Sebanyak 1402 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN DAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku referensi sebagai luaran tambahan dari hasil penelitian yang telah didapat dari Kemenristek Dikti 2020 hibah Penelitian Dosen Pemula tepat pada waktunya. Buku ini berisi tentang Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan. Buku referensi ini diharapkan dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan referensi bagi pengajar, mahasiswa, peneliti, dan praktisi keperawatan serta memberi informasi kepada masyarakat. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang sudah membiayai penelitian PDP 2020. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Universitas Sari Mutiara Indonesia dan LPPM Universitas Sari Mutiara Indonesia yang telah memfasilitasi penelitian ini. Kami menyadari penulisan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan saran yang membangun dari pembaca agar buku referensi ini menjadi lebih baik. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.

Buku ini berisi tentang Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan.

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Konsep dan Strategi dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran. Banyak guru yang tidak mampu membuat perencanaan pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal pelaksanaan dan evaluasi pembelajaranpun masih banyak guru yang mengalami kesulitan, tak terkecuali guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Padahal manajemen pembelajaran dalam SKI sangat berpengaruh dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Buku yang ditulis berdasarkan riset ini mencoba mengidentifikasi berbagai unsur terkait manajemen pembelajaran SKI untuk meningkatkan akhlak peserta didik. Unsur-unsur tersebut antara lain meliputi: perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; dan evaluasi pembelajaran SKI. Dengan manajemen pembelajaran yang baik, diharapkan akhlak peserta didik pun dapat lebih meningkat menuju akhlak al-karimah.***

Masalah yang sering dihadapi guru adalah manajemen pembelajaran.

MANAJEMEN STRATEGI HUMAN CAPITAL DALAM PENDIDIKAN

Belakangan ini sudah banyak buku yang membahas tentang manajemen pendidikan tetapi yang membahas khusus tentang manajemen strategi human capital dalam pendidikan tetapi masih ditemukan kekurangan di berbagai sisi. Hampir seluruh buku yang beredar hanya membahas manajemen pada dunia bisnis tetapi belum menyentuh bidang pendidikan, sehingga untuk menguasainya, pembaca harus membeli banyak buku, belum lagi dihadapkan dengan masalah kualitas isi buku, tentunya hal ini merupakan investasi yang sangat mahal. Buku ini hadir sebagai Buku Monograf untuk memberi pemahaman tentang Manajemen Strategi Human Capital dalam pendidikan. Pembahasan yang singkat, padat, jelas, dan disertai berbagai ilustrasi gambar, serta model-model standar mutu. Buku ini ditujukan untuk berbagai kalangan pembaca maupun kalangan umum yang tertarik dengan manajemen strategi pendidikan. Buku ini dapat dijadikan referensi untuk bidang Manajemen Strategi. Secara singkat, buku ini membahas berbagai hal yang terkait dengan Manajemen Strategi Pendidikan Human Capital, seperti konsep Human Capital, strateginya, dan lain-lain.

Belakangan ini sudah banyak buku yang membahas tentang manajemen pendidikan tetapi yang membahas khusus tentang manajemen strategi human capital dalam pendidikan tetapi masih ditemukan kekurangan di berbagai sisi.

Manajemen Keuangan Perusahaan

Selaras dengan Teori Manajemen Keuangan, tujuan utama suatu perusahaan menurut para ahli adalah memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham dengan menciptakan nilai perusahaan. Selanjutnya, hal tersebut menjadi tujuan akhir manajer bagi setiap kinerja yang dilakukan dalam perusahaan, khususnya pada bidang pengelolaan keuangan perusahaan. Di era teknologi dan informasi ini, manajer dituntut untuk memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan seperti pengelolaan pendanaan, investasi, hingga memaksimalkan nilai pasar perusahaan guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan perusahaan jangka panjang. Guna mencapai pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan keuangan perusahaan, buku ini memaparkan poin-poin kunci yang terdapat pada Manajemen Keuangan Perusahaan yang disajikan secara informatif dan edukatif. Topik pembahasan dalam buku ini mencakup keputusan investasi (jangka pendek maupun jangka panjang), keputusan pendanaan dan dividen, serta masing-masing pengelolaannya pada perusahaan. Buku ini diperkaya dengan pembahasan teori dan rumus-rumus keuangan yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh soal-soal serta ilustrasi berupa grafik dan tabel untuk mempermudah penyerapan dan pemahaman topik-topik pembahasan. Oleh karena itu, buku ini dapat dibaca oleh siapa saja baik praktisi maupun akademisi, khususnya mahasiswa dan dosen yang ingin memiliki pemahaman yang lebih komprehensif terhadap Manajemen Keuangan Perusahaan.

