Sebanyak 438 item atau buku ditemukan

Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran

Berdasarkan difinisinya Asesmen merupakan proses pengumpulan data yang menunjukan perkembangan pembelajaran peserta didik. Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan. Kedua hal ini perlu dipahami oleh pelajar/mahasiswa dan khususnya tenaga pengajar/guru/dosen dalam merancang asesmen yang pada akhirnya menuju ke penilaian peserta didik. Oleh karena itu tenaga pengajar perlu untuk memahami dan menguasai jenis-jenis dan kelebihan-kekurangan asesmen dan lain lain, yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa setelah mendapatkan pembelajaran, sehingga peserta didik berhasil menguasai kompetesi yang ditargetkan. Buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini akan menyajikan materi yang mencakup 7 bab yang disusun secara koheren. Kami berharap buku Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ini dapat menjadi referensi kepada pelajar/mahasiswa serta tenaga pengajar/guru/dosen agar lebih memahami Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran.

Sedangkan evaluasi pembelajaran ialah penilaian terhadap informasi dan keterangan yang diperoleh dari aktifitas asesmen. Berdasarkan definisi tersebut, asesmen dan evaluasi pembelajaran merupakan kedua hal yang saling berkaitan.

Proceedings of the Annual Conference on Research, Educational Implementation, Social Studies and History (AREISSH 2021)

This is an open access book. The education sector during the Covid-19 Pandemic is currently undergoing a total reformation. The education process at schools and colleges which was carried out face-to-face has now turned into virtual face-to-face learning utilizing various platforms. Also, the Covid-19 Pandemic has impacted the research and development process in the field which must be delayed due to the risk of Covid-19 transmission. In regard to this, the educational process does not run optimally. In fact, education is the process of developing the future generation of a country that are supposed to supported by all parties while looking for solutions to the problems at hand. As part of social sciences, the objects of historical study include humans who are bound by the dimensions of space and time. This confirms that history is part of science that is tied to human life. Therefore, various policies taken by the government must also be reviewed from the past historical experience with adjustments to the conditions of the era. Moreover, historical experience will provide an idea that humans are always innovating to solve the problems they face, especially policies related to education and learning.Based on those problems, History Education Study Program of the Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta will hold an international conference on "Future Teaching and Learning: A Disruptive Innovation." The aim of the conference is providing a forum for exchanging information and finding solutions to learning and teaching problems in the current era of disruption, considering that the Covid-19 Pandemic has changed everything. This conference will seek solutions and innovations from various perspectives which include social, historical and educational perspectives.

If an author submits a manuscript to1st AREISSH with significant overlap with a manuscript submitted to another journal simultaneously, and this overlap is discovered during the review process or after the publications of both papers, ...

Pengantar Ekonomi (Mikro dan Makro)

Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan hasil Kolaborasi Dosen Lintas Perguruan Tinggi. Pada buku ini terdiri dari: Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Makro, Teori Perilaku Konsumen dan Produsen, Permintaan, Penawaran dan Ekuilibrium, Konsep Elastisitas, Teori Produksi dan Biaya Produksi, Teori Harga, Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Oligopoli dan Monopolistik, Uang dan Lembaga Keuangan, Teori Investasi, Kebijakan Moneter, Kebijakan Fiskal, Pendapatan Nasional, Inflasi dan Pengangguran, Perdagangan Internasional, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini, merupakan hasil Kolaborasi Dosen Lintas Perguruan Tinggi.

PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN PERADABAN EKONOMI ISLAM

(Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis)

Ekonomi islam merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sistem ekonomi berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Nama lain untuk ekonomi Islam adalah ekonomi syariah. Istilah ekonomi Syariah juga tak terpisahkan terkait dengan sumber sistem ekonomi berbasis syariah, Al-Qur’an dan As Sunnah. Bahkan, penggunaan istilah “Ekonomi Syariah” tidak steril untuk perdebatan. Beberapa intelektual Islam, seperti Tariq Ramadhan, mengatakan apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah sebenarnya adalah etika bisnis Islam. Artinya, yang membedakan sistem ekonomi syariah dari yang lain adalah prinsip-prinsip etisnya. Keberadaan ekonomi Islam dianggap menjadi seperangkat prinsip ekonomi alternatif yang menentang sistem ekonomi yang berlaku. Kita tidak dapat memahami pengertian dari ekonomi ini tanpa memahami prinsip-prinsipnya. Dimensi penting yang perlu dipahami di sini adalah prinsip ekonomi. Dalam ekonomi tradisional kita mengatakan bahwa sistem ekonomi kapitalis, prinsip ekonomi, adalah pengetahuan.Tetapi dalam ekonomi tersebut, prinsip-prinsip ekonomi adalah produk pengetahuan yang sumbernya adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Berdasarkan hal tersebut maka, buku ini menyajikan segala yang dibutuhkan oleh para pengelola ekonomi dalam menjalankan roda perputaran pengelolaan ekonomi islam agar dapat menciptakan kualitas dan kuantitas ekonomi islam yang baik. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang ekonomi, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguru tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang ekonomi.

