Sebanyak 3608 item atau buku ditemukan

Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal

Buku yang mengkaji mengenai Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal

Buku yang mengkaji mengenai Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal

Kajian Dampak Covid-19 Pada Satuan Pendidikan Non Formal Dalam Menyelenggarakan Layanan Pendidikan Masyarakat

Buku Mengenai Kajian Dampak Covid-19 Pada Satuan Pendidikan Non Formal Dalam Menyelenggarakan Layanan Pendidikan Masyarakat

Buku Mengenai Kajian Dampak Covid-19 Pada Satuan Pendidikan Non Formal Dalam Menyelenggarakan Layanan Pendidikan Masyarakat

Korupsi Menurut Prof. Hamka (Studi Tafsir Al-Qur’an Al-Azhar Karya Prof. Hamka)

28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta Fungsi dan Sifat Hak Cipta Pasal 4 Hak Cipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 huruf a merupakan hak eksklusif yang terdiri atas hak moral dan hak ekonomi. Pembatasan Pelindungan Pasal 26 Ketentuan ...

Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Kepramukaan Perspektif Al-Qur’an dan Implementasinya di SMP IT Al-Husein Tigaraksa

Buku ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran tuntas dalam perspektif Al-Qur’an adalah langkah atau tahapan yang dilakukan pendidik kepada peserta didik dalam mengembangkan dimensi kognitif (QS. Ali-Imran/3: 190-191), afektif (QS. Ali-Imran/3: 159), dan psikomotorik (QS. at-Tin/95: 4, ar-Rum/30: 54), dimensi spiritual (al-A’raf/7: 172), aptitude (bakat) (al-Isra/17: 84), attitude (sikap/akhlak) (as-Syams/91: 8-9), dan sosial (al-Hujurat/49: 13). Implementasi metode pembelajaran tuntas dalam pendidikan kepramukaan di SMP IT Al-Husein Tigaraksa menerapkan Kurikulum 2013 melalui tahapan/metode belajar tuntas yaitu: 1. Orientasi, 2. Penyajian materi, 3. Latihan terstruktur, 4. Latihan terbimbing, 5. Latihan mandiri dengan metode belajar interaktif progresif pendidikan kepramukaan efektif dalam menumbuhkan kesadaran keberagaman, perubahan sikap, dan meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik peserta didik. Tentunya hal ini mendukung pengembangan pribadi peserta didik dalam dimensi: kognitif, afektif, psikomotor, spiritual, aptitude, attitude, dan sosial. Buku ini mendukung pendapat Benyamin S Bloom (1968), dengan teori taksonomi dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Danah Zohar, Ian Marshal (2002), dan Arnold Gessel (1961) dengan dimensi spiritual, ruhiyah, dan keimanan. Caroll (1963), Hari Santosa (2015), Munif Chatib (2015) dengan dimensi aptitude. Armai Arif (2014), (Pengembangan bakat melalui kegiatan pramuka). Ibnu Jauziyah (1292), Ibnu Miskawaih (1998) yang menjelaskan bahwa anak harus ditumbuhkan keimanan dan akhlak, karena secara fitrah potensi keimanan dan akhlak telah ada. Buku ini memiliki perbedaan pandangan dengan John locke (1704), Schopenhauer (1880), William Stern (1938), pembelajaran berdasarkan pandangan tokoh ini tidak memberikan kesempatan dan waktu sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research). Adapun metode penafsiran Al-Qur’an menggunakan metode tematik (maudhui). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang disajikan dalam buku ini bersifat deskriptif kualitatif, sehingga melalui teknik analisis, perbandingan dan interpretasi terhadap hasil pencarian sumber primer (Al-Qur’an) dan sekunder (hasil wawancara dan observasi). Populasi yang diambil dalam penelitian meliputi seluruh peserta didik SMP IT Al-Husein Tigaraksa dengan 50 anak anggota pramuka inti sebagai sampel.

... dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. ... membaca, serta mengajarkan hikmah yaitu asSunah atau kebijakan dan kemahiran melaksanakan hal yang mendatangkan manfaat serta ...

