Sebanyak 169 item atau buku ditemukan

RASIONALITAS TRADISI ISLAM NUSANTARA

Islam yang bercampur dengan budaya lokal merupakan gejala normal dari dinamika peradaban umat Islam. Pergumulan dan interaksi umat Islam dengan budaya akan menampilkan Islam yang berkarakter dan lebih toleran. Sebaliknya, semakin minim interaksi umat Islam dengan kebudayaan lokal maka semakin miskin pula budaya lokal. Di sinilah letak wajah Islam Indonesia sangat berbeda dengan Islam Timur Tengah (Saudi Arabia) yang menampilkan Islam puritan. Selama ini, budaya dianggap berada di luar ajaran Islam karena tidak sesuai dengan doktrin Islam. Bagi mereka, budaya merupakan karya manusia yang dapat berubah, sementara Islam adalah kreasi Allah Swt. yang bersifat permanen (asy-Syari’ah al-khalidah). Jika kita menengok isi Al-Qur’an dan sirah nabawi (sejarah nabi) banyak mendeskripsikan akomodasi sub budaya Arab. Oleh karena itu, penolakan tradisi lokal dalam formulasi Islam telah menghilangkan keluwesan Islam. Ulama ushul fiqh telah memperhatikan budaya lokal dengan kaidahnya, al- ‘adat muhakkamah (adat dapat dijadikan pedoman hukum).

Islam yang bercampur dengan budaya lokal merupakan gejala normal dari dinamika peradaban umat Islam.

KUHAPer: Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdata Beserta Penjelasannya

HUKUM ACARA PERDATA mengatur cara mengajukan tuntutan hak, memeriksa, memutuskan, serta melaksanakan putusan. Ia, sebagaimana menurut Prodjodikoro, menunjukkan jalan yang harus dilalui oleh seseorang agar perkara yang dihadapinya dapat diperiksa oleh pengadilan. Selain itu, ia menunjukkan pula cara pemeriksaan perkara, cara pengadilan menjatuhkan putusan, dan bagaimana putusan itu dijalankan sehingga maksud orang yang mengajukan perkara tercapai; pelaksanaan hak dan kewajiban menurut hukum perdata yang berlaku.

HUKUM ACARA PERDATA mengatur cara mengajukan tuntutan hak, memeriksa, memutuskan, serta melaksanakan putusan.

INTEGRASI KURIKULUM: Konsep, Model, dan Aplikasi

Buku ini membahas kurikulum pesantren yang diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal. Tujuan integrasi kurikulum adalah memperdalam, menambah wawasan, dan akselerasi atau percepatan dalam mempelajari kitab kuning meskipun ditempuh di pendidikan formal. Awal pembahasan dalam buku ini dipaparkan mengenai kurikulum secara umum, integrasi kurikulum, model integrasi kurikulum, dan integrasi kurikulum ke dalam lembaga pendidikan formal yang mencakup proses integrasi hingga peran pimpinan dalam mengintegrasi kurikulum. Kemudian, konsep- konsep tersebut direpresentasikan pada MTs Nurul Qarnaian Sukowono Jember.

Buku ini membahas kurikulum pesantren yang diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal.

MANAJEMEN KURIKULUM

Buku ini masih bersifat global dan mengungkap berbagai persoalan seputar konsep manajemen kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, ruang lingkup manajemen kurikulum lembaga pendidikan, masalah-masalah dan kendala dalam implementasi kurikulum 2013, tahapan manajemen kurikulum dalam satuan pendidikan, analisis dan identifikasi sumber daya yang dibutuhkan pada tingkat satuan pendidikan, evaluasi manajemen kurikulum pada satuan pendidikan, tugas pokok dan fungsi manajer dan personil satuan pendidikan dalam manajemen kurikulum, inovasi dalam implementasi manajemen kurikulum, peranan dan aplikasi IT dalam manajemen kurikulum, model dan organisasi pengembangan kurikulum, KKNI dan kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman penulis yang diperkuat dengan berbagai sumber bacaan.

Buku ini masih bersifat global dan mengungkap berbagai persoalan seputar konsep manajemen kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, ruang lingkup manajemen kurikulum lembaga pendidikan, masalah-masalah dan kendala dalam ...

Handbook 4 Kitab Undang-Undang: KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) KUHAP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana) KUHPer (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata) KUHAPer (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Perdata) Beserta Penjelasannya

Sebagai negara yang diatur berdasarkan hukum (Rechtsstaat) dan menjadikannya landasan normatif untuk segala urusan kehidupan, Indonesia menjamin keamanan dan kenyamanan warganya dari ancaman kesewenang-wenangan penguasa (Maachsstaat). Sehingga konsekuensinya adalah ketentuan hukum mengikat seluruh warga negara, termasuk penguasa, tanpa pandang bulu. Hal ini dimaksudkan untuk memanifestasikan fungsi hukum sebagai kontrol sekaligus perubahan kehidupan sosial.

