Sebanyak 19112 item atau buku ditemukan

Best Practice Guru dalam Tugas Pembelajaran di Sekolah

Buku ini berisi contoh makalah Best Practice yang telah dilaksanakan, ditulis, dan diikutkan pada kompetisi Best Practice Guru dan Pengawas Sekolah yang diadakan oleh P2TK Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tingkat Nasional pada tahun 2013 di Puncak Bogor serta meraih juara sebagai pemenang terbaik Best Practice Guru 2013. Oleh karena itu Penulis ingin berbagi pada para pembaca baik pendidik maupun pembaca umum tentang pengalaman yang ditulis dalam bentuk laporan karya ilmiah.

Buku Best practice guru dalam tugas pembelajaran di sekolah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

TRANSFORMASI BUDAYA PEMBELAJARAN ERA KENORMALAN BARU PASCA COVID-19

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio Lekahena, Theopany P.Th, Rampisela, S.Psi., M.Ed, Mersya Rikumahu, Tifanny Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-68722-9-1 Sinopsis Buku Transformasi Budaya Pembelajaran Situasi saat ini telah mempercepat implementasi pendidikan abad-21 sebagai tuntutan era insdustri 4.0. Kehadiran Covid-19 menuntut para pendidik, peserta didik bahkan orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar, karena pembelajaran online dianggap sebagai alternative terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online akan efektif jika para penggunanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Inilah yang dialami oleh banyak para pendidik yang berada di daerah-daerah yang jarang bahkan tidak pernah menikmati kegiatan workshop. Mereka mengeluh karena punya android, laptop tetapi tidak paham untuk memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih saat situasi covid-19. Jangan tanyakan ini tugas siapa? Jangan tanyakan ini tanggung jawab siapa? Jangan tanyakan ini salah siapa? Yang harus kita lakukan adalah bagaimana solusinya dan bertindaklah. Buku ini hadir sebagai wujud nyata dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Buku ini secara spesifik mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan PKM pada masa Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. Mulai dari Analisis, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, bahkan sampai output yang dihasilkan. Dengan demikian, buku ini akan menjadi refferensi yang baik bagi para mahasiswa, dosen atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio ...

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HYBIRD LEARNING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ULUL ALBAB

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online). Melalui blended learning semua sumber belajar yang dapat memfasilitasi terjadinya belajar bagi mahasiswa dapat dikembangkan. Pembelajaran blended dapat menggabungkan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan pembelajaran berbasis komputer.

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online).

Pembelajaran Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter menekankan pada suatu nilai moral yang universal yang bisa diterima baik oleh berbagai kalangan di seluruh kelompok sosial. Pendidikan karakter berfokus bukan lagi pada sesuatu yang salah dan benar saja tapi sudah pada tingkat baik dan buruk hal yang diajarkan. Tujuan dari pendidikan karakter ini ialah mencetak Individu yang berkarakter. Pendidikan karakter juga berfungsi megembangkan peradaban manusia yang baik di dalam pergaulan dunia. Lebih jelasnya lagi, di dalam buku ini telah mengulas mulai dari hakikat pendidikan karakter, bentuk nilai-nilai karakter bangsa, hinga manfaat pendidikan karakter di era sekarang.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar

Dewasa ini model pembelajaran yang berorientasi pada prestasi itu sudah mulai digantikan dengan model pembelajaran yang berorientasi pada kesegaran jasmani melalui permainan. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak, tidak hanya merupakan tugas orang tua saja, tetapi juga merupakan tugas atau tanggung jawab bersama yaitu orang tua, guru dan masyarakat. Di sekolah guru pendidikan jasmani mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu tercapainya kesegaran jasmani merupakan salah satu komponen untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendekatan model pembelajaran bermain adalah suatu proses pembelajaran dimana dalam mengajarkan teknik cabang olahraga melalui bentuk permainan kecil tanpa mengabaikan materi inti pelajaran. Karena bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dewasa maupun anak-anak. Kesempatan bermain dan rekreasi akan memberikan kegembiraan serta kepuasan emosional tersendiri, karena bermain merupakan kegiatan spontan dan kreatif, yang dengannya seseorang dapat menemukan ekspresi diri secara sepenuhnya. Bermain merupakan jiwa anak yang tidak bisa dipisahkan dimana sesuai dengan karakteristik murid SD usia 6 –12 tahun kebanyakan dari mereka cenderung masih suka bermain. Bermain mempunyai peranan penting bagi anak. Sebagian waktunya dihabiskan adalah untuk bermain, aktivitas bermain selalu berhubungan dengan kesenangan yang mempunyai potensi untuk membantu meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya. Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Menurut Hans Daeng dalam (Ismail, 2009), permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan ... aktivitas yang membantu anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.

Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Peningkatan mutu pendidikan tinggi dewasa ini dilakukan dengan melalui perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan KKNI yang telah ditetapkan melalui peraturan presiden. Buku ini diharapkan akan dapat menjadi acuan dan titik tolak kegiatan perkuliahan, sehingga perkuliahan dapat dilakukan lebih terarah dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Buku ini merupakan referensi utama bagi dosen dan mahasiswa dalam penyelenggaraan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, mengingat buku yang sesuai dengan isi dan silabus mata kuliah ini masih kurang. Dengan demikian, para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dapat menggunakannya sebagai referensi dalam mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, baik untuk membuat tugas-tugas terstruktur maupun dalam proses belajar secara mandiri. Meskipun demikian, buku ini tidaklah dimaksudkan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam penyelenggaraan mata kuliah ini. Untuk itu, kepada para mahasiswa dan dosen diharapkan dapat mencari, membaca, dan menambah referensi lain yang relevan. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Sebagai implikasi dari konsep pendidikan seumur hidup terlihat dari pernyataan adanya perhatian pemerintah untuk ... Dengan demikian, pemerintah telah menerapkan kebijaksanaan bahwa pendidikan dimulai sejak anak dilahirkan sampai ...

