Sebanyak 152 item atau buku ditemukan

Sistem Pendidikan Kader dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Program kaderisasi merupakan fitrah alamiyah dari seluruh umat manusia untuk menjaga keberlangsungan hidupnya, dengan menikah. Demikian juga pentingnya kader dalam lembaga pendidikan. Isyarat teologis kaderisasi dapat ditelisik, di antaranya Q.S. al-Baqarah [2]: 124, Q.S. al-Ahqaf [46]: 15, Q.S. Maryam [19]: 1-15, Q.S. al-Nisa’ [4]: 9, Nabi Muhammad memerintah Zaid bin Sabit belajar Bahasa Suryani, menulis mushaf al-Qur’an, dan menulis surat kepada raja-raja, ‘Ali ibn Abi Talib sebagai juru tulis akad, al-Mugirah ibn Su’bah pencatat kebutuhan mendesak Nabi, ‘Abdullah ibn al-Arqam pencatat perjanjian hutang piutang, dan sejenisnya, mengajarkan Mu’ad bin Jabal berijtihad, serta sahabat ‘udul lain dengan peran kepakarannya. Artinya, kaderisasi harus direncanakan dari suatu yang sudah fitrah, termasuk untuk menjaga eksistensi pesantren dan lembaga pendidikan Islam dari segi kualitas dan kuantitas di era modern. Buku ini membahas tentang sistem kaderisasi pesantren, bagaimana pesantren menjaga eksistensi dan ruhnya di tengah-tengah modernisasi. Tidak jarang lembaga pendidikan Islam mengabaikan satu hal ini, di mana pimpinan wafat berakhir pula pesantrennya. Akan diuraikan pula pentahapan, pendidikan, hambatan, dan solusi pendidikan kaderisasi. Dengan kaderisasi pesantren dan lembaga pendidikan Islam mampu bersaing di era globalisasi.

Dalam bahasa manajemen, pemikiran masa depan yang dituangkan dalam konsep yang jelas dan sistematis ini disebut perencanaan (planning). Perencanaan ini menjadi sangat penting karena berfungsi sebagai pengarah bagi kegiatan, ...

Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan merangsang minat, perhatian, pikiran, dan perasaan peserta didik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Media pembelajaran dapat berupa modul, teman, instruktur, buku, video, gambar atau foto, slide, recorder, film, dan lain sebagainya. Elemen media pembelajaran terdiri atas lima elemen yaitu teks, gambar, suara, video, dan animasi. Teks berupa naskah, tulisan, ataupun simbol, gambar berupa ilustrasi atau sketsa atas suatu benda, peristiwa, atau yang lainnya, dan suara berupa bunyi yang dapat berbentuk percakapan, melodi, dan lain sebagainya. Sedangkan video berupa rekaman atas suatu kejadian dan animasi berupa serangkaian gambar yang tampak bergerak. Buku ini akan membahas teori tentang media pembelajaran yang disertai turorial pembuatan media pembelajaran dengan beberapa jenis aplikasi atau platform. Pembaca akan diajak memahami tentang sumber belajar, media pembelajaran, dan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada akhir bab pembaca akan mempraktikkan membuat media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Flipbook, Mindjet MindManager, Canva, dan Quizizz. Penulis berharap pembaca akan memahami tentang media pembelajaran baik dari segi teori maupun dari segi praktik.

Media pembelajaran adalah semua jenis alat atau instrumen yang berbentuk fisik maupun nonfisik, baik dalam bentuk software maupun hardware, tercetak maupun audivisual yang digunakan pendidik sebagai penghubung untuk menyampaikan materi ...

