Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

Sistem Manajemen Mutu

Pemahaman Sistem Manajemen Mutu disusun terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup. Penyusunan buku yang sistematis diharapkan mampu mempermudah pembaca memahami sistem manajemen mutu dalam pengendalian pengawasan pekerjaan agar lebih baik hasilnya. Penekanan orientasi pembelajaran pada buku ini lebih menonjolkan partisipasi aktif dari para pembaca.

Pemahaman Sistem Manajemen Mutu disusun terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup.

Manajemen Mutu Pendidikan

Buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang secara terperinci, tetapi juga melalui penyampaian contoh penerapan yang sesuai dan mudah dipahami. Sistematika buku “Manajemen Mutu Pendidikan” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemenmutupendidikan, diantaranya: Pemahaman Dasar Manajemen Mutu Terpadu; Model-Model Standar Mutu Pendidikan; Total Quality Managemen (TQM) dalam Konteks Pendidikan; Penerapan Manajemen Mutu Terpadudalam Pendidikan; Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Pendidikan; Akreditasi dan Sertifikasi; Pemecahan Masalah dan Perbaikan Mutu; Dasar Manajemen Sumber Daya Manuisa dalam Pendidikan; Manajemen Sumber Daya Manusia Persepktif Pendidikan; Manajemen Pembelajaran.

Buku ini terdiri atas 10 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan mengenai konsep dasar manajemenmutupendidikan, diantaranya: Pemahaman Dasar Manajemen Mutu Terpadu; Model-Model Standar Mutu Pendidikan; Total Quality Managemen (TQM) ...

MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya pendidikan suatu bangsa akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkarakter. Selain itu, pendidikan juga dapat menggambarkan suatu negara. Sistem pendidikan negara maju pasti sangat berbeda dengan sistem pendidikan di negara berkembang. Adanya kualitas dalam pendidikan didapatkan melalui pelayanan yang diberikan kepada peserta didik, orang tua, dan masyarakat.

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya pendidikan suatu bangsa akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkarakter.

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Latar belakang munculnya MBS tidak jauh berbeda dengan negara-negara lainnya yang terlebih dulu menerapkannya. Terdapat dua persoalan pokok perbedaan yaitu: Pertama, munculnya MBS di Indonesia bukan dorongan dan inisiatif dari masyarakat sehingga peranserta masyarakat dalam pengembangan sekolah masih rendah. Kedua, lambatnya kesadaran para pengambil kebijakan pendidikan di Indonesia. Negara-negara maju di Amerika dan Eropa telah menggalakkan gerakan reformasi pendidikan dengan model MBS sejak tahun 1970-an, sedangkan di Indonesia baru dimulai 30 tahun kemudian. Kondisi ini dapat dimaklumi karena tidak terlepas dari sistem pemerintahan otoriter selama rezim orde baru. Semua diatur dari pusat, baik dalam penentuan kurikulum sekolah, anggaran pendidikan, pengangkatan guru, metode pembelajaran, buku pelajaran, alat/media belajar hingga jam sekolah maupun jenis upacara yang harus dilaksanakan. Selama bertahun-tahun upaya perbaikan pendidikan selalu dilaksanakan dengan parsial sistem bukan perbaikan secara totalitas sistem.

Latar belakang munculnya MBS tidak jauh berbeda dengan negara-negara lainnya yang terlebih dulu menerapkannya.

Manajemen mutu berbasis sekolah/madrasah (MMBS/M)

mengelola pendidikan dalam era masyarakat berubah

Quality management for Islamic schools in Indonesia.

Quality management for Islamic schools in Indonesia.

Manajemen Strategis untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Buku ini berisi tentang konsep manajemen secara umum, konsep manajemen strategis, penerapan manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan serta pentingnya menyelenggarakan pendidikanyang bermutu. Pada saat ini lembaga pendidikan merupakan lembaga yangbergerak di bidang jasa dan dalam rangka menghadapi era society 5.0.harus mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka para pemerhati pendidikan dan penyelenggara lembagapendidikan harus senantiasa peka, mau dan mampu menerapkan konsepmanajemen strategis dalam menyelenggarakan pendidikannya. Sehinggadapat menyelenggarakan lembaga pendidikan yang bermutu supayalembaganya tetap eksis tumbuh dan berkembang.

Buku ini berisi tentang konsep manajemen secara umum, konsep manajemen strategis, penerapan manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan serta pentingnya menyelenggarakan pendidikanyang bermutu.

Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD

Mengembangkan talenta serta bakat-bakat besar anak sejak dini adalah hal yang sangat penting. Dengan begitu, kita bisa mengoptimalkan potensi anak untuk menjadi generasi penerus yang terdidik mulai dari usia yang masih sangat belia. Tentunya, peran kurikulum dan PAUD (pendidikan anak usia dini) sangat penting. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pengalaman, pendidikan, dan kematangan guru PAUD masih jauh di bawah standar. Oleh karena itu, manajemen mutu guru menjadi sesuatu yang mendesak dilakukan untuk mengembangkan mutu. Dalam buku ini, dikaji mengenai urgensi dan signifikansi PTK (penelitian tindakan kelas), mengembangkan kecerdasan majemuk anak, dan menciptakan fun education (pendidikan menyenangkan). Selain itu, kendala pengembangan guru PAUD yang menjadi momok selama ini, juga diurai secara detail, sekaligus diberi solusi yang tepat, akurat, dan praktis. Selamat membaca!

Mengembangkan talenta serta bakat-bakat besar anak sejak dini adalah hal yang sangat penting.

Budaya Kerja Guru

Ide dasar penulisan buku ini, bertolak dari keinginan penulis, pertama menyampaikan informasi studi ini ke masyarakat. Dengan demikian, guru dan masyarakat secara umum, mengetahui bagaimana budaya kerja guru. Kedua, sebagai akademisi penulis memiliki tanggungjawab sosial dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Terbebas dari permasalahan-permasalahan yang dijumpai, baik itu berpangkal pada sistem seperti contohnya permasalahan manajemen, kualitas input dan kondisi sarprasnya, ataupun permasalahan dari selain sistem seperti contohnya ketatnya ...

Sang Guru dalam Potret Pengabdian

Sang Guru dalam Potret Pengabdian merupakan sebuah buku yang mengisahkan tentang berbagai pengalaman guru SMPN 1 Tambun Selatan. Berbagai pengalaman tersebut merupakan pengalaman terbaik yang begitu berkesan bagi para penulis. Kisah ini dipenuhi dengan warna yang menyelimuti pengabdian penulis sebagai seorang guru. Pengabdian ini tentu menuntut berbagai perjuangan. Lika-liku perjuangan menjadi seorang abdi pendidikan memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi diri sang Guru. Keteguhan hati, keikhlasan, dan kesabaran dalam berjuang tentu akan berbuah manis. Berbagai prestasi dan penghargaan memberikan apresiasi tersendiri bagi suatu pengabdian setidaknya berupa peningkatan kualitas diri terlebih lagi sang Guru, yang digugu dan ditiru. Selain memuat kisah tentang pengalaman-pengalaman terbaik di dalam buku ini juga memuat berbagai kegiatan yang ada di SMPN 1 Tambun Selatan.

Banyak peristiwa yang terjadi dalam membantu siswa menghadapi berbagai permasalahan. Mulai masalah pribadi sampai dengan permasalahan keluarga. Penanganan masalah siswa kulakukan dengan penuh kehati-hatian karena berkaitan dengan ...