Sebanyak 143 item atau buku ditemukan

Islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan

sebuah refleksi sejarah

Historical perspectives on the existence of Islam in Indonesia and its contribution to the construction of Indonesian politics, government, and social structure.

Historical perspectives on the existence of Islam in Indonesia and its contribution to the construction of Indonesian politics, government, and social structure.

Model Pembelajaran Inovatif

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif. Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku ”Model Pembelajaran Inovatif” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar model pembelajaran berbasis inovatif, diantaranya: Konsep Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran berbasis High Order Thinking Skill (HOTS), Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Penemuan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, dan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam penyebaran ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan berbagai model pembelajaran berbasis inovatif.

Praktik Manajemen Pengetahuan dan Kinerja Inovasi dalam Industri Manufaktur

Sejak awal revolusi industri, inovasi merupakan kunci utama dari keunggulan bersaing. Berbagai permasalahan berkaitan dengan cara pengelolaannya menjadikan inovasi sebagai faktor yang sangat penting bagi perusahaan. Beberapa hasil penelitian telah mengidentifikasi keuntungan inovasi bagi perusahaan setelah memanfaatkan strategi inovasi untuk merealisasikan keuntungan dan pangsa pasar yang besar (Calantone et al., 1995; Griffin, 1997; Han et al., 1998). Lebih lanjut Roberts and Amit (2003) menyatakan bahwa keberhasilan dalam inovasi dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan dan kontekstual yang berada disekitar organisasi. Inovasi pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan aktivitas berbagi pengetahuan secara kolektif, khususnya pengetahuan yang bersifat tacit (Nonaka et al., 2000; Howells, 1996). Rekombinasi dan inovasi dapat dilandasi dengan melakukan berbagai dialog atau interaksi antar individu, antar kelompok atau antar perusahaan. Gold et al. (2001) mengungkapkan bahwa interaksi, hubungan dan perspektif untuk berbagi (pengetahuan) antar karyawan, menciptakan suasana kooperatif yang mendukung untuk mentransfer pengetahuan yang bersifat tacit. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan merupakan hal yang penting dilihat dari sisi manajerial, sehingga dapat meningkatkan penciptaan dan proses berbagi pengetahuan dan penting dalam pelaksanaan inovasi. Pendekatan teoritis, seperti strategi implementasi manajemen pengetahuan, memusatkan perhatiannya pada penerapan teknologi informasi yang sesuai (Swan et al., 1999; Nonaka et al., 2000, dan Alavi and Leidner, 2001). Aktivitas berbagi pengetahuan tidak hanya ditentukan oleh sarana dan prasarana dibidang teknologi informasi. Manajemen pengetahuan juga merupakan alat organisasi yang menjadi tools untuk pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkan eksplorasi pengetahuan dan penyerapan pengetahuan dalam mencapai kesuksesan perusahaan (Swan et al., 1999).

Sejak awal revolusi industri, inovasi merupakan kunci utama dari keunggulan bersaing.

METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran. Bedanya adalah pola buku ini mendekati kebutuhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi kependidikan di Indonesia. Di samping itu, buku ini lebih operasional karena dilengkapi dengan model-model pembelajaran yang siap dioperasionalkan, dan juga dilengkapi dengan temuan-temuan penelitian tentang pembelajaran, persepsi, minat, sikap dan hasil belajar.

Buku ini berbeda dengan kebanyakan buku Strategi Pembelajaran lain atau buku yang beredar di pasaran.

Islam dan pengembangan disiplin ilmu

sebuah transformasi nilai

Filsafat Pendidikan Islam Filsafat pendidikan Islam pada hakikatnya memandang
pendidikan sebagai proses untuk membentuk jati diri manusia sebagai wujud
penjelmaan dari kesatuan fungsional khalifah dan ' abd , untuk mengembangkan
 ...

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.