Sebanyak 3607 item atau buku ditemukan

Aneka Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab

Buku digital ini berjudul "Aneka Desain Model Pembelajaran Bahasa Arab", merupakan buku yang berisi tentang "Desain Pembelajaran Bahasa Arab" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan Bahasa Arab yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.

(model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain (Joyce dan ...

Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21

Guru dan kurikulum merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan pendidikan. Begitu pentingnya peran guru dan kurikulum dalam mentransformasikan input pendidikan, tidak ada perubahan dan peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan peningkatan kualitas guru dan proses pengembangan kurikulum. Indonesia sendiri beberapa kali mengalami perubahan, sebut saja Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum prototipe 2022. Istilah kurikulum sendiri menjadi topik menarik dan hangat untuk diperbincangkan, karena keberadaannya terus mengalami adaptasi seiring tuntutan zaman. Abad teknologi informasi dengan berbagai kecanggihan teknologi digital menuntut banyak perubahan pola pembelajaran yang dilakukan pelaku pendidikan. Desain kurikulum, dari aspek perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran harus disiapkan dengan mempertimbangkan aspek perkembangan yang terjadi. Buku Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 yang ada di hadapan para pembica, berupaya menawarkan solusi tentang konsep kurikulum dan pembelajaran dari berbagai sudut pandang, secara teori, historis, kebijakan terkini, maupun isu kurikulum dan pembelajaran yang diimplematasikan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Adapun kurikulum untuk beberapa minggu, beberapa hari yang disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program semester ataupun rencana pembelajaran memiliki komponenkomponen yang sama yaitu tujuan, bahan pelajaran, metode dan media ...

DESAIN KURIKULUM MERDEKA UNTUK ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Ada tiga tema bahasan yang ditulis dalam buku ini yaitu tentang (1) Kurikulum Merdeka, (2) Era Revolusi Industri 4.0 dan (3) Era Society 5.0. Menggabungkan ketiganya merupakan upaya yang membaikan bagi masyarakat pendidikan. Alasannya adalah bahwa Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kemandirian bagi guru untuk berkreasi dan berinovasi mengimplementasikan sesuai kebutuhan dan kemampuan setiap satuan pendidikan. Era ini adalah era di mana alat berteknologi tinggi sudah menjadi kebutuhan. Alat yang banyak dikendalikan oleh teknologi di era Revolusi Industri 4.0 ini tidak lagi mahal dan berserakan di sekitar kita. Artificial Intelegent dalam bentuk aplikasi-aplikasi android misalnya menjadi barang biasa. E-commerce yang dahulu menjadi ekosistem kaum berada dan di perkotaan sekarang sudah digunakan oleh hampir seluruh mayarakat bahkan sampai pedesaan. Ini mengakibatkan pada terbuka lebarnya sebuah masyarakat baru yakni pengintegrasian kehidupan fisik dengan kehidupan siber dalam satu ekosistem. Tentu saja manusia tidak boleh dikontrol oleh teknologi yang diciptakannya. Manusia harus fully controlled terhadap teknologi ini sehingga muncul gagasan penciptaan Society 5.0. Masyarakat di era ini adalah mereka yang menjadikan ekosistem siber menjadi salah satu yang menyelesaikan banyak masalah kemanusiaan dari mulai ekonomi, kesehatan, pertanian, industri, komunikasi dan seterusnya. Semua aspek di dunia ini diselesaikan dengan cara siber namun tidak kehilangan kontrol manusia dan tujuannya untuk lebih memanusiakan manusia. Perubahan dunia ini dibaca oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan melahirkan Kurikulum Merdeka. Secara prinsip Kurikulum Merdeka belum memiliki arah yang jelas tentang standarisasi pendidikan karena Kurikulum Merdeka memberikan kemandirian kepada sekolah untuk menciptakan atau memilih kurikulum sendiri. Sehingga buku ini menjadi tawaran menarik menjadi pilihan. Desain yang ditawarkan dalam buku ini adalah bagaimana Kurikulum Merdeka diracik dalam upaya bagaimana alat-alat teknologi ala revolusi industri 4.0 ini menjadi bagian penting dalam pendidikan di Indonesia. Tujuan akhir dari pemahaman alat ini agar masyarakat Indonesia bisa beradaptasi dan menjadi pengguna serta pencipta alat-alat teknologi untuk kepentingan masyarakat era 5.0. Jika cara ini tidak segera diinfiltrasi dalam dunia pendidikan maka akan sulit sekali bangsa Indonesia mengejar ketertinggalan. Jadi, buku ini merupakan panduan bagi sekolah yang ingin memahami ekosistem pendidikan sebagai persiapan masa depan yang maju seperti negara-negara industri lainnya. Visi Indonesia Emas 2045 harus disiapkan oleh dunia pendidikan, karena dunia inilah yang menjadi ujung tombak peningkatan kualitas bangsa. Jika pendidikan didesain biasa-biasa saja, maka dapat dipastikan Indonesia akan menjadi bangsa follower bukan trendsetter. Padahal, jika Indonesia hari ini sudah mengkampanyekan “Indonesia Maju”, maka tahap pertama yang harus diselesaikan oleh pemerintah adalah dunia pendidikan.

Ada tiga tema bahasan yang ditulis dalam buku ini yaitu tentang (1) Kurikulum Merdeka, (2) Era Revolusi Industri 4.0 dan (3) Era Society 5.0.

Desain Lintasan Belajar Matematika Realistik

Process oriented: desain pembelajaran berdasarkan rencana pembelajaran dan alat atau perangkat yang digunakan untuk membantu pembelajaran tersebut. Keunggulan dari desain rancangan diukur untuk digunakan secara praktis oleh pengguna. c.

