Sebanyak 1148 item atau buku ditemukan

Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya

Salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah adalah guru. Peran guru sangatlah penting, sebab di dalamnya terdapat upaya dan aktivitas guru itu sendiri dalam menciptakan proses pembelajaran yang baik dan terarah kepada sasaran. Guru harus sadar bahwa dalam melaksanakan tugasnya, mereka selalu dituntut untuk bersunggung-sungguh dan tanggap terhadap perubahan-perubahan dan perkembangan yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal tersebut dimaksudkan agar wawasan mereka bertambah, serta kemampuan atau kompetensinya di bidang pendidikan semakin meningkat, tidak hanya kemampuan mengajar di kelas tetapi juga mampu tampil di tengah-tengah masyarakat dalam rangka membimbing dan memberikan pandangan-pandangan yang bermanfaat dari segi moral maupun spiritual. Tuntutan yang paling mendesak saat ini adalah akan diberlakukannya era perdagangan bebas ASEAN (AFTA) tahun 2016. Suatu era persaingan pasar bebas, bukan hanya dari aspek ekonomi dan perdagangan saja tetapi dari dunia pendidikan yang menawarkan institusi serta tenaga sumber daya pendidik yang bersaing dan andal dari kawasan ASEAN, yang relatif kualitas pendidikannya lebih tinggi. Untuk itu kompetensi guru dituntut lebih baik lagi. Kompetensi guru berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Dengan guru mempunyai kompetensi, maka kinerja guru pun cenderung akan meningkat ke arah yang lebih baik. Keunggulan sumber daya manusia merupakan kunci daya saing, karena inilah yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan, perkembangan dan kemenangan dalam persaingan. Dalam buku ini dijelaskan bagaimana upaya peningkatan kinerja guru, sebagai salah satu upaya menjaga kelangsungan dan kemenangan dalam persaingan tersebut, yang ditinjau dari tataran konsep, strategi dan implementasinya, sehingga bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, terutama kepala sekolah, sangat penting untuk memiliki buku ini guna dijadikan rujukan dalam peningkatan kinerja guru tersebut. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah adalah guru.

Konsep Dasar IPS untuk SD/MI

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan. Implikasinya, berbagai tradisi dalam IPS termasuk konsep, struktur, cara kerja ilmuwan sosial, aspek metode, maupun aspek nilai yang dikembangkan dalam ilmu-IPS, dikemas secara psikologis, pedagogis, dan sosial budaya untuk kepentingan pendidikan. Berdasarkan perspektif tersebut, secara umum IPS dapat dimaknai sebagai seleksi dari struktur disiplin akademik ilmu-IPS yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan apa yang terurai di atas, diperlukan suatu buku ajar bagi guru SD/MI, mahasiswa/ calon guru SD/MI atau para pemerhati pendidikan yang haus akan bidang keilmuan IPS. Secara ringkas buku ini membahas mengenai konsep dasar IPS di SD/MI. Bagian awal buku ini secara runtut mengupas konsep dan ruang lingkup kajian IPS. Pembahasan selanjutnya meliputi kurikulum dan pembelajaran. Kemudian, pembahasan secara terstruktur analogis mengenai stuktur pranata dan proses sosial, prinsip dasar hukum dan pemerintahan, manusia dan lingkungan, pengaruh budaya asing terhadap kebudayaan sejarah perjuangan bangsa, perekonomian, dan pembangunan nasional Indonesia.

IPS sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar pada hakikatnya merupakan suatu integrasi utuh dari disiplin ilmu-IPS dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk merealisasikan tujuan pendidikan di tingkat persekolahan.

Statistika dalam Penelitian Pendidikan: Konsep Dasar dan Kajian Praktis

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian. Dalam buku ini, metode penyajiannya dibuat sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat menggunakannya dengan cukup mudah. Sesuai dengan nama dan isi kajiannya yang bersifat dasar, buku ini tidak membeberkan penurunan sifat-sifat, rumusrumus, dan aturan-aturan yang memerlukan matematika lanjut. Hal ini dengan maksud agar isi buku ini dapat diikuti oleh setiap pembaca dengan berbagai latar belakang.

Buku ini mengkaji konsep dasar statistika disertai beberapa aplikasinya, ditambah pula kajian mengenai praktik pengolahan data kuantitatif yang berhasil dijaring melalui penelitian.

Metode Penelitian Sistem Informasi

Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian

Pencapaian tertinggi bagi seorang pengembara dalam dunia keilmuan adalah sirnanya keakuan atas dirinya, karena kuatnya sinergi antara hati, akal dan indra mengakui kebesaran sang kreaktor tunggal alam semesta. Dialah Tuhan yang membentangkan bumi sebagai tempat hidup bagi manusia, menjulangkan gunung sebagai pasak bumi, serta menghiasi lautan dengan aneka estetis. Kesempurnaan ciptaan Tuhan yang penuh daya pesona mengundang reaksi detak kagum bagi manusia. Manusia mulai menggali potensi alam semesta dengan menggunakan berbagai metode penelitian, turut menghasilakan jutaan penemuan dan ragam teknologi. Penemuan demi penemuan tidak mengurangi perbendaharan alam semesta, melainkan menambah daftar pertanyaan yang semakin rumit. Pada saat yang bersamaan, penemuan tidak membuat manusia itu merasa lebih hebat, tapi yang terjadi justru pengakuan atas kebesaran Tuhan. Demikian pula dengan selesainya penulisan buku ini, semakin terasa kelemahan dan kerendahan diri teriring sanjungan terhadap kemahabesaran Tuhan. Oleh karena itu, patut kiranya pujian serta syukur mengisi setiap helatan nafas dan detakan jantung bahwa Tuhanlah yang menjadi sumber kebenaran 100%.

