Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu buku teks utama mata kuliah Manajemen Pemasaran atau Strategi Pemasaran di Program Studi Manajemen atau Program Studi Administrasi Bisnis baik jenjang sarjana maupun master. Buku ini dapat digunakan untuk memberikan wawasan teoritis dan praktis bagi para praktisi pemasaran yang bekerja di perusahaan besar, menengah atau kecil.
Strategi Distribusi Seringkali konsumen mendapatkan bahwa harga produk di pasar tradisional lebih mahal dibandingkan dengan yang dijual oleh swalayan, minimarket, atau departemen store. Hal tersebut dapat terjadi karena swalayan yang ...
Penulisan buku “Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian” didasari keinginan penulis untuk mempublikasikan hasil riset yang pernah penulis lakukan. Buku ini ditulis dalam format buku referensi berbasis riset. Di dalam buku ini, pembaca disajikan gambaran umum tentang perilaku konsumen dan keputusan pembeli yang dikaji dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara berurut, isi buku ini mencakup; 1) pendahuluan; 2) manajemen pemasaran; 3) atribut produk; 4) perilaku konsumen; 5) temuan riset keputusan pembelian; dan 6) penutup. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan perkuliahan maupun sebagai referensi untuk penelitian terkait dengan perilaku konsumen. Adanya penyajian hasil riset yang dilakukan oleh penulis menjadikan buku ini sangat praktis digunakan dalam berbagai keperluan perilaku. Bagaimana pengaruh sejumlah faktor terhadap keputusan pembelian disajikan secara jelas di dalam buku ini. Buku ini disusun dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan akademisi yang akan melakukan sebuah riset, khususnya di bidang pemasaran. Bagi para praktisi, buku ini tentu akan lebih meyakinkan para pengambil keputusan dalam melihat keterkaitan antara sejumlah dimensi terhadap keputusan pembelian sehingga dapat digunakan sebagai instrumen dalam menetapkan kebijakan-kebijakan institusi.
Secara berurut, isi buku ini mencakup; 1) pendahuluan; 2) manajemen pemasaran; 3) atribut produk; 4) perilaku konsumen; 5) temuan riset keputusan pembelian; dan 6) penutup.
Perilaku konsumen dan produsen sebagai bagian penting dari kegiatan ekonomi secara umum yang memberi dinamika tumbuh dan berkembangnya laju ekonomi. Keduanya harus berjalan agar kebutuhan manusia dan roda perekonomian dapat berjalan sebagaimana mestinya. Walaupun kedua bidang ini saling berlawanan, namun saling membutuhkan. Produsen sebagai penyedia kebutuhan atau barang dan jasa dan konsumen orang yang menggunakan barang atau jasa. Kedua bidang masing-masing sama belajar memahami, menyikapi, mencari, menganalisis, dan menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan masing-masing.
Buku ini membahas berbagai teori dan konsep pemasaran: strategi bersaing, segmentasi, targeting, diferensiasi, positioning, strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa bab tentang studi kasus berdasarkan riset perilaku konsumen dan implikasinya terhadap strategi pemasaran. Dengan memahami perilaku konsumen, para pembaca dapat merumuskan strategi pemasaran untuk vi Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen meningkatkan kinerja bisnisnya. Bagian akhir buku ini membahas panduan bagaimana menyusun rencana pemasaran sehingga para pembaca diharapkan mampu menyusun rencana pemasaran dengan baik setelah membaca buku ini. Agar pembaca dapat memahami bagaimana menyusun rencana pemasaran dengan baik, maka buku ini dilengkapi dengan sebuah kasus rencana pemasaran yang ditulis dengan lengkap yaitu Rencana Pemasaran untuk Produk Biskuit.
Mengelola Pujian Konsumen untuk Keberhasilan Perusahaan di Masa Mendatang : Kasus untuk Bab 7. Perilaku Konsumen: Proses Keputusan Konsumen memuji agar perusahaan dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan layanannya, ...
Perilaku Bisnis dapat membantu dalam hal memberikan informasi statistik keuangan yang tepat dan akurat kepada manajemen.Dengan memahami hal tersebut, pebisnis akan lebih mudah dalam mengontrol konsumen untuk kemajuan perusahaan. Melalui Buku ―Perilaku Bisnis Etika Bisnis & Perilaku Konsumen‖ ini, penulis berharap dapat membantu para pembaca khususnya dosen dan mahasiswa yang ingin mempelajari lebih dalam tentang konsep perilaku bisinis. Buku ini juga sebagai salah satu tambahan referensi terkait perilaku bisnis di era pandemi Covid-19. Selain itu, buku ini dapat pula dijadikan acuan bagi para praktisi yang sedang menjalankan tugas-tugas manajerial dan berhadapan langsung dengan permasalahn bisnis. Perilaku Bisnis: Etika Bisnis & Perilaku Konsumen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Ruang lingkup ilmu perilaku konsumen Ilmu perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia (waktu, uang, usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi.
