Sebanyak 1193 item atau buku ditemukan

STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Inspirasi buku panduan ini dibuat dalam rangka mengembangkan permainan tradisional yang makin hari semakin terkikis ataupun di tinggalkan, karena dengan bermain Engklek dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini. Selain itu Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang mudah dilakukan kapan pun dan dimanapun anak berada. Adapun buku ilmiah populer ini adalah sebuah hasil dari penelitian dan salah satu bentuk inovasi pembelajaran untuk anak dengan metode bermain dan belajar yang di modifikasi dengan permainan tradisional yang menunjang aspek fisik motorik, musik, sosial emosional, moral, bahasa dan kognitif. Buku ini menarik sekali untuk dibaca oleh para pendidik PAUD, orangtua maupun praktisi pendidikan anak usia dini, agar bisa terinspirasi tentang bermain dan belajar dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini. Penasaran isi bukunya? Buku ini terdiri dari tiga bagian, bagian yang pertama menerangkan tentang definisi permainan engklek, bagian kedua hasil penelitian dan yang ketiga adalah bermain engklek, disertai bonus permainan engklek.

Bila sekarang ini anak tidak berkualitas maka dapat dipastikan masa depan
sebuah bangsa akan mengalami kehancuran. Oleh karena itu, penting sekali
untuk mengontrol atau memperhatikan dan memprioritaskan perkembangan
seorang ...

Perkembangan Anak Usia Dini

pengantar dalam berbagai aspeknya

Pertumbuhan yang terjadi pada anak usia dini tidak hanya meliputi perubahan fisik, tetapi juga perubahan dan perkembangan dalam berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku kedewasaan atau kematangan (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Suatu proses perubahan di mana anak belajar menguasai tingkat yang lebih tinggi dari aspek gerakan, berpikir, berperasaan, dan berinteraksi pada sesamanya maupun dengan benda-benda dalam lingkungan sekitar kehidupannya. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Pertumbuhan yang terjadi pada anak usia dini tidak hanya meliputi perubahan fisik, tetapi juga perubahan dan perkembangan dalam berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku kedewasaan atau kematangan (maturation) yang berlangsung secara ...

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya. Semua yang diterimanya pada periode tersebut menjadi pondasi dan kerangka utama tumbuh kembangnya di masa mendatang, baik fisik maupun psikologi. Namun periode tersebut juga merupakan periode yang rumit untuk dipelajari, karena keterbatasan kemampuan anak dalam mengomunikasikan apa yang didapatnya; dan keterbatasan orang dewasa dalam memahami apa yang hendak dikomunikasikan, dirasakan, dan dipelajari oleh anak. Dari kacamata tersebut, maka buku ini membahas berbagai aspek penting dalam rangkaian perkembangan tersebut. Perbincangan dalam buku ini mencakup bagaimana keterampilan lunak dan motorik anak berkembang; apa pengaruh media pada anak di periode tersebut serta bagaimana anak dapat terpengaruh, sampai perkembangan peran gender dan seks serta emosi anak yang terjadi dan berlangsung pada periode tersebut. Dari cakupan pembahasan yang ada di dalamnya, buku ini penting bagi semua orang yang hendak dan sedang menggeluti perkembangan anak usia dini. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Di balik lemah, rapuh, dan ketergantungan penuh kepada orangtua, anak di periode awal usianya berada di tahapan sangat penting dalam seluruh rangkaian perkembangannya.

Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Teori dan Praktik

Perkembangan fisik motorik anak adalah salah satu perkembangan yang penting dalam tahap usia dini. Dimana seharusnya guru dan orang tua bekerjasama untuk mengembangkan motorik tersebut. Guru dan orang tua harusnya menstimulus anak dengan berbagai permainan yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa senang terhadap anak, agar anak tertarik untuk memainkannya, dan yang paling penting dengan melakukan permainan tanpa disadari anak telah mengembangkan motoriknya. Perkembangan fisik motorik merupakan proses yang dimana seseorang berkembang melaui respon yang menghasilkan suatu gerakan yang berkoordinasi, terorganisir dan terpadu. Maka keterampilan motorik dapat dilihat sebagai landasan seseorang berhasil dalam melakukan keterampilan motorik. Motorik yang terbagi menjadi motorik halus & kasar. Motorik kasar yaitu gerakan yang menggunakan otot besar dan membutuhkan banyak tenaga seperti, berlari, berjalan dan melakukan lompatan. Sementara motorik halus yaitu suatu gerakkan tubuh yang menggunakan otot kecil, dan memerlukan konsentrasi antara mata dan tangan, seperti, melipat, menggunting dan meronce. Buku ini disusun sebagai bahan bacaan atau referensi untuk pembaca bagi yang ingin mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini. Harapannya dengan adanya buku ini dapat menjadi salah satu bahan rujukan atau literatur bagi para calon pendidik maupun orangtua. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Hakikat Perkembangan Motorik AUD Motorik adalah terjemahan dari kata motor
yang berarti yang mendasari terjadinya awal pergerakan dari suatu gerak yang
terjadi. Gerak adalah suatu aktivitas yang terjadinya karena adanya suatu proses
 ...

Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik

Di dalam isi buku ini berisi 10 bab dan poin-poin materi yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru maupun pelatih olahraga. Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Serta karena terbatasnya Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik untuk buku ajar di perguruan tinggi yang membahas masalah motorik anak di sekolah.

Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak

Buku ini menyajikan hal-hal utama dan penting, yang berisi kajian komprehensif seputar penilaian dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak tersebut. Dimulai dengan keunikan pembelajaran di taman kanak-kanak, yang kemudian dirangkai dengan hakikat penilaian dan nilai pentingnya bagi perkembangan anak usia dini; yang mencakupi prinsip, fungsi, dan jenis penilaian bagi pendidikan anak di tingkat taman kanakkanak. Buku penting ini juga menyajikan implementasi penilaian dalam kegiatan belajar dan pembelajaran sesuai dengan SKH; dengan metode pengajaran di taman kanak-kanak, tujuan, prosedur, dan jenisnya. Buku persembahan Prenada Media Group.

Buku ini menyajikan hal-hal utama dan penting, yang berisi kajian komprehensif seputar penilaian dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak tersebut.

MINDFUL PARENTING Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune

Buku yang diberi judul “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” merupakan buku kedua dari hasil penelitian dan dari kesepuluh jika digabungkan oleh penulis. Fenomena yang diungkapkan dalam buku ini, didasarkan pada fakta emperi penulis berinteraksi dengan informan di lokasi penelitian Mengapa “Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak di PAUD Fortune” menjadi tema dan sekaligus judul dari buku ini?. Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune. Dengan berpikir yang baik otak harus di jaga berlandaskan agama diharapkan tercipta insan-insan atau anak usia dini yang memiliki moralitas dalam menyangga kehidupan yang penuh toleransi, kejujuran dan kedamaian dimasa yang akan datang. Namun kenyataannya distorsi yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat, justru sering dipicu oleh faktor agama. Degradasi moral yang mulai mengkhawatirkan di tanah air khususnya di Nusa Tenggara Barat, terutama diseputaran anak, remaja dan orang tua yang merupakan sebuah fenomena yang berbanding berbalik bila dilihat dari konteks pendidikan yang memulai perkembangan otak anak sebagai materi mata pelajaran dari tingkat PAUD vi sampai pada level Perguruan Tinggi. Otak serta pengetahuan bersifat fiksi yang memberikan petuah-petuah bijak yang dapat membentuk kelembutan hati kepada anak usia dini, jika mau dipelajari. Perkembangan otak anak akan mampu memberikan tuntunan luhur, arah yang bijak dalam olah kinestika, menata kehidupan pribadi anak, keluarga, dan masyarakat agar sesuai dengan fitrah manusia.

Sebab secara esensi apa yang penulis wacanakan di dalam buku ini subjeknya adalah Mindful Parenting Berbasis Perkembangan Otak Anak Di PAUD Fortune.