MEMBANGUN MORAL DAN ETIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Peran serta guru sebagai orang tua di sekolah sangat dibutuhkan, terlebih memberi contoh moral dan etika yang baik. Guru "diGugu lan ditiRu" begitulah pepatah jawa berkata, selain anak melihat gerakan, tingkah laku, dan ucapan kita mereka juga meniru apa yang kita perbuat. diharapakan dengan buku ini, seorang guru mampu memberi contoh, memberi pengetahuan serta dapat mengembangkan Moral dan Etika para siswa.

Peran serta guru sebagai orang tua di sekolah sangat dibutuhkan, terlebih memberi contoh moral dan etika yang baik.

PENGEMBANGAN MORAL DAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

PENGEMBANGAN MORAL DAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PENULIS: Muhammad Fajri ISBN: 978-623-7208-64-8 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 101 halaman Sinopsis: Upaya mengembalikan marwah pendidikan sebagai proses mendidik seseorang untuk menjadi dewasa terus dilakukan. Langkah-langkah baik secara praksis maupun kebijakan terus dikembangkan. Hal tersebutlah yang membuat moral dan karakter menjadi penting untuk dioptimalkan pada rangkaian proses pendidikan di satuan pendidikan khususnya pada jenjang sekolah dasar. Buku ini membahas tentang pentingnya moral dan karakter dikembangkan untuk membentuk karakter yang kuat dan moral yang baik pada siswa. Tantangan dan perkembangan zaman ke depan akan sangatlah mempengaruhi proses kehidupan mereka kelak. Oleh karenanya, mereka perlu dibekali berbagai pengalaman belajar yang optimal sebagai usaha pengembangan moral dan karakter yang baik. Dengan adanya moral yang baik dan karakter yang kuat maka siswa-siswa tersebut nantinya tidak akan terpengaruh oleh berbagai paparan globalisasi yang berdampak negatif dan rgresif. Mereka akan dapat memilih dan memilah apa yang akan diambilnya dan mana yang harus ditolaknya secara tegas. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENGEMBANGAN MORAL DAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PENULIS: Muhammad Fajri ISBN: 978-623-7208-64-8 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 101 halaman Sinopsis: Upaya mengembalikan marwah pendidikan sebagai proses mendidik ...

Konsep Dasar IPS

Ditulisnya buku ini selain bermaksud untuk memberikan sumbangsih perbendaharaan literatur yang saat ini masih sangat terbatas jumlahnya, terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Konsep Dasar IPS, Pendidikan IPS, dan Pembelajaran IPS sebagai salah satu bentuk pengembangan bahan ajar mata kuliah yang diampu penulis juga dimaksudkan dapat memberikan sumbangsih literatur bagi para praktisi pendidikan umumnya secara khusus bagi guru dan calon guru IPS yang membutuhkan. Buku ini lahir adanya akan bahan ajar yang relevan dengan kurikulum Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yaitu mata kuliah Konsep Dasar IPS sebagai salah satu mata kuliah wajib. Dalam buku ini memuat teori pada ruang lingkup IPS dan karakteristiknya, yaitu ekonomi, sejarah, antropologi, sosiologi, geografi, dan politik pemerintahan. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan teori keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon guru SD dari sudut pandang muatan IPS dalam beberapa tinjauan kurikulum. Konsep Dasar IPS ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Selain itu , buku ini dilengkapi dengan teori keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang calon guru SD dari ... Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PG - PAUD ) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ( 2017-2020 ) .

ILMU SOSIALDAN BUDAYA DASAR

Buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) ini merupakan salah satu buku ajar yang dibuat di Kampus STKIP Singkawang dengan menyusaikan visi-misi STKIP Singkawang.“Buku ajar ini terdiri beberapa bab yaitu: (1) Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar”(2). Manusia sebagai makhluk berbudaya (3) Manusia dan kehidupan sosialnya(4)“Manusia, budaya, dan peradaban”(5) “Manusia, kebragaman, dan kesetaraan”(6) “Nilai, moral, dan hukum dalam kehidupan manusia”(7) “Sains dan teknologi bagi manusia(8)Lingkungan bagi kesejahteraan manusia.”Dalam penerapannya pada perkuliahan Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) disusun untuk 16 kali pertemuan perkuliahan selama satu semester.”Bagi para pendidik perlu juga untuk memberikan pengetahuan dan wawasan lain kepada mahasiswa selain bahan ajar dasar yang ada di buku ini, seperti; kuliah umum ataupun observasi langsung kelapangan dalam kehidupan masyarakat yang disesuaikan dengan karakteristik Program Studi di STKIP Singkawang.“Oleh sebab itu perlu perencanaan yang baik dan kreativitas dosen pengampu dalam aplikasinya.”

Buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD) ini merupakan salah satu buku ajar yang dibuat di Kampus STKIP Singkawang dengan menyusaikan visi-misi STKIP Singkawang.“Buku ajar ini terdiri beberapa bab yaitu: (1) Pengantar Ilmu Sosial Budaya ...