Sebanyak 169 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, DAN EKSPERIMEN

Buku ini memberikan informasi secara lengkap mengenai seluk-beluk penelitian yang bersifat kualitatif, kuantitatif, dan eksperimen dalam penelitian sosial. Penulisan buku ini merupakan hasil kerja keras bersama, banyak pihak yang membantu dalam pengam- bilan data serta pemilihan contoh. Maka dari itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memberikan wawasan dan bimbingan kepada penulis.

Pengukuran digunakan dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian kuantitatif, pengukuran merupakan langkah terpisah dalam proses penelitian yang terjadi sebelum pengumpulan data. Pengukuran kuantitatif memiliki ...

INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEKNOLOGI BANTU (TEKNOLOGI ASISTIF) MANUAL BOOK PRAKTIK JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN KHALAYAK

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa. Pada jenjang pendidikan sarjana, khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mata kuliah Praktik Jurnalistik menjadi mata kuliah pilihan yang ditempuh oleh mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis jurnalistik sebagai suatu keterampilan yang harus dikuasai, tidak hanya secara teoretis tetapi juga praktik untuk menunjang profesi keguruan, khususnya guru Bahasa Indonesia. Manual Book Praktik Jurnalistik ini diterbitkan untuk menjawab kebutuhan mahasiswa calon guru, baik mahasiswa berkebutuhan khusus maupun mahasiswa pada umumnya, para guru Bahasa Indonesia sebagai bekal, dan rujukan dalam meninjau teori keterampilan menulis serta penerapannya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan dinamisnya perubahan kurikulum 2013 dan era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Manual Book Praktik Jurnalistik ini dihadirkan untuk membantu dan mendukung kegiatan belajar mahasiswa disabilitas/berkebutuhan khusus dengan hambatan lamban belajar (slow leaner), interaksi sosial, berkepribadian tertutup, kesulitan konsentrasi, dan menulis. Materi pada buku ini dirancang untuk memberi penguatan dan motivasi bahwa siapa pun bisa menulis, bahkan mereka yang memiliki hambatan khusus sekalipun.

Menulis ialah keterampilan berbahasa aktif produktif, yang enting dan harus dikuasai oleh setiap mahasiswa.

INOBEL : INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sebuah buku penelitian tentang cara belajar bahasa Indonesia yang efektif. Disusun oleh Retno Kurniawati, S.Pd

Sebuah buku penelitian tentang cara belajar bahasa Indonesia yang efektif. Disusun oleh Retno Kurniawati, S.Pd

PROBLEMATIKA HUKUM KELUARGA ISLAM DI INDONESIA

Kita ketahui bahwa Islam adalah agama pembaruan. Salah satu aspek yang diperbarui Islam adalah pada bidang hukum keluarga yang pembahasannya telah ditulis oleh Dr. Agus Hermanto di dalam buku ini. Beliau memaparkan bagaimana transformasi hukum Islam dari hukum Arab sebelum Islam atau Diketahui bahwa tiga karakter hukum Jahiliyah adalah: 1) rasial (rasa kesukuan/ultranasionalisme), 2) feodal (superioritas orang kaya dan bangsawan di atas kaum miskindan lemah), dan 3) partiarkis (laki-laki superior dan perempuan inferior) dan ketiga karakter tersebut oleh Islam diubah menjadi egaliter.

Adapun format pengaturan perundang-undangan hukum keluarga Islam dikelompokkan menjadi tiga. Kelompok pertama adalah negara yang mengatur satu per satu subjek hukum keluarga Islam, seperti UndangUndang tentang Umur Perkawinan, ...

METODOLOGI PENELITIAN HUKUM ISLAM INTERDISIPLINER Elaborasi Filsafat Ilmu dan Ilmu-Ilmu Keislaman

Secara keseluruhan, buku ini dikemas ke dalam delapan bab yang dipilah ke dalam beberapa sub-bahasan: pertama, hukum Islam sebagai objek penelitian; kedua, bingkai ilmiah penelitian hukum Islam; ketiga, ragam penelitian hukum Islam; keempat, rancangan penelitian hukum Islam; kelima, pendekatan keilmuan penelitian hukum Islam; keenam, desain proposal dan laporan hasil penelitian hukum Islam; ketujuh, aplikasi metode kajian hukum Islam normatif; kedelapan, aplikasi metode kajian hukum Islam empiris. Beberapa bab yang telah disajikan di dalam buku ini, sekalipun tidak dinilai telah mencakup seluruh persoalan yang terkait dengan metodologi penelitian hukum Islam, setidaknya memberikan gambaran, baik secara teoretis maupun praktis, tentang penelitian hukum Islam. Terlebih, di dalam buku ini pula diungkap keragaman tentang peristilahan dan struktur kandungan yang harus dicakup di dalam proposal dan penelitian skripsi dalam bidang hukum Islam dengan mengacu pada buku pedoman penulisan skripsi fakultas syariah dan hukum di beberapa universitas Islam negeri di Indonesia.

Secara keseluruhan, buku ini dikemas ke dalam delapan bab yang dipilah ke dalam beberapa sub-bahasan: pertama, hukum Islam sebagai objek penelitian; kedua, bingkai ilmiah penelitian hukum Islam; ketiga, ragam penelitian hukum Islam; keempat ...

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran. Dikatakan tepat sasaran karena model pembelajaran ini langsung menukik pada permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan pendekatan ini, maka anak didik diajak langsung untuk terlibat dalam kondisi real sosiologis yang terjadi di tengah-tengah lingkungan mereka. Dengan demikian melatih pula rasa kepedulian anak didik untuk mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi dan terlibat langsung dalam memberikan solusi-solusi atas permasalahan tersebut secara kontekstual.

Problem Based Learning yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat sasaran.

