Ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian, hingga retaknya hubungan antar umat beragama, merupakan problem yang dihadapi bangsa kita saat ini. Moderasi beragama mengajarkan cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri sehingga menjadikan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘alamin. Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis. Untuk memahami lebih jauh tentang Pendidikan Moderasi Beragama bacalah buku ini.
Sebuah buku yang berjudul Pendidikan Moderasi Beragama akan mengajak pembaca untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama secara moderat yakni dengan mengambil jalan tengah, tidak ekstrem, radikal maupun anarkis.
Dikemas dengan metode pendampingan berkelanjutan, buku ini membahas terkait kompetensi pedagogik, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran yang mana hal ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam implementasinya dalam proses belajar mengajar. Setiap bab pembahasan dijelaskan secara rinci, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami dan menerapkannya dalam aktivitas belajar mengajar.
Dikemas dengan metode pendampingan berkelanjutan, buku ini membahas terkait kompetensi pedagogik, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran yang mana hal ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam implementasinya dalam proses belajar ...
Buku ini merupakan hasil dari pengembangan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk mengatasi dan memecahkan masalah teutama dalam pembuatan soal AKM oleh guru.
Memimpin, pekerjaan seorang guru untuk memotivasikan, mendorong dan menstimulasikan siswa sehingga mereka siap mewujudkan tujuan belajar, 4. Mengawasi , yaitu pekerjaan seorang gurumenentukan apakah fungsinya dalam mengorganisasikan dan ...
Buku ini berisi tentang konsep manajemen secara umum, konsep manajemen strategis, penerapan manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan serta pentingnya menyelenggarakan pendidikanyang bermutu. Pada saat ini lembaga pendidikan merupakan lembaga yangbergerak di bidang jasa dan dalam rangka menghadapi era society 5.0.harus mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka para pemerhati pendidikan dan penyelenggara lembagapendidikan harus senantiasa peka, mau dan mampu menerapkan konsepmanajemen strategis dalam menyelenggarakan pendidikannya. Sehinggadapat menyelenggarakan lembaga pendidikan yang bermutu supayalembaganya tetap eksis tumbuh dan berkembang.
Buku ini berisi tentang konsep manajemen secara umum, konsep manajemen strategis, penerapan manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan serta pentingnya menyelenggarakan pendidikanyang bermutu.
Buku ini didukung dari berbagai sumber buku referensi dan akses internet. Isi buku ini ingin menjelaskan kebijakan inovasi pendidikan, roadmap penelitian, lesson study sebagai inovasi pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas berbasis lesson study, beberapa kajian tentang paradigma baru model pembelajaran, dan profesionalisme guru. Buku ini dapat dibaca oleh pendidik yang merupakan pengajar/guru yang akan mengadakan penelitian terutama penelitian tindakan kelas yang akan digunakan untuk naik pangkat. Besar harapan buku ini dapat membantu dan menjadi rujukan bagi guru yang naik pangkat serta meningkatkan proses pembelajaran.
Kompetensi guru dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan hal yang paling mendasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya yang dilakukan pengawas pembina dalam meningkatkan kompetensi tersebut melalui supervisi akademik dengan teknik pertemuan secara individual dengan guru binaan. Guru yang mampu menyusun KKM yang benar adalah guru yang memperhatikan langkah-langkah penentuan nilai pada aspek utama KKM, terutama penentuan nilai “Intake”, banyak guru masih keliru dalam menentukan nilai intake tersebut. Nilai intake adalah nilai yang diambil dari rata-rata pembelajaran sebelumnya, oleh karena itu nilai intake selalu sama untuk semua kompetensi dasar dalam mata pelajaran tertentu sesuai dengan jenjangnya masing-masing. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan administrasi yang wajib dibuat oleh guru, oleh karenanya harus disupervisi secara berkala pada awal semester ganjil dan genap oleh kepala madrasah atau pengawas pembina.
Menjadi Guru Berprestasi adalah impian setiap guru. Tidak mudah mewujudkan impian itu tanpa usaha dan karya nyata. Buku ini bisa menjadi bahan referensi bagaimana tips dan trik menjadi guru berprestasi di era digital.
... kondisi ideal, kondisi sebenarnya di sekolah atau madrasah tentang penerapan Kurikulum Merdeka, permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan serta bagaimana cara mengatasi permasalahan- permasalahan yang dihadapi.
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Peraturan Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya mengamanatkan kepada guru selain melaksanakan pembelajaran dan bimbingan kepada siswa juga harus melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam bentuk pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Bidang publikasi ilmiah ini dapat dijadikan bahan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) juga dapat digunakan sebagai angka kredit untuk kenaikan pangkat. Buku ini dapat membantu pembaca atau guru untuk mudah menulis karena di dalamnya membahas konsep dasar menulis, permasalahan guru dalam menulis, jurus jitu agar guru mudah menulis serta ragam tulisan guru terdiri.
Buku ini dapat membantu pembaca atau guru untuk mudah menulis karena di dalamnya membahas konsep dasar menulis, permasalahan guru dalam menulis, jurus jitu agar guru mudah menulis serta ragam tulisan guru terdiri.
Pendidikan adalah proses merubah manusia menjadi lebih baik, lebih mahir dan lebih terampil. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan strategi yang disebut dengan strategi pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran terkandung tiga hal pokok yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan program berfungsi untuk memberikan arah pelaksanaan pembelajaran sehingga menjadi terarah dan efisien. Salah satu bagian dari perencanaan pembelajaran yang sangat penting dibuat oleh guru sebagai pengarah pembelajaran adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Buku ajar tentang Bank dan Lembaga Keuangan Non-Bank, sepengetahuan penulis sudah banyak ditulis oleh para akademisi, tetapi dalam buku ajar yang sederhana ini penulis berusaha melengkapi dengan sedikit tinjauan dalam perspektif syariah. Dapat dikatakan bahwa ekonomi syariah adalah suatu sistem ekonomi, sama halnya dengan sistem ekonomi lainnya, yang seharusnya dapat dipelajari secara luas tanpa ada pembatas. Dengan demikian mahasiswa yang membaca buku ini akan mendapat pemahaman lebih luas setelah mempelajari buku ajar ini dalam mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Non-Bank.
Buku ajar tentang Bank dan Lembaga Keuangan Non-Bank, sepengetahuan penulis sudah banyak ditulis oleh para akademisi, tetapi dalam buku ajar yang sederhana ini penulis berusaha melengkapi dengan sedikit tinjauan dalam perspektif syariah.