mencerdaskan generasi muda yang siap menjadi guru profesional dan tenaga kependidikan profesional masa ...

Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013

Buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/ MA ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Terdiri atas materi-materi semester gasal dan semester genap. Materi yang disusun dalam buku ini dirancang sedemikian rupa sehingga mengarah ke model pembelajaran kontekstual. Selain itu, setiap materi yang disajikan dilengkapi dengan latihan soal-soal beserta kunci jawabannya. Buku ini dapat mempermudah pembaca mempelajari bahasa Inggris sesuai jenjang kelas.

Buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas XII SMA/ MA ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013.

Ringkasan Materi dan Latihan Soal Fisika Kelas XII SMA/ MA Kurikulum 2013

Membaca ringkasan materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Ringkasan materi yang menyajikan poin-poin penting dan ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam kegiatan belajar.

Membaca ringkasan materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi.

Ringkasan Materi dan Latihan Soal Fisika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013

Membaca rangkuman materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Rangkuman yang menyajikan poin-poin penting serta ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam kegiatan belajar. Buku ini menyajikan rangkuman materi Fisika kelas XI SMA/MA selama satu tahun pelajaran, soal-soal latihan, dan kunci jawaban. Soal mulai dari yang paling mudah, sulit, sampai memerlukan analisis ada di buku ini. Selamat belajar!

Membaca rangkuman materi dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi.

Buku Rekayasa Sosial Model Pendidikan Karakter Dinamika Historis Model Pendidikan Karakter Bangsa Dari Masa Orla - Orba - Reformasi

Konten dan kelahiran buku ini berdasarkan hasil kajian teoritik dan penelitian dilapangan dalam rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang telah penulis lakukan secara intensif selama dua tahun terakhir. Buku ini merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan dalam mencari makna Pendidikan Karakter sebagai model baru Rekayasa Sosial dan paradigma pendidikan karakter yang dieksplorasi dengan sungguh-sungguh berdasarkan kajian historis, teoritik dan empiris pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang amat kaya dan beragam. Penulis sebagai peneliti dan praktisi Pendidikan Karakter merasa terpanggil dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai landasan praktek pendidikan di perguruan tinggi dan penyiapan pendidikan guru yang profesional di LPTK. Walaupun demikian, penulis secara jujur juga menyampaikan bahwa terdapat sejumlah konsep yang dikutip dan merupakan kompilasi dari beberapa referensi yang ada. Penulis juga menyadari bahwa dalam proses penyusunan buku ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan kontribusi pemikiran sehingga buku ini bisa kami hadirkan kehadapan pembaca. Untuk itu penulis tidak lupa mengucapkan penghargaan dan terimakasih atas kontribusinya dan kepada penerbit, terimakasih atas kerjasamanya. Kami menghaturkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Universitas Muhammadiyah Malang yang telah membiayai riset ini.

pendidikan karakter di sekolah. Oleh sebab itu, setiap perguruan tinggi hendaknya memiliki pola pembentukan karakter mahasiswa sesuai dengan visi, misi dan karakteristik masing-masing perguruan tinggi. Dengan begitu dimungkinkan pola ...