Sebanyak 1024 item atau buku ditemukan

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

METODEDE PERENCANAAN EVALUASI DAN PENGENDALIAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI

Buku ini disusun sebagai salah satu komitmen penelitian atas bantuan hibah dari pemerintah Indonesia melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Kementerian Riset,Teknologi, dan pendidikan Tinggi. Kepercayaan yang diberikan kepada Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar dalam bentuk Pelaksanaan Penelitian hibah kompetitif Tim pascasarajana dengan Judul penerapan konsep Earned Value pada Pelaksanaan Proyek Kontruksi ini, telah berlansung sema tiga tahun berturut-turut dari tahun 2104 sampai dengan tahun 2016

Buku ini disusun sebagai salah satu komitmen penelitian atas bantuan hibah dari pemerintah Indonesia melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Kementerian Riset,Teknologi, dan pendidikan Tinggi.

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Kata “pembelajaran” lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional dan sosial, sedangkan kata “pengajaran” lebih cenderung pada kegiatan mengajar dosen di kelas. Dengan demikian, kata “pembelajaran” ruang lingkupnya lebih luas daripada “pengajaran”. Dalam arti luas, pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (dosen) dengan peserta didik., sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memugkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, naik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri dosen secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum, oleh karenanya penting bagi seluruh civitas akademika untuk dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi diantara buku pokok lainnya. [yessy, nur, endah, sary, evaluasi, pembelajaran]

Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum ...

Fiqh Syafiʼi

Dapatlah dimengerti , bahwa istilah “ Syafi'iyah ” , serta pengertiannya , ialah ulama - ulama pengikut Imam Syafi'i , yang mereka kadang - kadang menyimpang dari mazhab Imam Syafi'i . Mereka menyimpang itu karena alasan - alasan ...

Menelusur Jejak Implementasi Konsep Bangunan Hijau dan Pintar di Kampus Biru

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada. Pada Bab 1 dibahas mengenai isu global, perkembangan kebijakan dalam negeri, konsep dasar, dan sistem pemeringkatan bangunan hijau yang diterapkan di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Pada Bab 2 dan 3 disajikan informasi lebih detail mengenai prinsip-prinsip bangunan hijau berdasarkan sistem GREENSHIP serta parameter ukur bangunan hijau menurut jenis bangunan. Selanjutnya, di Bab 4 dibahas mengenai dasar-dasar teori, standar, serta metode pengukuran dan simulasi yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif parameter-parameter fisika bangunan. Informasi dasar di Bab 4 kemudian didukung dengan pengetahuan yang komprehensif mengenai penerapan teknologi cerdas dan kontrol pada bangunan (smart and control system) yang dibahas pada Bab 5. Implementasi konsep bangunan hijau di beberapa kampus di Indonesia yang dibahas pada Bab 6 membuka studi dan pandangan yang lebih lebar untuk melihat seberapa penting dan besar pengaruhnya ketika konsep bangunan hijau diterapkan di institusi perguruan tinggi. Kajian lebih lanjut dan dalam dipaparkan pada Bab 7 mengenai berbagai studi kasus terkait analisis bangunan hijau dan cerdas di Universitas Gadjah Mada yang telah dilakukan oleh grup riset INSGREEB (Integrated Smart and Green Building) sejak tahun 2012 hingga saat ini. Studi kasus meliputi Gedung Pusat UGM, Perpustakaan Pusat UGM, Asrama Kinanti 1, 2, dan 3, beberapa gedung di Fakultas Teknik, dan beberapa calon gedung baru seperti Smart and Green Learning Center dan Sport Center. Akhirnya, semoga buku ini dapat menjadi sumber informasi yang komprehensif bagi pembaca dalam memahami konsep bangunan hijau dan penerapannya di kawasan perguruan tinggi. Selain itu, semoga juga mampu menjadi rujukan metode dan studi kasus bagi pembaca untuk mendapatkan contoh-contoh yang sistematis dalam mengimplementasikan konsep bangunan hijau. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku ini ditulis sebagai bentuk informasi dan rekam jejak yang berlanjut mengenai pengembangan konsep bangunan hijau di Universitas Gadjah Mada.

