Sebanyak 276 item atau buku ditemukan

PANDUAN BERCERITA BERPASANGAN JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN

Situs sejarah merupakan tempat manusia masa lalu melaksanakan aktivitas hidupnya dan meninggalkan sisa-sisa aktivitasnya sebagai ungkapan kebudayaan yang berlaku sesuai jamannya. Situs ini memiliki arti penting bagi kehidupan masa kini. Cerita dibalik situs dan peninggalan sejarah dapat dijadikan sumber motivasi manusia untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya. Tanpa pengalaman manusia tak akan bisa mengambil putusan penting, tak akan mampu memperbaiki kondisinya, bahkan mungkin tak akan bisa melangsungkan hidupnya. Ini sejalan dengan ucapan Prof. Sartono Kartodirdjo, bahwa tidak mengetahui sejarah dapat diibaratkan orang yang membaca buku roman hanya pada halaman terakhir. Dengan demikian tidak diketahui "intrige" ceritera itu dan "happy end"-nya tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh". Dengan memahami peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk peng- alaman bersama sebagai ungkapan reaksi kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa. Untuk itu, situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta dan masyarakat. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah perlu adanya pihak-pihak yang menjaga dan bertanggung jawab. Salah satunya yakni mengangkat juru pelihara walaupun tidak untuk semua situs. Kondisi seperti memotivasi warga masyarakat untuk turut serta hadir sebagai pemelihara yang biasa disebut juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Bahkan mereka seringkali menjadi sasaran pertanyaan dari para pengunjung. Mengingat tidak semua juru pelihara dan juru kunci melaksanakan pendalaman dan/atau pengayaan secara ilmiah atas situs yang dipeliharanya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya perbaikan tersebut salah satunya melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Kemenristek RI dengan metode bercerita berpasangan.

Pendidikan Keterampilan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rusman. (2014
). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan.

Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19

Buku Antologi yang kami susun ini merupakan kumpulan tulisan artikel berupa bab (chapter), mengenai pengajaran Bahasa Inggris di setiap kampus tempat kami mengajar di seluruh Indonesia. Adapun isi dari artikel yang ditulis pada buku ini sangatlah beragam, mulai dari strategi pembelajaran Bahasa Inggris, cerita pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris, hasil penelitian tentang pembelajaran Bahasa Inggris, maupun teori-teori tentang pembelajaran Bahasa Inggris terkini. Menjadi sangat menarik, buku ini disusun dalam masa pandemi COVID-19. Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ia juga tercatat sebagai salah satu penulis Antologi Pemikiran yang dipublikasikan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, ia juga tengah menjadi salah satu penulis di kegiatan Gerakan Menulis Buku Indonesia yang ...

TERJEMAH KITAB AL-LUMA' USHUL FIQIH

Terjemah Kitab Al_Luma' karya SYEKH ABU ISHAQ AS-SYAEROZI. Kitab ini menjelaskan tentang ushul fiqih yang sangat lengkap dan mudah difahami .

Terjemah Kitab Al_Luma' karya SYEKH ABU ISHAQ AS-SYAEROZI. Kitab ini menjelaskan tentang ushul fiqih yang sangat lengkap dan mudah difahami .

Primary Steps in Religious Education for the Caribbean

Primary Steps in Religious Education for the Caribbean is a new series which introduces 7 to 11 year olds to the major world religions as well as some of the faith groups indigenous to the Caribbean, how they came to the region and how all the faiths are relevant today.

Sey الأم لأردون من Before Muhammad died in 632 CE he made a pilgrimage to
Makkah for the last time . On the Mount of Mercy he preached his greatest
sermon . “ I leave behind me two things , ” he said , “ the Qur'an and the example
of my life .

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya

Didorong oleh keinginan memberikan jawaban kepada para guru, melalui buku ini penulis mendemonstrasikan sebuah ijtihad tentang cara menanamkan nilai keimanan kepada Allah dan ajaran Islam dalam pembelajaran IPA melalui buku teks. Meskipun model ini menggunakan buku sebagai medianya, namun para guru dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk media pembelajaran lainnya. Bahkan, pendekatan ini sebenarnya dapat juga diterapkan pada pelajaran-pelajaran lain seperti IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lain-lain. Penulis berharap suatu saat ada di kalangan guru yang berbakat dalam menulis bisa menulis buku pelajaran IPA (atau pelajaran lainnya) yang islami dengan menggunakan konsep-konsep yang telah diuraikan di dalam buku ini. Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep Dan Model Penerapannya ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Pendidikan Islam anak usia dini : pendidikan Islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini

Banyaknya kalangan yang masih pro dan kontra tentang mengajarkan membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) yaitu TK (Taman Kanak-Kanak) atau RA (Raudhatul Athfal). Sebagian menyatakan bahwa membaca dan menulis pada anak usia dini (AUD) sebelum masuk sekolah dasar (SD/MI) berarti memaksakan anak untuk memiliki kemampuan yang seharusnya baru diajarkan di SD/MI, akibatnya anak tersebuat merasa terbebani dengan belajar membaca. Hal ini mengakibatkan waktu bermain, yang seharusnya adalah aktivitas dominan di usia mereka akan berkurang atau bahkan terabaikan, sehingga dikhawatirkan akan menghambat perkembangan potensi dan kemampuan anak secara optimal dikemudian hari, asumsi ynag berkembang pun anak cepat berkembang, cepat layu. Sebagian lain berpendapat, tidak masalah mengajarkan membaca dan menulis sejak anak usia dini. Biasanya yang memiliki pendapat untuk membolehkan anak diajarkan baca dilatarbelakangi agar anaknya tidak mengalami kesulitan ketika masuk SD/MI. Tuntutan masuk ke SD/MI pada saat ini mensyaratkan bahwa anak sudah mampu untuk membaca dan menulis. Sehingga merupakan kekhawatiran orang tua bahkan guru jika anak-anak mereka (TK/RA) belum bisa membaca ketika mau masuk di sekolah dasar (SD/MI). Orang tua khawatir tidak diterima di sekolah dasar saat seleksi masuk, sedangkan guru khawatir diaanggap tidak mampu memngajar dan khawatir gread sekolah menurun atau program kemampuan membaca menjadi brand sekolah (TK/RA) tersebut. Dengan adanya polemik tersebut, tidak jarang membuat orangtua menjadi bingung, pendapat mana yang harus diikuti karena masing-masing pendapat memiliki alasan yang cukup kuat. Hal ini yang mendorong penulis untuk menyusun buku yang berjudul, “Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Pendidikan Islam dalam Menyikapi Kontroversi Belajar membaca pada Anak Usia Dini”. Diharapkan buku ini dapat memberikan paradigm baru terhadap pendidikan anak usia dini sesuai kajian Islam dan menjadi pencerahan secara ilmiah kepada pembaca, pemerhati pendidikan, pengembang, pengelola dan pelaksana pendidikan Islam di lapangan.

Dalam hal ini mengembangkan potensi anak usia dini beruapa kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Dan membangun akhlak anak ...

Pendidikan AGAMA ISLAM

Era digital dan kemajuan teknologi informasi, telah memberikan keterbukaan dan kemudahan informasi bagi mahasiswa dalam mengakses informasi materi perkuliahan, tetapi ketidakmampuan untuk memfilter sumber yang dapat dipercaya, menjadikan buku ini sebagai salah satu rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan isinya, serta telah disesuaikan dengan kurikulum dan capaian pembelajaran (learning outcome) sebagaimana dipersyaratakan dalam penyusunan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Tafsir Quran Al-Hakim

