Sebanyak 36 item atau buku ditemukan

Manajemen Hutan Sistem Redd+

Kekurangan buku referensi merupakan masalah yang belum terselesaikan dalam masyarakat kita. Kondisi ini tentunya menjadi faktor pembatas bagi upaya mencerdaskan bangsa dan negara dalam rangka mengejar ketertinggalan kualitas sumberdaya manusia nasional. Penulisan buku ini merupakan upaya yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Buku ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa yang seharusnya memiliki budaya baca yang tinggi dan menjadikan buku menjadi kebutuhan hidupnya, hingga masyarakat umum yang senantiasa berupaya meningkatkan pengetahuannya. Penulisan buku yang berjudul “Manajemen Hutan Sistem REDD+” terinspirasi dari perkembangan pembangunan kehutanan yang dewasa ini dihadapkan pada masalah mitigasi perubahan iklim dan pemanasan global. Pengetahuan tentang hutan dan pemanasan global/perubahan iklim merupakan kebutuhan kita oleh karena hal tersebut yaitu mitigasi pemanasan global dan perubahan iklim telah menjadi kebijakan global dan menjadi tanggung jawab kita, masyarakat dunia secara bersama-sama. Masyarakat Indonesia, pemilik hutan tropis terbesar kedua di dunia seharusnya menyadari dan memahami dengan baik bagaimana pentingnya peranan hutan dalam kebijakan mitigasi tersebut. Hutan kita merupakan ekosistem dan sumber daya alam yang di satu sisi dapat sebagai agen emiter dan di sisi lain dapat sebagai sequester. Oleh karena itu dibutuhkan suatu manajemen sehingga dapat optimal dalam pemanfaatannya. Buku Manajemen Hutan Sistem REDD+ tersusun atas lima bab yang dimulai dengan uraian tentang Hutan dan Perubahan Iklim dan diakhiri dengan Eknomi REDD+. Ulasan bab-bab di antara bab awal dan bab akhir berhubungan dengan Potensi dan Perkembangan Karbon Hutan, Mulit-Manfaat REDD+, dan Tingkat Emisi Rujukan. Secara keseluruhan ulasan buku tersebut akan mengantarkan pembaca kepada suatu pemahaman dan sikap tentang betapa pentingnya hutan dalam mitigasi perubahan iklim dan pemanasan global, sekaligus memberikan wawasan akan peluang baru tentang bisnis kehutanan yaitu perdagangan karbon. Ulasan tentang perkembangan perundingan di tingkat internasional tentang perubahan iklim dan pemanasan global oleh negara-negara di bawah naungan Perserikatan Bangsa- Bangsa, permasalahan teknis adaptasi manajemen hutan konvensional kedalam manajemen hutan sistem REDD+, berbagai manfaat dan peluang yang ditimbulkan oleh implementasi REDD+, serta ulasan tentang kredit karbon dan perdagangannya merupakan totalitas informasi yang terurai dengan menggunakan bahasa ilmiah populer sehingga mudah dipahami oleh pembaca ketika membacanya dalam berbagai situasi.

Sementara pendekatan dengan melihat skenario ke masa depan merupakan sebuah permodelan emisi masa depan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang menjadi penyebab dan kendala emisi yang terjadi pada tata guna lahan.

Prosedur Penelitian Pendidikan

Pembahasan buku ini difokuskan pada bidang pendidikan secara khusus jurusan Sarjana (S.1) Pendidikan Agama Islam (PAI). Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan disertai dengan contoh-contoh sehingga mudah untuk dipahami. Buku ini dapat dijadikan pedoman dan referensi tambahan bagi mahasiswa, baik yang sedang maupun yang akan menyusun skripsi.

Alhamdulillah, dengan Rahmat dan Ridho Allah SWT., buku yang berjudul “Prosedur Penelitian Pendidikan” yang ditulis oleh saudara Mukhtazar, M.Pd. telah hadir di hadapan pembaca.

Pengantar Manajemen

Teori, Fungsi dan Kasus

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen. Dengan dibuatnya buku ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen, manajemen tidak hanya mencakup kegiatan untuk mencapai dan memenuhi sasaran organisasi saja tapi juga dapat melaksanakan kegiatan-kegiatannya dengan efektif dan efisien.

Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mempelajari manajemen, fungsi dan kasus tentang manajemen.