MANAJEMEN KURIKULUM; Telaah Komparatif Antara Kurikulum Program Regular dan Akselerasi

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia pada dasarnya adalah upaya mengembangkan potensi individu sehingga dapat menjalani kehidupannya dengan optimal. Dalam pelaksanaan pendidikan ada dua istilah yang biasa kita jumpai yaitu regular dan akselerasi. Penyelenggaraan pendidikan secara reguler dilaksanakan selama ini lebih banyak bersifat massal, yang berorientasi secara kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang secara tampak tidak terakomodasinya kebutuhan siswa yang relatif cepat daripada yang lain tidak terlayaninya secara baik sehingga potensi yang dimiliknya tidak tersalurkan dan berkembang secara optimal. Keadaan ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan luar biasa memerlukan program khusus agar potensi dirinya dapat berkembang secara optimal. Saya melakukan penelitian guna menemukan manajemen kurikulum program reguler dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan. 3. Pengembangan kurikulum program regular dan akselerasi di MTsN Model Sumber Bungur Pakong Pamekasan 3.

Pendidikan merupakan proses yang sangat menentukan untuk perkembangan individu dan perkembangan masyarakat.

KONSEP TRI HITA KARANA BAGI ANAK USIA DINI

Tri hita karana adalah bagian dari Susila/etika hidup dalam ajaran agama Hindu. Konsep tri hita karana memiliki tiga pokok pikiran yaitu Parahyangan (hubungan manusia dengan Tuhan), Pawongan (hubungan manusia dengan sesama manusia) dan Palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan). Dengan melaksanakan konsep tri hita karana maka akan menyebabkan kebahagiaan karena terjadi keseimbangan dalam hidup. Buku-buku agama Hindu sudah banyak ditulis, namun hanya sedikit yang membahas tentang anak usia dini. Dalam buku ini akan dibahas mengenai penanaman dan implementasi konsep tri hita karana bagi anak usia dini. Selaras dengan tujuan ditulisnya buku ini adalah untuk menanamkan dan mengimplementasikan konsep tri hita karana pada generasi Hindu sedini mungkin. Buku ini terdiri dari 7 Bab, masing masing adalah : Bab 1 Membahas pendahuluan mengapa buku ini penting untuk di baca, Bab 2 Membahas konsep tri hita karana dan konsep-konsep pendukunganya dalam ajaran agama Hindu, Bab 3 Membahas anak usia dini dan perspektif agama Hindu tentang anak, Bab 4 Membahas support system agar konsep tri hita karana dapat berjalan dengan baik, Bab 5 Membahas metode yang digunakan dalam menanamkan konsep tri hita karana pada anak usia dini, Bab 6 Membahas impelemtasi konsep tri hita karana dalam kehidupan sehari-hari pada anak usia dini dan Bab 7 penutup.

Buku-buku agama Hindu sudah banyak ditulis, namun hanya sedikit yang membahas tentang anak usia dini. Dalam buku ini akan dibahas mengenai penanaman dan implementasi konsep tri hita karana bagi anak usia dini.

Modul Fikih Ibadah

Modul Fikih Ibadah ini didesain sebagai sarana belajar mandiri (self-directed learning) siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah, terutama di tengah implementasi pembelajaran daring (online). Materi Modul Fikih Ibadah terdiri dari lima bab, yaitu bab I hingga bab V. Bab I membahas Konsep Fikih dalam Islam, seperti perbedaan Fikih dan Syariat. Bab II membahas Perawatan Jenazah. Bab III membahas Zakat dalam Islam dan Undang-Undang. Bab IV membahas Haji dan Umrah dalam Islam dan Undang-Undang. Bab V membahas Qurban dan Aqiqah. Untuk mempermudah siswa-siswi dalam memahami maupun menerapkan materi bahasan, Modul Fikih Ibadah dilengkapi dengan informasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD), Peta Konsep dan Evaluasi Pembelajaran setiap akhir bab. Kendati Modul Fikih Ibadah ini semula berfungsi sebagai referensi primer mata pelajaran Fikih kelas X Madrasah Aliyah; tidak menutup pintu bagi siapapun yang membutuhkan pengetahuan terkait Fikih Ibadah, baik dari kalangan santri, mahasiswa, maupun generasi muda Islam lainnya.

Modul Fikih Ibadah ini didesain sebagai sarana belajar mandiri (self-directed learning) siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah, terutama di tengah implementasi pembelajaran daring (online).

Pendidikan Akhlak dengan Literasi Islami

Buku ini berupaya memberikan penjelasan secara detail upaya penanaman akhlak melalui metode cerita Islami pada santri TPQ Shirotun Nur Dusun Mojoroto, Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2020-2021. Beberapa gambaran mengenai penenaman akhlak pada lembaga pendidikan al-Quran tersebut dalam buku ini antara lain, ditemukan bahwa akhlak santri cukup baik namun masih perlu adanya tuntunan, bimbingan serta pembiasaan yang baik oleh guru dalam hal sopan santun berbicara dengan kawan sabayanya. Konsep akhlak dalam buku ini digambarkan dengan komplek, mulai dari jenisnya, contoh-contoh perilakunya, serta metode penanamannya melalui cerita Islami. penanaman akhlaq pada santri TPQ Shirotun Nur adalah dengan cara bercerita, memilih cerita yang tepat baik yang ada dalam al-Qur’an ataupun nabi, memilih alat peraga, menyimpulkan isi kandungan cerita dan mempraktekkan dalam pembelajaran seperti mempraktekkan cara sopan santun, berpakaian dan lainnya.

Esa Primawidia, Skripsi, Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tk Dwi Pertiwi Sukarame Bandar Lampung, Lampung, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, 2017 Isnaeni Widianarti, ...