Dengan Nama Allāh Yang Maha Pemurah, Maha Mengasihani. Tafsiran Al-Qurʾān al-Ḥakīm ini dibuat berdasarkan kaedah mentafsir Al-Qurʾān yang dibentangkan dalam kitab Al-Fawz al-Kabīr Fī Uṣūl al-Tafsīr, manakala falsafah dalam pentafsiran ini berpandukan rahsia ḥadīth Nabi s.a.w. seperti yang dibentangkan dalam kitab Ḥujjat Allāh al-Bālighah oleh Al-Imām Shāh Walī Allāh al-Dihlawī. Maksudnya, Al-Qurʾān ditafsirkan berpandukan rahsia ḥadīth Nabi s.a.w.. Untuk melengkapkan kefahaman tentang pentafsiran Al-Qurʾān yang agung ini para pembaca perlu memahami rahsia kebangkitan dan kejatuhan sesebuah kerajaan seperti yang terdapat dalam kitab Taʾwīl al-Ahādīth yang juga ditulis oleh Al-Imām Shāh Walī Allāh al-Dihlawī. Untuk menyenangkan para pembaca, kami sertakan di sini inti dan ulasan yang dipetik dari kitab Al-Fawz al-Kabīr Fī Uṣūl al-Tafsīr. Inti ini terdiri dari dua puluh satu bab. Bab yang terakhir menerangkan rahsia huruf-huraf singkat dalam Al-Qurʾān. Inti ini dinamakan Muqaddimah Taʾwīl Al-Qurʾān al-Ḥakīm oleh pengarangnya Hj. Nik Mohd Salleh bin Hj. Wan Musa yang meninggal pada tahun 1971M. Untuk memahami falsafah dalam pentafsiran ini anda perlu merujuk kitab Ḥujjat Allāh al-Bālighah dalam bahasa ʿArab, atau kitab Ḥujjat Allāh al-Bālighah, Terjemahan dan Anotasi, jilid 1, atau kitab Ikhtisar Ḥujjat Allāh al-Bālighah jilid 1. Anotasi dalam Ḥujjat Allāh al-Bālighah, Terjemahan dan Anotasi, jilid 1, adalah terjemahan anotasi dalam bahasa ʿArab seperti yang dipelajari dan disalin oleh Al-Marhum Hj. Nik Abdullah bin Hj. Wan Musa, Kota Bharu Kelantan. Demikian juga Tafsiran Al-Qurʾān al-Ḥakīm ini merupakan terjemahan nota tafsiran Al-Qurʾān dari kuliah-kuliah yang disampaikan dalam beberapa sesi pertemuan empat mata tanpa kertas dan pena antara Mawlānā ʿUbayd Allāh Sindhī dan Hj. Nik Abdullah semasa mereka berada di tanah suci Mekah. Nota tafsiran ini ditulis dalam bahasa ʿArab setiap hari selepas kuliah. Haji Nik Abdullah kembali ke Kelantan pada tahun 1934M dan meninggal pada tahun 1935M. Maka buku ini: Tafsiran Al-Qurʾān al-Ḥakīm, ini adalah terjemahan sebahagian dari nota tulisan tangan Tafsiran Al-Qurʾān al-Ḥakīm oleh Hj. Nik Abdullah daripada Mawlānā ʿUbayd Allāh Sindhī. Dalam buku ini kami bentangkan pentafisiran surah-surah Al-Qurʾān bermula dengan surah Al-Fatihah dan diikuti dengan Surah Al-Baqarah dan surah-surah seterusnya mengikut kaedah dan falsafah yang sumbernya kami telah sebut di atas. Semoga para pembaca dapat menikmati satu bentuk pentafsiran yang berbeza dan lebih bertenaga dalam memahami rahsia Al-Qurʾān yang agung.

Pertama, bahagian pendidikan anak-anak di rumah oleh ibubapa. Kedua,
bahagian pendidikan di sekolah sebagai sebahagian dari pendidikan di rumah
tetapi daripada guru. Kemudian, pendidikan (tidak formal) di pasar; iaitu
pendidikan ...

Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia

Sejak Zaman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013)

Buku ini membahas secara mendalam tentang perubahan kebijakan kurikulum di Indonesia sejak zaman kemerdekaan Republik Indonesia sampai dengan kebijakan pengembangan kurikulum baru tahun 2013 untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, serta kurikulum berbasis KKNI untuk perguruan tinggi. Selain memaparkan perubahan kebijakan pengembangan kurikulum, buku ini juga membahas dan menganalisis secara kritis bagaimana seharusnya kurikulum diubah, apa yang harus dilakukan oleh pemegang kebijakan, sehingga perubahan kurikulum yang dilakukan membawa manfaat dan makna keberartian terhadap peningkatan mutu dan kualitas pendidikan nasional. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku ini membahas secara mendalam tentang perubahan kebijakan kurikulum di Indonesia sejak zaman kemerdekaan Republik Indonesia sampai dengan kebijakan pengembangan kurikulum baru tahun 2013 untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, ...

Ringkasan Materi dan Latihan Soal IPA kelas VIII SMP Kurikulum 2013

Membaca ringkasan dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi. Ringkasan disajikan berupa poin-poin penting dan ditulis dengan bahasa sederhana serta mudah dipahami. Soal mulai dari yang paling mudah, agak sulit, sampai memerlukan analisis semua ada di buku Ringkasan Materi dan Latihan Soal IPA Kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dilengkapi pula dengan kunci jawaban dan pembahasan soal-soal analisis.

Membaca ringkasan dan berlatih soal merupakan cara cepat untuk mengasah kemampuan terhadap penguasaan materi.