Dalam konteks ini, rRF umumnya diukur dengan pengembalian yang diharapkan dari obligasi treasury Amerika Serikat jangka panjang. bi = koefisien beta dari stok ke-i. rM = tingkat pengembalian portofolio yang diperlukan yang terdiri dari ...

Living Islam

Meluruskan Persepsi, Memajukan Peradaban Islam

Living Islam adalah sebuah usaha untuk menolak diam. Lahir dari sejentik perenungan seseorang yang menganggap betapa menjadi manusia saja tidaklah cukup. Seseorang haruslah menjadi seorang Muslim yang selalu bersuara, bergerak, dan bertindak.

... ketika menceritakan sebuah hadits tentang tiga orang yang mulamula dibakar
api oleh neraka. Kemana rasatakut itukini? Hilang dan menguap dari kehidupan
kita.Masihkah kita memiliki ketakutan yangsama? Kita nyaristak pernah takut.

METODOLOGI PENELITIAN KARYA ILMIAH

Buku referensi ini menjelaskan tentang metodologi penelitian yang mempunyai pengertian ilmu atau penge- tahuan tentang cara yang tepat untuk melakukan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan. Pengetahuan tentang ini akan sangat bermanfaat dalam menyelesaikan suatu masalah dalam kegiatan sehari-hari terkait dengan pengetahuan dan penelitian. Keterkaitan metode penelitian dengan bidang lain sangat banyak hamper segala bidang lain sangat banyak, hampir segala bidang memerlukan suatu metode penelitian dalam menyelesaikan masalah atau memperoleh suatu tujuan, tidak terkecuali ilmu farmasi.

Buku referensi ini menjelaskan tentang metodologi penelitian yang mempunyai pengertian ilmu atau penge- tahuan tentang cara yang tepat untuk melakukan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan.

Pendidikan Anak Usia Dini ala Luqman Al-Hakim

Mendidik ala Rasul? Susahlah, kan beliau manusia ideal yang mustahil disamai. Itulah alasan banyak orangtua yang enggan mendidik anak dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW. Mereka beranggapan kita tidak bisa disamakan dengan Rasulullah, sehingga mendidik anak pun “hanya” sekadarnya saja. Padahal pendidikan anak usia dini sangat berperan besar dalam pembentukan karakter anak. Sayang, banyak orangtua muslim lupa bahwa ada manusia yang bukan nabi/rasul disebut dalam Al-Qur’an karena cara mendidik anaknya. Ia adalah Luqman Al-Hakim, sosok manusia yang diberi hikmah, termasuk dalam mendidik si buah hati. Apa yang disampaikan Luqman kepada anaknya, semestinya bisa juga kita lakukan. Mari kita contoh Luqman Al-Hakim dalam mendidik anak di usia dini.

Mendidik ala Rasul?

METODE-METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI MENURUT Q.S. LUKMAN 12-19