ILMU TASAWUF

Penguatan Mental-Spiritual dan Akhlaq

Masalah terbesar yang dihadapi semua manusia dalam menjalani kehidupan ini adalah mengenal Tuhan melalui ilmu dan amal. Pengenalan tersebut akan melahirkan kemampuan manusia merespon segala realitas kehidupan dalam segala keadaan secara bijak, santun, cerdas, dan jauh dari ketegangan, stres, depresi bahkan konflik. Hanya dengan bersandar pada Allahlah sikap tersebut akan terwujud, dan Tasawuf mengantarkan ke arah yang dimaksud. Sebagai The Heart of Islam, Tasawuf menguraikan beberapa hal penting yang merupakan landasan bagi terbentuknya sikap bijak dan cerdas dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan yang terus berkembang dan berubah. Untuk kepentingan itulah buku Ilmu Tasawuf penguatan Mental-Spiritual dan Akhlaq ini dihadirkan ke hadapan pembaca. Tema-tema sentral yang dibahas dalam buku ini merupakan pilihan penulis yang didasarkan atas beberapa pertimbangan; Pertama, berdasarkan pengalaman penulis mengajar Ilmu Tasawuf dalam lima tahun terakhir, dan juga bertahun-tahun mengisi berbagai forum pengajian di beberapa kelompok masyarakat. Materi pokok dan dasar tentang tema-tema tasawuf ini sangat dibutuhkan dan diminati. Kedua, masyarakat pada umumnya lebih banyak membutuhkan pembahasan tema-tema keislaman yang bersifat praktis-amaliah dan tidak terlalu dibawa kepada perbedaan pendapat dan pembahasan yang terlalu rumit. Atas dasar pertimbangan di atas, maka tema-tema dalam buku ini penulis rangkai dari beberapa sumber, baik buku-buku Tasawuf praktis, kitab-kitab referensi utama dengan landasan al-Qur’an dan al-Hadits, maupun beberapa hasil makalah terpilih dari teman-teman pengkaji Tasawuf di berbagai forum. Dengan didahului oleh pengantar tentang hal–ihwal Ilmu Tasawuf, dan deskripsi sederhana dari tema-tema pokok kajian ini, diharapkan buku ini dapat memberikan pemahaman kepada berbagai lapisan masyarakat, baik akademik maupun praktisi secara mudah dan efektif. Yang lebih penting lagi adalah dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuknya kultur yang bermartabat, berbudi luhur dan berakhlaqul karimah di segala keadaan.

Untuk kepentingan itulah buku Ilmu Tasawuf penguatan Mental-Spiritual dan Akhlaq ini dihadirkan ke hadapan pembaca.

Iktikad Baik dalam Berkontrak

Upaya Mewujudkan Keadilan Hukum dan Ekonomi dalam berakad

Iktikad baik yang merupakan wilayah hati menjadi sesuatu yang unik jika dituangkan dalam sebuah kontrak bisnis, khususnya lembaga keuangan syariah yang memiliki akad beragam yang diderivasi dari fiqh muamalah. Apalagi jika menggunakan perspektif Good Corporate Goverment dan nilai-nilai syariah sebagai indikator iktikad baik. Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata dengan tegas menyatakan bahwa, ”Perjanjian harus dilaksanakan dengan iktikad baik”. Asas ini mengandung pengertian bahwa semua bentuk perjanjian yang dilakukan harus mendatangkan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi para pihak yang mengikatkan diri dalam perjanjian. Buku ini mengupas bagaimana prinsip dan azas iktikad baik dalam berkontrak ini diaplikasikan dalam Lembaga keuangan Syariah.

Buku ini mengupas bagaimana prinsip dan azas iktikad baik dalam berkontrak ini diaplikasikan dalam Lembaga keuangan Syariah.

Implementasi Kebijakan Kurikulum K-13

Implementasi Kebijakan Kurikulum K-13 merupakan kebijakan kurikulum sekolah dasar dan menengah yang ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku ini merupakan hasil dari penelitian Penulis yang dilakukan di SMPN 10 kota Pontianak sebagai salah satu sekolah yang menjadi sasaran atau percontohan (followting) untuk mengimplementasikan kurikulum 2013. Buku ini menjelaskan kesiapan guru di SMPN 10 kota Pontianak dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dan mendeskripsikan keadaan di lapangan bagaimana kurikulum 2013 ini diimplementasikan, apakah dapat berjalan secara efektif, serta menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 tersebut. Buku ini menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan, di mana dideskripsikan bahwa implementasi kebijakan kurikulum Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 di kota Pontianak pada tahun pertama sudah melaksanakan kurikulum 2013 namun belum dapat berjalan secara efektif. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, a) faktor komunikasi, di mana sosialisasi dan pelatihan para guru tentang kurikulum 2013 masih belum maksimal dan masih banyak guru yang belum dapat memahami hakikat dan esensi dari kurikulum 2013; b) faktor sumber daya, di mana kompetensi guru SMPN 10 kota Pontianak sebagai implementor kurikulum 2013 masih banyak yang masih kurang; c) faktor disposisi, di mana ada beberapa guru SMPN 10 kota Pontianak memiliki perspektif yang berbeda tentang kurikulum 2013; d) faktor struktur birokrasi, di mana para guru SMPN 10 kota Pontianak masih kesulitan dalam penilaian aspek afektif (sikap) dan aspek psikomotor (keterampilan) setiap siswa di kelas.