Research gap merupakan celah yang muncul dari hasil penelitian yang menunjukkan arah yang tidak konsisten. Research gap merupakan dasar untuk mengembangkan model konseptual penelitian yang baru. Pengembangan model konseptual yang baru tentunya memiliki argumen bahwa model konseptual yang baru tersebut secara logika dapat diterima (masuk akal) dan tentunya didukung oleh hubungan – hubungan variabel yang berasal dari hasil kajian empiris. Buku ini berisi 15 kumpulan research gap yang dicari dari hasil penelitian sebelumnya dan dipikirkan serta dikembangkan menjadi model konseptual penelitian yang baru sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberi ide tentang arah riset pada masa yang akan datang.
Penulisan buku “Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan; Kajian Perilaku Pelanggan Hypermarket” didasari keinginan penulis untuk mempublikasikan hasil riset yang pernah penulis lakukan. Buku ini ditulis dalam format buku referensi berbasis riset. Di dalam buku ini, pembaca disajikan gambaran umum tentang kepuasan dan loyalitas pelanggan dikaji dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara berurut, isi buku ini mencakup; 1) problematika kepuasan dan loyalitas pelanggan; 2) pemasaran ritel; 3) strategi pemasaran dan perilaku konsumen; 4) loyalitas pelanggan; 5) kepuasan pelanggan; 6) nilai pelanggan, produk, dan citra; dan 7) perilaku konsumen hypermarket. Buku ini sangat tepat digunakan sebagai referensi dalam bahan perkuliahan maupun sebagai referensi untuk penelitian terkait dengan perilaku konsumen. Adanya penyajian contohcontoh maupun studi yang dilakukan oleh banyak peneliti menjadikan buku ini sangat praktis digunakan dalam berbagai keperluan perilaku. Bagaimana pengaruh sejumlah faktor terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan disajikan secara jelas di dalam buku ini. Buku ini disusun dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan akademisi yang akan melakukan sebuah riset, khususnya di bidang pemasaran. Bagi para praktisi, buku ini tentu akan lebih meyakinkan para pengambil keputusan dalam melihat keterkaitan antara sejumlah dimensi terhadap perilaku knsumen sehingga dapat digunakan sebagai instrumen dalam menetapkan kebijakan-kebijakan institusi
Buku ini ditulis dalam format buku referensi berbasis riset. Di dalam buku ini, pembaca disajikan gambaran umum tentang kepuasan dan loyalitas pelanggan dikaji dari berbagai faktor yang mempengaruhinya.
Buku disusun berdasarkan hasil penelitian untuk memberikan gambaran tentang perilaku konsumen pada waktu berbelanja di sektor retail, khususnya di butik yang khusus menawarkan busana wanita. Penelitian ini mengamati tentang peranan faktor situasional, yaitu merupakan lingkungan sementara berkaitan dengan kegiatan konsumen, yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Faktor situasional yang diamati dalam penelitian ini berupa atmosfir toko atau lingkungan fisik, waktu yang dimiliki oleh konsumen pada waktu berbelanja, lingkungan sosial yang berkaitan dengan teman berbelanja, dan suasana hati pada waktu berbelanja. Selain faktor situasional, pengamatan juga dilakukan terhadap reaksi impulsif dan nilai berbelanja hedonis. Buku ini menunjukkan bahwa faktor situasional yang berkaitan dengan atmosfir/lingkungan fisik toko dan perspektif waktu/waktu yang tersedia untuk berbelanja konsumen dapat mendorong terjadinya reaksi impulsif konsumen. Lingkungan sosial dalam hal ini berkaitan dengan teman berbelanja dan susana hati konsumen dapat menimbulkan nilai berbelanja hedonis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa faktor situasional dapat mendorong perilaku pemebelian impulsif atau pembelian yang tidak direncanakan melalui reaksi impulsif konsumen.
Lebih lanjut jika dicermati pendapat konsumen pada Tabel 5.4.3.1. menunjukkan bahwa untuk melayani konsumen pengusaha butik perlu menciptakan nilai bagi konsumen (Dunne and Lusch, 2005). Konsumen bersedia menghabiskan waktu, ...
Tidaklah dimungkiri, ilmu manajemen diperlukan oleh hampir semua jenis profesi, baik yang bekerja di pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) Dalam keperluan inilah, buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca Tujuan buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia.
Tidaklah dimungkiri, ilmu manajemen diperlukan oleh hampir semua jenis profesi, baik yang bekerja di pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) Dalam keperluan inilah, buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini sengaja penulis ...