Sebagai negara yang diatur berdasarkan hukum (Rechtsstaat) dan menjadikannya landasan normatif untuk segala urusan kehidupan, Indonesia menjamin keamanan dan kenyamanan warganya dari ancaman kesewenang-wenangan penguasa (Maachsstaat).

MANAJEMEN PEMASARAN

Pada hakikatnya, manajemen pemasaran adalah jenis kemampuan dasar yang sangat diperlukan untuk bisnis apa pun dan perusahaan mana pun. Hal ini karena penentuan produk atau jasa tersebut dipersepsikan oleh konsumen dan sebaliknya. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengetahui keseluruhan wacana tentang manajemen pemasaran ini. Manajemen pemasaran pada umumnya mencakup kegiatan perencanaan, perilaku, pemantauan, dan evaluasi yang berkaitan dengan proses memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak atau pelanggan. Tujuan dari manajemen ini ialah untuk memastikan bahwa banyak orang yang mengenal produk tersebut. Karena itu, kegiatan pemasaran tidak optimal tanpa pengelolaan yang baik. Sebab, sebuah perusahaan mungkin tidak dapat menjual satu produk jika tidak ada konsumen yang tahu mengenai produk apa yang dijual atau jasa apa yang ditawarkan. Salah satu tugas penting pemasar adalah menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen dan pelanggan. Dalam konteks ini, pemasar dapat melakukan riset pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga produk yang diciptakan diminati dan mendatangkan manfaat atau kepuasan bagi masyarakat. Dalam hal ini, pemenuhan kebutuhan konsumen dilakukan dengan menggunakan strategi dan metode yang berbeda, dengan harapan konsumen akan puas dan melakukan pembelian ulang. Jika konsumen menjadi pelanggan setia karena kepuasannya, mereka tidak akan beralih ke produk atau jasa lain yang sejenis di perusahaan. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, mereka berfokus pada kepuasan pelanggan. Perilaku konsumen merupakan aktivitas individu yang terlibat langsung dalam pengadaan dan penggunaan barang atau jasa serta melibatkan proses pengambilan keputusan dalam mempersiapkan dan mendefinisikan aktivitas tersebut.

Pada hakikatnya, manajemen pemasaran adalah jenis kemampuan dasar yang sangat diperlukan untuk bisnis apa pun dan perusahaan mana pun.

PENGEMBANGAN INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pembahasan tentang pengembangan inovasi pendidikan dan sektor pembelajaran yang melingkupinya penting untuk dilakukan terutama olah para akademisi. Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang melalui dinamika serta perkembangan Ipteks seiring lahirnya Era Industri 4.0 yang terjadi secara masiv dewasa ini, pun menuntut adanya perubahan-perubahan yang progresif, riil dan berdampak signifikan dalam berbagai lini kehidupan termasuk bidang pendidikan di dalamnya menuju ke arah ketercapaian tujuan pendidikan yang diharapkan oleh masyarakat. Pengembangan inovasi dan pembelajaran yang bersifat pembaharuan atau inovasi dapat dilakukan melalui berbagai sektor, diantaranya ialah managemen pendidikan, metodologi pengajaran, media, sumber ajar, serta implementasi kurikulum. Tentu, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar pendidikan dapat menyelaraskan sesuai dengan kebutuhan manusia.

Pembahasan tentang pengembangan inovasi pendidikan dan sektor pembelajaran yang melingkupinya penting untuk dilakukan terutama olah para akademisi.

