How can different interest groups engage together in learning processes that enable them to better manage community forests? In this volume, practitioners from eight countries document their experience with the aim of identifying how to characterize social learning, as well as how to improve upon current practice. Analysis of current approaches to facilitation and the circumstances or platforms of learning indicate the need for more attention to the different avenues and styles of learning and the potential benefits of using multiple avenues. Learning styles and approaches need to be responsive to stakeholders preferences, culture, and changes in management needs. Multiple approaches are likely if the goal is to reach all the necessary parties and to be relevant to changing conditions over time. In documenting these experiences, the authors link their observations to concepts, labels and the theory of social learning to further advance our general understanding of multi-stakeholder processes in forest management.
... Pembelajaran Sosial Dalam Pengelolaan Hutan Komunitas Editor Eva
Wollenberg David Edmunds Louise Buck Jeff Fox Sonja Brodt DAFTAR ISI
Pengantar -Edisi Bahasa Indonesia....................................................... iii -Edisi Bahasa Inggris.
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan buku referensi sebagai luaran tambahan dari hasil penelitian yang telah didapat dari Kemenristek Dikti 2020 hibah Penelitian Dosen Pemula tepat pada waktunya. Buku ini berisi tentang Manajemen dan Strategi Penyelesaian Masalah dalam Pelayanan Keperawatan. Buku referensi ini diharapkan dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan referensi bagi pengajar, mahasiswa, peneliti, dan praktisi keperawatan serta memberi informasi kepada masyarakat. Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang sudah membiayai penelitian PDP 2020. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Universitas Sari Mutiara Indonesia dan LPPM Universitas Sari Mutiara Indonesia yang telah memfasilitasi penelitian ini. Kami menyadari penulisan buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kami mengharapkan saran yang membangun dari pembaca agar buku referensi ini menjadi lebih baik. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.
Pembangunan di era sekarang ini tidak lagi hanya mengandalkan diri pada penguasaan teknologi melainkan terutama pada penguasaan pengetahuan. Penguasaan pengetahuan mansyaratkan literasi informasi. Untuk memasyarakatkan literasi informasi, salah satu langkahnya adalah penerbitan buku ini. Pembahasan literasi informasi dalam buku ini adalah dalam konteks siklus serta pengelolaan pengetahuan individu. Mempraktekan buku ini dapat membantu anda untuk menemukan topik tulisan yang orisinil, menghindari penyebaran hoax, pemakaian sumber informasi atau informasi yang kurang bermutu, serta menghasilkan tulisan yang orisinil, bermutu dan yang terpenting bebas dari plagiarisme.
Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media. Menekankan pada aspek edukasi di kalangan masyarakat, agar mereka tahu bagaimana mengakses, memilih program yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan. Perkembangan media saat ini semakin pesat ada dampak positif maupun negatif, sangat berbahaya apabila tidak dibarengi dengan ilmu yang ada di dalam masyarakat apa lagi di media sosial siapapun bisa mengakses-nya yang dan tidak semua paham tentang media literasi tersebut. Informasi yang faktual dengan data-data yang bisa dipertangungjawabkan cenderung akan diabaikan karena tidak sesuai dengan keyakinannya. Buku ini berisi hasil riset mahasiswa dengan tema utama literasi media. Diolah dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami pembaca.
Literasi media disebut juga dengan media literacy media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis mengevaluasi, dan mengomunikasikan isi pesan media.
Belajar menulis angka dan berhitung tidak perlu menunggu sampai anak masuk sekolah. Semua bisa diawali di rumah bersama orang tua. Sebab, rumah dan orang tua merupakan lingkungan dan orang terdekat bagi sang anak. Mengapa Buku Ini penting??? 1. Dirancang khusus untuk tingkat dasar dan tidak membebankan anak. 2. Dimulai dengan pemantapan kemampuan motorik halus anak. 3. Gambar-gambar menarik membuat anak antusias. 4. Cukup 10 menit untuk menguasai setiap pembelajaran. 5. Tujuan akhir anak dapat menghitung, menjumlahkan, dan mengurangkan.
Belajar menulis tidak perlu menunggu sampai anak masuk sekolah. Semua bisa diawali di rumah bersama orang tua. Sebab, rumah dan orang tua merupakan lingkungan dan orang terdekat bagi sang anak. Mengapa Buku Ini penting??? 1. Dirancang khusus untuk belajar menulis tingkat dasar dan tidak membebankan anak. 2. Dimulai dengan pemantapan kemampuan motorik halus anak. 3. Belajar menulis abjad dan suku kata secara baik dan benar. 4. Cukup 10 menit untuk menguasai setiap pembelajaran. 5. Tujuan akhir anak dapat menulis kalimat sederhana.
Belajar membaca tidak perlu menunggu sampai anak masuk sekolah. Semua bisa diawali di rumah bersama orang tua. Sebab, rumah dan orang tua merupakan lingkungan dan orang terdekat bagi sang anak. Mengapa Buku Ini penting??? 1. Dirancang khusus untuk belajar membaca tingkat dasar dan tidak membebankan anak. 2. Belajar membaca berdasarkan suku kata (tanpa mengeja), misalnya ba bi bu be bo. 3. Tiap suku kata dibedakan atas warna sehingga memudahkan pelafalan. 4. Cukup 10 menit untuk menguasai setiap pembelajaran. 5. Tujuan akhir anak dapat membaca kalimat sederhana.
Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Kesimbangan itu diperlukan agar tidak ada zat gizi yang berlebihan, bahkan kurang. Informasi mengenainya pun telah terserak di berbagai media, tak terkecuali buku di hadapan pembaca ini. Selain menjelaskan zat gizi makro-mikro serta suplementasi berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan selama hamil dengan segala konsekuensinya juga dipaparkan.