Kumpulan Materi dan Soal Latihan Persiapan Ujian Tahun 2019/2020 Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena bimbingan-Nya, penerbit bisa menyelesaikan penyusunan buku “SIAP Ujian Nasional 2019/2020”. Ujian Nasional dalam sistem kependidikan di Indonesia masih merupakan bagian yang sangat penting dari keberhasilan proses pembelajaran. Ujian Nasional (UN) perlu diselengarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi ulusan peserta didik dan untuk melakukan pemetaan tingkat hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu setiap peserta didik wajib mempersiapkan diri sedini mungkin, baik dari segi penguasaan materi maupun mental, dengan demikian akan benar-benar siap mengikuti Ujian Nasional. Buku “Siap Ujian Nasional 2019/2020” jenjang satuan pendidikan SMP/MTs merupakan bekal untuk menyiapkan diri peserta didik untuk menempuh Ujian Nasional. Dilengkapi dengan Ringkasan Materi, contoh soal dan pembahasan, dan Soal Latihan sesuai dengan Kisi-kisi UN yang berlaku. Buku ini layak dijadikan panduan untuk menghadapi Ujian Nasional. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada penyusunan buku ini. Untuk itu, penulis mengundang pembaca memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan dalam penyusunan buku, serta ilmu pengetahuan yang akan disajikan bagi para peserta didik.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

PENGANTAR SENI DRAMA DI SD

Pelajaran Seni Drama- Tari di Sekolah Dasar sudah saatnya keluar dari paradigma lama, yakni hanya sebagai mata pelajaran kelas ke dua. Pelajaran ini seringkali identik dengan kegiatan ekstra kurikuler, sehingga tak jarang posisinya tersingkir dari lima pelajaran utama di SD. Posisinya yang tidak seksi menurut banyak kalangan ini menyebabkan pengelolahan sistem pembelajaran untuk pelajaran ini sekedarnya saja. Betapa mudahnya mengajarkan pelajaran ini di SD jika guru hanya menyuruh setiap anak menari atau bermain drama lalu memberikan penilaian satu persatu di setiap akhir semester.

Hal ini penting karena pengalaman anak pada usia dini merupakan landasan dasar bagi kehidupan di masa datang. Oleh karena itu pengalaman kreatif bagi anak meski menjadi bagian utama dalam pendidikan. Pada kurikulum 1994 SD, ...

HUKUM KETENAGAKERJAAN DAN PENYELESAIAN SENGKETA HUBUNGAN INDUSTRIAL DI INDONESIA

Tak dapat dipungkiri, tenaga kerja merupakan pelaku pembangunan dan pelaku ekonomi baik secara individu maupun secara kelompok, sehingga mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam aktivitas perekonomian nasional, yaitu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, tenaga kerja sebagai salah satu penggerak tata kehidupan ekonomi dan merupakan sumber daya yang jumlahnya cukup melimpah. Indikasi ini bisa dilihat pada masih tingginya jumlah pengangguran di Indonesia serta rendahnya atau minimnya kesempatan kerja yang disediakan.

Tak dapat dipungkiri, tenaga kerja merupakan pelaku pembangunan dan pelaku ekonomi baik secara individu maupun secara kelompok, sehingga mempunyai peranan yang sangat signifikan dalam aktivitas perekonomian nasional, yaitu meningkatkan ...

PANDUAN PENYUSUNAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH (RPJMD)

Naskah buku ini telah dikaji secara mendalam, walaupun tidak lepas dari kekurangan. Kedepan, perlu adanya Pedoman Penyusunan RPJMD dan perencanaan yang setara yang mendalam, sehingga akan lebih mudah dalam menyusun RPJMD dan perencanaan instansi-instansi pada Pemeintah Daerah.

A. Kinerja Keuangan Tahun 2015-2019 Kinerja keuangan adalah penentuan efektifitas operasional suatu organisasi dan karyawan secara periodik berdasarkan ...