Implementasi Kebijakan Kurikulum K-13 merupakan kebijakan kurikulum sekolah dasar dan menengah yang ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Ajar Fisika Dasar

Apa reaksi pertama anda ketika mendengar kata “fisika”? Banyak orang datang ke pelajaran fisika dengan sedikit rasa takut. Tapi saat anda memulai menjelajahi topik-topik yang ada dalam fisika secara lebih dalam, kita mungkin segera menyadari bahwa fisika memainkan peran yang jauh lebih besar dalam hidup anda daripada yang dipikirkan sebelumnya. Pikirkan sekarang tentang semua perangkat teknologi yang Anda gunakan secara teratur. Komputer, smartphone, sistem GPS, dan satelit radio mungkin datang ke pikiran. Semua terobosan ini kemajuan, biasa atau luar biasa, bergantung pada prinsip-prinsip fisika. Selain memainkan peran penting dalam teknologi, para profesional seperti: sebagai insinyur, pilot, dokter, ahli terapi fisik, ahli listrik, dan pemrogram komputer menerapkan konsep fisika dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Dalam buku ajar fisika dasar ini, Anda akan mulai membahas topik-topik dasar fisika seperti pengukuran dan besaran, vektor, kinematika partikel, gerak melingkar, dinamika partikel, dan momentum linier dalam bentuk yang ringkas dan padat namun tidak mengurangi esensi dari capaian pembelajaran. Semoga buku ini bermanfaat dan pembaca senang membacanya.

Dalam buku ajar fisika dasar ini, Anda akan mulai membahas topik-topik dasar fisika seperti pengukuran dan besaran, vektor, kinematika partikel, gerak melingkar, dinamika partikel, dan momentum linier dalam bentuk yang ringkas dan padat ...

METODE PENELITIAN CAMPURAN

KONSEP, PROSEDUR DAN CONTOH PENERAPAN

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian. Metode ini memadukan dua jenis metode penelitian, yaitu kuantitatif dan kualitatif dalam satu kesatuan. Dalam penerapan metode penelitian ini tidak hanya mampu mengungkapkan fenomena permasalahan secara umum saja, akan tetapi mampu menjawab permasalahan secara lebih mendalam. Buku “Metode Penelitian Campuran” ini dapat membantu para mahasiswa, dosen dan peneliti dalam mengenal lebih jauh tentang ketentuan-ketentuan dalam mengaplikasikan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Melalui buku ini, anda akan mendapatkan informasi tentang konsep, aturan, jenis-jenis, prosedur dan contoh penerapan metode penelitian campuran yang telah dilakukan dalam bentuk artikel ilmiah dan tugas akhir mahasiswa. Buku ini dikembangkan penulis berdasarkan pengalaman dari peneliti dalam melakukan penelitian dengan menerapkan metode penelitian campuran. Selain itu, dukungan-dukungan sumber yang relevan menjadikan buku ini sangat baik dimiliki oleh mahasiswa, dosen dan peneliti sebagai pedoman dan referensi dalam meneliti berbagai bidang keilmuan.

Penerapan metode penelitian campuran merupakan salah satu solusi dalam memperoleh data apabila penerapan metode kuantitatif atau kualitatif saja dianggap tidak bisa memberikan hasil yang lengkap dalam menjawab rumusan masalah penelitian.

