Sebanyak 709 item atau buku ditemukan

Legal Pluralism in Ethiopia

Actors, Challenges and Solutions

Being a home to more than 80 ethnic groups, Ethiopia has to balance normative diversity with efforts to implement state law across its territory. This volume explores the co-existence of state, customary, and religious legal forums from the perspective of legal practitioners and local justice seekers. It shows how the various stakeholders' use of negotiation, and their strategic application of law can lead to unwanted confusion, but also to sustainable conflict resolution, innovative new procedures and hybrid norms. The book thus generates important knowledge on the conditions necessary for stimulating a cooperative co-existence of different legal systems.

JULIAN SOMMERSCHUH is a lecturer in Social Anthropology and Practical Philosophy at the University of Cologne. He holds a PhD in Social Anthropology from Cambridge (2019), and has carried out long-term fieldwork with the Aari people of ...

The Journal of Legal Pluralism and Unofficial Law 62/2010

Brauchler examines the Indonesian decentralisation process and the revival of tradition and cultural self-determination in the Moluccas. Tuori studies restatements and codifications of customary laws in Africa. Harboe Knudsen considers European Union regulation of the marketing of dairy products in Lithuania. Douglas and Hersi examine the attitudes of Muslims to the smoking of khat. Simarmata studies the contrast between Indonesian state law and local officials' practice regarding natural resources use in East Kalimantan.

MELANIE G. WIBER, Anthropology, University of New Brunswick ASSOCIATE EDITORS FRANZ VON BENDA-BECKMANN, Max Planck Institute for Social Anthropology, Halle/Saale KEEBET VON BENDA-BECKMANN, Max Planck Institute for Social Anthropology, ...

Sosiologi dalam Aspek Kehidupan

Sistematika buku Sosiologi dalam Aspek Kehidupan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya yaitu (1) Sosiologi dalam Pendidikan, (2) Sosiologi dalam Komunikasi, (3) Sosiologi dalam Anak, (4) Sosiologi dalam Gender, (5) Sosiologi dalam Politik, (6) Sosiologi dalam Bahasa, (7) Sosiologi dalam Hukum, (8) Sosiologi dalam Ekonomi, (9) Sosiologi dalam Keluarga, (10) Sosiologi dalam Budaya, dan (11) Sosiologi dalam Agama.

Sistematika buku Sosiologi dalam Aspek Kehidupan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Sendi-sendi sosiologi, ilmu masjarakat

Pendidikan ( kegagalan memberi pendidikan jang sesuai dengan keadaan jang ber - ubah2 dimasjarakat ) . 5. Keagamaan ( desakan2 dari ilmu pengetahuan jang memaksa pe- mimpin - pemimpin agama berusaha menjesuaikan agama dengan keadaan ...

SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Menuju Pendidikan Unggul dan Kompetitif

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulisan bahan ajar ”Sosiologi Pendidikan” ini dapat terbit dan hadir ke hadapan para pembaca. Bahan ajar yang hadir di hadapan sidang pembaca ini. Dengan harapan memudahkan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan mata kuliah ini di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat digunakan bagi kepentingan yang lain, karena terbatasnya buku-buku tentang Sosilogi Pendidikan di tanah air. Sosiologi pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Studi ini lebih mempelajari sistem pendidikan umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan pendidikan tinggi, lanjut, dewasa, dan berkelanjutan. Pendidikan dibutuhkan dalam upaya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Pola perilaku manusia atau peserta didik untuk memperoleh pendidikan juga mempengaruhi sejauh mana nilai-nilai tersebut diperoleh. Hal ini juga berkaitan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam manusia itu sendiri, yakni nilai logika, nilai etika, dan nilai estetika. Untuk itu sosiologi pendidikan dapat melihat proses sosialisasi tersebut serta juga dapat menganalisanya. Sebagai kumpulan bahan kuliah, buku ini masih lebih banyak sebagai rangkuman dari pendapat banyak para penulis lain sebelumnya daripada sebagai pendapat pribadi penulis sendiri, yang kemudian disajikan menjadi 8 bab dari isi buku, yaitu: pemaparannya dimulai, dari pendahuluan, kemudian secara berturut-turut membahas tentang, masyakat dalam pandangan antropologi, kebudayaan dalam pandangan antropologi, pergeseran masyarakat dan kebudayaan, pendidikan dalam pendekatan antropologi budaya, kerangka teori tindakan dan kerangka etnografi, pendekatan kebudayaan (entografi) dalam penelitian pendidikan. Penulis berharap, kehadiran buku Revisi ke IV, ini dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan sosiologi pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin. Bandung, 11 Maret 2021 Penulis Revisi IV, Dr. H. Aep Saepulloh, M.Si. Dr. H. A. Rusdiana, Drs. MM

pendidikan yang hadir di seluruh dunia, yakni: a. Pertama jenis pendidikan keterampilan dan praktis, yakni pen- didikan yang dilaksanakan untuk memberikan bekal keteram- pilan maupun kemampuan teknis tertentu agar dapat diaplika- sikan ...

