Sebanyak 3141 item atau buku ditemukan

Pendidikan Ekonomi Berkarakter Untuk Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pendidikan ekonomi berkarakter untuk pembangunan berwawasan lingkungan memungkinkan setiap manusia memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang diperlukan untuk membentuk masa depan yang berkelanjutan. Pendidikan ekonomi berkarakter untuk pembangunan berwawasan lingkungan berarti memasukkan isu-isu kunci pembangunan berkelanjutan ke dalam pendidikan dan pembelajaran ekonomi. Hal tersebut membutuhkan metode pengajaran dan pembelajaran ekonomi yang partisipatif serta dapat memotivasi dan memberdayakan peserta didik untuk mengubah perilaku mereka dan mengambil tindakan untuk pembangunan berkelanjutan, khususnya pada pembangunan berwawasan lingkungan, sehingga diharapkan kehadiran buku ini dapat memberikan perubahan besar dalam konteks pendidikan ekonomi yang diimplementasikan saat ini dan pada masa yang akan datang.

D. Pemasaran Hijau (Green Marketing) Pemasaran yang berbasis pada kelestarian lingkungan “environmental marketing” merupakan perkembangan baru dalam bidang pemasaran, dan merupakan suatu peluang yang potensial dan strategis yang ...

Islamic Sosial Finance and Its Role for Achieving Sustainable Development Goals: Islamic Economics Winter Course

During this Pandemic Covid 19, Islamic Economics Winter Course 2020 adapted the program from offline to online course. This is the first time for the committee to conduct the Islamic Economic Winter Course virtually. Hopefully, this program still give beneficial for us and for the Ummah. On behaf of the committee I also apologize for any inconveniences, weaknesses and mistakes during and after the program. This ebook is arranged as one of output from Islamic Economics Winter Course 2020 to motivate and inspire the others. This ebook consist of individual essay from IESWC 2020 participants which has been submitted, as one of requirements to register to the event. Besides, this ebook also recorded the submission of group assignments during the course.

Economic conventional is incomplete, resulting in the absence of a clear link between microeconomics and macroeconomics. Lack of a connecting link between macroeconomics and microeconomics have generated discontent among economists.

Prasetiya Mulya EDC On Entrepreneurship Education

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan. Hasil dari suatu pendidikan kewirausahaan, tidak hanya di Indonesia, masih sering dipertanyakan. Setelah melalui proses pendidikan kewirausahaan, siswa akan menjadi apa atau menjadi bagaimana? Pertanyaan tentang hasil yang dapat diukur dari suatu proses pendidikan adalah hal yang wajar, karena menyangkut penggunaan sumber daya yang tidak sedikit, dan waktu yang cukup banyak dialokasikan oleh para siswa di dalam program. -Prasetiya Mulya Publishing-

Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu isu menarik, mengingat masih banyaknya pendapat bahwa seorang wirausaha dilahirkan dan bukan dibentuk sehingga mereka sangat meragukan keberhasilan pendidikan kewirausahaan.

Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis

Metode design thinking merupakan sebuah salah satu thinking tools yang bersifat human-centered atau berpusat pada manusia. Dalam proses berinovasi metode design thinking digunakan dengan memusatkan titik perhatian kepada pengguna hasil inovasi. Hasil akhir yang diharapkan dari metode ini dapat berupa suatu gagasan, ide, produk jasa yang terus mengalami perubahan mengikuti dinamika penggunanya. Dalam buku ini, proses inovasi dengan metode design thinking dijabarkan dalam enam fase, metode design thiking dilakukan dalam enam fase. Keenam fase tersebut yaitu; definisi, riset, interpretasi, evaluasi, membuat prototip, dan evaluasi. Masing-masing fade akan disajikan lebih rinci dalam buku ini dengan masing-masing keterampilan yang dibutuhkan dalam melakukan masing-masing fase. Enam fase ini berupa panduan yang dijabarkan untuk memudahkan pemahaman proses inovasi menggunakan metode design thinking. Buku ini memberikan uraian mengenai metode design thinking dalam proses inovasi bisnis yang dapat digunakan baik oleh individu, mahasiswa dan akademisi, praktisi bisnis, dan pelaku start-up business guna menambah pengetahuan berupa perspektif segar dan pendekatan baru dalam proses inovasi bisnis. Di samping metode-metode Manajemen yang sudah ada, metode design thinking menganalisa suatu permasalahan melalui sudut pandang kreatifitas dan empati dengan masyarakat yang juga pengguna dari hasil inovasi. Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini memberikan penjelasan yang dapat langsung dipraktikan dan dipelajari, dilengkapi dengan soal-soal latihan dan kertas kerja (worksheet) untuk menunjang pemahaman pembaca.

