Buku ajar “Manajemen Bencana dan Strategi Membentuk Kampus Siaga Bencana Dari Perspektif Keperawatan”. Buku ajar ini disusun sebagai pedoman bagi mahasiswa ilmu keperawatan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran bencana mahasiswa di kelas. Buku ini berisi tentang deskripsi mengenai karakteristik bencana, manajemen bencana secara umum dan gambaran umum kampus siaga bencana di Indonesia. Dari buku ini pembaca akan mendapatkan gambaran bagaimana bencana direspon dari setiap fasenya dan strategi pendidikan bencana di perguruan tinggi. Selain itu, dengan buku ini diharapkan dapat memberikan petunjuk kepada mahasiswa keperawatan bagaimana perannya ketika bencana terjadi. Penulis menyadari bahwa buku ajar ini masih memerlukan penyempurnaan. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Sekolah lanjutan dan perguruan tinggi tentang kehutanan didirikan pada abad -
abad terakhir , seperti Tharandi di Jerman pada 1816 dan Nancy di Perancis
pada 1825. Penelitian - penelitian tentang hutan dilakukan perguruan -
perguruan ...
Buku dengan tebal hampir 300 halaman ini mengungkapkan secara rinci dan gamblang tentang konsep kewirausahaan serta pernik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Ditulis oleh para ekonom senior dari Universitas Negeri Manado sehingga memiliki konten yang berkualitas. Selain sangat cocok untuk buku pegangan perkuliahan Kewirausahaan di level perguruan tinggi, buku ini juga wajib dibaca bagi para usahawan muda ataupun para pemula yang berniat memulai wirausaha. Namun juga dapat menjadi referensi bagi para usahawan yang telah berkecimpung lama sebagai pelajaran pengingat. Di dalam buku ini terdapat bab yang membahas mengenai teori kewirausahaan dari berbagai sudut pandang serta nilai hakiki dari perjalanan wirausahaa. Juga membahas tentang etika usaha serta yang terpenting adalah sikap dan mental yang harus dimiliki seseorang yang menginginkan menjadi wirausahawan. Etika usaha didalamnya meliputi etika bisnis yang harus ditaati serta hak dan kewajiban konsumen yang harus diketahui. Selain itu juga dibahas tentang UMKM di Indonesia, mulai dari kontribusi terhadap ekonomi nasional hingga ke pemberdayaan yang telah dilakukan oleh pihak pemerintah. Dibahas pula mengenai proses inovasi yang harus dilakukan oleh UMKM serta jenis strategi usaha yang bisa diimplementasikan, seperti strategi bersaing dan strategi pemasaran. Bahkan di bagian akhir dilengkapi dengan analisis bisnis dan studi kelayakan usaha, khususnya bagi para pemula atau usahawan yang masih dalam tahapan awal. Termasuk juga mengenai rencana operasional yang harus dilakukan serta konsep tentang hambatan dan tantangan dalam kewirausahaan.
Buku dengan tebal hampir 300 halaman ini mengungkapkan secara rinci dan gamblang tentang konsep kewirausahaan serta pernik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Adapun tujuan dari pembuatan modul ini adalah sebagai bahan ajar dan referensi bagi para pembaca, khususnya mahasiswa. Mudah-mudahan buku ini dapat membantu para pembaca yang berminat untuk mengembangkan diri, memperkaya wawasan dan menambah khasanah ilmu pengetahuan.
Buku ini ditujukan bagi mereka yang memiliki dan ingin memasarkan keterampilan serta bakat mereka, tetapi ditolak oleh saluran yang telah ada, entah karena keterampilan mereka unik atau karena tidak sesuai dengan struktur kelembagaan besar, bukan struktur bisnis kecil. Buku ini ditujukan bagi mereka yang teiah bekerja keras untuk menjadi pakar di sebuah bidang karena mereka menginginkannya, bukan karena bidang itu secara tradisional menguntungkan dan ada banyak peluang. Buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakan keterampilan mereka untuk memberikan kontribusi unik pada dunia, dan menggunakan bisnis kecil sebagai sarana untuk memungkinkan kontribusi tersebut. Singkatnya, buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin menggunakan keterampilan mereka untuk merancang gaya hidup mereka sendiri. Bisnis kecil menyediakan sarana yang unik dan sangat kuat untuk melakukan hal tersebut.
Buku ini ditujukan bagi mereka yang memiliki dan ingin memasarkan keterampilan serta bakat mereka, tetapi ditolak oleh saluran yang telah ada, entah karena keterampilan mereka unik atau karena tidak sesuai dengan struktur kelembagaan besar, ...
Buku referensi ini disusun sebagai kajian keberlangsungan hidup UKM dan UMKM dengan menjelaskan faktor-faktor yang secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Kajian buku referensi ini dapat menyiratkan model pembelajaranuntuk individu yang memiliki minat untukmenjadipengusaha.Hal ini memungkinkan pembuat kebijakan menyusun program dan aturan berdasarkan karakteristik daya saing yang mereka miliki untuk memperkuat pengembangan kewirausahaan.
Buku referensi ini disusun sebagai kajian keberlangsungan hidup UKM dan UMKM dengan menjelaskan faktor-faktor yang secara signifikan dapat mempengaruhi kinerja bisnis.
Komponen dalam pembelajaran meliputi kurikulum, guru, siswa, metode, materi, alat (media) serta evaluasi pembelajaran. Sinkronisasi antara komponen tersebut menciptakan proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu komponen penting pada proses pembelajaran adalah alat (media) pembelajaran. Seiiring berkembangnya dunia pendidikan, keberadaan media pembelajaran juga ikut berkembang. Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dimaknai bahwa media pembelajaran yang diintegrasikan dengan TIK menjadi komponen penting dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebagai pendidik maupun calon pendidik, seyogianya wajib memahami media pembelajaran apa saja yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini. Selain itu, pendidik dan calon pendidik juga seyogianya mampu untuk mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan konten materi ajar yang akan diajarkan kepada siswa. Hal ini dikarenakan pendidik yang merupakan desainer, yang mengetahui runtut proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Proses pembelajaran akan sangat terbantu dengan kehadiran media pembelajaran. Buku Media Pembelajaran ini akan membahas: Hakikat Media dalam Pembelajaran, Klasifikasi Media Pembelajaran, Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran, Teknik Pemilihan Media, Mendesain Media Pembelajaran, Teknik Pembuatan Media Berbasis Komputer, Penilaian Media Pembelajaran, serta Media Pembelajaran berbasis TIK.
Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).