Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS DALAM PENDIDIKAN

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi. Hadirnya buku ini merupakan bentuk perhatian para akademisi mengenai pendidikan di Indonesia yang ditinjau dari sudut padang Sumber Daya Manusia (SDM). Diharapkan dengan adanya buku ini, bisa berkontribusi dalam memajukan pendidikan di negeri tercinta ini melalui pandangan-pandangan kritis dan solutif.

Buku ini merupakan karya kolaboratif dosen lintas perguruan tinggi.

MANAJEMEN LALU LINTAS

Manajemen lalu lintas merupakan bagian dari rekayasa transportasi dengan berbagai pengaturan yang relevan digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengelola sistem prasarana transportasi dan lalu lintas lainnya, termasuk terminal dan stasiun. Dengan demikian, pemanfaatannya dapat dilakukan secara efektif dan effisien dengan memperhatikan aspek keamanan, kenyamanan, dan lingkungan. Optimalisasi manajemen dan pengendalian arus lalu lintas menggunakan prasarana yang telah tersedia untuk memberikan kemudahan lalu lintas dalam penggunaan ruang jalan serta memperlancar sistem pergerakan. Hal ini berhubungan dengan kondisi arus lalu lintas dan sarana penunjangnya pada saat ini untuk memberikan kemudahan dan kelancaran untuk masyarakat. Salah satu masalah terbesar yang sering terjadi pada lalu lintas adalah kemacetan. Kemacetan merupakan kondisi arus lalu lintas yang melebihi kapasitas rencana jalan dan mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan mendekati atau melebihi 0 km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian. Oleh karena itu, penulis berharap dengan hadirnya buku Manajemen Lalu Lintas dapat menjadi salah satu rujukan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan transportasi, angkutan barang dan logistik, angkutan umum, persimpangan serta traffic calming (perlambatan lalu lintas).

Manajemen lalu lintas merupakan bagian dari rekayasa transportasi dengan berbagai pengaturan yang relevan digunakan.

Etika dan Komunikasi dalam Bisnis: Tinjauan Al-Qur’an, Filsafat dan Teoritis

Praktik Etika dan Komunikasi dalam bisnis tinjauan Islam mengandung nilai yang merupakan cerminan dari integritas seorang pelaku bisnis, misalnya nilai kejujuran. Kejujuran merupakan modal kepercayaan utama dalam dunia bisnis, sebagaimana ungkapan dari orang bijak bahwa “lebih baik kehilangan keuntungan hari ini daripada kehilangan kepercayaan hari esok”. Adapun uraian buku “Etika dan Komunikasi dalam Bisnis: Tinjauan Al-Qur’an, Filsafat dan Teoritis” yang diulas secara deskriptif, dengan isi pembahasan yang terdiri dari sembilan BAB, antara lain yaitu: BAB 1: Pendahuluan BAB 2: Manusia dan Nilai-Nilai Kemanusiaan BAB 3: Hakekat Etika dan Komunikasi BAB 4: Hakekat Ekonomi dan Bisnis BAB 5: Etika dan Komunikasi Bisnis BAB 6: Etika Profesi BAB 7: Jenis dan Bentuk Bisnis Tinjauan Islam BAB 8: Good Corporate Governance (GCG) BAB 9: Corporate Social Responsibility (CSR)

Praktik Etika dan Komunikasi dalam bisnis tinjauan Islam mengandung nilai yang merupakan cerminan dari integritas seorang pelaku bisnis, misalnya nilai kejujuran.

MANAJEMEN PELATIHAN GURU SEKOLAH DASAR INKLUSIF BERBASIS KEBUTUHAN

MANAJEMEN PELATIHAN GURU SEKOLAH DASAR INKLUSIF BERBASIS KEBUTUHAN Pelatihan pendidikan inklusif merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru khususnya untuk meningkatkan sikap, dan keterampilan dalam mengembangkan kemampuan dan kompetensi khususnya layanan pembelajaran profesional. Guru-guru yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang yang relevan dengan pengembangan dan komptensi, diharapkan akan dapat mendukung dan berperan serta dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu pelatihan pendidikan inklusif perlu dilaksanakan dan dikembangkan dengan memperhatikan faktor efesiensi, efektivitas dan relevansi. Kebutuhan pelatihan pendidikan inklusif pada prinsipnya perlu digali dari guru-guru itu sendiri, sehingga kebutuhan itu bisa dipenuhi sesuai dengan harapan peserta pelatihan. Pelatihan pendidikan inklusif perlu dirancang sedemikian rupa mengingat pesertanya pada dasarnya adalah orang dewasa, oleh karena itu dalam pelaksanaannya harus memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran bagi orang dewasa diantaranya bersifat partisipatif, reflektif, dan memberikan umpan balik. Panduan pelatihan pendidikan inklusif ini dimaksudkan sebagai acuan bagi instansi pemerintah dan non pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan pendidikan inklusif untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar inklusif dalam melaksanakan pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus, sehingga pelatihan pendidikan inklusif dapat terlaksana secara efektif, efesien, dan sesuai dengan kebutuhan guru-guru di sekolah dasar. Tujuan penyusunan panduan pelatihan pendidikan inklusif berbasis kebutuhan adalah untuk: Memberikan pemahaman kepada penyelenggara pelatihan pendidikan inklusif baik pemerintah maupun non pemerintah dalam menganalisis kebutuhan peserta pelatihan, melaksanakan kegiatan pelatihan pendidikan inklusif yang sesuai dengan kebutuhan, dan memberikan pemahaman kepada guru-guru sekolah dasar dalam memberikan layanan pembelajaran kepada siswa berkebutuhan khusus. Buku ini membahas tentang: model manajemen pelatihan pendidikan inklusif, perencanaan pelatihan pendidikan inklusif, pelaksanaan pendidikan inklusif, monitoring dan evaluasi pendidikan inklusif, pengarsipan dan pelaporan pelatihan, serta kurikulum dan bahan ajar pelatihan.

