Sebanyak 3568 item atau buku ditemukan

Bu Slim & Pak Bil : Membincangkan Pendidikan di Masa Depan

Ihwal Life Skills, Portofolio, Konstruktivisme, dan Kompetensi

Apa yang akan terjadi dengan penyelenggaraan pendidikan kita di masa depan? Apakah pendidikan di sekolah-sekolah akan mengalami perubahan secara sangat mendasar? Apakah ramalan Peter F. Drucker bahwa pendidikan di masa depan akan lebih bertumpu pada pendidikan yang berada di luar gedung sekolah benar-benar akan terjadi? Bagaimana kita mempersiapkan diri dalam menghadapi semua itu? Dalam buku ini, Bu Slim dan Pak Bil mencoba menunjukkan kepada kita tentang beberapa komponen penting yang, kemungkinan besar, akan berpengaruh dalam menentukan corak pendidikan kita di masa depan. Secara mengasyikkan dan sedikit menghibur, mereka berdua membicarakan temuan-temuan baru dalam riset otak mutakhir yang menjadi dasar dimunculkannya metode-metode baru belajar yang menyenangkan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagaimana buku sebelumnya, yang bercerita secara ringan tentang kiprah guru "multiple intelligences" di sekolah, kali ini seluruh perbincangan pun dikemas dalam bentuk yang cair dan "fun". Semoga buku serial Bu Slim dan Pak Bil ini dapat menjadi bacaan alternatif yang menyegarkan bagi para guru, di tengah membanjirnya buku-buku pendidikan yang menawarkan perubahan. [Mizan Learning Center, Inspirasi, Motivasi, Indonesia]

Kali ini Indonesia beruntung. Keberuntungan itu, terutama, seharusnya, dapat
dirasakan oleh para penggiat pendidikan dan seluruh komponennya. Mulai
tahun 2004, Indonesia memiliki konsep baru pendidikan yang bernama KBK
atau ...

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga dalam menyikapi hal tersebut penulis mencoba menelaah secara sistematis terkait kebijakan pendidikan agama Islam di Indonesia dengan demikian dapat dianalisa kelemahan dan kekuatannya serta dapat menghasilkan corak dan solusi terhadap pendidikan agama Islam era 4.0 tersebut. Penghimpunan buku ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang studi mata kuliah Kebijakan Pendidikan. Selebihnya buku ini juga bertujuan untuk membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai calon guru serta bahan bacaan para dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Harapan penulis semoga buku ini dapat menjadi blueprint bagi para guru, dosen dan mahasiswa sebagai calon-calon guru masa depan yang membawa tugas mulia yakni mengajar, mendidik, dan di dalamnya termasuk penilaian serta pengabdian.

Pendidikan Agama Islam Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 ini merupakan buku yang dihadirkan guna menjawab tantangan pendidikan agama Islam yang secara sadar sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0 sehingga ...

Pokok2 pendidikan dan pengadjaran

Hasil kuliah pada Fakultas Tarbijah, Institut Agama Islam Negeri Djakarta tahun adjaran 1960/1961

Sistem pendidikan Islam

suatu kajian tentang penghayatannya di kalangan mahasiswa Universiti Teknologi Mara (UiTM) Kampus Arau, Perlis

Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah

Kajian dalam buku ini diawali dengan suatu kegelisahan akademis bahwa praktik pendidikan di sekolah pada umumnya lebih mementingkan kemampuan kognisi atau pendidikan hanya dijadikan alat untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sementara pengembangan potensi kemanusiaan yang lainnya banyak diabaikan, padahal kemampuan intelektual hanyalah salah satu potensi saja. Proses pendidikan tidak dapat terpragmentasi dalam dominansi satu potensi, namun terpadu dan seimbang dalam keutuhan potensi manusiawi sehingga mampu menjadi manusia yang holistik. Pencapaian pendidikan holistik memerlukan usaha mengubah kondisi dan perilaku sekolah, warga sekolah, dan pendukung sekolah, oleh karenanya dimensi budaya sekolah menjadi sangat sentral. Oleh karena itu, penulis merasa perlu menyusun buku ini dikarenakan beberapa hal. Pertama, buku ajar hasil penelitian mengenai pendidikan holistik dan budaya sekolah di Indonesia masih kurang dan buku-buku ajar lebih banyak membahas pendidikan dalam tataran normatif. Buku ini dihadirkan untuk membahas secara implementatif pendidikan holistik di sekolah. Kedua, sampai saat ini belum ada buku-buku ajar mengenai pendidikan yang menganalisis pendidikan holistik berbasis budaya sekolah, andaikan adapun analisinya masih secara parsial antara pendidikan holistik dan budaya sekolah. Hadirnya buku ini untuk melengkapi analisis komprehensif mengenai pendidikan holistik. Hakikat pendidikan di sekolah mestinya diarahkan untuk mengembangkan seluruh potensi kemanusiaan, yaitu potensi kognitif, emosional, sosial, spiritual, kreatifitas dan fisik. Keseluruhan potensi tersebut merupakan satu kesatuan, terpadu dan integratif serta seimbang. Implementasi pendidikan holistik diperekat oleh sistem budaya sekolah sebagai landasan operasionalnya sehingga dapat berjalan berdasarkan kesepakatan dan kesepahaman bersama warga sekolah. Pendidikan holistik tanpa budaya sekolah yang positif maka tidak akan terlaksana dengan baik dan terwujudnya budaya sekolah yang positif akan menjadi dasar penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan holistik.

Kedua, sampai saat ini belum ada buku-buku ajar mengenai pendidikan yang menganalisis pendidikan holistik berbasis budaya sekolah, andaikan adapun analisinya masih secara parsial antara pendidikan holistik dan budaya sekolah.