Ekonomi Makro Islam

Pendekatan Teori Makro Ekonomi Konvensional dan Islam

Buku ini menyajikan pembahasan secara teoritis tentang ekonomi makro, mengkomparasikan antara pendekatan konvensional dan Islam. Hasil komparasi tersebut merupakan hasil reduksi penulis berdasarkan teori dan pendapat para ahli di bidang ekonomi dan hasil proses pembelajaran di bidang keilmuan ekonomi makro baik konvensional maupun Islam. Ilmu ekonomi konvensional dan Islam tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat saling melengkapi. Segala model ekonomi yang digunakan dalam pendekatan ekonomi konvensional baik secara grafis maupun matematis akan melengkapi pendekatan ekonomi Islam yang bersifat etis dan normatif. Adapun materi-materi yang dibahas dalam buku ini adalah membahas mengenai konsep-konsep dasar dan kebijakan ekonomi makro, konsep pendapatan nasional, analisis pendapatan nasional, keseimbangan AD-AS dan IS-LM, siklus ekonomi/bisnis dan kebijakan fiskal, uang, bank dan kebijakan moneter, inflasi dan pengangguran, pertumbuhan penduduk, kemiskinan dan distribusi pendapatan, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, perdagangan internasional dan neraca pembayaran internasional. Keseluruhan materi dikupas melalui perspektif konvensional maupun Islam.

Buku ini menyajikan pembahasan secara teoritis tentang ekonomi makro, mengkomparasikan antara pendekatan konvensional dan Islam.

EKONOMI MAKRO ISLAM

Buku Ekonomi Makro Islam ini mengkaji tentang konsep ekonomi makro, ruang lingkup ekonomi makro Islam, sejarah pemikiran ekonomi makro Islam, teori konsumsi, tabungan dan investasi dalam ekonomi Islam, pendapatan nasional dalam pendekatan ekonomi Islam, perekonomian dua sektor, perekonomian tiga sektor, perekonomian empat sektor, keseimbangan AD-AS, pasar barang (LM), pasar uang (IS) dan keseimbangan IS-LM dengan pendekatan ekonomi Islam, pengangguran dalam perspektif Islam, inflasi dalam perspektif Islam, kebijakan pemerintah (tradeoff) dalam perspektif Islam, serta kebijakan moneter dan fiskal dalam perspektif Islam. Besar harapan semoga melalui washilah buku ini para pembaca mampu menambah khazanah keilmuan secara komprehensif berkaitan dengan ekonomi makro dalam perspektif Islam yang orientasinya ialah falah (al-hayatu at-thayyibah fi ad-dunya wa al-akhirah). Lebih dari itu, semoga buku ini dapat berkontribusi positif terhadap literasi ekonomi Islam di Indonesia.

Buku Ekonomi Makro Islam ini mengkaji tentang konsep ekonomi makro, ruang lingkup ekonomi makro Islam, sejarah pemikiran ekonomi makro Islam, teori konsumsi, tabungan dan investasi dalam ekonomi Islam, pendapatan nasional dalam pendekatan ...

Buku Ajar Ekonomi Makro Islam

Buku ini ditulis untuk menjadi buku pendamping dalam kegiatan belajar Mata Kuliah Ekonomi Makro Islam. Sebagai buku ajar tentunya buku ini berisikan materi-materi perkuliahan yang disajikan secara lebih ringkas dengan tujuan agar mahasiswa dapat lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan. Seluruh materi tersusun secara sistematis mulai dari sejarah dan ruang lingkup ekonomi makro, teori konsumsi dan investasi, pendapatan nasional, uang dan inflasi, kebijakan moneter dan fiskal hingga masalah pengangguran dan kebijakan pemerintah. Hal yang menarik dari buku ini adalah kesemua materi yang ada dalam buku tersebut tidak hanya melihat dari sudut pandang ekonomi konvensional tetapi juga melihat dari prespektif ekonomi makro Islam.

Moh. Faizin. 1. M. Akram Khan Islamic economics aims the study of the human falah (well-being) achieved by organizing ... macroeconomics and ecological imbalances. Jadi, menurut Chapra ekonomi makro Islam adalah sebuah pengetahuan ...