Puja dan puji syukur penulis panjatkan atas rahmat dan hidayah Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat Kuasa-Nyalah penulis dapat menyelesaikan buku ajar berjudul Desain Sistem Manajemen Kinerja: Kasus Industri Manufaktur dan Jasa ini dengan lancar tanpa satu halangan berarti. Buku ajar Desain Sistem Manajemen Kinerja: Kasus Industri Manufaktur dan Jasa ini dikhususkan untuk mahasiswa agar dapat membantu memahami materi yang diajarkan dosen. Kesuksesan belajar ditunjang dari kemauan dan dari sarana dan prasarananya. Sarana dalam hal ini salah satunya adalah buku ajar. Buku ajar ini berisi materi-materi yang akan dibahas secara lengkap dan terperinci. Buku ajar ini membantu mahasiswa mempelajari Manajemen Kinerja sehingga tercapailah ketuntasan pembelajaran Desain Sistem Manajemen Kinerja: Kasus Industri Manufaktur dan Jasa dengan baik. Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait atas bantuan dan dukungannya yang diberikan sehingga terbitlah buku ajar berjudul Desain Sistem Manajemen Kinerja: Kasus Industri Manufaktur dan Jasa ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan buku ajar ini. Maka dari itu, penulis mengharap kritikan, saran, dan masukan yang membangun dari para pembaca sekalian agar penulis dapat memperbaiki kesalahan pada penyusunan buku ajar selanjutnya.
Visi Visi organisasi adalah pernyataan mimpi organisasi di masa depan, akan menjadi seperti apa organisasi di masa depan (sekitar 10 tahun yang akan datang). Pernyataan visi umumnya dibuat setelah pernyataan misi mampu dihasilkan karena ...
Buku ini diperuntukan bagi mahasiswa, dosen, dan terutama praktisi bisnis dan entrepreneur. Untuk optimalisasi dalam memahami buku ini sebaiknya pembaca terlebih dahulu membaca buku Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen. Buku ini akan membahas proses perencanaan dan anggaran, perancangan sistem pengendalian manajemen.
Banyak hal seputar sistem pendidikan Finlandia yang mengundang tanya: Bagaimana negara kecil ini bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment)? Apa benar sekolah tidak memberikan pekerjaan rumah? Apa betul tidak ada ujian dan nilai rapor di akhir tahun pelajaran? Bagaimana mengukur kemampuan siswa? Dan seterusnya. Ditulis oleh akademisi yang punya minat terhadap pendidikan sekaligus ibu dua orang anak yang tinggal di Finlandia selama sepuluh tahun, buku ini menjawab semua pertanyaan tersebut. Di samping menceritakan pengalamannya menempuh pendidikan doktoral dan menjalani kehidupan universitas, Ratih D. Adiputri juga berbagi cerita bagaimana ia mendampingi putrinya menempuh pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga sekolah menengah. Buku Sistem Pendidikan Finlandia ini sangat cocok untuk menjadi bacaan bagi guru maupun pengambil kebijakan pendidikan. Juga untuk para orangtua yang peduli terhadap pendidikan si buah hati.
Banyak hal seputar sistem pendidikan Finlandia yang mengundang tanya: Bagaimana negara kecil ini bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment)?
Buku dengan judul “Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” menjelaskan secara konsep strategi seleksi calon kepala sekolah di masa pandemi covid-19 terkait pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 telah mengatur pola seleksi calon kepala sekolah melaui proses rekrutmen serta pendidikan dan latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan dari proyeksi kebutuhan suatu instansi sekolah sampai dengan diangkat menjadi kepala sekolah membutuhkan proses yang panjang. Selama kegiatan berlangsung calon kepala sekolah akan mengikuti pelatihan 3 hari, selanjutkan adanya In Service Learning yang dilaksanakan selama 3 tahap di sekolah mitra.
Buku dengan judul “Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” menjelaskan secara konsep strategi seleksi calon kepala sekolah di masa pandemi covid-19 terkait pendidikan dan pelatihan calon kepala ...
Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah harus mampu memberikan petunjuk dan kepengawasan, meningkatkan mutu pendidikan, membuka komunikasi dan mendelegasikan tugas. Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin memiliki kepribadian yang kuat, memahami kondisi anak buah dengan baik, memiliki visi dan memahami misi sekolah, memiliki kemampuan mengambil keputusan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi. Pada dasarnya tugas utama pemimpin adalah membangun budaya kerja yang mendukung mencapai tujuan lembaga sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah sebagai pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kapasitasnya agar dapat memberdayakan seluruh komponen lembaga sekolah, sehingga tugas kepala sekolah sebagai pemimpin seperti mendorong dan memberikan motivasi kepada seluruh komponen lembaga sekolah untuk mencapai tujuan bukan membatasinya.
Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya.
Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan. Salah satu sebabnya adalah rendahnya peluang kerja bagi alumni tingkat sekolah menengah sederajat dan beratnya persaingan bagi alumni Perguruan Tinggi (PT), sebagai tenaga potensial yang terampil dalam merebut dan memanfaatkan kesempatan kerja. Identifikasi terhadap kondisi tersebut dialamatkan pada rendahnya mutu lulusan, dalam arti pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang belum sesuai kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan tenaga kerja. Lembaga pendidikan harus mampu merancang program untuk mencapai lembaga yang bermutu, agar kelak lulusan dapat bersaing dalam bidang apapun setelah mereka berada dilingkungan kerja.
Buku ini adalah hasil dari Tesis saya, dalam buku ini membahas terkait dengan pengendalian mutu sekolah, Issu tentang mutu pendidikan terus berkembang sejalan dan sejurus dengan perkembangan kebutuhan dan kesiapan penyelenggaraan pendidikan ...