Pihak sekolah dituntut untuk melakukan penyesuaian baik dari segi kurikulum, sarana prasarana pendidikan, maupun sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan ...

Kewirausahaan

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat. Hal demikian dikarenakan jiwa dan sikap kewirausahaan mampu dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan inovatif dengan cara menelaah dan bertindak yang didasarkan pada peluang bisnis, pendekatan holistik, dan kepemimpinan yang seimbang sehingga mampu memunculkan ide berwirausaha. Mencari ide yang bagus merupakan langkah pertama dalam proses mengubah kreativitas wirausahawan menjadi sebuah peluang. Ide yang dihasilkan perlu dilakukan analisis kelayakan agar ide tersebut bisa tervalidasi. Analisis Kelayakan (feasibility analysis) adalah proses menentukan apakah ide. Seorang wirausahawan merupakan dasar yang bisa bertahan untuk membentuk sebuah usaha yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ide bisnis layak diwujudkan. Analisis kelayakan produk atau jasa menentukan daya tarik ide suatu produk atau jasa bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut. Hasil analisis kelayakan yang telah dilakukan akan membantu wirausahawan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menysun perencanaan yang diperlukan dan perancangan startegi. Kegiatan merancang strategi merupakan fondasi dasar untuk mencapai tujuan perusahaan. Sangat sering terjadi, wirausahawan yang sangat optimis dan antusias dalam menggerakkan perusahaan ditakdirkan gagal karena mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk menetapkan strategi yang dapat membedakan mereka dengan pesaingnya. Dalam lingkungan persaingan global yang sangat sengit ini, perusahaan, baik besar ataupun kecil, yang tidak berpikir dan bertindak secara strategis benar-benar rentan sehingga diperlukan pengembangan strategi. Tujuan pengembangan rencana strategis adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Dari perspektif strategis, kunci bagi kesuksesan bisnis adalah pengembangan keunggulan kompetitif yang unik, yaitu keunggulan yang menciptakan nilai bagi pelanggan dan sukar ditiru oleh para pesaing. Keunggulan kompetitif yang dihasilkan akan dikemas dalam bisnis model yang tepat untuk mendukung pengembangan bisnis tersebut, sampai pada tahap keberlajutan bisnis tersebut yang memerlukan perlindungan yang dapat dilakukan dengan mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena wirausahawan yang baik adalah wirausahawan yang telah memiliki perencanaan bagaimana mengelola hak kekayaan intelektualnya.

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat.

Pendidikan agama dan pengembangan pemikiran keagamaan

Master Mushaf Al - Qur ' an Standard yang juga dilengkapi dengan kepustakaan
yang dihimpun dari Muker sebelumnya , yang menurut laporan Ketua Lajnah
Pentashih Al - Qur ' an terdiri dari Index Wakaf , Index perbedaan penulisan Al ...

Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi

Sistem Informasi Manajemen

Sebagai salah satu unsur peradaban dan kebudayaan manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Demikian pula dengan sistem-sistem yang diciptakan oleh manusia terus juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang juga terus berubah sesuai dengan eranya. Salah satunya adalah system informasi, perkembangan kebutuhan organisasi menuntut manajemen untuk memiliki system informasi yang efektif dan efesien untuk digunakan dalam organisasinya. Memanfaatkan perkembangan teknologi komputer dan jaringan serta telematika melahirkan berbagai macam system-sistem informasi yang baru.Dalam buku Referensi ini dijelaskan bagaimana fungsi system informasi berdasarkan tingkatan/level manajemen, perkembangan teknologi yang digunakan untuk pengembangan system informasi, Serta dasar pengetahuan lain yang harus diketahui oleh mahasiswa atau siapa saja yang ingin mempelajari sistem informasi manajemen. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Memanfaatkan perkembangan teknologi komputer dan jaringan serta telematika melahirkan berbagai macam system-sistem informasi yang baru.Dalam buku Referensi ini dijelaskan bagaimana fungsi system informasi berdasarkan tingkatan/level ...