Buku ini ditulis bersama Bapak Nur Hamzah dosen IAIN Pontianak, yang terinspirasi dari kisah perjalanan hidup Lukmanul Hakim, seorang manusia biasa yang dimuliakan oleh Allah S.W.T., bahkan diabadikan namanya menjadi salah satu surat dalam al-Qur`an, karena keberhasilannya mendidik anak-anaknya menjadi generasi unggul dan shaleh. Pesan-pesan Lukmanul Hakim kepada anaknya, sebagaimana tertulis dalam Q.S. Lukman (31):12-19, berdasarkan kajian dan pemahaman saya, Konsep pendidikan Islam berdasarkan Q.S. Lukman (31):12-19, adalah sebagai berikut : (1) Mengenalkan pengetahuan tentang sang pencipta; (2) Mengenalkan pengetahuan tentang diri dan asal usul manusia; (3) Mengajarkan ilmu pengetahuan sebagai landasan argumentasi dalam menjalani kehidupan; (4) Mengenalkan dan mengajarkan kepada anak pengetahuan tentang hukum sebab akibat (hukum kausalitas); (5) Melatih dan membiasakan sholat; (6) Melatih dan membiasakan beramar maruf nahi munkar; (7) Melatih dan membiasakan anak untuk bersabar; (8) Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki kepedulian kepada sesama; (9) Melatih dan membiasakan anak untuk tidak memiliki sifat sombong dan angkuh; (10) Melatih dan membiasakan anak untuk hidup bersahaja; (11) Melatih dan membiasakan anak untuk memiliki sopan santun. Dari sebelas konsep pendidikan tersebut di atas, kalau kita kaji dan fahami, maka kita akan menemukan banyak sekali nilai dan norma sebagai dasar pijakan pendidikan karakter bagi seorang manusia, sejalan dengan misi diutusnya Nabi Muhammad s.a.w., sebagai Rasul Allah yang bertugas untuk menyempurnakan akhlak manusia. Ketika pemerintah Indonesia sedang mendorong pendidikan karakter bagi generasi bangsa ini, maka nilai-nilai karakter tersebut tidak dapat digali hanya dari pendekatan sosial, tetapi harus berbagai pendekatan termasuk pendekatan agama. Ucapan terima kasih kepada Kemeristek Dikti yang telah mensupport dan membiayai penelitian tentang judul ini, sehingga selain luaran wajib berupa prosiding juga dapat membuat luaran tambahan dalam bentuk buku, seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan IAIN Pontianak, yang telah men-support tersusunnya buku ini, kepada seluruh dosen, guru, aktivis dan pejuang pendidikan, dan seluruh orangtua yang tulus mencintai dan menyayangi anaknya, terkhusus kepada kedua orangtuaku, adik-adikku, istri tercinta dan anak-anakku sebagai sumber inspirasi, Kafka Sylvia Azzurra, Kayla Sakina Agafiya, dan si bungsu Kalea Shazia Amanina. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi masyarakat, dan dapat menjadi inspirasi dalam mendidik anak-anak untuk menjadi anak-anak yang unggul, cerdas tetapi tetap memiliki nilai moral agama yang baik dan berkarakter.

Perumpaman bagi orang yang membaca al-Qur`an sebagaimana sabdanya : Orang mukmin yang selalu membaca al Quran seperti buah utrujjah, bau dan rasanya enak. Orang mukmin yang tidak membaca al Quran seperti buah kurma, tak berbau tapi ...

Pendidikan Islam anak usia dini : pendidikan Islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini

Banyaknya kalangan yang masih pro dan kontra tentang mengajarkan membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) yaitu TK (Taman Kanak-Kanak) atau RA (Raudhatul Athfal). Sebagian menyatakan bahwa membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) sebelum masuk sekolah dasar (SD/MI) berarti memaksakan anak untuk memiliki kemampuan yang seharusnya baru diajarkan di SD/MI, akibatnya anak tersebuat merasa terbebani dengan belajar membaca. Hal ini mengakibatkan waktu bermain, yang seharusnya adalah aktivitas dominan di usia mereka akan berkurang atau bahkan terabaikan, sehingga dikhawatirkan akan menghambat perkembangan potensi dan kemampuan anak secara optimal dikemudian hari, asumsi ynag berkembang pun anak cepat berkembang, cepat layu. Sebagian lain berpendapat, tidak masalah mengajarkan membaca dan menulis sejak anak usia dini. Biasanya yang memiliki pendapat untuk membolehkan anak diajarkan baca dilatarbelakangi agar anaknya tidak mengalami kesulitan ketika masuk SD/MI. Tuntutan masuk ke SD/MI pada saat ini mensyaratkan bahwa anak sudah mampu untuk membaca dan menulis. Sehingga merupakan kekhawatiran orang tua bahkan guru jika anak-anak mereka (TK/RA) belum bisa membaca ketika mau masuk di sekolah dasar (SD/MI). Orang tua khawatir tidak diterima di sekolah dasar saat seleksi masuk, sedangkan guru khawatir diaanggap tidak mampu memngajar dan khawatir gread sekolah menurun atau program kemampuan membaca menjadi brand sekolah (TK/RA) tersebut. Dengan adanya polemik tersebut, tidak jarang membuat orangtua menjadi bingung, pendapat mana yang harus diikuti karena masing-masing pendapat memiliki alasan yang cukup kuat. Hal ini yang mendorong penulis untuk menyusun buku yang berjudul, “Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Pendidikan Islam dalam Menyikapi Kontroversi Belajar membaca pada Anak Usia Dini”. Diharapkan buku ini dapat memberikan paradigm baru terhadap pendidikan anak usia dini sesuai kajian Islam dan menjadi pencerahan secara ilmiah kepada pembaca, pemerhati pendidikan, pengembang, pengelola dan pelaksana pendidikan Islam di lapangan.

Dalam hal ini mengembangkan potensi anak usia dini beruapa kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Dan membangun akhlak anak ...