Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi. Selain itu golf juga dapat menjadi pendorong industri pariwisata. Timbulnya golf sebagai sarana promosi memberikan dampak yaitu mulai banyaknya peminat dari dalam kota, luar kota bahkan luar negeri. Sebagian besar peminat terdiri atas kaum menengah ke atas yang diantaranya adalah bapak-bapak dengan umur sekitar 40-50 ke atas. Tetapi berhubung dengan informasi, prospek, teknologi yang berkembang, pengguna golf berkembang menjadi 40% diantaranya adalah kaum muda dengan umur 18-30 tahun dan sisanya adalah anak-anak. Buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini disusun dengan tujuan sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi akademisi maupun praktisi dalam cabang olahraga golf. Selain itu, buku pengembangan kurikulum sekolah golf ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh atlet, calon pelatih, serta pelatih golf sebagai bahan referensi untuk mengadakan sekolah atau pelatihan golf maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran golf pada atlet.
Buku pengembangan kurikulum sekolah golf disusun berdasarkan hasil dari kajian yang menyatakan bahwa sudah lama golf merupakan olahraga sekaligus hiburan yang mempunyai banyak guna dari segi bisnis, relasi, bahkan edukasi.
Buku ini berisikan tentang hal-hal yang elementer berkaitan dengan kurikulum dan pengembangan model pembelajaran dalam Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Pada penyajian buku ini terbagai beberapa bagian yang berkaitan dengan konsep kurikulum dan pembelajaran yang membahas pengertian, tujuan dan prinsip pengembangan kurikulum. Kemudian model pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dibahas mengenai kriteria pengembangan model pembelajaran dan desain perencanaan, implementasi dan evaluasi dalam pembelajaran Penjas. Selanjutnya, untuk melengkapi kajian kurikulum dan pembelajaran pada bagian akhir buku ini disajikan contoh penelitian pengembangan model pembelajaran kuantum Penjas di Sekolah Dasar, yang berisikan rancangan model pembelajaran kuantum Penjas, pelaksanaan model pembelajaran kuantum Penjas, dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Penjas di SD.
Selanjutnya, untuk melengkapi kajian kurikulum dan pembelajaran pada bagian akhir buku ini disajikan contoh penelitian pengembangan model pembelajaran kuantum Penjas di Sekolah Dasar, yang berisikan rancangan model pembelajaran kuantum ...
Memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang guru. Namun minimnya bahan panduan pembuatan RPP dan kemampuan yang kurang dieksplorasi yang membuat seorang guru jarang membuat RPP sendiri. Buku ini berisi contoh RPP SMA terkhusus fisika dan prakarya rekayasa yang disusun penulis berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses dan Permendikbud nomor 103 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Sehingga guru dapat memahami cara pembuatan RPP. Dengan pemaparan RPP secara lengkap, buku ini cocok dan perlu dibaca oleh kalangan guru SMA mata pelajaran fisika dan prakarya yang ingin memperbaiki proses pembelajaran.
Buku Pintar Matematika untuk SD/MI kelas 4 ditulis dengan mengacu pada kurikulum 2013 revisi 2016. Buku ini dirancang sebagai Buku Pelengkap untuk Tematik Grasindo kurikulum 2013 revisi 2016. Buku Pintar Matematika untuk SD/MI Kelas 4 dirancang melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning), kegiatan - kegiatan berbentuk tugas. Pintar Matematika disusun oleh guru - guru yang memiliki kompetensi dan berpengalaman di bidangnya. Tentu para guru, murid, dan orang tua yang peduli dalam melatih diri berpikir kritis, sistematis, kreatif, dan logis akan mendapatkan banyak manfaat dan terinspirasi.
Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013” ini pada awalnya disusun guna kepentingan kebutuhan perkuliahan dan juga untuk sarana studi leterasi bagi kalangan pendidik maupun bagi calon pendidik. Pertimbangan penyusunan buku ini dilandasi oleh suatu kondisi akan langkanya ketersediaan literatur yang membahas masalah Kurikulum 2013 yang belakangan ini marak diperbincangkan oleh kalangan pendidik termasuk bagi calon pendidik. Pemikiran lebih lanjut yang mendorong penulis untuk menyusun tulisan ini untuk menjangkau pihak-pihak lain dalam skop yang lebih luas yang tak hanya terbatas bagi kalangan pendidik, tetapi juga bagi non pendidik yang memiliki ketertarikan terhadap persoalan Kurikulum 2013 ini. Melihat akan perlunya penyusunan buku ini, yang menjadi esensi utama dalam sajiannya tentang bagaimana paradigma guru dalam menyikapi persoalan Kurikulum 2013 yang tentu di awal pemberlakuannya hingga sekarang ini masih menimbulkan pro dan kontra.
“PRAKTIS MEMBUAT BUKU KERJA GURU “ ini dapat membantu semua guru untuk memudahkan membuat buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 yang akan menjadi on progres guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Buku ini juga dapat menjadi pengenalan bagi rekan guru semua terhadap apa-apa saja yang menjadi tuntutan guru untuk memenuhi standar mengajar seorang guru dalam buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Melalui buku ini juga diharapkan para guru dapat membuat buku kerja guru yang dipersiapkan oleh rekan guru sebagai panduan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pendidik dan seorang fasilitator bagi anak didik di sekolah. Seorang fasilitator tentunya harus melengkapi persiapan mengajar yang baik dan terstruktur untuk anak didiknya sehingga tercipta proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan mendapatkan hasil pembelajaran seperti yang ditargetkan pada standar kompetensi lulusan (SKL)
Buku kerja 2 yang dipersiapkan oleh guru adalah : 1. KODE ETIK GURU Kode
Etik guru merupakan pedoman bersikap dan berperilaku guru yang tercermin
dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika jabatan guru. Artinya guru harus
menyadari ...
(Edmodo sebagai Media E-Learning Kimia Berbasis Smartphone)
Buku ini menyajikan panduan secara lengkap bagi Guru, khususnya bidang studi KIMIA dalam menggunakan Edmodo sebagai media pembelajaran. Buku ini disajikan secara lengkap mulai dari cara membuat akun hingga melaksanakan pembelajaran E-learning.
Hal ini sesuai hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara e-learning dan motivasi peserta didik, ketika guru menerapkan
e-learning lebih banyak motivasi dihasilkan oleh peserta didik dan sebaliknya.
Tujuan umum penulisan buku ini adalah menjelaskan proses metode penelitian pada Ilmu Keluarga. Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; manajemen data; serta pengujian validitas dan reliabilitas, (3) menguraikan analisis dan interpretasi data serta penggunaan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dalam studi Keluarga, dan (4) memberi contoh instrumen Bidang Ilmu Keluarga.
Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; ...
Buku ini berisi 9 bab yang membahas antara lain: 1. Karakteristik dasar sinar X dan hamburan sinar X yang dihasilkan akibat interaksi sinar X dengan materi (elektron, atom, dan kristal) 2. Aplikasi difraksi sinar X untuk karakterisasi material di berbagai bidang penelitian dan analisis 3. Kajian tentang kristal dengan parameter kristal 4. Mekanisme produksi sinar X, mekanisme filtrasi radiasi sinar X karakteristik oleh logam filter, dan mekanisme kristal menghasilkan difraktogram sinar X. 5. Bagian-bagian penting dalam difraktometer sinar X. 6. Penentuan jenis komponen kristal penyusun materi pacat (analisis kualitatif). 7. Kristalinitas. 8. Ukuran kristal dan regangan kisi. 9. Jumlah komponen kristal yang membentuk padat (analisis kuantitatif).