Buku Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Sistem Informasi Manajemen

Pada bagian ini, pokok bahasan Sistem yang telah dijabarkan pada bab sebelum yang dikaitkan dengan manajemen informasi kembangkan yang dikaitkan dengan informasi manajemen. Beberapa pengertian atau istilah yang dikemukakan di muka barangkali ditulis lagi di bagian ini hanya sekedar untuk mempermudah pembaca mendalami masalah sistem berkaitan dengan manajemen. Pumpunan bahasan bab ini adalah sekilas tentang pengertian sistem, pendekatan sistem dan klasifikasi sistem. Kemudian dilanjutkan struktur sistem, sistem informasi bersifat integral atau independen, dan diakhiri dengan mendiskusikan sistem informasi dan pengendalian organisasi (penggunaan sistem tertutup).

Buku Sistem Informasi Manajemen ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Tafsir Ahkam

Ayat-ayat Ibadah

Betapa pun awamnya seorang Muslim, niscaya mereka tahu dan memang selayaknya mengetahui bahwa al-Qur’an al-Karim merupakan sumber utama dan pertama bagi agama Islam. Secara garis besar, al-Qur’an berisikan tentang akidah (keimanan), akhlak, janji baik dan ancaman buruk (wa‘ad dan wa‘îd), kisah dan sejarah, syariah (hukum), ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain. Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an. Hukum dari ayat-ayat Thaharah diambil dari Surah al-Mâ’idah [5] ayat 6 dan Surah an-Nisâ’ [4] ayat 43; ayat-ayat Shalat yang diambil dari Surah al-Baqarah [2] ayat 43-46, al-Hajj [22] ayat 77, dan al-Isrâ’ [17] ayat 78; ayat-ayat Zakat dari Surah al-Baqarah [2] ayat 276, dan at-Taubah [9] ayat 60; ayat-ayat Puasa dari Surah al-Baqarah [2] ayat 185; dan ayat-ayat Haji dari Surah al-Baqarah [2] ayat 196-197, Surah Âli ‘Imrân [3] ayat 96-97, dan Surah al-Hajj [22] ayat 27-29. Sistem penulisan Tafsir Ahkam ini disusun dengan urutan yang dapat mempermudah pembaca. Sistematikanya terdiri dari ayat yang bersangkutan dan terjemahan, tafsir mufradat, makna global, sabab nuzul, penjelasan, dan istinbath. Insya Allah buku ini dapat mengisi kekosongan tafsir ahkam berbahasa Indonesia yang masih langka dan sekaligus menambah khazanah ilmu-ilmu keislaman di Indonesia.

Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an.

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya. Buku ajar ini memiliki kelebihan yang lain karena buku ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penelitian teologi khususnya pendidikan teologi yang meliputi teologi, pendidikan Kristen serta secara holistik dalam gereja dan interaksi sosial. Pemahaman teknik pengumpulan data dan statistika penelitian yang benar dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan metodologi penelitian yang benar pula sehingga hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan. Buku ajar ini adalah buku dasar dalam metodologi penelitian yang sangat membantu mahasiswa untuk memahami definisi dan penerapan metodologi penelitian dalam penulisan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi. Secara khusus buku ini memberikan contoh struktur penyusunan kajian biblika, struktur skripsi, tesis, disertasi dan struktur penulisan jurnal serta penulisan catatan kaki dan kepustakaan.

Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi adalah buku ajar yang sederhana yang disusun oleh Tim Dosen STT Jaffray untuk melengkapi buku-buku metode penelitian yang sudah ada sebelumnya.

Metodologi Penelitian Politik

Inilah buku pertama yang berbicara tentang riset politik. Mengupas substansi secara sistematis dan memadu aplikasi para pemakainya di dalam dunia politik yang terkadang ruwet, eksklusif, dan penuh rahasia. Yang paling menarik, buku ini dilengkapi dengan berbagai studi kasus, dan didesain untuk memberikan keandalan mengidentifikasi teknik dan aplikasi teori riset yang tepat pada situasi dan kondisi yang akan diriset serta ilustrasi nyata implementasi di lapangan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Inilah buku pertama yang berbicara tentang riset politik.

Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah Teori dan Praktik

Dua aspek penting tentang konsep dasar dan fungsi pendidikan yang dikemukakan dalam UU No. 20 Tahun 2003 memberikan peluang dan ruang yang sangat terbuka bagi peran bimbingan dan konseling dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional. Peran bimbingan itu secara khusus tersurat dalam pernyataan: “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”. Ini berarti bahwa keberadaan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan, baik formal non formal, maupun informal merupakan konsekuensi logis yang dikuatkan dengan landasan hukum sebagaimana aspek pendidikan seperti kurikulum pendidikan dan manajemen pendidikan. Dengan kata lain, kedudukan atau posisi bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari keseluruhan program pendidikan

Dua aspek penting tentang konsep dasar dan fungsi pendidikan yang dikemukakan dalam UU No. 20 Tahun 2003 memberikan peluang dan ruang yang sangat terbuka bagi peran bimbingan dan konseling dalam keseluruhan sistem pendidikan nasional.