Bimbingan Konseling di Sekolah

Bimbingan dan Konseling hari ini dalam kenyataannya belum menjadi keutamaan di sekolah-sekolah, terlebih pada sekolah-sekolah di daerah tertinggal seperti Nusa Tenggara Timur. Argumentasi utamanya adalah masih kurangnya tenaga Guru apalagi yang memiliki kualifikasi khusus untuk disiplin ilmu Bimbingan dan Konseling. Dalam pengalokasian waktupun, jelas terlihat tidak banyak sekolah yang menyiapkan jam untuk Bimbingan dan Konseling. Istilah yang bisa menjelaskan situasi ini adalah Bimbingan Konseling masih menjadi pelajaran kelas dua (Second cllass). Boro-boro menyiapkan konselor atau guru BK, untuk guru mata pelajaran saja masih kesulitan. Bukan hal yang mengejutkan jika di NTT kita masih menemukan di satu Sekolah Dasar dengan enam rombongan belajar hanya terdapat dua orang guru, termasuk Kepala sekolah. Tentu menyiapkan tenaga khusus untuk menengani Bimbingan dan Konseling dalam kondisi seperti ini, sangat jauh dari kenyataan.

Bimbingan dan Konseling hari ini dalam kenyataannya belum menjadi keutamaan di sekolah-sekolah, terlebih pada sekolah-sekolah di daerah tertinggal seperti Nusa Tenggara Timur.

SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN

Improvisasi Memanusiakan Manusia via Pendidikan

Penulis buku “SENI MENDIDIK DALAM PENDIDIKAN: Improvisasi Memanusiakan Manusia via Pendidikan” –yang merupakan teori yang dikembangkan melalui perenungan penulis dalam menggapai tujuan pendidikan yang kaffah melalui seni mengajar dan mendidik sesuai dengan semangat humanismemengajak para pembaca mengeksplorasi, mengeksplanasi atau bahkan mengelaborasi segala bentuk startegi pembelajaran yang ada dalam sekolah atau lembaga pendidikan mana pun. Berdasarkan teori-teori dan juga eksplorasi sumber yang auntentik, penulis mencoba merangkai rajutan teori menjadi suatu buku yang dapat dijadikan rujukan pengembangan teori yang lain.

DAFTAR PUSTAKA Abdullah Nashih Ulwan, 1992, Tarbiyatul Aulad Fil Islam (Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-Kaidah Dasar) Terjemahan Halilulah Ahmas, Bandung Remaja Rosdakarya An-nihlawi, Abdurrahman, 1992, Prinsip-prinsip dan Metode ...

HUKUM PEMERINTAHAN DESA

(PERSPEKTIF, KONSEPTUALISASI DAN KONTEKS YURIDIS)

Buku ini disusun sebagai literatur dan pematik gagasan bagi para mahasiswa, akademisi, dan praktisi di bidang hukum pemerintahan desa untuk melakukan pengembangan kajian hukum dan sebagai pemandu penyelenggaraan pemerintahan desa yang ideal. Dalam perjalannya, desa sebagai satuan pemerintahan terbawah sekaligus terdepan di Negara Republik Indonesia mengalami pasang-surut pengaturan dan perlakuan dari pemerintah. Mulai dari era penjajahan yang cenderung memperlakukan desa sesuai dengan kepentingan penjajah, era orde lama yang cenderung fluktuatif antara sentralistis dan pemberian otonomi, era orde baru yang cenderung sentralistis, orde reformasi pada masa berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang cenderung belum mengarusutamakan desa sebagai pusat pembangunan kemasyarakatan, pelaksanaan kemandirian pemerintahan, dan pertumbuhan ekonomi. Puncaknya adalah setelah disahkan Undang-Undang tentang Desa pada tanggal 18 Desember 2013 yang kemudian diundangkan pada tanggal 15 Januari 2014 yang kemudian disebut sebagai Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa dibangun dengan konstruksi hybrid fungsi self governing community dengan local self goverment, diharapkan melalui formulasi ini desa menjadi lebih berkembang maju tanpa meninggalkan kepribadian sesuai dengan Nawa Cita yang dicanangkan pemerintah yaitu melakukan pembangunan dari pinggiran. Tiada gading yang tak retak, tiada hal yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan Yang Maha Esa. Untuk penyempurnaan dan pengembangan buku ini penulis menanti saran dan masukan kepada semua pihak yang memiliki peminatan tentang hukum pemerintahan desa. Atas terbitnya buku ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terwujudnya karya ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat.

Buku ini disusun sebagai literatur dan pematik gagasan bagi para mahasiswa, akademisi, dan praktisi di bidang hukum pemerintahan desa untuk melakukan pengembangan kajian hukum dan sebagai pemandu penyelenggaraan pemerintahan desa yang ideal ...