Sebanyak 15 item atau buku ditemukan

PATOLOGI SOSIAL DAN PENDIDIKAN ISLAM KELUARGA

Dalam mengatasi patologi sosial remaja, maka materi pendidikan Islam yang harus diberikan berupa penanaman aqidah dan keimanan, membiasakan ibadah, menanamkan pendidikan tentang akhlak, dan pemahaman tentang adanya kehidupan akhirat. Materi-materi ini sebenarnya tidaklah seperti kurikulum yang diterapkan di lembaga-lembaga pendidikan baik madrasah maupun pesantren. Akan tetapi inti dari materi tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan sebagaimana tersebut di atas. Penanaman akidah adalah upaya menanamkan keimanan yang diberikan kepada remaja. Dengan menanamkannya kehidupan para remaja akan bermakna, perbuatannya akan bertujuan, dorongannya untuk baik dan beribadah akan tumbuh, akhlaknya menjadi mulia, dan jiwanya menjadi bersih, sehingga pada gilirannya ia akan memiliki kemampuan untuk menjadi manusia yang baik. Iman merupakan suatu pengakuan baik dengan lisan maupun pengakuan keyakinan dengan hati serta amal perbuatan. Dengan demikian materi pendidikan tentang keimanan pada remaja merupakan materi yang sangat mendasar yang harus ditanamkan pada diri anak remaja.

Dalam mengatasi patologi sosial remaja, maka materi pendidikan Islam yang harus diberikan berupa penanaman aqidah dan keimanan, membiasakan ibadah, menanamkan pendidikan tentang akhlak, dan pemahaman tentang adanya kehidupan akhirat.

Gizi dan Kesehatan

Gizi merupakan unsur terpenting bagi kesehatan tubuh, tapi kelebihan asupan gizi pada tubuh pun bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan komprehensif akan gizi dan pola hidup sehat agar asupan gizi yang masuk dalam tubuh betul-betul seimbang. Buku ini memaparkan mengenai gizi dalam daur kehidupan. Ilmu gizi membahas segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh yang optimal agar tidak mengalami penyakit gangguan gizi. Dijelaskan dalam buku ini pengertian kesehatan dari perspektif gizi. Hal ini karena kesehatan merupakan dampak dari fase sebelumnya dalam daur kehidupan tubuh manusia. Gaya hidup yang salah dapat memicu berbagai penyakit dan merusak konsep gizi seimbang dan menggiring untuk pola makan tidak sehat. Buku ini membahas: Gizi pada Kehamilan Gizi pada Ibu Menyusui Gizi pada Bayi Gizi pada Balita Gizi pada Anak Sekolah Gizi pada Remaja Gizi pada Dewasa Gizi pada Lansia Gizi Olahraga Gizi Kerja Gizi Masyarakat

... (Accessed: 25 August 2020). JendelaMata.com (2019) “Kebutuhan Gizi Ibu
Hamil,” https://www.jendelamata.com. Tersedia ... Golden age: Strategi sukses
membentuk karakter emas pada anak usia dini. Jakarta: PT. Elex Media
Koputindo.

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter

Tanggung jawab pendidikan dibebankan kepada tiga lingkungan dengan beberapa strategi pembelajaran pada anak yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat . Ketiganya, disebut tripusat pendidikan yang satu sama lainnya saling terkait dan saling menunjang untuk mewujudkan sasaran dan tujuan pendidikan. Pendidikan yang diselenggarakan di sekolah merupakan jalur formal, sedangkan pendidikan yang diselenggarakan di masyarakat merupakan jalur nonformal, dan pendidikan yang diselenggarakan di keluarga merupakan jalur informal. Dalam pandangan penulis bahwa pendidikan informal yang juga disebut sebagai pendidikan keluarga, merupakan jalur pendidikan yang sangat signifikan, karena di sinilah anak mula-mula dididik, atau dapat pula dikatakan bahwa di lingkungan keluargalah pertama kali anak dipelihara, dibesarkan, dan menerima sejumlah nilai serta norma yang ditanamkan kepadanya. semoga buku bahan ajar ini bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya, dan Ilmu Pendidikan Islam pada khususnya.

1) Pola pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan oleh Sekolah Dasar di Kabupaten Sidenreng Rappang, merujuk pada ... ibadah, dan akhlak pada anak melalui pendekatan sosialkultural 2) Faktor pendukung terwujudnya pendidikan anak di ...