... Islam Economic Theory And Practice , Terjemahan Paton Arif Harahap Yogyakarta : Dana Bakti Primayasa , 1997 . Manurung , Jonni , Ekonomi Keuangan Dan Kebijakan Moneter , Salemba Empat , Jakarta , 2009 . Muftifiandi , Praktek Ekonomi ...

Pengantar Ekonomi Islam

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji. Buku ini dikembangkan berdasarkan pada konsep dasar ekonomi Islam yang lahir bukan sebagai sebuah pengetahuan baru.Ekonomi Islam merupakan sebuah konsep keilmuan Islam yang telah dipraktekkan sejak masa Rasulullah yang dilanjutkan oleh para sahabatnya yang dibingkai dalam konteks sains ekonomi modern. Kandungan yang ada pada buku ini berisikan pembahasan mengenai: konsep dasar ekonomi Islam, sejarah pemikiran ekonomi Islam, fiqih ekonomi kontemporer, landasan hukum ekonomi Islam, jenis akad dalam ekonomi Islam, konsep teori permintaan dan penawaran dalam ekonomi Islam, produksi dalam ekonomi Islam, konsumsi dalam ekonomi Islam, distribusi dalam ekonomi Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, kebijakan moneter dalam ekonomi Islam, konsep uang dalam ekonomi Islam, mekanisme pasar dalam ekonomi Islam, pasar modal syariah, wakaf dan ekonomi Islam di Indonesia.

Kegiatan ekonomi dalam ajaran Islam, sangat menarik untuk selalu dikaji.

SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL)

50 Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving ...... 58 Metode Pembelajaran Example Non Example (EE) ............ 62 Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI) ..................... 64 Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) ...

Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pembelajaran inovatif biasanya berlandaskan paradigma konstruktivistik membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali, atau mentransformasi informasi baru. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Di bidang pembelajaran terdapat sejumlah model, pada dasarnya dapat dikategorikan atas pendekatan pembelajaran dan beberapa di antaranya seperti yang dibahas pada buku ini: Bab 1 Pembelajaran Individual Dengan Modul Bab 2 Pembelajaran Teman Sejawat Bab 3 Pembelajaran Kooperatif Bab 4 Pembelajaran Secara Berpasangan Bab 5 Metode Brainstorming Bab 6 Pembelajaran Induktif Bab 7 Metode Permainan Bab 8 Metode Pembelajaran Menggunakan Media Kertas dan Pensil Bab 9 Metode Peta Pikiran Bab 10 Metode Penyelesaian Masalah Bab 11 Teknik Inovatif Dalam Pembelajaran Bab 12 Pembelajaran Menggunakan Metode Flipped Classroom Bab 13 Pembelajaran Model Blended Learning

Pembelajaran kooperatif dapat dimaknai sebagai suatu metode pembelajaran yang memberikan masukan kepada siswa untuk melakukan kerjasama dalam kegiatan pembelajaran, seperti diskusi dengan teman sebaya yang menyebabkan tidak terjadinya ...

Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Metode Pembelajaran Tebak Kata, Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE), Metode Pembelajaran Debat Aktif, Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Example Non Example Dan Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI)

Metode Pembelajaran Brainstorming, Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition, Metode Pembelajaran Artikulasi, Metode Pembelajaran Buzz Group (BG), Metode Pembelajaran Cooperative Script, Model Pembelajaran Course Review Horay ...

Perspektif dari pembangunan ilmu dan teknologi

kumpulan karangan

Ikhtisar Hakikat Perguruan Tinggi dan Problema Eksplosi Pendidikan Keterlibatan perguruan tinggi dalam masyarakat , dan bentuk serta derajat keterlibatan itu , tergantung antara lain dari asas , tujuan , dan pola masing - masing lembaga ...

Teknologi Pendidikan

Konsep teknologi pendidikan, perkembangan teknologi pendidikan, penerapan teknologi pendidikan, teknologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, teknologi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan., teknologi pendidikan dalam meningkatkan kompetensi pendidik, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis komputer, blended learning dan pendidikan agama islam dalam arus teknologi

1.4 Perubahan Yang Dialami Teknologi Pendidikan . ... 1.6 Teknologi Pendidikan Sebagai Konsep dan Praktik . ... 2.3 Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia ..............22 2.4 Kontribusi Teknologi dalam perkembangan Pendidikan .