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA

Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat diulangi karena perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap dan maju. Di antara para psikolog ada yang tidak membedakan antara istilah perkembangan dan pertumbuhan namun ada yang lebih setuju menggunakan istilah pertumbuhan. Hal ini mungkin untuk menunjukkan bahwa seseorang bertambah dalam berbagai kemampuan yang bermacam-macam bahwa ia lebih mengalami diferensiasi dan juga ia pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih mengalami integrasi. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan yang mennyangkut ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni. Menurut pendapat para psikolog istilah perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang tampak. Pertumbuhan fisik memang mempengaruhi perkembangan psikologis, pertumbuhan fungsi-fungsi otak misalnya memungkinkan anak bisa tersenyum, berjalan, bercakap-cakap dan lain sebagainya. Kemampuan berfungsi dalam tingkat yang lebih tinggi ini sebagai hasil sebuah pertumbuhan yang biasa disebut sebagai kematangan. Perkembangan dapat pula dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat intergrasi yang lebih tinggi berdasarkan proses pertumbuhan, kematangan dan belajar. Sedangkan psikologi kepribadian lebih memusatkan perhatiannya pada sifat-sifat kepribadian yang umum dan yang khusus (yang membedakan seseorang dari yang lain) serta kombinasi sifat-sifat tersebut hingga mewujudkan totalitas kepribadian tertentu. Psikologi perkembangan lebih mempersoalkan faktor yang umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi di dalam diri kepribadian yang khas itu. Titik berat yang diberikan oleh para psikolog perkembangan ada pada relasi antara kepribadian dan perkembangan, hal ini disebabkan oleh pendapat sebagian besar para psikolog bahwa keseluruhan kepribadian itulah yang berkembang meskipun beberapa komponen dapat lebih menonjol perkembangannya pada masa-masa tertentu daripada komponen lainnya misalnya fungsi indra dan fungsi motorik menonjol pada tahun-tahun pertama.

Pengalaman Organisasi; Ketua Umum Keluarga Siswa PGAN Puteri Malang (
1968-1069), Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pusat (LDP) PMII di Malang (1976-
1978), Pimpinan Majelis Taklim AlIqlimiyah Samarinda (anggota + 3000 orang) ...

GENERASI MILENIAL MADURA (POTRET PERUBAHAN SOSIAL-BUDAYA)

Potret masyarakat Madura yang semula agraris tradisional berubah menjadi masyarakat industri yang modern, pasca rampungnya jembatan Suramadu yang menghubungkan pantai Kenjeran-Surabaya hingga kecamatan Labang-Kamal Kabupaten Bangkalan Madura pada tahun 2009. Sebelumnya, masyarakat Madura membangun kehidupan sosial melalui tradisi dan solidaritas sosial yang tinggi. Masyarakat Madura relatif homogen dan sederhana, sehingga hubungan antarsesama warga cukup erat dan hangat. Belum banyaknya ragam pekerjaan yang menuntut profesionalitas menyebabkan solidaritas di tengah-tengah masyarakat dengan mudah tercipta. Inti perubahan sosial budaya yakni perubahan normanormanya. Norma-norma dan proses pembentukan normanorma merupakan inti dari mempertahankan persatuan kehidupan berkelompok. Proses perubahan sosial budaya adalah proses desintegrasi dalam berbagai bidang sehingga harus diusahakan adanya reintegrasi kembali, yaitu penampungan dalam suatu kehidupan bermasyarakat yang lebih cocok dengan kebutuhan masyarakat yang baru. Norma-norma yang lebih cocok inilah yang akan merupakan ikatan dari masyarakat yang lebih baru atau lebih luas. Buku ini memuat potret perubahan sosial budaya generasi milenial Madura berdasarkan hasil penelitian perubahan sosial budaya etnik Madura dalam lirik lagu kontemporer.

Potret masyarakat Madura yang semula agraris tradisional berubah menjadi masyarakat industri yang modern, pasca rampungnya jembatan Suramadu yang menghubungkan pantai Kenjeran-Surabaya hingga kecamatan Labang-Kamal Kabupaten Bangkalan ...