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi pendidikan Islam sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat. pada poin ini lebih mengutamakan fungsi lembaga pendidikan Islam diadakan masyarakat dan hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari beberapa aspek. Apabila pendidikan Islam tidak dapat menempatkan diri dalam masyarakat yang berbeda-beda kulturnya maka manusia tidak sesuai cita-cita Islam yang mencerminkan hakikat Islam tidak bisa terwujud. Sosiologi pendidikan Islam sebagai alat kemajuan perkembagan sosial Pendidikan Islamn sebagai disiplin ilmu dapat melestarikan dan memajuakan tradisi budaya moral yang Islami sehingga terwujud komunikasi sosial dalam masyarakat dan membawa kebudayaan kepuncak yang setinggi-tingginya.

pendidikan sesuai yang tercantum dalam jenjang pendidikan di Indonesia yang mengatakan jenjang pendidikan adalah suatu tahapan dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta ...

Kekerasan di Sekolah dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan

Salah satu hasil temuan studi yang cukup menarik dituangkan dalam buku ini adalah tentang indeks dan skala persepsi kekerasan yang dialami siswa di sekolah. Sistematika penulisan dalam buku ini meliputi: bagian pendahuluan yang merupakan pengantar tentang fokus kajian; kemudian bab berikutnya memaparkan hasil penelitian yang berkaitan dengan kekerasan di sekolah; bab selanjutnya pembahasan difokuskan pada pemahaman tentang berbagai bentuk kekerasan di sekolah dan upaya untuk mencegah kekerasan dalam perspektif sosiologi pendidikan, dan bab terakhir menyajikan tawaran tentang model pendidikan perdamaian (peace education) untuk membentuk karakter siswa yang lebih humanis.

Alternatif model pendidikan yang lebih humanis seharusnya mulai dipikirkan untuk mencegah berbagai bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah. Salah satu model pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai humanis itu adalah pendidikan ...

BUKU AJAR PENGANTAR SOSIOLOGI

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial. Adapun isi BAB dalam buku ajar ini adalah Konsep Sosiologi, Ruang Lingkup Teori dan Historis Sosiologi, Proses-Proses Sosial, Kelompok-kelompok Sosial, Kelembagaan Sosial, Pelapisan Masyarakat, Perubahan Sosial dan Kebudayaan, Perspektif Dalam Sosiologi, Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial. Dengan adanya buku ajar ini dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa untuk dapat memahami teori-teori sosiologi dan dianalisis dengan fenomena yang terjadi di masyarakat.

Di dalam buku ini berisi penjelasan tentang teori sosiologi berdasarkan para ahli, serta kajian sosial.

Sosiologi Pesantren

Kajian buku ini berangkat dari keinginan untuk mengungkap keunikan, keluasan pengetahuan, dan perubahan pesantren di Indonesia. Sebagai representasi keislaman dan keindonesiaan yang tumbuh dan berkembang sejak sebelum adanya penjajah kolonial Belanda hadir di Indonesia. Pendidikan Islam pertama dan tertua di Indonesia, pesantren sudah banyak membawa dan memberikan pengaruh terhadap keislaman di Indonesia.

Kajian buku ini berangkat dari keinginan untuk mengungkap keunikan, keluasan pengetahuan, dan perubahan pesantren di Indonesia.

SOSIOLOGI PERIKANAN DAN KELAUTAN

Buku ini ditulis dari berbagai pustaka yang ada dan pengalaman lapang penulis yang berjumlah lima orang. Pengalaman lapang terutama sebagai hasil dari riset dan sebagai tenaga ahli dalam proyek pembangunan masyarakat. Beberapa bagian dari buku ini tentu ada yang terdapat dalam buku lain, namun dengan narasi yang tentu saja tidak sama. Meskipun untuk menyiapkan naskah ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu, namun masih saja ditemukan kekurangan di sana-sini. Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan. Penulis berharap agar buku ini tidak hanya terbatas sebagai sebuah buku ajar, namun juga dapat digunakan oleh pihak-pihak lain yang memerlukannya. Harapan penulis adalah adanya masukan dari pembaca, agar di masa depan buku ini bisa tampil lebih baik.

Walau dengan segala bentuk kekurangan yang ada, kehadiran buku ini diharapkan mengisi ruang kosong yang ada dalam pembahasan sosiologi perikanan dan kelautan.