Metode design thinking merupakan sebuah salah satu thinking tools yang bersifat human-centered atau berpusat pada manusia.

Kebangkitan UMKM Melalui Inovasi Geoproduk Berbasis Geodiversity & Kearifan Lokal

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark). Geopark merupakan konsep yang terbaik saat ini, karena mampu mengintegrasikan seluruh sumber daya alam di sekitar lokasi yang memiliki keunikan geologi dengan tujuan, yaitu perlindungannya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. UMKM sebagai komunitas yang ada dan penting dalam geopark mengembangkan geoproduk berdasarkan geodiversity dan kearifan lokal memiliki kekuatan untuk bangkit dari krisis-krisis yang terjadi. Geoproduk merupakan produk atau jasa yang memiliki keunikan juga ramah lingkungan dan berada dalam lingkungan geopark. Buku ini memberikan gambaran tentang definisi geoproduk, ciri-ciri geoproduk, proses pembuatannya, model bisnis, rantai nilai, manajemen risiko UMKM, dan strategi pemasaran bagaimana geoproduk bisa menjadi unggulan bagi UMKM di Indonesia. Contoh kasus UMKM geoproduk ditampilkan dalam bentuk narasi mulai dari geoproduk yang ada di geopark Indonesia, hingga geoproduk yang ada di geopark negara-negara lain yang masuk ke dalam UNESCO Global Geoparks (UGG).

Indonesia dengan karakteristik alam dan lingkungannya yang sangat beragam, memiliki tiga konsep pemanfaatan sumber daya alam yang berlandaskan perlindungan alam, yaitu ekowisata, geowisata, dan taman bumi (geopark).

Dari Mahasiswa untuk Indonesia: Kewirausahaan dan Inovasi di Era Digital

Buku ini berisi karya-karya terbaik dari lomba karya ilmiah mahasiswa dan poster inspirasi wirausaha FESTA 2019 yang terlalu berharga untuk hanya dijadikan material lomba, tanpa didiseminasikan lebih jauh kepada lingkungan akademik dan masyarakat demi kemanfaatan yang lebih luas. Buku ini berisi beberapa karya, diantaranya adalah: 1. Karya Raya: Realisasi Karya Anak Bangsa Melalui Platform Crowdfunding demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045 oleh M. Dewi & V. Rizki 2. Sistem Informasi Limbah Menjadi Berkah (SILIDAH) oleh Y. I. A. Nugraha 3. Marisa: Masakan Rumah Inovatif Siap Antar oleh Y. Jakharia, E. V. Florensia, & H. Rahmanadi 4. Pengaruh Penetapan Target Penjualan terhadap Pemasaran Melalui Optimalisasi Media Sosial pada Mahasiswa oleh M. Ningrum 5. Memberdayakan Ghiroh Entrepreneuship Generasi Muda untuk Menunjang Industri Kreatif Era Digital oleh Yamti, E. Kurniawati, & A. N. Afifah 6. E-Bulog (Electronic Badan Urusan Logistik) : Rancangan Aplikasi Solusi Keberlanjutan Bulog di Tengah Kebijakan BPNT oleh R. A. Rahman 7. Bijarinesia: Bimbingan Belajar Bahasa Indonesia dalam Jaringan oleh A. Lisa, A. W. A. Putri, & K. Dewi 8. Mengembangkan Kreativitas Entrepreneurship Berbasis E-Commerce dengan Sofa Ecobrick untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat oleh D. Prastyawan, M. H. Ryananda, & M. Nurrohmah 9. Pasarkita: Pengembangan Traditional Marketplace sebagai Solusi Konstruktif Maksimalisasi Laba Pelaku UMKM oleh M. Sulistiawati, V. D. Pitaloka, & M. Y. H. Nur Alifi 10. Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna

Dakocan (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung sebagai Aksesoris Fashion oleh B. Asmoroningtyas, R. Wijayanti, & Agustiana 11. Epilog: Masa Depan dan Sebuah Ruang untuk Berkarya oleh A. N. Husna

INOVASI DISRUPTIF

STRATEGI UNTUK MEMENANGKAN USAHA

Istilah disrupsi mulai populer di Indonesia sekitar 5 tahun terakhir saat munculnya moda transportasi online: Gojek. Tahun 2017 terjadi demo yang dilakukan para pengemudi ojek pangkalan di 10 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Bogor, dan Malang). Gojek adalah salah satu contoh inovasi disruptif. Inovasi yang mengganggu ojek pangkalan karena pelanggan ojek pangkalan beralih ke jasa Gojek. Dengan berbagai keunggulannya melalui inovasi, yaitu aplikasi di ponsel Android dan iOS, Gojek mampu menarik pengguna baru yang sebelumnya adalah bukan pengguna moda transportasi roda dua. Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption. Namun,inovasi disruptif ada yang bersifat inovasi disruptif low-end, prosesnya relatif lama, tidak menciptakan pasar baru, hanyalah model bisnis berbiaya rendah yang tumbuh dengan menarik pelanggan perusahaan yang sudah mapan. Produk pangan, khususnya pangan fungsional di Indonesia adalah salah satu contoh inovasi disruptif low-end. Pangan fungsional sangat penting bagi kesehatan manusia dan dapat diproduksi dengan biaya murah di Indonesia. Buku ini lebih banyak membahas inovasi disruptif low-end yang dapat dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memproduksi bahan pangan lokal. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa inovasi disruptif tidak selalu dilakukan oleh usaha yang bermodal besar dan berbasis teknologi atau usaha rintisan (start-up). Buku ini tidak hanya membahas teori, tetapi disertai hasil penelitian yang dilakukan oleh para penulis selama 5 tahun terakhir. Selama 3 tahun terakhir penelitian menggunakan pendekatan pendamping pada UKM/IKM sehingga argumentasi yang disampaikan berdasarkan fakta empiris. Selain penelitian, para peneliti juga menindaklanjuti dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan workshop. Prinsip triple helix (akademisi, pemerintah, dan pebisnis), bahkan quadruple helix (triple helix ditambah komunitas) diterapkan selama proses penelitian sampai dengan pengabdian kepada masyarakat. Buku ini layak dan cocok dibaca oleh berbagai kalangan dalam triple helix dan quadruple helix. Bagi akademisi (dosen, mahasiswa, dan peneliti), hasil penelitian yang disajikan di buku ini bisa membuka peluang penelitian untuk jenis bisnis selain industri makanan atau penelitian terkait topik-topik yang disajikan di bab terakhir (agenda ke depan). Bagi pengusaha, buku ini menyajikan informasi tentang karakteristik inovasi disruptif sehingga menyediakan alternatif pilihan jenis inovasi disruptif yang sesuai dengan kondisi usaha. Selain itu, disajikan pula potensi bisnis pada industri pangan fungsional. Model peningkatan daya saing berkelanjutan pada UKM/IKM berbasis inovasi disruptif sangat cocok bagi pemerintah daerah karena UKM/IKM adalah basis ekonomi daerah maupun nasional.

Inovasi disruptif yang terjadi pada transportasi, khususnya roda dua terjadi secara massal dan berlangsung cepat, yangdisebut inovasi disruptif high-end atau new market disruption.

Entrepreneurial Marketing, Customer Relationship Marketing, Inovasi Produk, dan Daya Saing UKM: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian

Buku ini ditujukan untuk para mahasiswa maupun para pengelola bisnis khususnya pebisnis UKM sektor kerajinan kayu. Bagi mahasiswa buku ini diharapkan dapat dipakai sebagai salah satu referensi untuk mempelajari dan memahami tentang aplikasi dari konsep EM, CRM, inovasi produk, dan daya saing UKM. Juga dapat memberi inspirasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide penelitian yang berkaitan dengan topik ini. Bagi pebisnis UKM sektor kerajinan kayu, buku ini bisa digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis khususnya strategi pemasaran.