METODE DAN PENDEKATAN DALAM SYARAH HADIS

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya atas setiap pertolongan yang Ia berikan kepada penulis. Tak lupa penulis ucapkan sholawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nanti-nantikan syafa’atnya di yaumul akhir nanti. Atas segala pertolongan-Nya penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul Metode dan Pendekatan dalam Syarah Hadis tepat pada waktunya. Buku Metode dan Pendekatan dalam Syarah Hadis ini pada awalnya merupakan hasil diskusi dosen bulanan dalam kegiatan “Konsorsium Prodi Ilmu Hadis”. Hasil diskusi ini selanjutnya dirangkai dalam satu buku utuh. Buku ini memuat beberapa kumpulan tulisan, dimulai dari penjelasan terkait ilmu Syarah Hadis dari definisi, kemunculan, metode, dan objek persoalannya. Kemudian, tulisan tentang Kontekstualisasi Pemahaman Hadis Menurut Yusuf Al-Qaradhawi, Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Kajian Hadis, Metodologi Memahami Hadis Pandemik, Kepedulian Sosial Masyarakat Pati dalam Upaya Mengatasi Pencegahan Penyebaran COVID-19, dan Ta’ziran sebagai Bentuk Nasihat bagi Santri Pondok Pesantren. Hadirnya buku Metode dan Pendekatan dalam Syarah Hadis ini diharapkan menjadi menjadi wawasan sekaligus sebagai bahan referensi pada kajian kitab-kitab hadis yang ada. Tim Penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada temanteman yang telah membantu dalam pembuatan buku ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kami menyadari dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan belum bisa dikatakan sempurna. Oleh karena itu, segala kritik yang bersifat membangun akan penulis terima dengan tangan terbuka. Akhir kata semoga buku ini ini dapat memberi banyak manfaat dan menginspirasi bagi para pembacanya.

The Theory of social and Economic Organization, edited by Talcot Parsons and translated by A.M.Handerson anda Talcott Parsons New York: Free Press. Dimas, Etika dan Kepedulian Sosial dalam http:// dimas-p-a- fib11. web.unair.

KUMPULAN TEORI PENAFSIRAN AL QUR’AN - AL HADIS DAN TEORI EKONOMI ISLAM MENURUT PARA AHLI

Bismillahirrahmanirrahim... Segala puji dan syukur kami segenap penulis sampaikan kepada Allah Azza Wa Jalla, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, tim penulis dapat merampungkan penyusunan buku ini. tema yang di angkat pada buku ini, mengenai kumpulan pemahaman pemikiran dari para alim dan ulama Islam mengenai teori-teori penafsiran Al-Quran dan Al-Hadits serta pemahaman pemikiran tentang tema ekonomi Islam. buku ini merupakan hasil kolaborasi 13 mahasiswa/i calon doktor Ekonomis Syariah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan tahun 2020. kolaborasi ini cukup unik dan menarik, dimana dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang sangat beragam mampu menghasilkan dan menyusun sebuah karya yang di harapkan dapat bermanfaat bagi penikmatnya. buku ini bersumber dari teori pada artikel-artikel ilmiah dan buku-buku rujukan ekonomi Islam yang di rangkum oleh tim penulis menjadi sebuah karya buku. tim penulis berharap bagi para pembaca buku ini untuk dapat lebih kritis dalam memahami sebuah sudut pandang dari para alim dan ulama Islam yang tertera di dalam buku ini. tim penulis menyarankan kepada para pembaca buku ini untuk dapat menggali informasi pembanding eksternal dari teori-teori yang tersusun di dalam buku ini. akhir kata, tim penulis menginginkan agar para pembaca bisa memilah dan memilih isi buku ini dengan pikiran terbuka. Wallahualam Bissawab...

... Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000) Boedi Abdullah, Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam, Bandung: Pustaka ... Monetary Sistem, diterjemahkan oleh Ikhwan Abidin Chapra, M. Umar, 2001. The Future of Economics; an Islamic ...