BUKU AJAR KOMPUTER DESAIN INTERIOR 2D AUTOCAD 2D UNTUK GAMBAR KERJA BANGUNAN

Buku Ajar ini merupakan panduan untuk mata kuliah Komputer Desain Interior 2D yang merupakan mata kuliah untuk mahasiswa semester 4 Pogram Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar.

H. RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) KULIAH KOMPUTER INTERIOR 2D Tabel 4 Tabel Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Kompetensi akhir yang diharapkan (1) (6) Mahasiswa Minggu Pembelajaran Materi Waktu Tugas (2) (3) (5) 1 Penjelasan 2 x ...

Desain Perencanaan Program Pendidikan Luar Sekolah (Kompilasi Desain Program Pelatihan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan)

Buku ini memberikan penjelasan dan gambaran terkait dengan posisi dan kedudukan perencanaan dalam sebuah program kegiatan dalam pencapaian tujuan, khususnya pada program PLS. Untuk memberikan contoh yang sederhana maka didalam buku ini juga ditampilkan berbagai bentuk Desain Program Pendidikan Luar Sekolah yang relevan dengan kondisi masyrakat saat ini.

Buku ini memberikan penjelasan dan gambaran terkait dengan posisi dan kedudukan perencanaan dalam sebuah program kegiatan dalam pencapaian tujuan, khususnya pada program PLS.

Bunga Rampai Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas

Terdapat 4 topik besar dalam buku Bunga Rampai ini yaitu, (1) Olahraga Pendidikan, (2) Olahraga Prestasi, (3) Olahraga Masyarakat dan Rekreasi serta (4) Pariwisata Olahraga dan Industri Olahrga. Semua topik besar ini merupakan bagian dari kebijakan pemerintah untuk mendukung terlaksananya DBON. Penulis dalam buku ini memiliki latar belakang keolahragaan seperti Dosen-dosen Olahraga dari berbagai universitas di Indonesia, Guru-guru Pendidikan Jasmani, Pelatih dan juga mantan atlet, peneliti dibidang keolahragaan dan pengurus organisasi keolahragaan baik organisasi pemerintah dan non pemerintah.

Dalam pembelajaran keterampilan olahraga hendaknya dapat tercermin misalnya, sebagai pemimpin di lingkungan kelas, ia harus bertindak ... Kemampuan menyusun rencana pembelajaran yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari kurikulum.

Language and the Joint Creation of Knowledge

The selected works of Neil Mercer

In the World Library of Educationalists series, international experts themselves compile career-long collections of what they judge to be their finest pieces – extracts from books, key articles, salient research findings, major theoretical and practical contributions – so the world can read them in a single manageable volume. Readers will be able to follow the themes and strands and see how their work contributes to the development of the field. Language and the Joint Creation of Knowledge draws on the most prominent writing of Neil Mercer, covering his ground-breaking and critically acclaimed work on the role of talk in education, and on the relationship between spoken language and cognition. The text explores key themes, relating theoretical ideas to research evidence and to practical educational situations that improve children’s lives. Offering students and researchers a clear, accessible and up-to-date account of a sociocultural perspective on the relationship between spoken language and cognition, it explains one of the key themes in Neil Mercer’s work – that humans have uniquely evolved the capacity to think together, or ‘interthink’. Offering a crucial insight into the work of Neil Mercer, this selection showcases why his approach has become the dominant paradigm in educational research, and why it is increasingly influential in the psychology of teaching and learning. This unique collection of published articles and chapters, which represent the key themes and range of his research over the last 40 years, will be of interest to all followers of his work and any reader interested in the role of language in education.

This unique collection of published articles and chapters, which represent the key themes and range of his research over the last 40 years, will be of interest to all followers of his work and any reader interested in the role of language ...

PANDUAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN PARTISIPATIF

Panduan ini kami susun sebagai salah satu kontribusi kecil DIPP dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan Universitas Airlangga. Dalam buku panduan ini kami tuliskan berbagai jenis bentuk pembelajaran kolaboratif beserta berbagai elemen penting yang terkait. Kami berharap panduan ini bisa membantu dosen memahami berbagai metode pembelajaran berbasis mahasiswa. Berbagai metode pembelajaran yang diterangkan dalam buku, yaitu Case-Based Learning/CBL, Problem- Based Learning/PBL, dan Project- Based Learning/PjBL adalah bentuk pembelajaran yang memberi penekanan khusus pada kolaborasi dan aktivitas mahasiswa sebagai pembelajar aktif. Metode pembelajaran ini merupakan bentuk pembelajaran yang sangat digalakkan untuk membentuk lulusan yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dunia yang semakin terhubung dengan kemajuan teknologi digital dan informasi perlu didukung dengan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis, berinovasi, dan berkolaborasi yang mumpuni. Keterampilan tersebut harus dilatih secara kontinu melalui metode pembelajaran yang memberi lebih banyak kesempatan pada mahasiswa untuk lebih aktif membangun pengetahuan dan berkreasi.

Panduan ini kami susun sebagai salah satu kontribusi kecil DIPP dalam meningkatkan kualitas pengajaran di lingkungan Universitas Airlangga.

METODE PEMBELAJARAN

Dalam buku Metode Pembelajaran ini penulis mencoba memaparkan tentang metode pembelajaran disertai dengan contoh-contoh metode dan langkah-langkah penggunaannya dalam pembelajaran.

Dalam buku Metode Pembelajaran ini penulis mencoba memaparkan tentang metode pembelajaran disertai dengan contoh-contoh metode dan langkah-langkah penggunaannya dalam pembelajaran.