... 2016 Tabel 5.29 memberikan informasi bahwa berdasarkan persepsi responden, ternyata innovativeness (inovasi) adalah indikator pemasaran kewirausahaan yang dianggap paling penting karena rerata sampelnya-nya tertinggi, yakni 3,76.

Inovasi pengolahan dan pengelolaan produk unggulan berbasis ekonomi digital di daerah tertinggal

Buku Inovasi Pengolahan dan Pengelolaan Produk Unggulan di Daerah Tertinggal yang disusun dari bahan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini berisi empat bab, yaitu bab pendahuluan, bab permasalahan, bab pengolahan dan pengelolaan produk unggulan, dan bab penutup. Bab I membahas tentang latar belakang mengenai pentingnya inovasi pengolahan dan pengelolaan produk unggulan berbasis ekonomi digital di daerah tertinggal. Berbagai permasalahan yang ada di masyarakat daerah tertinggal merupakan hal penting yang membutuhkan perhatian pemerintah, baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Salah satu faktor yang menghambat pengembangan daerah tertinggal adalah terbatasnya sosialisasi mengenai pemanfaatan ekonomi digital yang saat ini sudah sangat memungkinkan untuk dijangkau sehingga sumber daya alam atau potensi-potensi yang berasal dari kekayaan alam Indonesia bisa mendukung pergerakan perekonomian masayarakat secara khusus, negara secara umum. Selain latar belakang juga dijelaskan mengenai dasar hukum yang berkaitan dengan daerah tertinggal dan landasan konseptual yang terdiri dari BUMDes, Koperasi, dan UKM.

... yang merupakan UKM yang memenuhi kriteria sebagai pengrajin tetapi belum sebagai kewirausahaan; 3) small dynamic 10 10 enterprise yang merupakan UKM yang telah bersifat kewirausahaan dan telah 02-Ugm.indd 10 12/15/2019 5:59:35 AM.

Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia

Judul : Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia Penulis : Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.P. Citrawati Jatiningrum, S. E, M. Si, Ph.D Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 170 Halaman No ISBN : 978-623-6233-80-1 SINOPSIS Menghadapi era revolusi industri 4.0 di Indonesia saat ini, basis penting yang perlu untuk diperhatikan oleh Pemerintah, Akademisi, dan para Praktisi adalah kecakapan dan keterampilan yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia (SDM). Kecapakan dan keterampilan SDM yang didukung oleh fleksibilitas teknologi. Kemajuan Teknologi Informasi baik secara mandiri ataupun berkoordinasi dengan manusia terbukti mampu menjamah segala bidang kehidupan dan memberikan kemanfaatan besar bagi manusia. Buku ini membahas isu dan berbagai variabel yang berkaitan terhadap aspek Kewirausahaan (Entrepreneurship) dan model Pendidikan Kewirausahaan. Model ini merupakan pengembangan kewirausahaan yang ditekankan melalui pembekalan pendidikan kewirausahaan dengan mengkolaborasikan kemajuan teknologi informasi. Sehingga, harapannya pendidikan kewirausahan dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan memiliki kompetensi kewirausaahaan yang unggul sesuai kebutuhan pada era revolusi industri 4.0. Pendidikan Keiwausahaan relevan dan penting dijadikan sebagai kurikulum wajib dalam perkuliahan di Perguruan Tinggi di Indonesia. menggiring manusia untuk memiliki keterampilan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan di kehidupan modernisasi dengan menyesuaikan tuntutan dan Buku ini mengakomodir himpunan teoritik transdisipliner antara teori ilmu manajemen, teori dukungan sosial, teori manajemen prestasi, teori kompetensi kewirausahaan, teori industri 4.0 dalam pendidikan kewirausahaan merupakan area yang mengarah pada teori tentang Entrepreneurship value. Pada bagian akhir buku ini akan menguraikan dan menunjukkan hasil santifik Model Pendidikan Kewirausahaan secara empiris. Uraian dan pembahasan hasil kajian pada buku ini dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan keilmuan tentang manajemen pendidikan pada umumnya dan khususnya pada manajemen kewirausahaan.

Judul : Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia Penulis : Dr. Ir. Endang Noerhartati, M.P. Citrawati Jatiningrum, S. E, M. Si, Ph.D Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 170 Halaman No ISBN : 978-623-6233-80-1 SINOPSIS Menghadapi era revolusi ...