PENGANTAR ILMU EKONOMI Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian

Buku ini lahir dijadikan sebagai perwujudan terhadap pengembangan dasar ilmu ekonomi sebagaimana dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai pelaku ekonomi yang berupaya keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa pangan, sandang maupun papan. Kebutuhan tersebut senantiasa dapat terpenuhi tentunya dengan ilmu supaya dalam mendapatkan profit (keuntungan) didasari oleh penerapan ilmu ekonomi dalam memanajemenkan kehidupan ekonomi pula. Sumber daya yang ada berada dalam keadaan yang sangat terbatas namun kebutuhan manusia sangatlah tidak terbatas, sehingga diperlukan suatu upaya manusia atau masyarakat untuk mengatur atau menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas itu untuk memenuhi kebutuhan manusia atau masyarakat yang tidak terbatas. Sebagaimana diketahui bahwa sumber daya yang ada ditengah manusia sebagai pelaku ekonomi itu berupa uang, modal, tanah, mesin, pendidikan, keahlian, dan sebagainya merupakan sesuatu yang terbatas dan harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bukan digunakan dan dieksploitasi tanpa batas sehingga tidak ada kesinambungan bagi generasi yang akan datang. Dalam kasus tertentu misalnya seseorang yang ingin memiliki sepeda motor, kulkas, mesin cuci dan sebagainya sebagai barang yang sifatnya membutuhkan uang dalam jumlah relatif banyak, untuk bisa mendapatkan barang tersebut secara bersamaan sebagaimana disebabkan karena penghasilan pelaku ekonomi yang pas-pasan tentunya tidak mungkin bisa membeli semuanya dalam waktu yang bersamaan, maka sudah barang tentu pelaku ekonomi hendaknya berupaya untuk menentukan pilihan dengan membeli salah satu dari barang tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pilihan itu ditentukan karena pada saat itu pelaku ekonomi memiliki keterbatasan sumber daya berupa uang. Berlandaskan terhadap kasus ekonomi tersebut, maka dapat dapat diketahui bahwa betapa pentingnya mempelajari ilmu ekonomi karena ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia baik secara individu atau masyarakat dalam menentukan sumber daya yang terbatas jumlahnya, untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penulisan buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi. Buku ini merupakan hasil kajian kepustakaan yang menjadi teori utama (grounded theory) yang penulis temukan dalam berbagai literatur ilmiah berupa jurnal dan kutipan buku ajar yang lain. Penulis menyadari dengan berlandaskan kepada konsep bahwa ketika ilmu disebarluarkan kepada banyak orang maka ilmu tersebut akan memberikan manfaat kepada pemiliknya sehingga misi utama penulisan buku ini secara umum digunakan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi kepada semua kalangan baik akademisi maupun praktisi singkatnya pembaca secara luas dan sekaligus semoga dapat tetap membuat penulis untuk tetap senantiasa rendah hati dan tunduk kepada ketaatan terhadap kemutlakan ilmu Tuhan Yang Maha Kuasa diatas segala ilmu sehinga satu harapa tersebut penulis yaitu dapat menyebabkan penulisnya belajar dan belajar lagi, karena sesungguhnya semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka kita akan senantiasa merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Tuhan yang sungguh besar dan luas.

Karl Marx serta para pemikir sistem ekonomi sosialis lainnya seperti Frederick Engels dan Vladimir Lenin , berdasarkan teori revolusi sosial yang dikembangkannya, mengemukakan bahwa kapitalisme membangkitkan material preconditions ...

TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN

B elajar merupakan suatu perubahan perilaku setiap individu yang dapat dibentuk dari pengalaman atau pengetahuan yang diperoleh. Perubahan perilaku setiap individu juga berbeda, selain bertambahnya ilmu pengetahuan, perubahan lainnya dapat terlihat dari cara individu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, minat terhadap sesuatu, sikap, dan kepercayaan diri. Proses belajar bertujuan untuk memberikan perubahan perilaku individu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian dengan mendapatkan ilmu pengetahuan diharapkan tiap individu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kognitifnya dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya dapat menumbuhkan dan menerapkan konsep keterampilan jasmani maupun rohani dengan matang sehingga munculnya perubahan psikomotorik, juga dapat membentuk sikap individu mengarahkan untuk berpikir kepada hal yang positif agar memunculkan perubahan afektif pada individu. Dalam hal ini, terdapat beberapa urutan bentuk belajar sebagai tahap belajar yang hirarkis, artinya semua bentuk belajar berjenjang dan bersyarat, dimana bentuk belajar yang satu menjadi dasar untuk bentuk belajar berikutnya. Sehingga bentuk belajar yang satu harus terlebih dahulu dapat dikuasai oleh individu sebelum beralih kebentuk belajar yang lain. Kemudian, terdapat prinsip-prinsip dalam belajar, meskipun memiliki beberapa perbedaan, tetapi arah dari prinsip belajar yang telah dijelaskan menuju kepada tujuan yang sama. Tujuan yang dimaksud adalah agar mempermudah individu dalam belajar, mendapatkan ilmu dan memahaminya dengan mudah sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik. Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, teori sibernetik, teori belajar revolusi sosio kultural, dan teori belajar kecerdasan majemuk (multiple intellegences). Semua teori ini akan dibahas secara rinci dan mendalam dalam buku ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca.

Selain itu, terdapat beberapa teori yang penting untuk dipahami dalam belajar dan pembelajaran, seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivistik, teori belajar konstruktivistik, teori humanistik, ...

METODOLOGI SKRIPSI

Tujuan penulisan diktat ini adalah sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran mata kuliah Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi bagi mahasiswa pada Jurusan Syari`ah Program Studi Perbankan Syari`ah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah. Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi adalah fakta yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari oleh Mahasiswa, karena dengan mempelajari dan mempraktekkan tentang Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi serta Penulisan Skripsi di masa depan untuk salah satu Penyelesaian Tri Darma Perguruan Tinggi dan mendapatkan Gelar Sarjana (S.E). Mempelajari Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi amat penting, dengan mempelajarinya akan mengetahui bagaimana penyusunan Skripsi yang akhirnya memberikan Pengalaman dalam Penelitian. Diktat ini memfokuskan pembahasan dan perkembangan Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi.

Tujuan penulisan diktat ini adalah sebagai salah satu pendukung proses pembelajaran mata kuliah Metodologi Skripsi/Bimbingan Skripsi bagi mahasiswa pada Jurusan Syari`ah Program Studi Perbankan Syari`ah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al ...