Manajemen Bisnis Keluarga

Kini semakin berkembangnya perekonomian Indonesia dengan ragam bentuk usaha, bisnis keluarga kembali menjadi sorotan dan harapan bagi perekonomian seiring bermunculannya pengusaha muda generasi sebagai penerus bisnis keluarga. Bisnis keluarga memiliki keunikan tersendiri dalam pengelolaannya. Berbeda dengan bisnis konvensional dimana manajer dan CEO merupakan orang yang baru kita kenal, dalam keluarga bisa jadi manajer adalah kakak ipar dan CEO adalah paman Anda. Dapat dibayangkan perbedaan proses pengambilan keputusan hingga kemungkinan konflik yang terjadi dalam bisnis. Di era perekonomian saat ini pun bisnis keluarga memiliki beragam kategori ditinjau dari model kepemimpinannya; Model Kapten dimana pendiri merupakan pemilik dan pengelola; Model Emperor dimana pemimpin berperan dalam memimpin baik bisnis maupun keluarga; Model Tim Keluarga dimana bisnis dimiliki bersama oleh sejumlah anggota keluarga; Model Keluarga Profesional dimana peran anggota keluarga dalam bisnis telah memiliki sistem yang baik; Model Korporasi dimana sejumlah besar keluarga terlibat dalam struktur manajemen bisnis yang komprehensif; dan Model Kelompok Investasi Keluarga dimana sejumlah anggota keluarga bersama-sama berinvestasi dalam bisnis. Unik dan menantang, pengelolaan bisnis dengan anggota keluarga mulai dari persamaan visi dan misi, konflik, hingga proses suksesi pada generasi selanjutnya dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami melalui Buku Manajemen Bisnis Keluarga ini, diperkaya dengan contoh-contoh kasus internasional untuk menambah pemahaman Anda baik dalam teori maupun penerapannya.

Unik dan menantang, pengelolaan bisnis dengan anggota keluarga mulai dari persamaan visi dan misi, konflik, hingga proses suksesi pada generasi selanjutnya dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami melalui Buku Manajemen Bisnis Keluarga ...

Akuntansi Syariah

Penulis : Firdaus Furywardhana, SE., SS., MSI. Hal : 144 ISBN : 978-602-6364-57-9 Sinopsis : Mengakomodasi perkembangan Keuangan syariah, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dengan merujuk Standar Akuntansi dan Auditing untuk lembaga keuangan Islam (Accounting and Auditing Standards for Islamic Financial Institutions) yang dikeluarkan Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions, lembaga regulasi keuangan Islam internasional yang berkedudukan di Abu Dhabi. Maka IAI mengeluarkan Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah Nomor 59 yang disahkan 1 Mei 2002 dan diberlakukan 1 Januari 2003. Dalam perkembangannya PSAK 59 tersebut mendapat penyempurnaan dengan diikeluarkan PSAK 101 tentang penyajian pelaporan keuangan syariah, PSAK 102 (2013) tentang Akuntansi murabahah, PSAK 103 tentang Akuntansi Salam, PSAK 104 tentang Akuntansi Istishna, PSAK 105 tentang Akuntansi Mudharabah, PSAK 106 tentang Akuntansi Musyarakah, PSAK 107 tentang Akuntansi Ijarah, PSAK 108 tentang Akuntansi Penyelesaian Utang Piutang Murabahah Bermasalah, PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah. Buku akuntansi syariah ini akan membahas pengertian Akuntansi Syariah, konsep dasar akuntansi, konsep dan implementasi dari akuntansi murabahah, akuntansi salam, akuntansi istishna, akuntansi mudharabah, akuntansi musyarakah, akuntansi ijarah, akuntansi Qard, akuntansi wadiah, serta penyajian pelaporan keuangan syariah.

Perbankan Syariah di Indonesia diawali oleh pendirian Bank Muamalat Indonesia pada tahun 1991 yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), pemerintah dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) serta beberapa pengusaha muslim ...