Sebanyak 21474 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru

Buku Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Guru ini hadir untuk membantu mahasiswa calon guru (PAUD) dan guru PAUD dalam memahami bagaimana melaksanakan PTK. Setiap bagiannya disajikan dengan disertai contoh-contoh yang membantu mahasiswa dan guru tidak hanya pada bagaimana menyusun proposal tetapi juga menyampaikan hasil dari penelitian. Dengan melakukan PTK dengan cara-cara yang benar maka guru PAUD bukan hanya dapat menyelesaikan masalah yang ada tetapi juga mampu memunculkan berbagai inovasi dan kreasi baik dalam metode pembelajaran, media yang digunakan, maupun interaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini. Metode Penelitian Tindakan Kelas Panduan Praktis Untuk Mahasiswa Dan Guru ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber B. Permasalahan dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak dan Faktor Penyebabnya Setiap manusia tentu memiliki masalah. Dan masalah terjadi pada berbagai aspek kehidupan, ...

Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak

Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi, merumuskan langkah-langkah solusi, kemudian melakukan refleksi terhadap solusi, dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK. Menurut Depdiknas (2003:3) PTK adalah peningkatan reflektif yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dalam rangka memecahkan masalah. Jadi PTK dilakukan dalam beberapa siklus sampai masalah terpecahkan. Menurut Suharsimi Arikunto(2006:3) PTK adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi di dalam kelas secara bersamaan Berdasarkan dua pendapat dapat disimpulkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tindakan terhadap proses pembelajaran di kelas dalam rangka memecahkan masalah yang di hadapi.

Buku Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Modul Digital Penelitian Tindakan Kelas

Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi peneliti, guru, dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Buku ini memuat landasan teori, bentuk dan model, tahapan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi bentuk penelitian yang penting dilakukan baik di level pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Di level pendidikan dasar dan menengah, para Guru dapat melakukan PTK untuk mengatasi permasalahan yang mereka temukan di kelas masing-masing. Di level perguruan tinggi, baik para Dosen maupun Mahasiswa dapat melakukan penelitian secara personal ataupun kolaborasi dalam mengembangkan ilmu-ilmu baru dalam menerapkan PTK di kelas. Pengembangan ilmu baru dalam PTK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi pelaksanaan PTK bagi Guru di Sekolah. Ada beberapa masalah yang mungkin ditemukan oleh Para Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas mereka. Untuk mememecahkan permasalahan tersebut, maka para guru harus mampu mengenali metode-metode yang dapat mereka gunakan hingga efektif dan efisien dalam mengumpulkan data. Setelah mampu mengumpulkan data para guru juga harus memahami cara terbaik dalam menganalisis data. Dengan kata lain, para guru harus mampu memahami prosedur PTK secara utuh. Oleh karena itu buku ini hadir menyajikan teknis pelaksanaan PTK bagi para guru. Buku ini berisi banyak penjelasan mengenai PTK. Berdasarkan sistematikanya, buku ini terdiri dari delapan (8) topik pembahasan, mulai sejarah PTK, hakikat dan manfaat PTK, Perbedaan PTK dan Non PTK, Manfaat PTK bagi Guru, Model-model PTK, Prosedur Pelaksanaan PTK, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisis Data, hingga Format penulisan PTK hingga menjadi Proposal Penelitian utuh. Isi dari Buku ini menggambarkan secara jelas bagaimana tata cara menerapkan PTK di kelas hingga peneliti atau para guru yang melakukan PTK di Kelas dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka miliki. Kami menyadari terdapat berbagai macam kekurangan dalam mengenai isi dalam buku ini. Oleh karena itu kami menerima saran dan masukan dari pihak manapun demi perbaikan buku ini dan kebermanfaatan untuk semua. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penulisan dan penyelesaian buku ini.

Buku ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi peneliti, guru, dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).

Penelitian Tindakan Kelas

Pengalaman pengajar perlu dituangkan dalam penelitian, bagaimana menyajikan pengalaman mengajar menjadi penelitian, simak buku ini. Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.

Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai diperbincangkan di kalangan guru dan tenaga kependidikan. Sayangnya, perbincangan itu terkadang hanya sampai pada dokumen administrasi untuk melengkapi pemenuhan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat para guru dan tenaga kependidikan. Sebetulnya subtansi dari penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas pengajar secara inovatif mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi perserta didik dalam proses pembelajaran. Muaranya adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran secara signifikan. Pembahasan penelitian tindakan kelas dalam buku bukan mengetengahkan teori tentang penelitian tindakan kelas, tetapi lebih menitikberatkan pada aplikasi penelitian tidak kelas dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya pembelajaran cerit pendek terhadap peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai ...

Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R

Upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah fokus utama dalam pembangunan pendidikan dewasa ini. Dan efektivitas oleh guru profesional adalah faktor utama peningkatan mutu. Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik membutuhkan peningkatan profesional secara terus menerus. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, seorang guru memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksikan diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara kontekstual, dan mengerti sejarah tentang Pendidikan dan persekolahannya, demikian Stephen Kemmis dan Robbin McTaggart (dalam Aswandi, 2006). Sehubungan dengan itu. Maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar. Sesungguhnya kegiatan penelitian telah banyak dilakukan. Namun sayangnya kegiatan penelitian tersebut kurang dirasakan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran. Menurut Raka Joni dkk. (1998) hal tersebut setidaknya disebabkan oleh dua hal, yaitu: (1) pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan umumnya kurang melibatkan guru, (2) penyebarluasan (dissemination) hasil penelitian melalui publikasi ilmiah ke kalangan guru di lapangan memakan waktu sangat Panjang. Selain itu, menurut penulis ini juga disebabkan karena kurangnya kesempatan guru mengakses hasil penelitian untuk perbaikan mutu pembelajaran. Karena itu mari kita bicarakan Penelitian Tindakan (PTK) dan mari menyamakan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Maulana Syaikh

Moral Sufistik Sosio-Spiritual Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjib

On Islam and sufism; account of Muhammad Zainuddin 'Abdul Madjid, an Indonesian ulama.

Debunking a Moral Landscape

Debunking A Moral Landscape takes on the ideas of Sam Harris using his own chosen tools -- namely, reason and science. When those tools are turned back on his book, The Moral Landscape, one comes to understand that his perspective is very much like an onion since, after one peels away the various decaying layers of philosophy, reasoning, and science, there is really nothing left at the heart of his worldview. Sam Harris has been raised by many his many followers and admirers to an emperor-like status. Nonetheless, in reality, this would-be emperor has no genuine clothes of royalty since the material from which his conceptual garments are woven are fairly common, if not threadbare. In fact, his ideas are clothed in a way that gives them the appearance of being fashioned in a very sturdy and reliable manner, but such appearances are little more than an illusion. He often claims that his kingdom is ruled through reason and science. Yet, when the topography of his ideas are carefully explored, there are many problems to be found hiding in the nooks and crannies of his thought processes. His reasoning is not always rational; his science is not always factual; and his explanations are often problematic. Furthermore, he asserts that faith is for the naive and foolish, but his perspective is glued together by a variety of different grades of faith -- some of them quite faulty -- which he calls by other names such as: well-being, probability, theory, hypothesis, science, randomness, evolution, neurobiology, reason, and so on. Sam Harris has harsh words for religious extremists -- as well he should. However, he apparently fails to understand how his own position incorporates a brand of irreligious fundamentalism that is inclined to be just as blind and unyielding as the religious people whom he wishes to criticize. Debunking A Moral Landscape doesn't just criticize the perspective which is developed in Sam Harris' latest book, The Moral Landscape, the former book introduces a variety of constructive ideas with respect to moral philosophy, political philosophy, evolution, science, the process of reasoning, and methodology that grows out of the process through which the problems and errors that are present in Sam Harris' The Moral Landscape are corrected and refined.

Debunking A Moral Landscape doesn't just criticize the perspective which is developed in Sam Harris' latest book, The Moral Landscape, the former book introduces a variety of constructive ideas with respect to moral philosophy, political ...

Moral Engines

Exploring the Ethical Drives in Human Life

In the past fifteen years, there has been a virtual explosion of anthropological literature arguing that morality should be considered central to human practice. Out of this explosion new and invigorating conversations have emerged between anthropologists and philosophers. Moral Engines: Exploring the Ethical Drives in Human Life includes essays from some of the foremost voices in the anthropology of morality, offering unique interdisciplinary conversations between anthropologists and philosophers about the moral engines of ethical life, addressing the question: What propels humans to act in light of ethical ideals?

Moral Engines: Exploring the Ethical Drives in Human Life includes essays from some of the foremost voices in the anthropology of morality, offering unique interdisciplinary conversations between anthropologists and philosophers about the ...